Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Plugin adalah? Pengertian, jenis dan fungsi plugin
Plugin adalah sebuah software dengan fungsi tertentu yang dapat digunakan untuk menjalankan fitur tambahan dalam aplikasi atau program. Jenis-jenis plugin dan fungsinya adalah sebagai berikut
21708
post-template-default,single,single-post,postid-21708,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Plugin adalah? Pengertian, jenis dan fungsi plugin

Bagi seseorang yang menekutin bidang pemrograman, khususnya pemrograman website pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah plugin. Dalam pengembangan situs web menggunakan cms misalnya wordpress, plugin adalah element yang umum digunakan oleh pengembang untuk menambahkan fungsi-fungsi khusus seperti chat, penerapan SEO, penambahan fungsi analitik dan lain sebagainya.

Bukan hanya dalam hal pengembangan situs web, plugin juga kadang diperlukan di dalam browser untuk memudahkan pengguna internet dalam proses peramban dengan menggunakan browser tertentu. Salah satu jenis plugin untuk browser misalnya adalah adobe acrobat.

Plugin secara tradisional menjadi bagian integral dari komputasi, penjelajahan web, dan membuat konten untuk internet. Dan dengan melakukan itu mereka telah memainkan peran utama dalam memastikan fungsi dasar bahkan aktivitas online kita yang paling biasa bekerja dengan baik dan lancar, mulai dari melihat dokumen hingga menonton film, dan banyak lagi. Dan berikut ini adalah pemahaman atau pengertian plugin dan bagaimana penggunaannya dalam kegiatan komputasi sehari-hari pengguna.

Pengertian plugin adalah?

 
plugin

Artikel Terkait  FileZilla Adalah? Pengertian Hingga Cara Menggunakannya

Plugin adalah tambahan perangkat lunak yang memungkinkan penyesuaian program komputer, aplikasi, dan browser web yang juga dapat digunakan dalam penyesuaian konten yang ditawarkan oleh situs web. Sementara plugin terus digunakan sebagai add-on untuk menyesuaikan program dan aplikasi, penggunaannya di browser web agak menurun, karena pengguna internet masa kini lebih memilih menggunakan ekstensi browser dari pada plugin.

Plugin adalah juga semua add-on kecil yang berfungsi mengoptimalkan konten yang Anda publikasikan secara online. Bagi kita Sebagai konsumen konten, plugin merupakan ekstra tools yang memungkinkan saya dan Anda untuk menikmati pengalaman dalam menggunakan internet dalam berbagai cara yang mencakup gambar, suara, video, dan animasi. Plugin juga membantu halaman web dan situs web menjadi lebih dari sekadar blok teks besar, keberadaan plugin dapat membantu peringkat posting blog Anda naik ke posisi yang lebih baik, misalnya untuk menampilkan video YouTube dan Vimeo di situs web Anda, atau bahkan membantu menyesuaikan font situs web Anda.

Sementara plugin browser web yang dulu banyak digunakan telah kehilangan popularitasnya, banyak dari plugin-plugin itu sudah tidak lagi didukung oleh browser populer, dan telah banyak digantikan oleh penggunaan ekstensi browser, ada beberapa plugin yang masih berguna dengan komputasi sehari-hari dan dalam kegiatan menjelajah situs web.

Beberapa plugin yang bagus untuk membantu menyesuaikan pengalaman pengguna Anda dengan penelusuran web, pembuatan konten, dan dengan aplikasi dan program favorit Anda misalnya adalah plugin Adobe Acrobat reader, Adobe flash player, Bukkit plugin dan lain sebagainya.

Adobe Acrobat Reader dan Adobe Flash Player adalah dua plugin browser yang paling umum dan penting yang membantu kita melakukan hal-hal sederhana seperti menonton video dan melihat dokumen PDF. Mereka sangat umum digunakan, banyak browser dan PC yang sudah terintegrasi dengan keduanya bahkan ketika baru pertama kali kita menggunakannya.

Mengapa menggunakan plugin?

 
plugin

Plugin adalah pendekatan pencegat. Ini meminimalkan konflik di antara ekstensi yang mengubah perilaku dari kelas atau metode yang sama. Kelas plugin tidak mengubah kelas itu sendiri tetapi hanya memodifikasi perilaku fungsi kelas. Kami dapat mencegah tabrakan antar plugin dengan menggunakan atribut sortir urutan plugin. Plugin dapat dipanggil berurutan sesuai dengan urutan pengurutan, sehingga tidak bertentangan dengan kelas plugin lainnya.

Tipe-tipe Plugin

 
tipe tipe

Plugin-plugin yang biasa kita gunakan terdiri dari tiga tipe yaitu before plugin, after plugin dan around plugin.

Tags: