Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Ekstrak File Zip di Windows dengan Mudah
Kali ini kami akan membahas tentang cara ekstrak file ZIP di windows dengan beberapa langkah mudah. Simak caranya berikut ini.
22190
post-template-default,single,single-post,postid-22190,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
cara ekstrak file zip

Cara Ekstrak File Zip di Windows dengan Mudah

Anda mungkin sering menerima file zip di email dari rekan kerja Anda? Atau Anda juga pernah mengambil foto-foto dari internet yang ternyata setelah didownload, foto-foto itu memiliki format ZIP dengan ekstensi .zip?

Bagi Anda yang sudah tahu apa itu file zip dan bagaimana cara membukanya. Hal itu tidak menjadi masalah yang berarti bagi Anda. Tetapi, bagi mereka yang belum tahu dan masih bertanya-tanya, bagaimana cara membuka file zip atau melakukan extract file zip dengan format seperti itu. Pastinya akan mengalami kesulitan dan setidaknya sangat membutuhkan informasi mengenai apa itu zip, file zip, dan bagaimana cara melakukan extract file zip tersebut. Nah, pada artikel ini kami akan membahasnya. Tetapi fokus pembahasan kami adalah tentang cara mengekstrak file zip lalu membukanya di sistem operasi Windows, bukan di Linux ataupun android. Lalu, apa Windows itu?

Windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang paling populer hingga saat ini. Hal itu terlihat karena, sistem operasi buatan microsoft ini paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer di seluruh dunia. Sejak pertama kali diluncurkan, sistem operasi ini telah mengeluarkan banyak versi untuk produknya. Namun, Sistem Operasi windows yang masih sering digunakan pada komputer di kantor, sekolah, atau di rumah adalah windows 7, windows 8, windows 8.1, dan windows 10.

Sebelum menjelaskan tema utama dari artikel ini yang membahas mengenai cara membuka file zip (unzip) di Windows dengan langkah mudah, terlebih dahulu kami akan jelaskan secara singkat mengenai pengertian file Zip. Silahkan, Anda simak informasi berikut ini:

Apa file Zip itu?

 

file zip

Artikel Terkait  Apa Itu VPN Private? Kegunaan dan Fungsinya

File dengan ekstensi zip atau dalam bahasa pemrogramannya biasa disebut File Zip. File zip adalah file-file yang dikompresi oleh ZIP. File zip memiliki format seperti arsip. Jika, file zip itu belum terbuka, maka ikon pada foldernya terlihat gambar folder dengan ritsleting.

Layaknya sebuah arsip, file zip adalah sebuah file yang terdiri dari satu atau beberapa jenis file/folder, file-filenya itu seperti file pdf, jpg, doc, jpeg, dan banyak file yang lainnya yang dikompresi dan akhirnya menjadi satu file tunggal, yaitu file zip. Dengan adanya file zip ini, dapat memudahkan Anda untuk mengirim atau menyimpan banyak file secara sekaligus. Untuk informasi lebih detil tentang kegunaan dari file zip tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memudahkan dalam mengirimkan banyak file secara sekaligus. Hal ini karena, file-file itu ukurannya diperkecil dan dapat digabungkan menjadi satu file.
  2. Dapat menjaga ratusan atau bahkan ribuan fiile yang terorganisir dengan baik dalam satu file zip.
  3. Dapat menghemat pemakaian ruang penyimpanan di hardisk atau bahkan di flashdisk Anda.

Fitur ZIP sebuah fitur untuk mengkompresi dan mengekstraksi file ini, sebenarnya sudah tersedia di OS Windows. Jadi, Anda tidak perlu lagi menginstall atau mengunduh software tambahan yang lain untuk mengkompresi (zip) dan mengekstrak (unzip) file.

Beberapa file zip mungkin memiliki nama file dan ekstensi yang berbeda-beda. Sama seperti halnya jenis file apapun, selalu ekstensi akhir yang biasanya dapat menAndai jenis dari suatu file. Contohnya seperti ini, photos.jpg.zip, file itu masih berupa file zip, karena posisi ekstensi .jpg letaknya berada sebelum .zip, Dengan demikian, dengan adanya ekstensi itu, dapat memudahkan Anda untuk mengidentifikasi bahwa di dalam file zip tersebut, terdapat file gambar dengan format JPG.

Lalu, bagaimana cara mengkompresi (Zip) file-file menjadi sebuah file zip?

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengkompresi file-file menjadi file zip:

  1. Siapkan dan tentukan file-file atau folder apa saja yang akan dikompresi oleh Anda.
  2. Klik kanan pada file tersebut.
  3. Kemudian, Send to > Compressed (Zipped) folder.
  1. Tunggu untuk beberapa saat, sampai proses kompresi itu selesai.
  2. Anda bisa mengganti nama (rename) file Anda yang telah dikompressi, klik kanan file arsip zip, pilih Rename dan ketik nama baru yang Anda inginkan.

Fitur Zip bisa mengkompresi, mengecilkan, atau memadatkan kapasitas atau size file, berkas, atau dokumen hingga mencapai 40%. Misalnya saja, Anda mengirim beberapa jenis file-file, berkas, atau dokumen sekaligus kepada panitia seleksi tertentu, karena sebagai suatu persyaratan administrasi yang sudah ditentukan panitia seleksi untuk mengikuti lomba menulis cerpen. Ketentuan dari panitia seleksi itu mengharuskan agar Anda mengirimkan seluruh jenis file sebagai persyaratannya, file-filenya itu antara lain file dokumen dengan format pdf, file foto format JPG dan JPEG, dengan kapasitas maksimum 600 MB, tidak kurang dan juga tidak lebih.

Sementara itu, beberapa file-file yang sudah diajukan sebagai suatu persyaratan administrasi tersebut. Jika dihitung total kapasitas dari semua filenya itu sudah mencapai 1.000 MB, dan itu jelas melebihi batas ukuran yang telah ditetapkan panitia. Maka, Anda harus mengkompresi file Anda sebesar 40% dengan ZIP, hingga ukurannya menjadi 600MB. Lalu, setelah dikompresi dan berhasil, ukuran file yang berada di dalam file telah menjadi 600 MB, (sesuai dengan kriteria panitia). Maka, file yang telah dikompresi atau file zip itu dapat Anda kirim ke panitia seleksi melalui email.

Artikel Terkait  Cara Login WordPress dengan Mudah

Cara Ekstrak File Zip di Windows

 

ekstrak file zip

Pada saat Anda menerima atau mengunduh file.zip, tentunya Anda harus mengetahui cara untuk mengekstrak atau membukanya, agar Anda dapat mengakses keseluruhan konten dari file zip tersebut. Berikut ini adalah cara
mengekstrak semua file atau hanya satu file dari beberapa file Zip di OS Windows:

Cara Ekstrak Satu File di Windows

Anda dapat memilih salah satu file atau folder yang ingin diekstrak dari file zip (file terkompresi).

  1. Temukan file zip yang sudah diunduh dengan menggunakan File Explorer (File Explorer versi Windows 10 dan Windows 8.1) atau Windows Explorer (versi Windows 7).
  2. Jika sudah ditemukan, klik dua kali untuk membuka file zip dan tunggu beberapa saat. Komputer akan menunjukkan semua konten yang ada di dalam file zip. Anda dapat menelusuri sub foldernya juga hingga Anda menemukan satu file yang ingin Anda ekstrak.
  3. Buka jendela File Explorer/Windows Explorer dan cari folder sebagai tempat yang cocok untuk mengekstrak file zip itu.
  4. Sementara itu, pada jendela folder Zip, klik salah satu file yang ingin Anda ekstrak. Lalu, drag dan letakkan ke folder tujuan yang telah Anda pilih.

 

Cara Ekstrak Semua File di Windows

 

  1. Temukan file zip yang sudah didownload yang tersimpan di komputer Anda.
  2. Setelah file zip itu ditemukan, klik kanan dan tahan sedikit pada file zip. Lalu pilih dengan mengklik Extract All pada menu konteks.
  3. Windows menampilkan jendela ekstrak, dimana Anda harus konfirmasi atau mengubah tujuan lokasi untuk mengekstrak file (lokasinya berada pada program file di Drive C).
  4. File atau folder yang sudah diekstraksi, sudah siap untuk digunakan di Windows sebagai file biasa.
Artikel Terkait  Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya

Kesimpulan

Sebenarnya, cara mengekstrak file zip di Windows itu sangat mudah untuk dilakukan. Karena dalam sistem operasi Windows, Anda hanya cukup mengklik dua kali folder Zip (folder terkompresi) untuk membuka file/konten yang ada di dalamnya.

Sudah tersedianya fitur zip di windows, hal itu membuat para pengguna OS Windows tidak perlu lagi repot mendownload dan menginstall software tambahan di komputernya. Meskipun gratis, software-software tambahan yang tersedia di internet itu tetap rawan membawa virus ke dalam komputer Anda. Demikian informasi yang kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: