Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Apa Itu NPM? Bagaimana Cara Installnya?
Npm adalah Node Package Manager yaitu, sebuah repository online dimana setiap pengunanya dapat membagikan modul Node.JS. Ada beberapa langkah cara menginstall NPM. Berikut kami sajikan!
22802
post-template-default,single,single-post,postid-22802,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
npm-adalah

Apa Itu NPM? Bagaimana Cara Installnya?

Jika kalian telah membaca artikel sebelumnya mengenai manajer dependencies untuk PHP, kini kita akan membahas manajer dependencies milih Javascript yang dikenal dengan NPM atau Node Package Manager. NPM memungkinkan Anda untuk menginstall package kode orang lain kedalam proyek Javascript Anda.

Secara non teknis, NPM dapat digambarkan sebagai suatu ‘aplikasi’ dan diunggah ke dalam sebuah perpustakaan dimana setiap orang dapat mengakses dan mengunduh ‘aplikasi’ tersebut untuk digunakan kedalam proyek mereka. Ketika ‘aplikasi’ sudah diunduh, NPM akan memverifikasi dan memvalidasi versi-versi aplikasi yang digunakan. Tanpa NPM semua proses di atas akan dilakukan secara manual dan akan memakan waktu yang lumayan lama.

Artikel Terkait  Jasa SEO Google | SEO Google Adalah?

NPM merupakan bagian dari node, jadi Anda harus menginstal versi Node LTS untuk mendapatkan kedua perintah node dan npm kedalam command line Anda. NPM merupakan alat yang anda pasang pada komputer Anda, npm harus terinstall pada tiap komputer yang ingin anda gunakan untuk mengerjakan proyek Anda. Hal lain yang harus Anda ketahui dari npm adalah bahwa npm awalnya dikembangkan untuk server environment untuk aplikasi. Tetapi developer mulai menggunakan hal tersebut untuk membuat alat yang membantu mereka dalam otomatisasi tugas lokal.

Cara Install NPM

 

install-npm 

NPM adalah aplikasi dan repository untuk mengembangkan dan membagikan kode JavaScript yang merupakan bagian dari Node.jsrun time environment yang mencakup semua yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang ditulis dalam JavaScript. JavaScript digunakan menjalankan script pada server untuk menerjemahkan konten sebelum dikirim ke browser website.

  1. Download Installer Node.js

Dapatkan versi Node.js yang paling terbaru dengan mendownloadnya pada https://nodejs.org/en/download/. Installer Node.js sudah mencakup package manager npm.

  1. Install js dan npm dari Browser

Setelah installer selesai didownload, ikuti langkah-langkah instalasi. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi instalasi. Kecuali anda memiliki lokasi instalasi spesifik, instal node.js pada lokasi default. Sistem wizard juga akan memberikan anda opsi untuk memilih komponen yang ingin diikutsertakan atau dihilangkan dari proses instalasi, sekali lagi kecuali anda memiliki keperluan akan komponen tertentu, anda disarankan untuk memilih default.

  1. Verify Instalasi

Buka command prompt dan ketikkan perintah dibawah

node –v

Anda juga dapat mengecek versi npm yang terpasang dengan perintah yang sama

npm –v

Mengupdate NPM

 
NPM atau Node Package Manager adalah sebuah proyek terpisah dari Node.js dimana npm cenderung diperbaharui lebih sering.

Memperbarui npm pada sistem operasi Windows memerlukan beberapa langkah untuk memastikan npm dapat PowerShell/cmd dapat menemukan versi terbaru dari npm. Langkah pertama adalah dengan mejalankan perintah dibawah:

Set-ExecutionPolicy Unrestricted -Scope CurrentUser -Force

Kemudian, untuk menginstall dan menggunakan alat yang telah diperbaharui, jalankan perintah dibawah (dengan minimum requirement Node v.6 )

npm install –global –production npm-windows-upgrade

npm-windows-upgrade

Menginstall Modul

 

Artikel Terkait  Apa Itu Visitor, Pageview, Unique Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blog?

Sebuah modul merupakan sebuah file atau direktori dalam direktori node_modules yang dapat dimuat kedalam fungsi Node.js require()

Menginstal modul merupakan salah satu hal dasar yang anda pelajari ketika memulai npm. Berikut dasar-dasar pengetahuan yang anda perlu ketahui modul mandiri pada direktori saat ini.

npm install <module>

Pada perintah diatas anda akan mengganti <module> dengan nama dari modul yang ingin anda install. Sebagai tambahan, selain memicu instalasi dari satu modul, anda juga dapat memicu instalasi dari semua modul yang terdaftar sebagai dependencies dan devDependencies dalam package.json pada direktori saat ini. Untuk melakukan hal tersebut anda dapat dengan mudah menjalankan perintah:

npm install

Menginstal Modul secara Global dalam Sistem Anda

 
Modul global dapat sangat membantu karena memiliki berbagai alat, utilitas dan kedua keuntungan untuk developer dan penggunaan umum yang dapat anda instal secara global untuk digunakan.

Untuk menginstal modul dari npm anda secara global, anda dapat menggunakan perintah –global ketika menjalankan perintah instalasi untuk instalasi modul secara global ketimbang secara lokal (kedalam direktori saat ini)

Menggunakan NPM dalam Sebuah Proyek

 

npm-dalam-proyek 

Untuk menggunakan npm pada sebuah proyek, proyek anda harus memiliki sebuah file yang bernama package.json. File ini menyimpan daftar dari semua paket yang anda gunakan dan versi mana dari tiap paket yang akan anda gunakan. Jika file anda belum memiliki package.json. anda dapat membuat file baru dari command line dengan perintah:

cd my-awesome-project

npm init

npm adalah aplikasi dan repository untuk mengembangkan dan membagikan kode JavaScript yang merupakan bagian dari Node.js. Selain dependencies manager tersebut, terdapat beberapa manajer proyek yang patut anda ketahui sebagai pembanding dari npm

  1. NPM adalah manajer package node.js yang menargetkan environment node.js yang biasanya berbentuk proyek sisi server node.js atau proyek command line
  2. Bower adalah manajer package yang ditujukan untuk proyek website fron-end. Dalam penggunannya, anda memerlukan npm dan node.js untuk menginstall bower dan menggunakannya, meskipun dalam penggunannya pakcage bower tidak secara spesifik dibuat untuk node.js tapi lebih ke environment browser
  3. Composer adalah manajer dependency yang menargetkan proyek PHP. Jika anda menggunakan symfony atau php, composer adalah pilihan yang tepat.

 

Kesimpulan

 
NPM adalah aplikasi dan repository untuk mengembangkan dan membagikan kode JavaScript yang merupakan bagian dari Node.js. Pada zaman dimana teknologi informasi berkembang sangat cepat dan pembuatan website mulai berfokus pada fungsi-fungsi yang unik. Hal ini dapat dicapai dengan terobosan-terobosan dalam dunia informasi teknologi yaitu npm. npm sebagai package manager membantu developer dalam pengembangan suatu project dengan beberapa cara:

Membantu Orang Memulai Proyek Anda dengan Mudah

 
Dengan adanya package manager, jika anda bekerja dalam team dan dengan versi komputer yang berbeda, tim dan proyek anda dapat dengan mudah memulai proyek serta library-library yang dibutuhkan hanya dengan perintah npm install

Memungkinkan Pembaharuan yang Mudah dan Penggunaan Tiap Library yang Ada pada Proyek Anda

 
Dengan package manager, memperbarui modul dari versi sebelumnya ke versi paling baru dengan beberapa method tambahan dapat dilakukan hanya dengan mengupdate package.json

Artikel Terkait  Fungsi Paypal | Media Pembayaran Belanja Online

Selain itu, kelebihan dari package manager ketimbang static library folder adalah adanya pengecekan versi library mana yang anda gunakan secara otomatis dan memastikan file config sudah benar. Dimana mengetahui versi library yang anda gunakan dapat diterjemahkan kedalam dua hal:

  1. Perlu mengupdate library dikarenakan ada bug
  2. Perlunya pengecekan terlepas dari adanya lubang keamanan mempengaruhi anda atau tidak.

Beberapa orang berargumen jika static library lebih menguntungkan dikarenakan tidak adanya tool yang diperlukan. Hal ini benar adanya dalam proyek skala kecil. Sedangkan dalam proyek skala besar sangat tidak mungkin jika semua module,versi dan environment pengerjaan sendiri di manage oleh anda sendiri.

NPM sangat membantu developer dalam pengembangan suatu proyek dengan cara mengeliminasi pekerjaan-pekerjaan repetitive dengan package-package dan modul yang telah disediakan oleh repository online.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: