Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!
Lupa pass Gmail (Google Mail), tidak bisa masuk ke akun Google? - Anda bisa mencoba beberapa cara dan solusi berikut untuk mengatasinya.
20280
post-template-default,single,single-post,postid-20280,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.1,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.5,vc_responsive

Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Dengan memiliki satu akun Gmail, Anda bisa menggunakannya dalam hal, seperti untuk membuat akun di media sosial, membuat akun YouTube, dapat digunakan untuk membuat blog / web hingga dapat digunakan untuk mendownload sesuatu dari internet.

Sebagian besar para pengguna internet pasti sudah familiar dengan Gmail, bahkan banyak diantaranya yang sudah memiliki akun Gmail. Sama halnya dengan platform pengiriman pesan elektronik (email) lainnya, akun Gmail dapat difungsikan sebagai akun bisnis sekaligus sebagai akun pribadi.

Biasanya akun Gmail yang lama tidak dibuka atau tidak diakses lagi oleh pemiliknya, adalah akun yang ditinggalkan karena alasan lupa pass gmail. Sama dengan media layanan internet lainnya, untuk masuk ke dalam akun Gmail yang dimiliki, Anda harus memasukkan nama pengguna atau email yang digunakan beserta password atau kata sandinya.

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan akun tersebut seperti semula? Mudah saja, karena di sini kami akan membantu Anda untuk memulihkan akun tersebut walaupun saat ini Anda lupa pass Gmail yang biasa digunakan sebagai akses masuknya.

Lupa Pass Gmail | Cara Memulihkannya

Artikel Terkait  Database Adalah ? | Cara Meningkatkan Keamanan Database

Melupakan password Gmail (Google Mail) kerap kali dialami oleh banyak orang. Jika hal serupa juga terjadi kepada Anda, maka Anda bisa mengantisipasinya melalui tiga pilihan yang berbeda, diantaranya adalah :

  • Melalui Pertanyaan Keamanan
  • Melalui Alamat Email Pemulihan
  • Melalui Nomor Telepon Pemulihan

Apabila ketiga cara tersebut tidak dapat Anda akses, maka akan sulit untuk memulihkan akun Gmail Anda seperti sedia kala, sehingga mau tidak mau, Anda pun harus membuat akun Gmail baru.

Dari ketiga langkah antisipasi tersebut, Anda harus memilih salah satu diantaranya. Namun sebelum memilih salah satu diantaranya, setidaknya Anda harus mengingat jawaban dari pertanyaan ketika mendaftar dan juga harus memastikan bahwa nomor telepon dan alamat email pemulihan yang digunakan masih aktif hingga saat ini.

Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Sebelumnya telah disebutkan mengenai tiga cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan akun Gmail yang lupa password atau kata sandi yang biasa digunakan sebagai akses masuk. Yang mana, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Pertanyaan Keamanan

Ketika Anda lupa pass gmail, maka Anda bisa memilih akses “lupa kata sandi” yang berada di bagian bawah menu login. Setelahnya Anda akan dihadapkan tiga pilihan yang dapat digunakan untuk memulihkan akun Gmail Anda, yang pertama adalah Pertanyaan Keamanan. Namun sebelum memillihnya, Anda harus mengingat pertanyaan keamanan beserta jawaban yang dulunya telah digunakan sebagai akses ketika mendaftar akun Gmail tersebut. Adapun, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Akses ke halaman Gmail, melalui link: accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  • Kemudian, masukan alamat email atau nomor telepon yang biasa digunakan untuk login ke akun Google Mail Anda, lalu klik tombol Next.
  • Tetap coba masukkan akun Gmail yang sekiranya masih Anda ingat, kemudian klik tombol Next.
  • Apabila masih tidak berhasil untuk login, maka Anda bisa pilih tautan “Lupa Kata Sandi”. Kemudian pilih tautan “Pertanyaan Keamanan”.
  • Dari sini akan muncul pertanyaan keamanan yang pernah Anda gunakan sebelumnya untuk mendaftar akun Gmail tersebut, contohnya seperti “dimana kota kelahiran Ayah Anda?” , “Siapa nama hewan peliharaan pertama Anda?” dan lain sebagainya.
  • Pastikan Anda memberikan jawaban yang benar (jawaban yang sama ketika mendaftar akun).
  • Jika berhasil melewati pertanyaan keamanan, Anda akan diminta untuk memasukkan tahun dan bulan akun tersebut dibuat. Lalu pilih tombol Next.
  • Ketika bulan dan tahun yang Anda masukkan benar, maka Anda akan diminta untuk memasukkan password atau kata sandi baru. Setelah itu, silahkan coba login kembali menggunakan password yang baru saja dibuat.
Artikel Terkait  Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Alamat Email Pemulihan

Ketika Anda lupa password pada akun Gmail, Anda juga bisa memulihkannya melalui alamat email pemulihan. Cara ini sangat efektif digunakan apabila nomor yang digunakan sudah tidak aktif. Ingat tidak, bahwa ketika mendaftar akun Gmail tersebut, Anda diminta untuk memasukan email lain? Nah, alamat email itulah yang dapat digunakan untuk memulihkan kembali akun Anda ketika lupa password. Akan tetapi, pastikan bahwa akun email lain tersebut masih bisa diakses dengan baik untuk memulihkan akun Gmail Anda. Berikut ini, adalah tutorialnya :

  • Pilih link : accounts.google.com/signin/recovery?hl=in agar lebih mudah untuk login.
  • Lanjutkan dengan memasukkan alamat email Anda dan klik tombol Next.
  • Dari sini, Anda akan melihat halaman untuk memasukkan password. Kemudian, silahkan klik klik tautan “Coba pertanyaan yang lain”.
  • Berikutnya, masukan alamat email pemulihan Anda ke dalam kolom isian yang sudah disediakan. Kemudian, klik tombol kirim untuk melanjutkan ke tahapan lainnya.
  • Anda bisa masuk ke akun email pemulihan tersebut, kemudian cari email yang berisikan kode verifikasi.
  • Klik email yang berisi kode verifikasi tersebut untuk mengetahui kodenya secara jelas.
  • Kemudian masukan kode verifikasi tersebut dengan benar di halaman login pemulihan akun Gmail Anda. Lalu pilih Next.
  • Setelahnya, Anda akan diminta untuk memasukkan password baru. Masukkan password baru sebanyak dua kali untuk mengkonfirmasi.
  • Yang terakhir, Anda bisa login kembali ke akun Gmail Anda melalui password yang baru saja dibuat.

Nomor Telepon Pemulihan

Jika cara pertama dan cara kedua tidak bisa dilakukan untuk mengatasi masalah lupa pass gmail, maka Anda bisa melakukan reset password melalui nomor telepon yang digunakan. Sebagaimana dengan namanya, dalam hal ini tentu diperlukan akses ke nomor telepon yang sebelumnya telah Anda tambahkan sendiri di akun Gmail Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Bisa langsung masuk melalui link : accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  • Lalu, langsung masukkan alamat email Anda dan pilih tombol Next.
  • Kemudian pilih tautan “Lupa Kata Sandi” dan pilih halaman “Verifikasi Melalui Ponsel”.
  • Kemudian masukkan nomor telepon Anda secara lengkap, kemudian klik dan pilih tombol kirim SMS.
  • Lanjutkan dengan mengecek sms yang masuk ke dalam nomor tersebut. SMS berisikan tentang verifikasi kode.
  • Kemudian, masukkan kode verifikasi yang diminta.
  • Lalu, Anda akan diminta untuk mengubah password Gmail dan diharuskan untuk memasukkan sebanyak dua kali. Lanjutkan dengan pilih ubah sandi untuk mengkonfirmasi.
Artikel Terkait  15 Rekomendasi Anti Virus Terbaik (Gratis) 2020

Pada dasarnya, pihak Google sendiri telah mempersiapkan antisipasi lupa pass gmail dalam tiga cara, yang masing-masing sudah dijabarkan dalam perjumpaan artikel kali ini. Jadi, Anda bisa menerapkan, cara mana yang dianggap paling sesuai.

Agar tidak lagi terulang kembali permasalahan lupa password akun Google Mail Anda, sebaiknya gunakan pemilihan kata sandi yang mudah untuk diingat. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mencatat kata sandi tersebut dan menyimpannya di tempat yang aman.

Dan, semoga sajian informasi yang berkaitan dengan solusi lupa pass gmail ini dapat membantu Anda. Namun jika semua cara tersebut tidak bisa digunakan untuk memulihkan kembali akun Gmail Anda, maka sepertinya Anda harus merelakan untuk segera membuat akun baru.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.
Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan