Colocation server adalah? Pengertian, Manfaat dan Contohnya
Colocation adalah sebuah layanan penyewaan khusus untuk menyimpan server. Beberapa keuntungan menggunakan colocation server dan contohnya. Wajib tahu.
21619
post-template-default,single,single-post,postid-21619,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Colocation server adalah? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Colocation server atau sering disebut juga colocation data center. Colocation server berasal dari kata colocation dan server. Colocation berarti sewa rak. Sedangkan, server berarti sistem jaringan komputer seperti software dan hardware. Akan tetapi, arti server yang dimaksud di sini adalah server fisik, mesin atau hardware. Dengan demikian, arti dari colocation server adalah perusahaan yang menyediakan layanan sewa rak atau wadah untuk penitipan server fisik atau hardware milik penyewa di data center.

Colocation juga dapat diartikan sebagai sebuah tindakan mempercayakan keamanan server dan juga pemeliharaan beberapa hardware server pada data center. Jadi, pada dasarnya colocation server ini adalah penyedia layanan yang menyewakan ruang untuk penitipan server dan berbagai hardware komputasi lainnya. Selain itu, colocation server adalah penyedia jasa layanan pihak ketiga yang mengatur seluruh sistem dan perawatan hardware sebuah server. Biasanya, colocation server menawarkan fasilitas dan juga standar kepada client, baik itu secara fisik ataupun non-fisik, seperti bangunan, cooling, power listrik, bandwith (koneksi internet), dan sistem keamanan (cctv). Fasilitas fisik yang disewakan oleh colocation server itu antara lain berupa rak-rak, kabinet, ruangan, dan sebagainya. Sehingga dengan adanya fasilitas fisik tersebut, membuat seluruh server yang disimpan di data center menjadi tertata dengan baik, tetap terjaga, dan tidak tercecer.

Apa Colocation Server itu?

 
server

Artikel Terkait  Kelebihan Website Toko Online Untuk Jualan

Dengan demikian, pengertian colocation server adalah menempatkan hardware server dan perangkat jaringan anda pada data center. Penggunaan layanan colocation server bertujuan untuk menghemat biaya investasi dan biaya operasional perusahaan serta dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan dan operasional perusahaan pada IT.

Apa Manfaat Colocation Server itu?

 
server-7

Pada saat ini, para praktisi bisnis yang bergelut di bisnis online, programming, dan banking, lebih memilih sewa rak untuk menaruh servernya di colocation server. Ketimbang, harus membangun data center sendiri. Hal ini karena membangun data center, mengeluarkan budget yang besar. Selain itu, biaya untuk mengelolanya juga sangat tinggi. Maka, dengan menitipkan server di colocation server adalah solusi yang tepat bagi para paktisi bisnis. Karena, mereka tidak perlu mengeluarkan budget yang besar dan mereka pun bisa tetap fokus dalam menjalankan bisnisnya.

Penjelasan lebih detailnya mengenai manfaat-manfaat dari colocation server adalah sebagai berikut:

Hemat Budget

 
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika membuat tempat penyimpanan server atau data center sendiri memerlukan biaya yang sangat besar untuk pembangunan sebuah gedung, pembelian rak atau kabinet, temperatur air control (cooling), dan lain-lain.

Budget yang terhitung besar itu, bukan hanya budget untuk pembangunan kontruksi dan infrastruktur saja, tetapi untuk pemeliharaan dan peremajaan kontruksi/infrastrukrur yang sudah lama ataupun rusak. Sementara, jika kita memutuskan untuk menyewa ruang server di colocation server, maka itu adalah pilihan yang tepat dan bisa meminimalisir biaya. Karena, kita hanya tinggal upgrade atau menambahkan rak-rak, RAM, dan memory saja, tidak harus rumit.

Efisien

 
Dengan menggunakan layanan colocation server, kita tidak akan repot mengurusi sendiri pemeliharaan dan peremajaan server. Hal itu karena, semuanya sudah ditangani sepenuhnya oleh colocation server. Sehingga, para pebisnis bisa efisien dalam waktu dan biaya. Selain itu, mereka pun bisa tetap fokus dalam menjalankan bisnisnya.

Standar Keamanan

 
Pada dasarnya, jasa layanan colocation server memberikan jaminan keamanan gedung dan lokasi yang digunakan untuk penyimpanan server, sehingga server perusahaan yang dititipkan akan dijamin aman dari segala hal seperti bencana alam, kebakaran, hacker peretas data server, dan sebagainya.

Setelah penjelasan di atas tadi mengenai pengertian dan manfaat dari colocation server, maka dapat disimpulkan bahwa colocation server adalah layanan yang sangat penting, karena membantu anda dalam mengurus server. Selain itu, Anda juga tidak harus memiliki infrastruktur-infrastruktur yang dapat menyedot budget yang besar.

Kriteria-Kriteria dalam Memilih Colocation Server

 
server-3

Saat ini, di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya, sudah banyak perusahaan IT yang menyediakan layanan sewa rack atau colocation untuk penyimpanan server. Akan tetapi, terlebih dahulu anda harus memperhatikan reputasi dan kondisi dari perusahaan colocation server tersebut. Apakah sudah memenuhi kriteria-kriteria atau standard tertentu, misalnya standard ISO.

Berikut ini kriteria-kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih colocation server:

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Web Landing Page Murah dan Profesional
  1. Lokasi gedung yang aman dari bencana alam dan kerusuhan.
  2. Siap melayani secara personal selama 24/7 non-stop.
  3. Menjamin kerahasian server,
  4. Standard keamanan yang tinggi selama 24 jam, dilengkapi kamera CCTV.
  5. Memiliki ruangan yang aman dari kebakaran.
  6. Tersedianya power listrik yang memadai.
  7. Memiliki fasilitas air temperature control.
  8. Koneksi jaringan internet yang stabil.
  9. Sistem monitoring yang baik dan selalu update secara reguler.

Nah, itulah kriteria-kriteria dalam memilih penyedia layanan colocation server yang andal, terpercaya, dan sesuai dengan standard ISO.

Adapun contoh-contoh dari perusahaan colocation server adalah sebagai berikut:

AWS (Amazon Web Services)

 
Perusahaan colocation server raksasa, bagian dari group Amazon.com,inc yang berbasis di Seattle, Washington, AS. dirintis sejak tahun 2002. Salah satu perusahaan raksasa internet yang menyediakan layanan dalam hal infrastrutktur cloud computing. Amazon Web Services ini menyediakan layanan-layanan yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi.

INAP

 
Perusahaan colocation server terbesar di Jepang. Berbasis di Tokyo dan Osaka.

IDCloudhost

 
Perusahaan colocation server lokal atau berasal dari Indonesia yang berbasis di Jakarta.

Tier3 Data Centre

 
Perusahaan colocation server dari Malaysia. Kantor pusatnya di Kuala Lumpur.

Layanan colocation server biasanya dibutuhkan oleh perusahaan di berbagai bidang, bukan hanya perusahaan IT saja, tetapi instansi lainnya juga banyak yang membutuhkan layanan dan pengelolaan data dalam jumlah yang besar.

Berikut ini adalah contoh perusahaan atau korporasi pengguna layanan colocation server:

 
server

Organisasi Penyelamatan Bencana.

 
Organisasi penyelamatan bencana memerlukan infrastruktur yang berbasis komputer. Jaringan infrastrukturnya didistribusikan melalui kabel ke setiap wilayah untuk keperluan pencegahan dan penyelamatan bencana. Dengan adanya layanan colocation server. Maka, badan SAR yang ada di Indonesia, tidak perlu repot lagi menyebarkan jaringan infrastrukturnya ke seluruh daerah di Indonesia. SAR cukup menggunakan layanan colocation server yang sudah banyak tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Bisnis Skala Kecil dan Menengah

 
Menyewa infrastruktur merupakan langkah yang tepat untuk perusahaan kecil dan menengah dalam merintis bisnisnya. Hal ini karena, memiliki dan mengoperasikan data center sensiri adalah diluar batas kemampuan keuangan perusahaan kecil dan menengah.

Jaringan Pengiriman Konten.

 
Perusahaan yang bergerak di bidang jaringan pengiriman konten memerlukan titik akses yang lokasinya paling dekat dengan user terakhir.

Perusahaan jaringan pengiriman konten adalah perusahaan yang sangat mengandalkan internet untuk menawarkan dan menjual produknya secara door to door atau langsung kepada konsumen di seluruh web di seluruh dunia. Secara teknis perusahaan jaringan pengiriman konten merupakan sistem pengiriman besar server di beberapa data center, semua jaringannya terkoneksi bersama. Perusahaan jaringan pengiriman konten dapat mengirimkan informasi produk kepada ribuan rumah virtual setiap saat.

Artikel Terkait  Apa itu SSH? Cara Kerja SSH (Secure Shell)

Bagi perusahaan jaringan pengiriman konten besar, tidak masalah memiliki data center yang banyak yang tersebar di setiap daerah. Namun, lain halnya jika perusahaan start up. Tentunya, akan kesulitan untuk memiliki banyak data center. Sehingga, perusahaan start up banyak yang memilih menggunakan layanan colocation server agar mereka dapat menghemat waktu dan budget serta dapat melakukan penjualan yang lebih cepat daripada menggunakan cara penjualan yang tradisional.

Titik Pertukaran Internet.

 
Colocation server atau data center dapat menangani titik pertukaran lalu lintas internet antara penyedia layanan internet (ISP) dengan jaringan pengiriman konten (CDN), sehingga perusahaan atau lembaga yang mengatur titik pertukaran internet menggunakan layanan colocation server.

Kesimpulan

 
Setelah penjelasan di atas mengenai pengertian, manfaat, dan contoh dari colocation server, maka dapat disimpulkan bahwa colocation server adalah layanan yang sangat penting di era digital sekarang ini, karena dapat membantu dalam mengelola server-server besar. Selain itu, Anda juga tidak harus memiliki infrastruktur-infrastruktur yang dapat menyedot budget yang besar pula.

Demikian, pengertian, manfaat, dan contoh colocation server. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: