Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Server / Hosting Cloud Hosting Adalah? Pengertian dan Keunggulannya

Cloud Hosting Adalah? Pengertian dan Keunggulannya

-

Jika Anda pernah melihat hosting situs web atau aplikasi, Anda pasti akan menemukan istilah cloud hosting. Meskipun istilah ini populer, Anda mungkin tidak terbiasa dengan apa yang sebenarnya berbeda dengan meng-hosting situs web Anda di server cloud.

Secara tradisional sebuah situs web akan di-host di satu server dalam satu pusat data tunggal. Apakah itu server yang menampung banyak akun, atau mesin individual yang hanya didedikasikan untuk hosting situs Anda saja, prinsip keseluruhannya sama. Namun cloud hosting sedikit berbeda.

Alih-alih memiliki semua data Anda di satu mesin, hosting awan menyebar data di sejumlah mesin yang berbeda, server berbeda di tempat berbeda yang semuanya terhubung bersama. Anda mengelola data Anda melalui “mesin virtual” yang mengakses semua server berbeda di “cloud”. Server hosting hanya ada di lingkungan virtual – karenanya dinamai “cloud”.

Cloud Hosting Adalah?

 

cloud-hosting-2

 

Artikel Terkait  Mengapa Framework Adalah Bahasa Pemrograman Baru?

Fakta bahwa cloud hosting menggunakan kekuatan komputasi sejumlah mesin berarti bahwa Anda tidak hanya memiliki potensi yang jauh lebih besar daripada hosting tradisional, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengakses layanan yang ditawarkan mesin-mesin itu. Dan di sinilah segalanya mulai menjadi menarik.

Tetapi sebelum kita melompat ke depan, mari kita luangkan waktu sejenak untuk melihat dasar-dasarnya.

Oleh karena itu, dapat kita pahami bahwa Cloud hosting adalah bentuk hosting terbaru yang telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Konsep utama cloud hosting adalah “Divide and Rule” – sumber daya yang diperlukan untuk memelihara situs web Anda tersebar di lebih dari satu server web, dan disajikan sesuai kebutuhan.

Ini sangat mengurangi kemungkinan downtime jika terjadi kerusakan server.

Selain itu, cloud hosting juga memungkinkan kita melakukan pengelolaan dengan lebih mudah, terhindar dari masalah bandwidth, ini karena ketika terjadi masalah, kita bisa mendapatkan dukungan dari server lain yang tergabung di dalam sistem cloud tersebut. Jadi, di sini situs web Anda tidak hanya bergantung pada satu server. Dapat kita simpulkan bahwa cloud hosting adalah sekelompok server yang bekerja bersama untuk menghasilkan satu server baru.

Public Cloud vs Private Cloud

 

CLOUD-HOSTING-1

Ketika akun hosting Anda menggunakan server tunggal, Anda memiliki pilihan untuk berbagi mesin yang Anda gunakan dengan akun lain – server bersama, atau menjalankan mesin individual khusus untuk server khusus situs Anda.

Dengan cloud hosting Anda memiliki pilihan yang sama untuk dibuat.

Anda dapat memiliki cloud publik – setara dengan server bersama – di mana kumpulan mesin jaringan menyimpan data untuk beberapa situs. Perangkat keras dibagi antara sejumlah akun tervirtualisasi lainnya, sehingga biaya sumber daya dibagi. Tidak seperti hosting bersama tradisional, namun sumber daya server virtual dipagari. Anda tidak berbagi ruang disk, kekuatan pemrosesan, atau apa pun dengan akun lain mana pun. Anda cukup berbagi rak di pusat data.

Akibatnya Anda mendapatkan semua manfaat dari shared hosting, tanpa ada kerugian.

Atau jika cloud publik bukan yang Anda cari, dimungkinkan untuk membuat set-up cloud privat yang tidak membagikan infrastrukturnya dengan akun atau situs lain. Ini jelas akan dikenakan biaya yang lebih tinggi, tapi Anda akan mendapatkan control dan keamanan yang lebih terjamin.

Sumber daya server terkurung dalam awan privat yang berarti bahwa tidak ada kemungkinan harus berbagi perangkat keras, dan seluruh sumber daya tervirtualisasi berada di belakang firewall Anda sendiri.

Sisi buruknya cukup jelas bagi siapa saja yang pernah menganggap keamanan data penting. Tetapi itu membatasi kemampuan Anda untuk mengakses beberapa layanan cloud yang lebih inovatif. Kami akan segera datang ke sana.

Perbedaan Single Server dan Cloud Hosting adalah

 

cloud-hosting-3

Jadi mengapa dunia hosting beralih dari hosting server khusus ke teknologi cloud? Ini jelas merupakan sistem yang lebih kompleks dan karena itu lebih mahal untuk diatur, jadi pasti ada beberapa manfaat utama bukan?

Yah ya, sekarang Anda dapat menyebutkannya bahwa ada beberapa manfaat yang cukup luar biasa untuk menggunakan teknologi cloud daripada server khusus yang didedikasikan:

1)Keandalan

 
Jika situs web Anda hanya ada di satu mesin di pusat data di suatu tempat, dan mesin itu offline maka situs Anda akan hilang. Jika situs Anda dibagi di antara berbagai mesin yang saling berhubungan yang semuanya menyimpan informasi yang sama dan salah satunya offline maka slack diambil oleh yang lain dan situs tetap online.

Jika Anda memiliki keraguan tentang seberapa besar dampak downtime yang dapat terjadi pada situs Anda – dan secara default bisnis Anda maka pertimbangkan bahwa server Amazon sendiri menyebabkan situs mereka offline selama 13 menit pada Prime Day pada tahun 2018, dan ini dikatakan memiliki biaya mereka hampir $ 100.000.000 dalam penjualan. Itu lebih dari $ 120.000 setiap detik.

2) Skalabilitas

 
Karena infrastruktur yang mendasari pengaturan hosting cloud Anda, akan ada jauh lebih banyak sumber daya sistem daripada yang perlu Anda gunakan. Bahkan sekali ini telah dibagikan di antara semua akun yang berbeda di cloud publik Anda yang diatur, akan ada sejumlah besar daya pemrosesan yang tersimpan sebagai cadangan untuk tujuan ini. Sumber daya ini dapat diskalakan dengan mudah, apakah itu panggilan telepon cepat ke perusahaan hosting Anda ketika Anda tahu Anda mengharapkan lalu lintas tambahan, hingga menyiapkan arsitektur hosting untuk secara otomatis meningkatkan sumber daya berdasarkan persyaratan waktu nyata, hari-hari seperti Cyber Monday seharusnya tidak menjadi perhatian.

Artikel Terkait  Cookies Adalah? Pengertian dan cara kerja Cookies

Tidak seperti pada pengaturan server khusus di mana peningkatan pengunjung yang tiba-tiba dapat menyebabkan seluruh situs turun, dengan cloud hosting akun Anda dapat responsif terhadap permintaan, dan Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan.

3) Versatilitas

 
Cloud hosting juga sangat serbaguna. Lebih dari sekarang daripada sebelumnya hosting dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pelanggan – Anda. Anda tidak perlu memilih paket dari daftar, tidak ada yang cukup sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memiliki ruang, arsitektur, kekuatan pemrosesan, OS, dan keamanan yang Anda butuhkan dengan set-up cloud.

Mungkin situs Anda menggunakan ujung depan yang relatif kecil tetapi mengakses basis data yang sangat besar. Mungkin Anda perlu meng-host file besar untuk diunduh dari situs kecil. Apa pun kebutuhan pribadi Anda, mereka dapat ditampung dengan sempurna di cloud.

Seolah-olah Anda perlu alasan lagi untuk bergabung dengan cloud server maka Anda juga harus ingat bahwa jika Anda memilih untuk mengelola server Anda sendiri, Anda dapat melakukannya dari smartphone Anda. Sebagian besar akun hosting server cloud dapat dikelola langsung dari ponsel Anda alih-alih harus mendapatkan akses ke pusat data aktual itu sendiri.

Hyperscale Cloud Hosting Adalah

 

cloud-hosting-4

Sejauh ini kami telah melihat semua alasan cloud hosting lebih unggul dari hosting tradisional, tetapi itu gagal untuk mempertimbangkan beberapa alasan terbesar dan paling menarik untuk menggunakan hosting awan.

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar komputasi awan secara global disediakan oleh tiga perusahaan besar – Amazon, Microsoft, dan Google.

Infrastruktur mereka dalam skala yang sangat besar sehingga mereka cenderung disebut sebagai awan Hyperscale daripada hanya cloud. Dan ketiga platform ini dapat menawarkan lebih dari sekadar hosting global yang aman dan dapat diukur.

Selain mesin virtual yang dipesan lebih dahulu, semuanya menawarkan beragam layanan berbasis kecerdasan buatan dan platform pembelajaran mesin untuk meningkatkan layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Ini diintegrasikan melalui panggilan API sederhana dan terintegrasi dengan sempurna dengan semua persyaratan cloud Anda.

Ambil Polly Amazon, ubah teks menjadi ucapan yang hidup, atau Rekognisi, layanan pengenalan wajah dan analisis mereka.

Ambil pengakuan Emosi Microsoft Azure di foto, atau layanan terjemahan bahasa waktu nyata mereka yang mendengarkan suara dan mengeluarkan terjemahan audio pada saat yang sama.

Ambil Pertanyaan Besar Google, dan Datalab – memberikan tingkat analisis data dan wawasan yang benar-benar global untuk menginformasikan keberadaan digital Anda.

Ketiga pemain besar ini terus berinovasi dan mengubah apa yang mungkin dengan cloud, dan menjadikannya tersedia bagi Anda, pelanggan. Platform cloud ini bukan tentang layanan komoditas, di mana penyedia hyperscale berlomba ke bawah pada harga. Ada perlombaan, tetapi sangat banyak fitur dan teknologi. Layanan yang paling inovatif, dan berbagai fitur yang paling lengkap kemungkinan akan menjadi pemenang dalam jangka panjang.

Jadi apakah masa depan bisnis Anda dalam kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, komunikasi berbasis mesin yang realistis, atau hanya analisis data, ada layanan cloud di luar sana yang dapat merevolusi bisnis Anda.

Bagaimana Mengelola Cloud Hosting

 
Namun ketika platform cloud ini menjadi semakin inovatif, ketika AI dan pembelajaran mesin berkembang ke tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, banyak perusahaan bertanya-tanya dari mana harus memulai. Fakta bahwa sekarang sangat layak untuk menggunakan layanan cloud yang sama untuk mengelola keberadaan online Anda seperti yang Anda lakukan untuk menjalankan bisnis Anda mungkin hanya bekerja, tetapi itu tentu mempersulit proses pengambilan keputusan, migrasi, dan manajemen serta pemeliharaan itu sendiri.

Apa yang dulunya merupakan diskusi antara agen digital dan klien mereka tentang di mana meng-host situs web atau aplikasi sering sekarang menjadi proyek transformasi digital di seluruh perusahaan yang melibatkan banyak mitra spesialis.

Inilah sebabnya mengapa penyedia cloud hyperscale menggunakan serangkaian Managed Service Provider (MSPs) – perusahaan infrastruktur yang dipimpin oleh para ahli dan layanan yang berfokus sepenuhnya pada perancangan dan memberikan solusi hosting yang dipesan lebih dahulu pada platform cloud hyperscale yang sesuai dengan kebutuhan individu klien mereka – perusahaan seperti Wirehive.

MSP dapat bekerja dengan Anda sepanjang perjalanan Anda ke cloud. Dari memahami tantangan bisnis yang Anda perlu selesaikan dengan teknologi, memilih cloud hyperscale yang tepat untuk digunakan dalam organisasi Anda, dan juga merancang, menyebarkan, dan mengelola pengaturan yang mereka rekomendasikan.

Di Wirehive, kami tidak hanya menawarkan ini pada cloud publik kami yang dikelola sepenuhnya, tetapi kami juga bertindak sebagai mitra untuk memberikan konsultasi, desain, dan manajemen seumur hidup pada ketiga awan hyperscale.

Green Cloud Hosting

 
Semakin banyak di dunia modern perusahaan mencari cara untuk mengurangi dampaknya terhadap dunia di sekitar mereka. Ketiga penyedia cloud hyperscale sangat memperhatikan keberlanjutan. Saya tidak akan membahas detail besar di sini, tetapi cukup untuk mengatakan bahwa jika keberlanjutan penting bagi Anda, maka Anda tidak akan melakukan kesalahan dengan salah satu dari tiga besar.

Beberapa Penyedia Cloud Hosting di Indonesia

 

1. Cloud Hosting – Niagahoster

 
Niagahoster adalah provider hosting dengan biaya rendah dengan paket unlimited dilengkapi dengan cPanel dan server berada di Indonesia. Layanan ini menggunakan data center sertifikasi tier-4 terbaru dari DCI Indonesia. Mereka menjamin mampu memberikan kualitas uptime dan akses website yang cepat.

Niagahoster merupakan hosting berbasis Cloud dengan kemudahan shared hosting dan resource dedicated seperti VPS. Hosting ini juga mendukung WordPress Accelerator, gratis domain dan litespeed. Cloud hosting premium yang mereka tawarkan 5x lebih cepat disertai kebebasan resource dedicated layaknya VPS.

Bagi Anda yang membuat website dengan menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan performa website yang mumpuni dan kecepatan loading yang baik.

Harga yang dipatok memang agak mahal yaitu 150 ribu per bulan hingga 720 ribu per bulan. Namun itu sepadan dengan resource yang kita dapatkan sangat besar.

2. Cloud Hosting – IDCloudHost

 
IDCloudHost seperti namanya ia adalah perusahaan penyedia hosting yang menonjolkan layanan hosting teknologi cloud dengan nama perusahaan PT Cloud Hosting Indonesia dan brand IDCloudHost yang namanya sudah terkenal dan banyak digunakan di Indonesia.

Selain itu, Anda juga mendapatkan spesifikasi mumpuni yaitu RAM dan CPU Core diatas standar namun dengan harga yang terjangkau. Bisa dibilang ini adalah cloud hosting dengan biaya paling rendah dibandingkan yang lainnya. Ia juga memberikan garansi uptime 99.9%, gratis nama domain, sertifikat SSL gratis dan kelebihan lainnya.

Harga yang mereka tawarkan adalah mulai dari Rp15.000 sampai dengan Rp230.000 perbulan. Bagaimana? Sangat terjangkau bukan?

3. Dewaweb

 
Dewaweb adalah provider hosting dengan puluhan ribu pengguna dengan server hosting handal. Perusahaan hosting ini telah dibangun sejak 2014 dengan tujuan untuk menjadi provider cloud hosting pertama di Indonesia dengan keamanan, kecepatan, dan kehandalan karena mereka faham bahwa website adalah aset utama bagi pelaku bisnis online.

Artikel Terkait  Trik Menaikkan Konversi Web Toko Online dari Desainnya

Dalam melayani pengguna, mereka juga menyediakan layanan konsumen 24/7 yang selalu siap menjawab keluhan Anda.

Harga termurah dari layanan yang mereka tawarkan adalah 20 ribu per bulan dan yang paling mahal adalah 140 ribu. Dan jika Anda rasa itu masih kurang, Anda juga bisa upgrade paket premium yang lebih handal yaitu VPS cloud hosting.

4. Ardetamedia

 
Ardetamedia juga merupakan provider hosting handal yang juga menyediakan cloud hosting terbaik yang bisa Anda coba. Mereka menyediakan banyak paket hosting yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan. Server yang disediakan antara lain cloud linux yang ampuh dan bandel host website Anda.

Sedangkan cloud hostingnya ditawarkan dengang harga yang cukup mahal mulai dari 200 ribu hingga 600 ribu Rupiah per bulan.

5. Jogjahost

 
Jogjahost ini sama halnya dengan ardetamedia, karena keduanya berada di bawah naungan satu perusahaan yang sama. Termasuk harga dan layanan hosting yang ditawarkan. Perbedaan yang mereka miliki hanyalah pada tampilan web perusahaan saja.

Kesimpulannya cloud hosting adalah hosting yang bisa kita gunakan untuk menghost laman web yang kita buat tanpa takut situs kita mati apabila terjadi masalah dengan server yang kita gunakan seperti halnya dedicated server. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya