Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Macam-Macam Software dan Fungsinya | Yang Nomor 4 Bakal Bikin Kamu Terkejut!
Software adalah suatu bagian dari sistem komputer atau hardware device berupa sekumpulan data atau instruksi untuk computer atau hardware device yang mengarahkan cara komputer ataupun hardware device tersebut bekerja dengan menjalankan suatu perintah. Berikut kami sajikan jenis-jenis software!
23265
post-template-default,single,single-post,postid-23265,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
Software-adalah

Macam-Macam Software dan Fungsinya | Yang Nomor 4 Bakal Bikin Kamu Terkejut!

Dengan adanya komputer yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia, tentu juga harus dilengkapi dengan software yang mumpuni dan bisa menyelesaikan masalah yang ada.

Software setiap saat akan selalu diperbaharui, untuk memberikan solusi serta kemudahan dari masalah yang timbul dalam kegiatan sehari-hari dan terkadang memang sengaja diciptakan untuk sebuah inovasi. Software adalah sebuah kata yang sangat sering terdengar jika sudah berhubungan dengan komputer dan teknologi.

Pengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer atau hardware device berupa sekumpulan data atau instruksi untuk computer atau hardware device yang mengarahkan cara komputer ataupun hardware device tersebut bekerja dengan menjalankan suatu perintah.

Membahas tentang software, ada beberapa macam software yang beredar dipublik dan dapat ditemukan oleh orang banyak, seperti:

Jenis Software

 

Open-Source-Software
 

Open Source Software

 

Istilah open source ini merujuk pada sesuatu yang bisa dibagi dan dimodifikasi secara bebas karena desainnya dapat diakses secara publik. Open source software adalah software yang source codenya bisa diperiksa, modifikasi serta ditingkatkan lagi performanya oleh siapa saja.

Source code merupakan bagian dari software yang biasanya tidak pernah dilihat oleh pengguna komputer (user), yang umumnya kode tersebut dapat dimanipulasi oleh programmer untuk mengubah cara kerja aplikasi ataupun program baik seperti memperbaiki fitur atau meningkatkan program.

Beberapa software memiliki source code yang hanya bisa dimodifikasi oleh perorangan, kelompok atau organisasi dan biasa disebut “hak milik” atau closed source. Oleh karena itu programmer yang ingin menggunakan software biasanya harus membeli lisensi terlebih dahulu, berbeda dengan open source software yang tersedia umumnya secara gratis untuk digunakan oleh publik.

Artikel Terkait  Docker adalah? Bagaimana Penggunaanya

Salah satu contohnya seperti apache. Apache merupakan web server yang menghubungkan antara user dengan server website.

Aplikasi ini dipergunakan saat proses pembuatan website yang terkait dengan pengetesan tampilan dan fungsi pada website, apakah sudah sesuai dengan keinginan end user atau belum sebelum dipublish secara publik.

Aplikasi ini bisa langsung didapatkan dengan mengakses melalui situs www.apache.org. Banyak programmer yang menyukai open source karena memiliki kontrol penuh pada software tersebut.

Mereka dapat mengatur apa yang mereka inginkan atau tidak inginkan dengan menggunakan software tersebut karena bisa melakukan modifikasi sendiri. Softwarenya juga bersifat stabil karena banyak yang menggunakan jadi ada banyak programmer yang bisa sekaligus mengamati apakah ada error atau bug pada sistem tersebut dan menyempurnakannya.

Software ini juga digunakan untuk melatih skill programmer bahkan juga digunakan pada dunia pendidikan untuk latihan bagi siswa yang ingin menjadi seorang programmer.

Artikel Terkait  PHP Adalah? Bagaimana Cara Memahaminya dengan Mudah?

Embedded Software

 

Software ini juga sudah lumayan umum diketahui oleh orang yang mendalami bidang IT. Embedded software adalah bagian dari perangkat lunak yang tertanam berupa sebuah chip dalam perangkat keras atau perangkat non-PC.

Ini dibuat khusus untuk perangkat keras tertentu untuk mengontrol berbagai fungsi tertentu pada hardware yang biasanya memiliki keterbatasan pemrosesan dan memori karena kemampuan komputasi perangkat yang terbatas.

Setiap perangkat elektronik mampu memenuhi fungsi “pintar” karena adanya embedded software yang disematkan. Embedded software sering kali dikaitkan dengan firmware.

Firmware adalah interface tingkat rendah kehardware. Biasanya terletak diantara mikroprosesor dan komponen perangkat keras, mengubah data komponen yang masuk menjadi sesuatu yang dapat dipahami dan ditindaklanjuti oleh mikroprosesor.

Firmware juga mengubah perintah mikroprosesor menjadi sinyal yang dimengerti oleh komponen perangkat keras. Sedangkan embedded software biasanya mengimplementasikan fitur dan fungsi tingkat tinggi dari perangkat.

Embedded software bisa sangat canggih karena menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti java dan python. Embedded software bisa digunakan dimanapun, tidak hanya terikat pada komputer seperti dibidang elektronik, transportasi, obat-obatan, dan manufaktur.

Contohnya seperti disematkan pada MP3 Player, smart TV, mesin fotocopy, microwave, alat medikal dan masih banyak lagi lainnya.

Commercial Software

 

Commercial-Software
 

Commercial software adalah software yang dibuat dengan tujuan komersial atau berorientasi pada keuntungan. Maka dari itu, developer menciptakan software adalah untuk dijual dan mendapatkan keuntungan.

Contohnya sangat mudah ditemukan dalam kegiatan sehari-hari saat menggunakan komputer atau laptop seperti, adobe, microsoft office, windows (sistem operasi) dan masih banyak lagi. Adobe sendiri memiliki beberapa produk andalan yang sudah sangat dikenal dibidangnya seperti adobe photoshop yang merupakan aplikasi manipulasi foto.

Adobe premiere yang merupakan aplikasi untuk editing video dan masih banyak lagi contoh produk adobe lainnya. Jika seseorang ingin menggunakan aplikasi ini maka diharuskan untuk membeli lisensinya terlebih dahulu.

Apabila seseorang menginstalnya tanpa membeli produknya langsung dari developer ataupun distributor, maka hal tersebut dapat disebut pembajakan dan melanggar hak cipta (copyright) yang dapat dikenakan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.

Keunggulan menggunakan commercial software adalah adanya support berkala dari developer untuk software tersebut dalam rangka maintenance sistem, mengatasi bug sistem ataupun memperbaharui fiturnya serta adanya penanggung jawab resmi untuk software ini.

Umumnya commercial software menggunakan closed source, sehingga software tidak bisa dimodifikasi atau dibagikan sesuka hati seperti yang bisa dilakukan pada software yang memiliki open source code.

Artikel Terkait  Jaringan Adalah? | Apa itu jaringan komputer?

Business Software

 

Business-Software
 

Selain 3 macam software yang sudah dijelaskan sebelumnya, software yang akan dibahas dinomor terakhir ini mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai keberadaannya. Sebelum membahasnya lebih lanjut, berikut ini adalah definisi dari software tersebut.

Business software adalah software atau program yang digunakan oleh pebisnis untuk melakukan berbagai macam kegiatan bisnis. Software ini dibuat untuk meningkatkan dan mengukur produktivitas serta menjalankan hal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis secara akurat.

Dengan menggunakan sebuah business software adalah akan mengurangi human error dalam setiap kegiatannya. Bagi orang yang baru saja ataupun ingin membuat bisnis sendiri wajib mengetahui adanya software ini.

Business software adalah memang diciptakan untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Ada berbagai macam business software yang tersedia untuk membantu mengembangkan bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Diera milenial ini, sebuah strategi bisnis juga harus dikembangkan mengikuti teknologi yang ada demi mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu contohnya yaitu menerapkan  CRM (customer relationship management).

Bagi suatu bisnis, pelanggan adalah elemen utama yang membuat bisnis tersebut berjalan. Maka dari itu, ada business software yang mengkhususkan diri dibidang CRM.

Beberapa contoh dari business software CRM adalah Vtiger, SugarCRM, Salesforce, Zoho.

Fitur yang dimiliki masing-masing software akan berbeda. Beberapa contoh fitur yang dimiliki software tersebut untuk mendukung jalannya suatu bisnis seperti, jika bisnis Anda akan merencanakan suatu campaign (promosi) Anda bisa menggunakan software zoho untuk merencanakan, melaksanakan email terkait campaign hingga mengukur profit, kinerja dan efektifitas dari adanya campaign tersebut.

Pada salesforce dapat meningkatkan kualitas data pelanggan yang Anda miliki. Contohnya menyediakan transformasi layanan untuk pelanggan, bisa memantau serta berpartisipasi dengan pelanggan dalam sosial media, menganalisis data pelanggan sebelumnya agar bisa melakukan up selling dan masih banyak lagi.

Penggunaan dari setiap software ini akan mempermudah dalam mengumpulkan data pelanggan untuk dianalisis dan diterapkan pada strategi bisnis selanjutnya.

Selain itu bisa diakses dimana saja dan kapan saja secara real-time, sehingga team pemasaran akan lebih produktif jika dilihat dari keefisienan waktu.

Dilihat dari manfaat dan keakuratan suatu sistem dalam menunjang bisnis, maka sekarang Anda bisa memutuskan. Apakah akan menggunakan business software atau tidak dalam menjalankan bisnis yang Anda miliki.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: