Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
PHP Adalah? Bagaimana Cara Memahaminya dengan Mudah?
PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk membuat situs web dinamis. Pelajari selengkapnya disini!
22633
post-template-default,single,single-post,postid-22633,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
php

PHP Adalah? Bagaimana Cara Memahaminya dengan Mudah?

Dalam tahap mempelajari Bahasa Pemrograman, kita terlebih dahulu akan diajak untuk mempelajari Bahasa program yang paling sederhana dan mudah untuk dikuasai oleh pemula yaitu HTML. HTML ini biasanya digunakan untuk membuat desain statis untuk situs web. Kemudian setelah setelah desain dibuat, langkah selanjutnya adalah pembuatan system atau program. Dan PHP adalah Bahasa program yang dikususkan untuk program Web, artinya PHP digunakan dalam pembuatan website.

Artikel Terkait  Proxy Server Adalah Komputer Server | Bagaimana Cara Kerjanya?

PHP Adalah?

 

php-adalah 

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk membuat situs web dinamis.

Jawaban atas pengertian PHP telah terjawab pada alinea diatas dan kita bisa sepakat bahwa PHP merupakan sesuatu yang krusial dalam pengembangan website dinamis – sesuatu yang harus anda ingat kalau anda ingin membuat website anda sendiri yang akan berkompetisi dengan website-website lainya pada dewasa ini.

PHP digunakan secara luas dalam pengembangan website dinamis karena merupakan salah satu bahasa scripting open source dan bebas untuk di download dan digunakan. Jika anda pernah mendengar WordPress – pembuat website secara gratis yang paling dikenal di dunia, beroperasi dengan menggunakan bahasa scripting ini.

Tidak seperti Javascript yang berfokus pada bahasa scripting berbasi pada klien, PHP adalah Bahasa pemrograman yang berfokus pada sisi server yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan fungsi-fungsi seperti membuat konten website secara kustom, autentikasi dimana dalam trend saat ini digunakan atas kesesuaian pada sistem pengelolaan konten back-end. Dimana hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dari sisi waktu muat dikarenakan segala beban pekerjaan sudah dikerjakan di sisi server ketimbang sisi pengguna.

Setelah mendiskusikan apa itu PHP, Kita akan membahas lebih dalam mengenai aspek teknis dari bagaimana PHP bekerja serta siklus hidup request. Untuk membuatnya lebih sederhana , setiap halaman yang di request oleh user akan diurai dan dieksekusi oleh interpreter PHP dimana kode-kode PHP sedang dimuat – salah satu fungsi yang memungkinkan anda untuk melihat update yang anda buat pada website anda secara langsung. Akan tetapi fungsi ini hanya dapat bekerja pada server web yang sebelumnya telah diinstal PHP.

PHP ditulis sebagai teks standar dengan perpanjangan .php dan sering disimpan dalam folder pada direktori umum sebuah server web. Pada kebanyakan sistem, teks standar ini akan dinamai public atau public_html

Daur hidup akan selalu dimulai dari pengguna (atau dalam hal ini browser) request atau permintaan atas halaman web pada web klien. Setelah pengguna menekan layar / menekan tombol enter, request / permintaan GET akan dikirimkan pada server bersangkutan yang digunakan. Setelah request / permintaan dikonfirmasi oleh server, pencarian index.php akan dilakukan. Ketika file index.php ditemukan, server pada dasarnya akan mengkonfirmasi file tersebut dan akan meneruskannya kepada PHP interpreter. Setelah diterima oleh interpreter, PHP akan membaca dan mengeksekusi tiap kode yang ditemukan. Setelah selesai, interpreter PHP akan memberikan kode output yang tersedia kembali. Setelah file diterima oleh server, server akan mengirim output kembali ke browser dimana request / permintaan berasal, atau pada umumnya digambarkan ke layar.

Secara spesifik, server web dikonfigurasi untuk menunggu ekstensi file tertentu yang mengandung pernyataan statement PHP ketika PHP tersebut di instal. Tiap ekstensi dapat digunakan, namun secara umum, ekstensi yang digunakan antara .php atau .phtml.  Ketika server web mendapatkan request / permintaan dengan ekstensi yang ditunjuk, server web akan mengirimkan pernyataan statement dengan seadanya, tapi pernyataan PHP akan diproses oleh software PHP sebelum file tersebut dikirimkan kepada peminta.

Artikel Terkait  Cookies Adalah? Pengertian dan cara kerja Cookies

Cara Kerja PHP

 

cara-kerja-php 

Setelah membaca mengenai istilah teknis tentang arti PHP, bagaimana cara kerjanya serta daur hidupnya, tiba saatnya untuk membahas manfaat penggunaan PHP dengan tujuan untuk memberikan pilihan yang lebih luas dalam pengembangan website dinamis – sesuatu yang menyenangkan yang akhirnya bisa kita pelajari.

Open Source

 
Tersedia secara bebas membuat PHP dipertimbangkan oleh banyak developer serta tidak perlunya proses download dan biaya lisensi. Selain ramah anggaran, PHP juga memiliki komunitas internasional yang memimpin pengembangan berkelanjutan atas kegunaannya

Hemat Waktu dalam Pengembangan

 
Sebagai bahasa berorientasi objek parsial, PHP memungkinkan penggunaan kembali kode yang akan menghemat waktu dan tenaga dalam proses pengembangan serta beberapa ketersediaan dalam frameworks lain.

Fleksibel

 
Kode PHP sesuai dengan kebanyakan platform besar seperti Windows hingga Linux serta memperoleh dukungan dari kebanyakan servers (termasuk Apache, Microsoft IIS, Netscape, iPlanet, Caudium, dll) serta lebih dari 20 database. Menjadikan PHP sebagai bahasa scripting fleksibel dan serba guna yang tersedia di pasaran.

Skalabilitas dan Dokumentasi yang Baik

 
Merupakan sesuatu yang memungkinkan untuk mengembangkan dan mendukung proyek IT berskala serta membuat banyak halaman dengan settingan berbeda dengan meluncurkan modul berbeda secara progresif dan juga membuat amandemen yang diperlukan selama proses pengerjaan.

Mudah untuk Diperbarui dan Dirawat

 
Dengan syntax yang mudah dipecahkah, kode PHP dapat dengan mudah di modifikasi dan diperbarui. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat serta keefektifan biaya untuk mengimplementasikan aplikasi baru yang diperlukan untuk memasuki pasar serta syarat business yang baru. Karena kode PHP ditulis dengan cara yang jelas dan konsisten, pengerjaan perawatan dan dukungan dapat diberikan kepada tim manapun, tidak wajib dikerjakan oleh anggota tim yang mengembangkan proyek.

Peluang Hosting yang Bagus

 
Dengan keserbagunaannya, PHP menjadi populer dalam web hosting. Untuk kebanyakan penyedia jasa hosting, Paket hosting sudah tersedia dengan dukungan PHP tanpa biaya sama sekali dengan pilihan antara rencana hosting web gratis atau rencana hosting bersama yang relatif murah dengan nama domain gratis.

Membantu Mempertahankan Pelanggan

 
Mulanya diciptakan untuk menjawab tantangan terhadap website dinamis, point terakhir ini akan mengingatkan kita tentang artinya PHP serta kemampuannya dalam pengembangan website. Kode PHP dapat dengan mudahnya ditanamkan ke dalam HTML yang akan memungkinkan developer untuk mengubah website statistik yang sudah ada menjadi website dinamis hanya dengan menambahkan kode PHP mereka kedalam HTML.

Setelah membaca dengan baik mengenai apa itu PHP, telah tiba saatnya untuk menyimpulkan apa yang telah dipelajari sebagai arti pg pada pengembangan website dinamis.

Artikel Terkait  XAMPP adalah? Pengertian dan Fungsinya

Kesimpulan

 
PHP adalah merupakan open source bahasa scripting yang berfokus pada sisi server yang memiliki tujuan umum yang sesuai untuk pengembangan website serta dapat ditanamkan pada HTML dan hanya diartikan pada server yang memiliki PHP terpasang dengan ekstensi file .php. Daur hidup pada PHP itu sendiri sebagian besar terdiri dari penguraian dan eksekusi oleh interpreter. 

Pertimbangan terbesar atas penggunaan PHP dalam pengembangan website dinamis jatuh pada beberapa keuntungan penggunaan PHP. Salah satunya dimana user perlu menjaga keberadaan online yang konsisten tanpa struktur yang perlu dipelihara dengan baik yang dapat membantu untuk memenuhi persyaratan dan mengembangkan kegunaan yang diperlukan pada biaya yang masuk akal dan perluasan perawatan memiliki kemungkinan diperpanjang serta beberapa pertimbangan teknis seperti waktu muat yang lebih cepat, adanya peluang pengembangan jangka panjang, peluang hosting yang mudah serta kemudahan untuk pembaruan dan pemeliharaan menjadikan PHP bahasa scripting terbaik untuk pemula dan profesional dalam pengembangan website dengan simpel hingga kegunaan yang lebih kompleks. Jadi jika Anda ingin membuat website maka harus belajar PHP terlebih dahulu, Anda bisa belajar PHP dari orang lain atau secara otodidak melalui video youtube.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: