Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Wordpress Wordpress Adalah? Pengertian dan Cara Instalasi

WordPress Adalah? Pengertian dan Cara Instalasi

-

Dari beberapa jenis CMS yang populer digunakan. WordPress adalah CMS yang paling difavoritkan oleh programmer dan web master. Terlebih lagi, WordPress mudah untuk digunakan, sehingga cocok dipakai bagi pemula yang hendak membuat dan mengembangkan website pertama mereka.

WordPress adalah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003 lalu. Yang mana, dalam penggunaannya memiliki sifat open source, yakni yang dapat digunakan siapa saja secara gratis, dapat digunakan dan dapat dimodifikasi secara bebas.

Bukan hanya itu saja, karena CMS WordPress juga menyediakan banyak plugin yang memudahkan para pengguna dalam menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik. Mungkin beberapa hal itulah yang membuat penggunaan WordPress masih banyak digunakan hingga saat ini.

Dengan segala kemudahan yang dimilikinya, membuat CMS WordPress sering direkomendasikan kepada para pemula, ketika mereka hendak membuat dan mengembangkan website pertamanya.

WordPress Adalah | Apa Itu WordPress?

 
test

Seperti yang telah dijelaskan di awal, WordPress adalah salah satu CMS paling populer, bersifat open-source yang dapat digunakan untuk membuat website. Dengan memiliki cara akses dan penggunaan yang mudah, serta memiliki fitur yang lengkap. Terlebih lagi, WordPress dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Oleh karena itu, tak heran jika WordPress dijadikan sebagai platform pembuatan website favorit di seluruh dunia.

Kehadiran WordPress merupakan bukti, bahwa software gratisan tak lantas menghasilkan website murahan dan berkualitas rendah. Sebab, dengan menggunakan WordPress terciptalah banyak situs profesional dan ternama di dunia, karena WordPress juga telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar, seperti The Walt Disney Company, SONY Music, Mercedes-Benz, The New York Times Company, Microsoft News Center serta masih banyak lagi yang lainnya.

Artikel Terkait  Sebuah Pengantar Tentang Flowchart (pengertian, contoh dan cara pembuatan)

Tema WordPress Adalah

 
wordpress1

Seperti apa tema-tema yang disediakan oleh WordPress? Ada berbagai jenis tema yang bisa Anda gunakan untuk website Anda. Pilihannya sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Di WordPress, Anda bisa menggunakan berbagai pilihan tema secara gratis. Selain itu, Anda pun juga menggunakan tema berbayar dari situs CMS atau platform lainnya.

Sebab, WordPress memang selalu memberikan banyak kemudahan, termasuk bagi pemula yang masih ingin belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam mengembangkan website.

Free Template WordPress Berkualitas Terbaik

 
Melalui CMS WordPress, Anda bisa menggunakan template secara gratis yang disesuaikan dengan kebutuhan web Anda. Yang mana, dalam penerapannya, Anda bisa mengatur tampilan layout halaman dengan bebas.

Walaupun pilihan template WordPress sudah memiliki kualitas terbaik, yakni dengan tampilan yang menarik, profesional, modern dan juga responsive, namun Anda masih bisa memodifikasinya lagi, agar menjadi lebih berkarakter dan agar terlihat lebih menarik dari desain template yang digunakan oleh website lainnya.

Free Template WordPress Rekomendasi Untuk Pemula

 
Bagi para pemula yang memang baru belajar membuat dan mengembangkan website dengan CMS WordPress untuk pertama kalinya, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan free template dari WordPress.

Selain dapat menghemat biaya, seorang pemula bisa lebih leluasa dalam belajar memodifikasi tampilan template dan peletakan layout, hingga belajar dalam memasukan berbagai fitur di dalamnya.

Pasalnya, penggunaan template dan tampilan desain yang fungsional lebih dibutuhkan oleh para pengunjung web, agar mereka dapat mengakses banyak hal dalam website yang Anda kembangkan. Bukan hanya itu saja, selain fungsional, template dan tampilan desain harus bisa diakses dengan lancar dan responsif, karena semua pengunjung web sangat menyukai situs yang bisa diakses dengan mudah, cepat dan terbebas dari permasalahan lemot.

Artikel Terkait  Pengertian Web Service : Bagaimanakah Penerapan, Contoh dan Cara Kerjanya?

Cara Instal WordPress

 
wordpress1

CMS WordPress memang bisa langsung digunakan ketika Anda mengunjungi situsnya. Namun, jika hendak menginstalnya, maka Anda perlu menggunakan XAMPP, sehingga Anda harus menggunakan XAMPP terlebih dahulu agar dapat menginstal WordPress di localhost. Adapun langkah-langkah untuk menginstal WordPress adalah sebagai berikut :

  1. Setelah XAMPP berhasil diinstal, maka segera aktifkan mengaktifkan service database dan apache agar localhost bisa berjalan.
  2. Selanjutnya siapkan WordPress terbaru yang dapat didownload langsung dari sits WordPress.org.
  3. Kemudian, buka folder XAMPP di komputer Anda dan buka buka folder htdocs.
  4. Copy / salin file WordPress ke dalam folder tersebut.
  5. Apabila file masih dalam bentuk compress, maka Anda harus ekstrak terlebih dahulu.
  6. Sekarang ada bisa membuka situs WordPress offline ini, yakni dengan mengaksesnya dengan nama http://localhost/wordpress. Namun, jika Anda mengubahnya menjadi nama lain, maka contohnya Anda harus mengaksesnya dengan nama tersebut seperti, http://localhost/namalain.
  7. Setelah berhasil membukanya, kemudian Anda akan diminta untuk memilih jenis bahasa yang diinginkan dan pilih continue untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  8. Anda akan dibawa dimana terdapat beberapa keterangan tentang WordPress, kemudian klik > Let’s Go.
  9. Berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisikan nama database, user name, dan password yang sudah dibuat sebelumnya.
  10. Pada bagian kolom Database Host isikan dengan localhost. Lalu, klik Submit.
  11. Lanjutkan dengan memilih ‘Run the installation’.
  12. Kemudian, isikan data-data yang diperlukan untuk admin dan nama website Anda.
  13. Setelah itu, klik Instal WordPress.
  14. WordPress offline sudah jadi dan Anda bisa mulai Login, yakni dengan memasukkan username dan password Anda.
  15.  

    Kelebihan WordPress yang Perlu Anda Diketahui

     
    kelebihan wordpress

    Mungkin Anda merasa penasaran tentang kelebihan WordPress yang membuatnya sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula hingga yang sudah profesional sekalipun. Yang mana, kelebihan WordPress adalah sebagai berikut.

    Artikel Terkait  Bagaimana CDN Bekerja Dalam Kecepatan Loading Website? Ini Ulasan Singkatnya

    Gratis

     
    Selain dapat didownload dan diinstal secara gratis, WordPress juga dapat digunakan secara gratis. Selain itu, WordPress dapat dimodifikasi dari segi fungsi dan tampilan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

    Plugin Bervariasi

     
    Agar dapat menambahkan fitur-fitur pada WordPress, Anda memerlukan plugin. Saat ini sudah tersedia sekitar lebih dari 50.000 plugin gratis di repository WordPress, sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

    Menyediakan Ribuan Tema Untuk Kustomisasi

     
    Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, WordPress menyediakan lebih dari 7.000 tema gratis di repository-nya. Hampir keseluruhan tema-tema tersebut dapat di kustomisasikan tanpa coding. Kemudian, Anda pun bisa memodifikasi tampilan tema yang dipilih, seperti mengubah model layout, mengubah font, mengubah warna tulisan dan lain sebagainya.

    Instalasi dan Pembaruan yang Mudah

     
    WordPress begitu terkenal akan proses instalasinya yang dapat diselesaikan kurang dari 5 menit. Selain itu, proses pembaruan ke versi terbaru mudah dan cepat untuk dilakukan.

    Multifungsi

     
    Semua jenis website dapat dibuat dan dikembangkan secara profesional dengan CMS WordPress, mulai dari blog pribadi, web perusahaan, web toko online dan lain sebagainya.

    Aman Digunakan

     
    Penggunaan CMS WordPress sangatlah aman, karena memang terdapat jenis plugin peningkat keamanan yang dapat digunakan untuk mengamankan setiap data, informasi hingga transaksi pribadi yang ada dalam website Anda.

    Artikel Terkait  Synology Inc.: Multi-Version Backup sebagai Solusi Hadapi Cyber Crime!

    Mudah Dioptimalkan dengan SEO

     
    Untuk menjadikan website Anda menjadi populer, Anda harus melakukan optimasi SEO, agar website tersebut selalu berada di peringkat teratas pada halaman mesin pencarian. Dalam hal ini pengoptimalan SEO pada CMS WordPress tidaklah rumit. Terlebih lagi, masih dapat dimaksimalkan dengan penggunaan plugin SEO yang berkualitas.

    Jika saat ini Anda berencana untuk membuat dan mengembangkan website pertama Anda, maka penggunaan CMS WordPress adalah pilihan yang terbaik. Sebab, ada banyak kelebihan, yang memudahkan sekaligus menguntungkan Anda ketika menggunakannya.
    [jasa-pembuatan-website]


    Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
    PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

    Jasa Pembuatan Aplikasi

    Jasa Pembuatan Website

    Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

    Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya