Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
10 Website Builder Gratis dan Terbaik di tahun 2020 | No.5 Paling Ngetren Lo!
10 Website builder gratis dan terbaik di tahun 2020. Dengan ini kita bisa membuat website dengan mudah dan cepat.
21868
post-template-default,single,single-post,postid-21868,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,hide_inital_sticky,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

10 Website Builder Gratis dan Terbaik di tahun 2020 | No.5 Paling Ngetren Lo!

Anda mungkin berpikir bahwa pembuat situs web gratis kedengarannya terlalu muluk untuk menjadi kenyataan. Kadang-kadang kami juga berpikir begitu, tetapi sebenarnya ada beberapa bukti nyata di luaran sana yang bisa kita lihat.

Di sini kami telah memilih beberapa website builder terbaik yang banyak digunakan oleh pembuat website baik di Indonesia maupun di tempat lainnya.

Selain itu, kami yakin Anda akan selalu melihat ‘harga’ yang Anda bayar untuk website builder gratis ini sebagai bentuk pertukaran yang seimbang. Sebagian besar dari kita tentunya akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti domain, kapasitas hosting yang disediakan hingga masalah tampilan website yang dihasilkan sebelum menggunakan website builder gratis yang mana.

Maka dari itu panduan ini kami buat untuk siapa saja yang ingin membuat situs web gratis tetapi tidak tahu pembuat situs web mana yang harus dipilih.

Website Builder Gratis dan Terbaik Yang Banyak Digunakan

 

web001

Artikel Terkait  Operating System Android Terbaru

Dari pembuat situs web gratis ini, kami berpendapat bahwa Wix, SITE123, dan WordPress sebagai tiga teratas karena beberapa faktor penting. Wix memiliki paket gratis yang sangat murah hati, yang sangat mudah digunakan – menggabungkan kebebasan kreatif dengan banyak fitur. SITE123 sangat ramah pemula, dengan fokus membantu Anda online. Sedangkan WordPress adalah open source dengan sangat banyak pengembang di seluruh dunia.

1. SITE123

 
SITE123 merupakan site builder gratis dengan spesifikasi mudah digunakan dalam membangun kehadiran online Anda.

Kelemahan langsung dari SITE123 adalah ia tidak memberi Anda pilihan templat. Jadi tidak seperti Wix, Weebly, dan pembuat situs web gratis lainnya, yang memungkinkan Anda memilih templat yang disukai Anda, dengan SITE123 Anda tidak dapat memilih desain yang Anda sukai.

Sebagai gantinya, Anda memilih jenis situs web yang Anda inginkan dari 11 kategori berbeda (termasuk portofolio, blog, musik, dan CV), sebelum disajikan dengan desain situs web standar. Tapi Anda bebas melakukan editing menggunakan berbagai alat dalam platform ini, yang cukup mudah untuk digunakan.

Beberapa hal yang menjadi kelebihan dari pembangun situs ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada iklan yang terlihat saat Anda pertama kali mendarat di situs ini.
  • 24/7 bantuan dan dukungan melalui live chat.
  • Site123 memilih templat untuk Anda, menjadikannya pilihan yang baik untuk Anda yang tidak menguasai skl

Namun demikian mereka juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu mereka perbaiki jika ingin terus digunakan oleh pengguna dalam membangun situs mereka:

  • Nama domain gratis berakhir me “.me”, bukan yang lebih kuat seperti “.com”.
  • Kurangnya kebebasan berkreasi.
  • Pilihan templat situs web yang terbatas, sehingga situs yang dihasilkan terlihat agak kuno dan monoton.

Terlepas dari itu semua, SITE123 membuat Anda online dengan cepat, memberikan dukungan pelanggan yang layak melalui live chat. Meski tidak begitu serbaguna atau modern seperti pembangun situs web gratis lainnya dalam daftar ini.

Tetapi jika Anda menginginkan proses pembuatan situs web yang sederhana dan tanpa embel-embel, maka ada baiknya menggunakan builder gratis ini.

2. Weebly

 
Website builder gratis satu ini konon sangat ideal untuk bisnis skala kecil. Ia memiliki kelebihan yang bisa kita lihat melalui beberapa hal berikut ini:

  • Nama domain paket gratis yang masuk akal: yoursite.weebly.com
  • Mudah digunakan
  • Permintaan SEO yang bagus – ideal untuk bisnis yang ingin mudah ditemukan melalui Google

Weebly memiliki editor ‘drag-and-drop’ yang mirip dengan Wix, yang sangat ramah pengguna. Mereka menggabungkan kemudahan penggunaan ini dengan alat SEO yang luar biasa, ditambah banyak ruang untuk meningkatkan skala situs web Anda, dan Weebly menonjol sebagai website builder gratis terbaik untuk bisnis kecil.

Ada banyak template yang bisa Anda pilih walaupun tidak sebanyak Wix – yang mencakup sebagian besar ceruk, termasuk bisnis, blog, acara, dan portofolio. Anda dapat dengan mudah mendapatkan situs yang terlihat profesional dalam waktu singkat.

Templatenya juga ramah seluler sehingga situs web gratis Anda akan terlihat bagus di perangkat apa pun tanpa perlu dicustom! Dengan lebih dari 50% lalu lintas situs masa kini berasal dari perangkat seluler, maka penting untuk situs Anda dioptimalkan sepenuhnya.

Weebly selain mudah digunakan, seluruh platform ini membuat pembangunan situs web sangat cepat dan efisien. Dasbor pengguna jelas, alatnya mudah dikuasai dan panduan dukungannya sangat membantu. Anda hanya perlu menghabiskan beberapa jam saja dan Anda akan siap untuk mempublikasikan situs Anda ke web sebelum tidur di malam hari. Cepat, bukan?

Versi gratisnya saja bagus, apalagi yang berbayar. Jika Anda cukup menyukainya Anda memperbaruinya ke versi berbayar. Bagi Anda yang ingin berjualan online, Anda harus mengupdate ke premium untuk bisa menggunakan fitur e-niaga Weebly.

Opsi termurah Weebly adalah paket Starter dari hanya $ 5 per bulan. Dengan hanya membayar biaya ini, Anda bisa menghapus iklan, mendapatkan penyimpanan tanpa batas, memungkinkan jualan online, dan menggunakan domain asli, dan banyak lagi!

3. Strikingly

 
Jika Anda hanya ingin membuat sebuah situs yang sederhana, website builder gratis satu ini bisa Anda pertimbangkan.

Fokus utama yang mencolok adalah membuat Anda online dengan murah, mudah, dan cepat. Karenanya, Anda tidak memiliki tingkat kontrol kreatif yang sama dengan beberapa pembuat situs web yang lebih intuitif, seperti Wix.

Dengan ini Anda bisa menciptakan situs web satu halaman dengan desain pilihan Anda yang telah dibuat sebelumnya. Tidak seperti banyak pembuat situs web gratis lainnya, Anda dapat mengubah template sebanyak yang Anda inginkan setelah situs Anda ditayangkan.

Dengan paket gratis Strikingly, Anda dapat membuat sebanyak mungkin situs web gratis. Anda juga akan mendapatkan bandwidth bulanan 5GB, dukungan pelanggan 24/7, dan kemampuan untuk menjual satu produk per situs melalui fungsi Toko Sederhana.

Meski mereka menampilkan iklan yang mencolok, tapi tampilannya yang paling halus dari builder lain, dan format nama domain – www.yoursite.strikingly.com ini sangat layak. Misalnya, untuk situs ini, nama domain kami adalah www.appkey.strikingly.com.

Namun kekurangannya adalah tidak seperti website builder lainnya, paket gratisnya tidak menyertakan sertifikat SSL. Ini berarti situs Anda akan terdeteksi sebagai ‘Tidak aman’ bagi siapa pun yang mencoba mengunjunginya. Hmm.. bagian ini jadi kurang bagus ya!

Jadi, jika Anda tetap ingin menggunakan Strikingly, kami sarankan daftarlah yang gratis lalu mutakhirkan ke paket berbayar. Dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sebesar $ 8 sebulan. Anda akan mendapatkan domain khusus, bandwidth hingga 50GB per bulan, dan kemampuan untuk menjual hingga lima produk di situs Anda, jadi dengan nilai investasi itu Anda tidak akan rugi memilih layanan ini.

4. Jimdo

 
Jimdo adalah salah satu yang paling bersemangat membantu Anda membangun situs web gratis, dengan komponen yang sederhana, Anda dapat langsung menggunakan platform ini. Jadi akan sangat friendly dengan Anda yang baru belajar membuat situs web.

Jika Anda sudah mencoba Wix dan Weebly, Anda akan menemukan Jimdo sedikit kurang dibandingkan kedua builder tersebut. Template yang bisa dipilih juga jauh lebih terbatas.

Artikel Terkait  Wordpress Adalah? Pengertian dan Cara Instalasi

Awalnya, Anda memang akan bisa membuat situs web dengan sangat cepat. Juga tidak ada iklan banner atau pop-up Jimdo yang menyebutkan bahwa Anda sedang menggunakan paket gratis, hanya sebuah catatan kecil di bagian bawah situs.

Format nama domain cukup standar: www.your-site.jimdosite.com.

Secara keseluruhan, kami merekomendasikan Jimdo jika Anda memerlukan situs web yang cepat dan mudah untuk memberikan latar belakang pada toko online Anda di Facebook media sosial lainnya. Biaya untuk pemutakhirannya juga cukup murah dan bisa Anda lakukan dengan mudah dan langsung pada situs mereka.

5. WIX.com

 
Dengan Wix, Anda dapat membuat dan menerbitkan situs Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Anda tidak perlu melakukan pembaharuan setelah jangka waktu tertentu – jika Anda mau, Anda dapat menjaga situs Anda gratis selamanya. Inilah yang membuat paket gratis Wix luar biasa murah hati untuk pembuat situs web, dan itulah alasan mengapa paket Wix kami sebut paling ngetren.

Wix menjadi website builder gratis populer yang banyak digunakan di dunia termasuk Indonesia, situs pembangun website gratis ini mengklaim dapat menjamin kemudahan dalam penggunaannya. Dengan pilihan lebih dari 500 templat yang sebagian besarnya gratis dan banyak pilihan alat dan elemen, seperti galeri, tombol, dan ikon media sosial, Wix membuat pembangunan situs web lebih mudah dari sebelumnya.

Beberapa fitur unggulan dari Wix.com adalah:

  1. Mudah digunakan dengan fungsionalitas drag-and-drop
  2. Memiliki beragam template
  3. Mayoritas fitur tersedia dalam paket gratis
  4. Kustomisasi terbaik

Namun demikian masih banyak juga bagian-bagian dari website builder gratis ini yang memerlukan perbaikan seperti pada bagian berikut ini:

  1. Nama domain gratis seperti ini: https://yourname.wixsite.com/yoursite yang mereka tawarkan tidak bagus.
  2. Paket iklan yang tertanam secara otomatis di dalam situs yang dibuat dengan menggunakan builder ini sangat terlihat, jadi kesannya mengganggu. Sebagai permulaan, ada iklan banner Wix yang tetap terlihat saat Anda menggulir ke bawah situs. Banner ini cukup halus, tetapi sedikit mengganggu.
  3. Anda tidak akan dapat mengubah situs yang sudah Anda publikasikan, jika Anda membuat sebuah situs web dengan menggunakan Wix.

Anda juga tidak dapat menggunakan domain pribadi (alias alamat situs web pribadi Anda) – domain Anda akan mengikuti format www.yourname.wixsite.com/yoursite. Jadi, alih-alih https://appkey.id, Anda akan terjebak dengan www.appkey.wixsite.com/appkey (Anda dibatasi hingga 20 karakter untuk bagian ‘yoursite’ dari alamat Anda).

Dengan paket gratis, penyimpanan dan bandwidth dibatasi hanya 500MB. Ini akan mencegah Anda menggunakan terlalu banyak gambar atau video di situs Anda, serta berpotensi membatasi berapa banyak pengunjung yang bisa Anda dapatkan. Anda juga tidak dapat menjual produk apa pun melalui Wix dengan paket gratis.

Paket premium yang mereka tawarkan mulai dari $ 13 / bulan. Tapi berdasarkan yang kami ketahui Wix adalah website builder dengan performa terbaik, jadi jika Anda memutuskan untuk memutakhirkan, Anda berada di tangan yang tepat!

Paket berbayar yang paling populer di Wix adalah paket unlimited, yang ditujukan untuk pengusaha dan pekerja lepas. Untuk $ 17 / bulan, ini akan menghapus semua iklan, memungkinkan Anda menggunakan domain pribadi, dan menyediakan bandwidth tak terbatas – serta ruang penyimpanan 20x lebih banyak.

 6. WordPress.com

 
WordPress.com dibangun khusus untuk blogging sehingga fitur pendukung blog yang luas secara otomatis terintegrasi di dalam builder ini, seperti analitik, search, komentar, kategori tampilan, pengarsipan, dan banyak lagi.

WordPress.com memiliki semua kelebihan pendahulunya, WordPress.org, tetapi dengan desain yang lebih disederhanakan dari website builder.

Anda mungkin masih merasa agak sulit untuk menggunakannya jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan teknis. Anda dapat bertahan tanpa perlu kode, tetapi kemungkinan Anda harus tahu dasar-dasarnya untuk mendapatkan yang terbaik dari WordPress.com.

Oleh karena itu, jika Anda cukup percaya diri dalam teknologi tetapi tidak ingin membayar sepeser pun untuk membuat blog Anda, maka WordPress.com adalah pilihan terbaik. Domain gratis WordPress.com juga merupakan satu-satunya yang tidak menyertakan nama pembuatnya.

Namun, jika Anda bukan seorang blogger, Anda mungkin kesulitan untuk menyesuaikan situs Anda sesuai dengan keinginan Anda. Di sinilah WordPress.com kehilangan pamornya karena mulai terasa membatasi ketika Anda mencoba membuat apa pun selain blog dengan templatnya.

Karena itu, kami tidak merekomendasikan WordPress.com untuk mereka yang membutuhkan situs bisnis atau situs pribadi yang membutuhkan penyesuaian.

7. IM Creator

 
Pembuat IM berfokus untuk membantu Anda membuat situs web dengan CEPAT dan tentu saja gratis.

Siswa, artis, LSM, dan badan amal dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan perangkat lunak IM Creator premium secara gratis dengan mengisi formulir yang mereka sediakan. Tim pengayaan komunitas kemudian akan meninjau permintaa, biasanya dalam waktu 72 jam. Jika disetujui, lisensi kemudian akan ditambahkan ke situs pertama yang Anda terbitkan, dan ini akan sepenuhnya bebas iklan. Anda juga dapat menghubungkan nama domain Anda sendiri.

Artikel Terkait  Website Development Adalah? Pengembang Web?

Templat sudah diisi sebelumnya dengan konten yang bisa Anda gunakan sendiri dengan cepat di editor drug and drop yang mereka miliki. Ini akan menghemat pekerjaan Anda untuk membangun atau merancang apa pun dari awal.

8. Webnode

Webnode adalah system pembangun website populer dengan pengguna lebih dari 30 juta di seluruh dunia.

Pengaturan Webnode sangat mudah. Seluruh proses pembuatan situs web dapat dilakukan dalam waktu sekitar lima menit. Cepat bukan?

Editor Webnode sangat mudah digunakan dan jauh lebih fleksibel daripada pembuat situs web gratis lainnya seperti Weebly atau Wix. Ini hampir seperti editor drug and drop saja. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memindahkan elemen, tetapi mereka akan sesuai dengan desain yang telah ditentukan. Misalnya, jika Anda memindahkan gambar dari tengah halaman ke kanan, desain halaman akan berubah untuk mengakomodasi ini, daripada hanya membiarkan Anda menjatuhkan gambar di tempat yang Anda inginkan. Ini cocok untuk membangun situs minimalis yang sederhana:

Webnode adalah pilihan pembuat situs web gratis yang layak jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan desain templat, atau menginginkan pembangun dengan kurva belajar hampir nol – tetapi itu akan membatasi potensi kreatif Anda dibandingkan dengan builder lain dalam daftar kami ini.

9. Mozello

 
Website builder gratis ini khusus untuk membuat situs multilingual sederhana. Mozello adalah pembuat situs web dasar yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda membuat situs multibahasa yang sepenuhnya gratis. Mozello adalah pembangun situs web dasar yang mudah digunakan. Ini memiliki fitur sederhana seperti alat blogging dan bahkan fungsi e-commerce. Anda dapat mengatur toko online dengan paket gratis dan menjual hingga 10 produk di sini.
Salah satu hal terbaik tentang Mozello adalah Anda dapat membuat situs web multibahasa secara gratis. Ini berarti Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dengan membuat konten Anda tersedia dalam bahasa lain. Ini adalah fitur yang langka untuk dimasukkan dalam paket gratis, jadi Mozello memang pantas disebut yang terbaik.

Format nama domain yang kita dapatkan adalah www.your-business.mozello.com.

Dengan fitur-fitur ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Mozello tidak lebih tinggi dalam daftar pembuat situs web gratis terbaik. Kelemahan utama Mozello adalah editornya yang terbatas. Meski ia memiliki tampilan yang sederhana dan ramah pemula, kesederhanaan ini tercermin dalam fitur dan fleksibilitasnya.

Mozello juga tidak menyertakan keamanan SSL seperti yang dilakukan pengembang lainnya. SSL adalah enkripsi yang memungkinkan pengguna dan mesin pencari mengetahui situs web Anda aman dan dapat dipercaya. Sangat penting untuk dimiliki jika Anda ingin situs web Anda aman bagi pengunjung, dan dianggap serius saat online.

10. SimpleSite

 
SimpleSite merupakan salah satu platform tertua dibandingkan dengan yang lain, dan platform ini memungkinkan Anda melakukan editing situs Anda melalui ponsel dengan mudah.

SimpleSite paling cocok bagi orang yang lebih senang menggunakan perangkat mobile. Ini memiliki spesialisasi yang sangat mengesankan yang memberi Anda kemampuan untuk membuat situs web pada tingkat yang sama seperti pada desktop, tetapi dari perangkat seluler Anda.

Artikel Terkait  10 Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan

builder ini dirancang terutama untuk seseorang yang ingin mempromosikan layanan secara mandiri, sehingga Anda dapat melihat bagaimana fleksibilitas yang disediakan oleh editor selulernya dapat membantu. Hanya ada satu iklan statis yang muncul, dan sekali lagi, struktur nama domain juga layak yaitu: www.yoursite.simplesite.com.

Namun, ada kekurangan besar dari pembangun situs ini. Anda tidak dapat mengubah versi seluler situs web Anda ketika Anda bekerja dari desktop, sementara paket premium SimpleSite secara keseluruhan relatif mahal dibandingkan dengan pembuat situs web lain jika Anda ingin mengakses lebih banyak fitur. Meskipun memiliki paket gratis, opsi premiumnya berkisar dari $ 9,99 hingga $ 28,95 per bulan.

Dan seperti halnya Strikingly dan Mozello, paket gratis SimpleSite tidak menyertakan sertifikat SSL, membuat situs yang dihasilkan menjadi tidak aman. Secara keseluruhan, SimpleSite mungkin cocok untuk seseorang yang sedang bepergian, atau tanpa akses ke komputer atau laptop.

Itulah tadi ulasan tentang beberapa website builder yang bisa kita gunakan secara gratis dari manapun di seluruh dunia termasuk Indonesia. Semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami