Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingCara Mengatur Filter Email di cPanel

Cara Mengatur Filter Email di cPanel

-

Last Updated on October 17, 2023 by

Cara Mengatur Filter Email di cPanel – Pada zaman sekarang ini, email merupakan salah satu alat komunikasi yang canggih. Dalam sekejap mata anda dapat mengirim pesan di manapun, kapanpun dan dengan siapapun asal dapat terkoneksi dengan akses internet.

Seiring perkembangan zaman, Anda juga dapat melakukan filter pada email melalui cPanel Hosting. Filter email dilakukan agar anda dapat menyaring setiap email yang masuk berdasarkan kategori atau rules tertentu. Misalnya, anda ingin menyaring email berdasarkan kata-kata tertentu, subject, pengirim email, balasan email dan sebagainya. Maka hal itu, tentu akan memudahkan anda dalam mengelola email anda sendiri.

Anda dapat menggunakan fitur filter ini untuk memblokir pesan yang tidak diinginkan (spam), berdasarkan serangkaian kondisi tertentu. Misalnya, Anda dapat menentukan bahwa pesan yang mengandung kata atau frasa tertentu agar dihapus secara otomatis, diabaikan, dialihkan ke alamat email yang lain. Filter email yang Anda buat bersifat kumulatif dan sistemik. Jika, sebuah pesan melewati satu filter, maka masih dapat diblokir oleh filter berikutnya.

Artikel ini, akan menjelaskan kepada anda tentang cara-cara mengatur filter email di cPanel hosting, dan juga memberikan beberapa tips dan triksnya.

CPanel menawarkan dua cara filter email yang dapat anda pilih: Email Filters dan Global Email Filter. Pada dasarnya, cara pengaturannya hampir sama. Akan tetapi, keduanya jelas memiliki perbedaan dalam pengaturannya. Adapun perbedaan kedua cara tersebut, antara lain:

Global Email Filters

Filter Email

Artikel Terkait  Apa itu Laravel? Pengertian, Fitur dan Kelebihannya

Menu filter ini melakukan penyaringan email ke semua akun email yang menggunakan domain sendiri. Jadi, ketika anda memilih menu ini, maka seluruh akun email otomatis akan terfilter.

Email Filters

Menu filter ini melakukan filter, ke akun email-email tertentu. Jadi, pada saat pengguna email memilih menu ini. Maka, akun email yang dipilih yang akan di filter.

Cara-Cara Filter Email di cPanel

Filter Email

Global Email Filter

  • Silahkan login ke akun cPanel anda.
  • Pilih Global Email Filters

Setelah login cPanel berhasil, maka anda akan dibawa ke halaman utama cPanel hosting.

Pada halaman utama cPanel, anda akan melihat banyak menu yang tersedia. Geser kursor ke bawah ke bagian email atau anda ketik “email” pada kolom pencarian. Kemudian, klik icon “Global Email Filters”.

Pada halaman Global Email Filter, nantinya akan dilakukan filter untuk semua akun email yang ada di email hosting anda. Kemudian, klik tombol Create a New Filter.

Email Filters

  1. Login akun cPanel anda.
  2. Setelah login cPanel berhasil, anda akan diarahkan ke halaman dashboard. Pada halaman ini ditampilkan berbagai menu CPanel. Kemudian, kursor mouse anda arahkan ke bawah untuk mencari menu email.
  3. Setelah menu email ditemukan. Kemudian, klik menu email tersebut, maka anda akan melihat banyak tampilan sub menu. Lalu, klik “Email Filters”.
  1. Dari halaman Email Filters, pilih akun email yang ingin anda filter. Lalu, di bawah “Actions” klik link Manage Filters.
  1. Pada halaman berikutnya, anda bisa meng-klik tombol Create a New Filter.
  1. Kemudian, pada halaman untuk membuat email filter yang diinginkan, anda harus mengisi beberapa kolom. Isi nama filter yang ingin dibuat, tentukan Conditions, Match Type, dan Actions filter tersebut.
  2. Tetapi, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam membuat filter.

Conditions

  • Filter Name: Ketik nama yang akan di filter.
  • Rules: persyaratan yang harus dipilih, berdasarkan kriteria-kriteria seperti pengiriman, subject, tujuan dan lain-lain.
  • From: pengirim email kepada anda.
  • Subject: subject email yang diterima.
  • To: kepada siapa email itu ditujukan.
  • Reply Address: alamat pengirim melakukan balasan/reply
  • Body: konten pesan dalam email yang diterima.
  • Any Header: anda dapat membuat filter lewat header email.
  • Any Recipient: anda dapat melakukan filter, bukan hanya berdasarkan From atau To, akan tetapi bisa juga CC dan BCC.
  • Has Not Been Previously Delivered:  sistem yang hanya memeriksa dan mengecek pesan yang tidak terkirim ke Inbox anda.
Artikel Terkait  Cookies Adalah? Pengertian dan cara kerja Cookies

Match Type

  • Equals: Maksudnya, pesan di inbox yang anda cari harus sama. Misalnya, Anda mencari From yang mengandung George Harrison, tetapi anda hanya memasukan nama depannya saja, George, maka pada hasil pencarian dengan metode equals tidak akan ditemukan atau gagal. Anda harus ketik dengan memasukan lengkap George Harrison, supaya match.
  • Matches Regex: filter kecocokan pesan dengan regular expression yang sudah anda setting sebelumnya.
  • Contains: metode filter ini digunakan dengan cara melakukan pencarian secara parsial/ sebagian. Misalnya saja, anda ingin mencari kata-kata hosting, maka pada kalimat “ada banyak hosting yang menyediakan layanan dan fasilitas terbaik” hasil filter akan menemukan dan menunjukan kepada anda kata-kata tersebut.
  • Does not contain: kebalikan dari contains. Filter akan berjalan dengan baik jika keyword yang ditentukan tidak ditemukan.
  • Begins with: melakukan filter kata pertama berdasarkan kondisi yang ingin dicari.
  • Ends with: kebalikan dari begins with. Melakukan filter kata terakhir berdasarkan kondisi yang dicari.
  • Does not begin: sama seperti does not contain, tetapi untuk Begins with.
  • Does not end with: sama seperti does not contain, tetapi untuk end with.
  • Does not match: Kebalikan dari metode Equals.

Actions Filter

  • Discard Message: Pilihan ini mengabaikan pesan email, supaya pesannya tidak disimpan di inbox.
  • Redirect to Email: Pilihan ini akan membuat pesan di forward ke alamat email yang sudah ditentukan dan tidak dikirimkan ke penerima sebenarnya.
  • Fail With Message: Pilihan ini akan membuat pesan akan diabaikan dan secara otomatis akan gagal terkirim.
  • Stop Processing rules: Pilihan agar sistem mengabaikan semua filter dan menyetop proses selanjutnya.
  • Deliver to Folder: Opsi agar setiap email yang masuk, dikirim dan disimpan ke folder yang sudah spesifik.

Pada contoh kali ini, filter dibuat menggunakan Condition Subject, Match Type contains, dan Actionsnya adalah Discard Message. Pada bagian Filter Name, anda harus mengisi nama yang unik yang menjadi pembeda, supaya Filter Name yang dibuat tidak tertimpa Filter Name yang lain. Singkat saja, filter yang dibuat ini jika di subjek pengiriman terdapat kata free money untuk semua email. Maka, pesan akan diabaikan dan tidak disimpan di inbox.

Artikel Terkait  Pengertian Proxy Server dan List Proxy Server yang Populer Digunakan Saat Ini

9. Tahap terakhir, klik tombol “Create”.

10. Selanjutnya, anda akan diberikan pesan notifikasi bahwa email filter yang dibuat sudah berhasil.

11. Untuk mengecek lagi email filter yang sudah berhasil dibuat, anda dapat melakukan tes filter.

Akhirnya, Anda sudah mempelajari cara membuat filter email sendiri melalui cPanel hosting. Dengan melakukan cara ini, maka Anda dapat menyaring pesan dari email tertentu atau semua pesan dari email tertentu agar tidak masuk ke inbox email Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya