Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Membuat Menu di WordPress (Panduan Lengkap)
Bagaimana cara membuat menu di wordpress? Artikel ini menjelaskan tentang cara mudah untuk membuat menu pada CMS Wordpress. Simak informasi berikut.
21903
post-template-default,single,single-post,postid-21903,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Cara Membuat Menu di WordPress (Panduan Lengkap)

Sebuah website yang baik, bukan hanya website yang memiliki tampilan dan desain yang menarik. Tetapi, website yang memiliki kegunaan, intuitif, interaktif, menu, konten yang menarik, akses cepat, dan sebagainya. Dari beberapa kriteria tersebut, salah satunya disebutkan adalah menu. Dan pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara membuat menu di WordPress.

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat website. WordPress memiliki banyak pengguna. Hal itu karena, wordpress adalah perangkat lunak open source yang paling mudah untuk digunakan oleh orang yang kurang memahami bahasa pemrograman sekalipun.

Tapi sebelum lebih jauh membahas cara membuat menu di WordPress,

Mari Kita Bahas Tentang Apa Itu Menu Website?

 

web-wordpress

Artikel Terkait  11 Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Menu adalah fitur dari website yang menaruh beberapa link utama. Apabila, link-link utama itu diakses. Maka akan mengarahkan anda pada halaman tertentu di website. Menu adalah fitur penting yang menuntun pengunjung menemukan jalan untuk mengakses konten-konten yang mereka butuhkan dalam website anda. Membuat menu harus jelas dan rapi. Pastinya, anda tidak ingin jika tampilan, desain, dan traffic website anda sudah bagus, tetapi, pengunjung yang benar-benar melakukan transaksi atau menjadi pelanggan tetap sedikit jumlahnya.

Hal itu bisa jadi karena, menu website yang buruk. Sistem navigasi atau menu yang buruk membuat pengunjung tidak bisa menemukan konten yang mereka butuhkan. Jika, pengunjung tidak menemukan konten apapun yang mereka cari. Cenderung, mereka akan meninggalkan website anda. Lalu, beralih ke website orang lain. Menu adalah bagian yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam membangun sebuah website, Sehingga, dengan adanya menu pada website dapat memberi tahu pengunjung apa saja yang ada di website tersebut. Menu biasanya diletakkan di bagian paling atas halaman utama di bawah header. Hal ini supaya menu dapat mudah diakses pengunjung website.

Sekarang ini, seluruh website atau blog mempunyai menu, strukturnya berbentuk horizontal dan vertikal. Fungsinya digunakan layaknya peta untuk menunjukkan halaman tertentu, mulai dari halaman Home, Contact, About, Layanan dan juga halaman-halaman lainnya. Disamping itu, digunakan untuk memuat konten-konten yang dianggap penting, seperti penawaran untuk produk-produk tertentu. Akan tetapi, jika anda kurang puas dengan menu yang sudah ada. Anda bisa kembali membuat menu atau menambahkan menu baru. Penambahan menu jangan terlalu banyak, karena akan terlihat berantakan atau kurang rapi. Selain itu, hindari membuat menu drop down yang memasang lebih dari tiga menu ke bawah.

Dan seperti yang sudah sempat kita singgung di atas tadi, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat menu di WordPress dengan baik sehingga memudahkan pengguna untuk menavigasi situs. Silahkan, simak informasi lengkapnya berikut ini:

Cara Membuat Menu di WordPress

 

wordpress

Kelebihan WordPress adalah memiliki banyak fitur. Adapun beberapa fitur yang terdapat pada wordpress, antara lain:

  • Sistem navigasi atau menu yang mudah digunakan.
  • Pola layout yang simpel dan fleksibel.
  • Opsi plugin yang banyak.
  • Pilihan widget yang banyak.

Menu adalah fitur yang disediakan CMS, supaya pengguna dapat menaruh link-link halaman konten yang akan dimuat di bagian header, sidebar, ataupun footer menu website. Biasanya, halaman penting dan sering dicari yang ditautkan ke menu.

Menu website CMS WordPress, biasanya menampilkan halaman-halaman tertentu di website seperti, Home, Kontak, Tentang Kita, Cari, Produk, dan sebagainya. Menu website memiliki fungsi sebagai navigasi bagi administrator dan pengunjung saat menjelajah website.

  1. Login ke akun wordpress anda, lalu menuju ke halaman Dashboard.
  2. Silahkan, “klik” Appearance/Tampilan– yang tersedia di setelah kiri kolom. Kemudian, Klik Menus. Maka, anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan menu
  1. Apabila anda ingin membuat menu baru, karena menu di website anda masih kosong. Silahkan, buat terlebih dahulu. Cara membuat menu di WordPress adalah pertama-tama masuklah pada kolom menu name yang sudah tersedia. Kemudian, “klik” tombol Create Menu
  2. Menentukan lokasi dimana menu akan ditampilkan. Pilih salah satu dari tiga lokasi menu, seperti primary, secondary, dan social. Lokasi dan nama berbeda-beda untuk setiap template.
  3. Pilihlah item-item navigasi yang ingin dimasukan ke dalam menu. Terdapat beberapa opsi. Anda bisa lihat opsi item-item itu pada bagian kiri screen halaman website anda:
Artikel Terkait  Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding
  • Pages: Digunakan untuk memuat halaman pada menu. Misalnya, halaman About dan Contact.
  • Posts: Digunakan untuk memasang artikel yang sudah diterbitkan melalui posting.
  • Custom Links: Dalam cara membuat menu untuk wordpress “Custom Links” digunakan untuk memasukkan artikel dari website atau blog orang lain dengan cara menulis tautan URL halaman artikel tersebut atau artikel dari website Anda sendiri yang belum terdapat pada menu.
  • Categories: digunakan untuk menampilkan artikel yang memiliki kategori sama.
  1. Beri tanda centang untuk salah satu atau beberapa pages/posts/custom links/Categories yang ingin dimasukkan pada halaman menu. Kemudian, “klik”Tombol Add to Menu. Dalam hal ini, saya memberi tanda centang pages yang akan dimasukkan pada menu.
  2. Pada bagian menu setting. Lokasi semua menu (Top Header, Header Menu, Footer Menu) tergantung template yang digunakan. Maka, tidak semua template menggunakan ketiga menu tersebut sekaligus. Biasanya, yang dipilih lokasi primary. Lalu, klik tombol Save Menu.
  3. Jika sudah selesai membuat menu, silahkan periksa website anda. Lihat hasil membuat menu tersebut di halaman depan website, apakah sudah berhasil atau belum.

Anda bisa menyusun menu sesuai yang anda ingin kan, dengan cara menyeret menu ke lokasi yang diingankan itu. Setelah itu, klik tombol Save Change.

Cara Membuat Menu di WordPress | Drop Down atau Sub Menu

 
Menu WordPress terdiri dari menu utama dan sub menu (menu drop down). Menu-menu ini sudah diatur dengan template WordPress sedemikian rupa, sehingga ketika pengunjung situs mengarahkan kursor mouse ke menu utama, maka semua sub-menu otomatis akan terlihat juga.

Menu drop down atau sub menu adalah turunan dari menu utama. Menu drop down dibuat, supaya website memiliki struktur menu yang baik dan untuk menambah konten-konten pada menu website.

Pada bagian “Menu Stucture“. Geser menu yang akan dijadikan sub menu, tepat di bawah menu utama. Selanjutnya, sedikit geser menu ke kanan. Anda akan melihat bahwa menu itu akan secara otomatis menjadi sub-menu. Lalu, tekan tombol “Save Menu”.

Artikel Terkait  Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis MVC Pada Framework

Anda dapat menambahkan beberapa sub-menu di menu utama. Hal ini untuk membuat menu menjadi terstruktur dan rapi. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua template dapat mendukung sub menu Biasanya, sub menu maksimal hanya sampai 2 atau 3 lapis menu ke bawah. Apabila, lebibh dari tiga lebih baik anda menggunakan mega menu. Nah, yang disebutkan terakhir adalah mega menu. Mega menu merupakan sebuah versi lengkap dari menu drop down. Menu ini banyak disukai oleh pemilik toko online shop, website korporasi, dan lain-lain.

Kesimpulan

 
Demikianlah, cara membuat menu di WordPress. Setiap desain atau layout website memiliki tampilan menu berbeda, tetapi caranya tidak jauh berbeda. Selain itu, anda juga harus menggunakan layanan web hosting yang andal agar mendapatkan perfoma yang  tetbaik, cepat dan andal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Tags: