Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Java Script Adalah? Pahami artinya sebelum mulai mempelajarinya
Java script adalah bahasa program kelas tinggi yang bersifat dinamis. Bahasa ini banyak digunakan dalam browser internet seperti Chrome dari Google.
20463
post-template-default,single,single-post,postid-20463,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Java Script Adalah? Pahami artinya sebelum mulai mempelajarinya

Berbicara tentang teknologi pemrograman, kita tidak bisa terlalu jauh ke dalam tanpa menyentuh Bahasa program JavaScript. Kemungkinannya adalah, Anda mengunjungi tulisan kami ini, sekarang karena Anda telah mendengar istilah itu dan tahu bahwa Anda perlu memahaminya.

Berita baiknya adalah: JavaScript tidak seseram kedengarannya — dan ya, Anda bisa belajar cara menggunakannya. Khususnya bagi Anda yang baru saja mulai terjun dalam upaya pembuatan website.

Java script adalah Bahasa program yang digunakan khususnya dalam upaya pembuatan website professional yang bukan hanya mementingkan tampilan, namun lebih kepada website yang memiliki kerumitan system yang lumayan kompleks.

Namun sebelum lebih jauh, saya yakin Anda tentunya perlu memahami apa itu javascript. Dan, pada ulasan kali ini kita akan membahasnya lebih jauh. Jangan kemana-mana!

Pengertian Java Script adalah…


javascript-1

Artikel Terkait  Mengetahui Penggunaan Fungsi Explode dan Implode Pada PHP

JavaScript adalah bahasa skrip yang digunakan untuk membuat dan mengontrol konten situs web dinamis, misalnya pada proses perpindahan halaman, refresh, atau perubahan lainnya pada layar tanpa mengharuskan Anda memuat ulang halaman web secara manual. Fitur-fitur  yang dimiliki js adalah seperti di bawah ini:

  • Gambar animasi
  • Tayangan slide foto
  • Saran autocomplete text
  • Dan bentuk interaktif lainnya


Cara yang lebih baik lagi untuk memahami apa yang dilakukan Java Script adalah dengan melihat fitur web tertentu yang biasa Anda gunakan setiap hari dan membuat Anda terbiasa dengannya, misalnya seperti ketika timeline Facebook Anda secara otomatis diperbarui pada layar Anda atau Google menyarankan istilah pencarian berdasarkan beberapa huruf yang Anda mulai ketik di mesin pencari. Dalam kedua kasus itulah JavaScript menjalankan fungsinya.

Hasil dari penerapan JavaScript mungkin tampak sederhana, tetapi ada alasan mengapa kami menguraikan seluruh segmen tentang JavaScript pada tulisan kami kali ini. Di bawah semua animasi dan pelengkapan otomatis yang hebat itu, ada beberapa hal yang sangat menarik terjadi. Di sini kita akan memecah secara khusus bagaimana JavaScript bekerja dan mengapa serta bagaimana menggunakannya, ditambah cara terbaik untuk mempelajari JavaScript jika Anda menyadari bahwa Anda membutuhkannya di skillset Anda.

Apa itu JavaScript? Berikut penjelasan secara detailnya

javascript-4

Jika Anda berharap untuk berkarir di bidang teknologi, Anda mungkin akan memiliki pertanyaan seperti, “Apa itu JavaScript dan apakah saya membutuhkannya?”

Jika Anda tertarik pada pengembangan web, jawabannya adalah ya. Jadi dengan itu, mari kita bahas lebih dalam bagaimana JavaScript bekerja.

Kekuatan 3 serangkai: HTML, CSS dan JavaScript


Ketika kebanyakan orang belajar kode, mereka rata-rata akan mulai dengan mempelajari HTML dan CSS yang terkenal baik dan ramah pemula. Dari sana, mereka kemudian akan beralih ke JavaScript. Dan Itu memang masuk akal! Tiga elemen ini Bersama-sama membentuk tulang punggung pengembangan web.

Bagi mereka yang tidak tahu bagaimana ketiganya harus ada, berikut ini alasannya:

  • HTML berperan membentuk struktur halaman web seperti header, teks isi, dan semua gambar yang ingin Anda sertakan
  • CSS mengontrol bagaimana halaman itu terlihat (element ini juga yang akan Anda gunakan untuk menyesuaikan font, warna latar belakang, dan lain-lain.)
  • JavaScript adalah elemen ketiga yang ajaib. Setelah Anda membuat struktur (HTML) dan getaran estetika (CSS), JavaScript mengambil peran untuk membuat situs atau proyek Anda dinamis.

Java script adalah elemen yang digunakan untuk otomasi dan animasi


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa Java Script adalah “bahasa scripting.” yaitu bahasa pengkodean yang digunakan untuk mengotomatiskan proses yang jika tidak perlu dilakukan oleh pengguna dalam langkah demi langkah. Singkatnya, setiap perubahan pada halaman web yang Anda kunjungi sebenarnya perlu memuat ulang secara manual, atau menavigasi serangkaian menu statis untuk mendapatkan konten yang Anda cari.

Bahasa scripting seperti JavaScript (JS, bagi mereka yang tahu) melakukan angkat berat dengan mengatakan program komputer seperti situs web atau aplikasi web untuk “melakukan sesuatu.” Dalam kasus JavaScript, ini berarti memberi tahu fitur-fitur dinamis yang dijelaskan sebelumnya untuk melakukan apa pun seperti memberi tahu gambar untuk menganimasikan diri mereka sendiri, foto untuk menampilkan tayangan slide, atau saran outocomplete untuk menanggapi permintaan dari pengguna. Ini adalah “skrip” dalam JavaScript yang membuat hal-hal ini terjadi dengan sendirinya.

Sementara itu, karena Java Script adalah bagian integral dari fungsionalitas web, semua browser web utama dilengkapi dengan mesin bawaan yang dapat membuat JavaScript. Ini berarti perintah JS dapat diketik langsung ke dalam dokumen HTML, dan browser web akan dapat memahaminya. Dengan kata lain, menggunakan JavaScript tidak memerlukan pengunduhan program atau kompiler tambahan.

Kegunaan Java Script adalah…

Kita sudah membahas hal ini sedikit di intro, tetapi  berikut ini adalah daftar singkat hal-hal utama yang menunjukkan kegunaan JavaScript.

  • Menambahkan interaktivitas ke situs web — ya, jika Anda ingin situs web lebih dari sekadar halaman statis, Anda perlu menggunakan beberapa Javascript.
  • Mengembangkan aplikasi seluler — JavaScript tidak hanya untuk situs web bahasa ini juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang Anda miliki di ponsel dan tablet Anda juga.
  • Membuat game berbasis browser web — Pernah memainkan game langsung dari browser web Anda? JavaScript mungkin membantu mewujudkannya
  • Pengembangan web back-end – ya, JavaScript memang PALING banyak digunakan di front end, tetapi bahasa scripting sebenarnya cukup fleksibel untuk digunakan pada infrastruktur back-end juga.
Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website SEO Friendly dan Responsif

Bagaimana JavaScript Bekerja?

javascript-3

JavaScript dapat disematkan ke halaman web atau jika ia termasuk dalam file .js. JavaScript juga merupakan bahasa “sisi klien” (bukan bahasa “sisi server”), yang merupakan cara yang bagus untuk mengatakan bahwa filenya diunduh ke komputer pengunjung situs, untuk kemudian diproses.

Bagaimana menambah Javascript Ke Dalam Website


Sebenarnya menambahkan kode JavaScript ke halaman web adalah proses yang cukup sederhana (dan yang biasa jika Anda sudah pernah melakukan pengkodean dengan HTML dan CSS). JavaScript dapat ditambahkan langsung ke kode halaman menggunakan tag <script> dan memberi mereka jenis teks atribut / javascript. Jujur, JavaScript terlihat sangat mirip dengan menambahkan CSS ke situs. Jika kita bandingkan, mungkin seperti ini:

CSS:



<style>

Kode CSS masuk di sini

</style>

Sementara JavaScript:



<script type=”text/javascript”>

Code JS masuk di sini

</script>

Kode JavaScript juga dapat ditambahkan ke halaman sebagai file header terpisah dengan ekstensi .js (umumnya dilakukan jika itu kode yang ingin Anda sertakan di sejumlah halaman sekaligus). Script tersebut kemudian diunduh dan diproses di browser web masing-masing individu, mengubahnya menjadi objek dinamis dan efek yang mereka lihat di layar mereka.

Namun, satu kata peringatan: karena JavaScript diproses oleh masing-masing browser, mungkin saja pengguna dapat menonaktifkan JavaScript pada akhirnya. Situs yang menggunakan JavaScript harus memiliki rencana cadangan untuk menghindari kerusakan saat ini terjadi.

Vanilla Java Script adalah


Saat Anda menggali JavaScript, Anda akhirnya akan mendengar istilah “vanilla Javascript.” Jadi apa artinya itu?

Vanilla Java Script adalah bahasa JavaScript “sebagaimana adanya” tanpa menggunakan alat apa pun untuk membuat proses pengkodean lebih mudah atau lebih efisien.

Untuk memberi Anda gambaran tentang bagaimana bentuk vanilla JavaScript, pertimbangkan contoh dasar kode JavaScript berikut. Jika Anda ingin pengguna menerima pesan konfirmasi “terima kasih telah mendaftar” setelah mendaftar untuk penawaran atau layanan di situs web, Anda akan mengkodekannya langsung ke halaman HTML (antara tag <script>) seperti ini:

<script>

window.onload = initAll;

function initAll() {

document.getElementById(“submit”).onclick = submitMessage;

}

function submitMessage() {

var greeting = document.getElementById(“name”).getAttribute(“value”);

document.getElementById(“headline”).innerHTML = “Thank you for joining our email list,” + greeting;

return false;

}

</script>

Vanilla JS seperti ini dapat digunakan untuk membuat proyek JavaScript, tetapi saat Anda menjadi lebih terbiasa dengan bahasa JavaScript, ada berbagai alat yang dapat Anda terapkan untuk membuat JS lebih mudah dan lebih efisien untuk digunakan.

JavaScript Tingkat Lanjut: Framework dan Library

Seperti yang Anda bayangkan, menggunakan vanilla javascript saja membutuhkan waktu yang sangat lama dan untuk pengembang web, dan waktu adalah uang. Karena itulah framework JavaScript dan  (alat yang membuat JS menjadi lebih mudah digunakan) adalah teman baru Anda. Berikut ini rincian dari beberapa hal utama yang akan Anda temui dan apa yang mereka lakukan.

Jquery


Saat Anda bekerja dengan JavaScript, Anda akan melihat fungsi dan fitur JS yang muncul secara teratur di beberapa situs web atau aplikasi web — hal-hal seperti animasi menu dan fade out, formulir unggah file, dan galeri gambar. Meskipun Anda bisa mengkodekan setiap hal dari bawah ke atas setiap kali Anda membutuhkannya, kehidupan pengkodean Anda akan terasa jauh lebih mudah jika Anda menggunakan library pengkodean seperti jQuery sebagai gantinya.

Library jQuery terdiri dari fungsi pengkodean JavaScript yang dapat dilakukan melalui perintah jQuery baris tunggal. Misalnya, contoh kode JavaScript di atas terlihat seperti ini jika dijalankan menggunakan kode jQuery sebagai gantinya:

<script>

$ (“# Submit”). Klik (function () {

var greeting = $ (“# name”). val ();

$ (“# Headline”). Html (“Terima kasih telah bergabung dengan daftar email kami,” + ucapan);

return false;

});

<script />

Seperti yang Anda lihat, pendekatan pemrograman jQuery jauh lebih ringkas, dan dapat digunakan kembali kapan pun Anda ingin melakukan fungsi JavaScript yang sama saat mengode situs web atau aplikasi web.

Selain contoh-contoh seperti di atas (yang dianggap sebagai potongan jQuery — potongan kode yang disisipkan langsung dari library jQuery untuk melakukan fungsi khusus), kode jQuery dapat disatukan untuk membuat plugin yang lebih rumit. Plugin jQuery dapat ditemukan langsung dari repositori jQuery UI (User Interface), di mana kode sumber tersedia untuk copy dan paste.

React JS


Sama halnya dengan jQuery, React JS adalah library JavaScript kunci lain untuk pengembang web. React JS adalah library JavaScript ujung depan yang dikembangkan oleh Facebook pada 2011 dan dirancang khusus untuk membangun UI (antarmuka pengguna). Jika Anda tidak terbiasa, UI adalah kumpulan menu di layar, bilah pencarian, tombol, dan apa pun yang berinteraksi dengan seseorang untuk menggunakan situs web atau aplikasi, dan sementara Anda BISA membuatnya dengan susah payah dengan tangan menggunakan vanilla JavaScript, yang memiliki waktunya untuk itu?

Bereaksi memungkinkan pengembang untuk menggunakan kode prewritten untuk objek dan efek menu berulang (seperti formulir interaktif, fitur autocomplete, animasi menu fade-in atau out, dll.), Dan itu juga meningkatkan kecepatan dan kinerja situs secara keseluruhan melalui fitur yang disebut Virtual DOM (yang Anda dapat membaca semua tentang di sini). Mempelajari cara menggunakan React JS akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah sebagai pengembang JavaScript, dan itu juga akan membuat Anda jauh lebih mudah dipekerjakan.

Framework dan Library JS lainnya


Sementara perpustakaan JS seperti jQuery dan React JS berfungsi sebagai pisau Swiss Army digital untuk kebutuhan pengkodean individual, pengembang front-end dapat mengambil langkah lebih jauh dengan menggunakan alat yang disebut framework JavaScript.

Artikel Terkait  Alamat Website Perusahaan | Jasa Pembuatan Website

Memperluas melewati fungsionalitas tambal sulam dari jQuery, framework JS menyediakan pengembang JavaScript dengan templat lengkap untuk situs web atau aplikasi web. Framework kerja JS kemudian membuat spasi di templat-templat tersebut tempat kode JS direkomendasikan untuk digunakan, serta kode yang telah ditulis sebelumnya (seperti jQuery) yang dapat dicolokkan ke ruang-ruang tersebut.

Meskipun ada sejumlah framework kerja yang dapat dianggap sebagai standar industri (mis. Vue, dan Angular), taruhan terbaik Anda saat memilih satu untuk dipelajari adalah dengan mempertimbangkan calon majikan atau klien dan mengidentifikasi framework kerja JS mana — jika ada — yang mereka sukai. Dan perlu diingat, setelah Anda mempelajari satu framework kerja, relatif mudah untuk mengambil lebih banyak.

Kesimpulan

Sementara HTML dan CSS adalah keterampilan yang memungkinkan Anda untuk membuat kode halaman web dasar, Java Script adalah bahasa pemrograman yang akan menghidupkan halaman itu. Meskipun HTML dan CSS sendiri akan menempatkan Anda pada posisi untuk memulai pekerjaan pengembang, meluangkan waktu untuk mempelajari JavaScript akan membantu prospek pekerjaan Anda meningkat secara eksponensial.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: