Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding
Encoding adalah orang yang mengembangkan dan mengirim pesan. Seperti ditunjukkan pembuat enkode harus menentukan bagaimana pesan akan diterima oleh audiens, dan membuat penyesuaian sehingga pesan diterima dengan cara yang mereka inginkan diterima. Sedangkan decoding adalah proses mengubah komunikasi menjadi pemikiran. Komunikasi yang ada tidak hanya dibicarakan namun juga dipikiran untuk suatu perubahan, sehingga menjadi sebuah audiens yang dapat diterima masyarakat. Berikut penjelasan selengkapnya!
23257
post-template-default,single,single-post,postid-23257,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
encoding-adalah

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: “010110111011101011010010110”. Bahasa ini disebut dengan biner, encoding adalah yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi satu sama lain atau untuk mengirimkan data antara komponen.

Tapi, mengapa mendesain komputer dengan sistem biner sebagai basis menggunakan alfabet normal? Nah, alasannya adalah bahwa sistem biner beradaptasi sempurna dengan struktur fisik sirkuit, di mana Anda hanya dapat menggunakan dua sinyal yang berbeda.

Tetapi kemudian, kode ini paling tidak sangat sulit untuk dipahami. Alasan keberadaan pengkodean karakter terkait dengan kebutuhan mengkonversi bahasa biner komputer dalam sesuatu yang lebih komprehensif bagi manusia. Berikut kami akan sajikan encoding dan decoding, serta proses encoding dan decoding.

Encoding Adalah

 

encoding-adalah
 

Dalam istilah dasar, manusia berkomunikasi melalui proses encoding dan decoding. Encoding adalah orang yang mengembangkan dan mengirim pesan. Seperti ditunjukkan pembuat enkode harus menentukan bagaimana pesan akan diterima oleh audiens, dan membuat penyesuaian sehingga pesan diterima dengan cara yang mereka inginkan diterima.

Encoding adalah proses mengubah pikiran menjadi komunikasi. Encoder menggunakan ‘media’ untuk mengirim pesan, panggilan telepon, email, pesan teks, pertemuan tatap muka, atau alat komunikasi lainnya. Tingkat pemikiran sadar yang masuk kepesan penyandian dapat bervariasi.

Pembuat enkode juga harus memperhitungkan ‘gangguan’ yang mungkin mengganggu pesan mereka, seperti pesan lain, gangguan, atau pengaruh. Audiens kemudian menerjemahkan atau menafsirkan, pesan untuk diri mereka sendiri yang sisebut dengan decoding.

Decoding adalah proses mengubah komunikasi menjadi pemikiran. Komunikasi yang ada tidak hanya dibicarakan namun juga dipikiran untuk suatu perubahan, sehingga menjadi sebuah audiens yang dapat diterima masyarakat.

Artikel Terkait  Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Dalam dunia komputer, apa yang dilakukan encoding karakter bit adalah memisahkan bit ini menjadi masing-masing kelompok n bit, dan menetapkan simbol untuk setiap urutan yang diperoleh. Dengan cara sederhana, pengkodean karakter atau rangkaian karakter dapat dianggap sebagai tabel terjemahan, dimana setiap kelompok bit terkait dengan satu karakter.

Misalnya, pengkodean karakter 8-bit dapat mewakili urutan “10010101” sebagai huruf “a”, urutan “01101100” sebagai simbol “&”, dan seterusnya. Jika Anda melihat dari dekat, Anda akan melihat bahwa tidak ada kode yang diulang.

Ini adalah sesuatu yang ditetapkan pada tujuan untuk menghindari ambiguitas dan umum untuk semua pengkodean karakter. Pengkodean karakter seperti ini digunakan secara luas (bahkan ketika kita tidak menyadarinya) dalam sistem operasi, dokumen teks, dokumen HTML, dokumen email, dan lainnya.

Setiap bagian teks harus memiliki pengkodean karakter karena, pada akhirnya, semua digital informasi tidak lain adalah urutan bit. Inilah sebabnya mengapa karakter encoding adalah penting untuk bahasa pemrograman seperti HTML.

Karena dokumen HTML ialah bagian dari teks yang harus dibaca dan ditafsirkan (oleh browser dan masyarakat) ia harus memiliki pengkodean karakter. Salah satu cara yang tersedia untuk menentukan pengkodean karakter yang digunakan oleh dokumen adalah melalui elemen meta dan atribut charsetnya, yang harus dideklarasikan dibagian kepala dokumen.

Dalam contoh berikut, kami membuat deklarasi di mana kami menetapkan penggunaan encoding adalah oleh dokumen ke ASCII (dengan nama yang lebih disukai US-ASCII) sebagai karakter pengkodean halaman.

Berbicara masalah komunikasi, tentu saja, kita tidak hanya berkomunikasi secara verbal, kita memiliki berbagai opsi, atau saluran, untuk komunikasi. Pesan yang disandikan dikirim melalui saluran, atau rute sensorik, tempat pesan dikirimkan ke penerima untuk didekode.

Sementara komunikasi dapat dikirim dan diterima menggunakan rute sensorik, sebagian besar komunikasi terjadi melalui saluran visual penglihatan atau pendengaran (suara). Jika teman sekamar Anda menggunakan headphone dan asyik bermain video game, Anda mungkin perlu menarik perhatian mereka dengan melambaikan tangan sebelum Anda bisa bertanya tentang makan malam kepada mereka.

Artikel Terkait  Cara Membuat Website | Hal-hal Penting yang Harus Anda Ketahui

Model Komunikasi yang Melibatkan Proses Encoding

 

model-komunikasi
 

Model Transmisi Komunikasi

 

Model ini menggambarkan komunikasi sebagai proses satu arah linier dimana pengirim dengan sengaja mentransmisikan pesan kepenerima (Ellis & McClintock, 1990). Model ini berfokus pada pengirim dan pesan dalam pertemuan komunikasi.

Meskipun penerima termasuk dalam model, peran ini dipandang lebih sebagai target atau titik akhir daripada bagian dari proses yang sedang berlangsung. Anda dibiarkan menganggap bahwa penerima berhasil menerima dan memahami pesan atau tidak.

Pikirkan bagaimana pesan radio dikirim dari seseorang distudio radio kepada Anda untuk mendengarkan dimobil Anda. Pengirim adalah penyiar radio yang menyandikan pesan verbal yang ditransmisikan oleh menara radio melalui gelombang elektromagnetik dan akhirnya mencapai telinga Anda melalui antena dan pengeras suara untuk diterjemahkan.

Penyiar radio tidak tahu apakah Anda menerima pesannya atau tidak, tetapi jika peralatannya berfungsi dan salurannya bebas dari statis, maka ada kemungkinan besar bahwa pesan itu berhasil diterima.

Model Interaksi Komunikasi

 

Ini adalah model yang menggambarkan komunikasi sebagai proses dimana peserta berganti posisi sebagai pengirim dan penerima dan menghasilkan makna dengan mengirim pesan dan menerima umpan balik dalam konteks fisik dan psikologis (Schramm, 1997).

Alih-alih menggambarkan komunikasi sebagai proses linear, satu arah, model interaksi menggabungkan umpan balik, yang menjadikan komunikasi lebih interaktif, proses dua arah. Umpan balik mencakup pesan yang dikirim sebagai tanggapan terhadap pesan lain.

Sebagai contoh, instruktur Anda mungkin menanggapi poin yang Anda angkat selama diskusi kelas atau Anda mungkin menunjuk kesofa ketika teman sekamar Anda bertanya dimana remote control berada. Dimasukkannya loop umpan balik juga mengarah pada pemahaman yang lebih kompleks tentang peran peserta dalam pertemuan komunikasi.

Daripada memiliki satu pengirim, satu pesan, dan satu penerima, model ini memiliki dua pengirim dan penerima yang bertukar pesan. Setiap peserta berganti peran sebagai pengirim dan penerima agar pertemuan komunikasi tetap berjalan.

Meskipun ini tampak seperti proses yang jelas dan disengaja, Anda berganti-ganti antara peran pengirim dan penerima dengan sangat cepat dan seringkali tanpa pemikiran sadar.

Artikel Terkait  Halaman Website Adalah? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Model Transaksi Komunikasi

 

Transaksi-Komunikasi
 

Model yang terakhir encoding adalah ini menggambarkan komunikasi sebagai proses dimana komunikator menghasilkan realitas sosial dalam konteks sosial, relasional, dan budaya. Dalam model ini, Anda tidak hanya berkomunikasi untuk bertukar pesan.

Anda berkomunikasi untuk menciptakan hubungan, membentuk aliansi antarbudaya, membentuk konsep diri Anda, dan terlibat dengan orang lain dalam dialog untuk menciptakan komunitas. Singkatnya, Anda tidak berkomunikasi tentang realitas Anda, komunikasi membantu membangun realitas Anda dengan realitas orang lain.

Kesimpulan

 

Peran pengirim dan penerima dalam model transaksi komunikasi berbeda secara signifikan dari model lainnya. Alih-alih membeli peserta sebagai pengirim dan penerima, masyarakat dalam pertemuan komunikasi disebut sebagai komunikator.

Berbeda dengan model interaksi, yang menunjukkan bahwa peserta berganti posisi sebagai pengirim dan penerima, model transaksi menunjukkan bahwa Anda secara bersamaan adalah pengirim dan penerima.

Misalnya, saat bertemu teman baru, Anda mengirim pesan verbal tentang minat dan latar belakang Anda, teman Anda bereaksi secara nonverbal. Anda tidak menunggu sampai selesai mengirim pesan verbal untuk mulai menerima dan mendekode pesan nonverbal teman baru Anda.

Sebaliknya, Anda secara bersamaan mengirim pesan verbal dan menerima pesan nonverbal teman Anda. Ini merupakan tambahan penting bagi model karena memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana Anda dapat menyesuaikan komunikasi Anda misalnya, mengadaptasi pesan verbal  ditengah pengirimannya berdasarkan komunikasi yang Anda terima secara bersamaan dari mitra komunikasi Anda. Sekian penjelasan dari encoding adalah, semoga artikel ini bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: