Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Jasa Pembuatan Website Responsive Desain Profesional
Jasa pembuatan website responsive yang kami tawarkan akan membuat desain website Anda terlihat lebih profesional dan bisa diakses melalui beragam jenis perangkat (komputer, Android dan iOS).
19561
post-template-default,single,single-post,postid-19561,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.1,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.5,vc_responsive

Jasa Pembuatan Website Responsive Desain Profesional

Jasa pembuatan website responsive sangat diperlukan sebab sebuah website harus dapat berfungsi dengan baik, bukan hanya sekedar muncul di browser saja. Oleh sebab itu desain website yang responsive merupakan solusi untuk aksesibilitas yang lebih efisien dan menguntungkan.

Pengertian Desain Web Responsive dan Pentingnya Jasa Pembuatan Website Responsive

Bayangkan saja jika ada sebuah website yang sulit diakses dari berbagai perangkat, dan hanya dapat diakses melalui PC/laptop? Maka di zaman modern seperti saat ini, apalagi disaat hampir semua orang sudah memiliki smartphone, jenis website yang tidak fleksibel terhadap berbagai perangkat seperti itu memang layak ditinggalkan dan tidak mengherankan jika sepi pengunjung.

Permasalahan terhadap aksesibilitas ini memang perlu dipikirkan secara serius. Sebuah desain website dapat dikatakan responsive hanya jika website tersebut dapat disesuaikan dengan sistem operasi dan platform berbeda yang digunakan oleh pengunjung website tersebut untuk mengaksesnya. Oleh sebab itu jasa pembuatan website responsive sangat diperlukan.

Artikel Terkait  Jasa Maintenance Web Profesional

Hal tersebut disebabkan karena dengan adanya desain website yang responsive maka pemilik website tidak perlu membuat website khusus untuk perangkat seluler (mobile website). Dengan adanya jasa pembuatan website responsive maka hanya dengan memiliki satu jenis website saja, Anda tetap bisa membuat banyak orang mengunjungi website Anda itu dari berbagai perangkat.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan desain web responsive? Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, desain web responsive pada dasarnya adalah website yang dapat diakses dari berbagai platform dan sistem operasi. Dengan kata lain, desain web responsive adalah metode desain yang melibatkan pembuatan satu versi website yang berfungsi pada perangkat apapun yang digunakan.

Ketika sebuah website dibuat dengan metode ini, maka Anda dapat menavigasi ke halaman yang sama di PC melalui browser Chrome, iPhone melalui browser Safari mobile, atau tablet Android melalui browser Chrome. Website yang diakses pun adalah website yang sama, hanya saja secara visual disesuaikan ukuran layar tempat Anda melihatnya.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pembuatan Website Responsive

Selain lebih mudah dan membuat pengunjung lebih nyaman karena pengunjung website tersebut nantinya tidak harus menavigasi versi seluler untuk konten yang biasanya mereka lihat di website versi PC, ada beberapa alasan lain yang membuat Anda harus menggunakan jasa pembuatan website responsive, diantaranya seperti berikut ini:

Menyimpan konten yang sama di semua perangkat

Salah satu alasan untuk mempertimbangkan pentingnya menggunakan jasa pembuatan website responsive adalah karena memungkinkan Anda untuk menyimpan konten yang sama di semua perangkat Anda yang berbeda.

Alih-alih harus mengubah teks, gambar, atau konten lain pada beberapa versi halaman untuk desktop dan seluler, Anda hanya perlu melakukan satu perubahan dan kemudian secara otomatis desain web yang responsive akan merefleksikannya di semua perangkat tempat konten Anda tersebut muncul.

Terhindar dari konten duplikat

Hal seperti ini juga bermanfaat bagi pengunjung website Anda dan mesin pencari yang hanya perlu menampilkan satu versi konten yang ada di website Anda. Apalagi jika terkait dengan mesin pencari, jika Anda menggunakan desain website yang responsive maka Anda akan terhindar dari potensi masalah konten duplikat.

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa contoh dimana situs web Anda dapat dihukum karena memiliki konten yang sama pada dua halaman yang berbeda, meskipun satu adalah versi desktop dan lainnya adalah versi mobile dari halaman yang sama. Oleh sebab itu dengan cara membuat satu halaman dan menyesuaikannya dengan perangkat lainnya, masalah ini dapat dihindari sepenuhnya.

Dua penyebab di atas akan lebih mudah teratasi permasalahannya, jika Anda menggunakan layanan jasa pembuatan website responsive. Apalagi jika layanan jasa yang Anda gunakan itu berasal dari Appkey, yang memang sudah teruji dan tidak perlu diragukan lagi kualitas dari website responsive yang dihasilkannya.

Keuntungan Memiliki Desain Website Responsive

Menurut para ahli, ada beberapa keuntungan memiliki website yang berdesain responsive, yaitu:

  • Membuat konten desktop dan seluler Anda hanya pada satu URL, yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi, dan menautkan URL tersebut
  • Mesin pencari dapat menemukan konten Anda dengan cara yang lebih efisien karena tidak perlu menjelajah halaman yang berbeda untuk mengambil dan mengindeks semua konten
  • Ketika ada URL yang berbeda maka akan ada website yang berbeda dan biasanya pemeliharaan beberapa website ini akan membuat Anda menghabiskan biaya yang besar
  • Jika ada perubahan yang harus dilakukan dalam desain, modifikasi harus dilakukan hanya pada satu desain, sementara itu jika website tersebut tidak responsive maka modifikasi harus dilakukan di beberapa website, yang tentunya akan sangat melelahkan, memakan waktu dan mahal juga.

Meskipun demikian, ada juga kekurangan desain website responsive yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan, yaitu pada tahapan desain, dibutuhkan perencanaan yang lebih matang serta tentunya waktu yang dibutuhkan pun lebih lama.

Aspek Utama Mengaplikasikan Desain Web Responsive

Jika ingin memastikan sebuah website dapat disesuaikan dengan perangkat mobile, maka ada dua aspek utama yang perlu diperhatikan, yaitu layout konten dan navigasi website.
Seperti diketahui, perangkat mobile tentunya akan memiliki layar yang ukurannya lebih kecil daripada PC/laptop. Maka dari itu, konten website Anda harus mampu menyesuaikan tampilannya dengan layar perangkat mobile, termasuk pada pengaturan posisi dari kolom dan baris konten website tersebut.

Meskipun saat ini, perangkat mobile khususnya smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu memperbesar tampilan konten di layar smartphone. Membuat pengunjung sebuah website dapat melihat konten secara keseluruhan secara jelas, namun hal seperti itu tidak praktis.

Artikel Terkait  Jasa Desain Web dan Buat Situs Profesional

Pengunjung sebuah website akan lebih mendapatkan pengalaman menyenangkan dan lebih baik dalam menjelajah sebuah website, jika semua elemen penting dapat tampil sesuai dengan yang ada di layar smartphone. Perlu diketahui, bahwa umumnya mobile user tidak mempunyai banyak waktu untuk menjelajah website Anda secara menyeluruh.

Biasanya, mobile user hanya akan mengunjungi sebuah website Anda untuk suatu tujuan agar dapat mendapatkan informasi spesifik misalnya seperti informasi produk, informasi harga produk, nomor layanan konsumen, dan alamat dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, memudahkan mereka untuk menemukan informasi tersebut dengan cepat akan membuat mereka menjadi konsumen yang lebih loyal.

Oleh sebab itu, perlu ditekankan lagi, bahwa konten website pun penting agar mampu menarik perhatian pengunjung dan kemudahan navigasi website pun sama pentingnya dalam membuat mereka untuk tetap setia berkunjung dan menjelajah website Anda.

Cara Membuat Desain Website yang Responsive

Membuat sebuah desain web yang responsive memang tidak mudah, maka dari itu, Anda akan lebih dimudahkan jika bekerja sama dengan jasa pembuatan website responsive, contohnya seperti Appkey yang memang memiliki tim pembuatan website yang solid, profesional dan handal dibidangnya.

Sebuah website responsive proses pembuatannya bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Logikanya sederhana, sebuah website yang memiliki beragam kolom yang dapat dibuka baik itu di desktop ataupun perangkat mobile yang ukuran layarnya lebih kecil.

Oleh sebab itu, kolom dan baris yang ada pada konten dan desain sebuah website harus dirancang sedemikian rupa agar lebih proporsional agar dapat dibuka pada perangkat dengan layar yang kecil. Contohnya seperti merubah kolom yang sebelumnya dua kolom hanya satu kolom saja dengan konsep desain memanjang ke bawah.

Setidaknya ada tiga langkah dasar yang dilakukan agar desain web jadi responsive, yaitu:

Mendefinisikan Meta Tag untuk Desain Responsive

Perlu diketahui bahwa mobile browser umumnya akan mengatur skala halaman HTML sesuai dengan lebar viewport. Pada akhirnya website akan bisa menampilkan konten yang sesuai untuk layar perangkat mobile. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan tag meta viewport yang berfungsi mereset ulang.

Menentukan Struktur HTML yang Digunakan

Selanjutnya, setelah mendefinisikan meta tag Anda perlu menentukan struktur HTML website. Umumnya sebuah website akan terdiri dari header, content, sidebar dan bagian paling bawah adalah footer.

Pada header biasanya akan dibuat dengan ukuran lebar yang full sesuai dengan layarnya, sedangkan ukuran tingginya disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara itu pada content ditentukan dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan pembuat website.

Ada berbagai macam ukuran yang dapat diterapkan pada bagian content website, misalnya seperti lebar sebesar 660px dan sidebar 300px, sehingga secara keseluruhan lebarnya menjadi 960px.

Membuat Media Query di CSS

Langkah ketiga pada proses pembuatan desain website responsive adalah dengan membuat media Query di CSS. Hal tersebut akan membuat browser seperti mendapatkan perintah, maka dari itu, pada saat lebar layar misalnya berukuran kurang dari 960px maka jalankan script dan aturlah lebarnya sesuai dengan script.

Namun, jika ukuran layarnya kurang dari 680px maka script yang dijalankan pun berbeda, yang mana ukuran lebarnya akan diatur secara otomatis mengikuti lebar dari layar perangkat yang mengaksesnya. Hal tersebut juga berlaku pada sidebar agar lebarnya mengikuti lebar layar.

Atau bila ukuran layarnya kurang dari 480px, umumnya ukuran untuk smartphone, maka Anda dapat menyembunyikan sidebar dan tinggi header pun perlu diubah jadi auto. Semua kondisi tersebut dapat Anda tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Tahapan Pembuatan Website oleh Jasa Pembuatan Website Responsive

Tiga langkah proses pembuatan desain website responsive di atas sepertinya terlihat mudah, namun jika Anda termasuk awam dengan bahasa pemrograman maka tentunya Anda akan mendapatkan kesulitan. Oleh sebab itu, jasa pembuatan website responsive desain profesional seperti Appkey ini sangat diperlukan.

Proses pembuatan dan pengembangan sebuah desain website responsive yang dilakukan oleh jasa pembuatan website responsive Appkey memiliki 2 cara yaitu: Membuat website dengan CMS “WordPress” dan cara lainnya adalah dengan membuat website menggunakan HTML.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Company Profile

WordPress merupakan content management system yang lebih lazim disebut dengan CMS dengan fitur yang memang dikenal paling canggih di dunia. Hal seperti itu disebabkan karena WordPress memang merupakan jenis open source yang paling banyak digunakan. Selain itu, WordPress merupakan tempat berkembangnya berbagai teknologi paling canggih.

Salah satu kelebihan yang pembuatan website responsive menggunakan WordPress adalah Anda hanya perlu membuat satu situs saja yang kemudian proses pembaharuan website tersebut juga akan lebih mudah.

Sementara itu, pada proses pembuatan website yang menggunakan HTML maka proses pengerjaan yang dilakukan oleh jasa pembuatan website responsive akan lebih sederhana. Meskipun tidak diperlukan pengetahuan yang mendalam namun tetap saja jika desain website yang Anda ingin merupakan desain berkualitas maka diperlukan pembuat yang ahli dibidang desain, seperti SDM yang ada di Appkey.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat website yang responsive bekerja sama dengan sebuah jasa pembuatan website responsive, contohnya seperti Appkey yang memang terkenal akan kualitas website yang dihasilkannya, maka ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebagai klien Appkey adalah menghubungi pihak Appkey melalui email atau WhatsApp
  • Kemudian, Appkey akan langsung menghubungi Anda untuk mengkonfirmasikan permintaan desain website responsive Anda
  • Jika Anda merupakan klien yang berdomisili di Bali, maka Anda juga dapat langsung berkunjung ke kantor Appkey yang memang berpusat di Denpasar, Bali. Namun, jika Anda domisilinya di luar Bali, maka bisa langsung menghubungi appkey melalui telpon, email atau WhatsApp
  • Tahapan berikutnya adalah pihak Appkey akan menanyakan tujuan dari website yang akan dibuat tersebut, kemudian Appkey juga akan mengusulkan jadwal dan proses pemikiran dari permintaan desain website responsive tersebut. Appkey juga akan memastikan lingkungan internet yang ada di perusahaan Anda, serta persiapan server dan ketersediaan proses domain.

Selain desain website responsive, Appkey selaku jasa pembuatan website responsive yang sanggup merancang sebuah website berdesain profesional juga mampu membuatkan website khusus untuk smartphone. Meskipun sebuah website sudah memiliki desain responsive namun pentingnya ketersediaan website khusus smartphone juga tidak bisa diremehkan begitu saja.

Seperti yang diketahui, bahwa belakangan ini memang semakin banyak pengguna smartphone untuk digunakan menjelajahi internet agar mereka dapat menemukan informasi sesuai dengan apa yang mereka cari. Apalagi, kalangan millenials yang bisa dibilang tidak bisa dilepaskan tangannya dari menggengam smartphone.

Hal seperti itu, membuat Anda mau tidak mau perlu menyadari bahwa smartphone dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penghasilan perusahaan khususnya jika website yang akan dibuat itu memang ditujukan untuk website penjualan produk. Oleh sebab itu, bukan tindakan merugikan jika Anda juga mempersiapkan website khusus yang memang ditujukan untuk pengguna smartphone.

Bila Anda tertarik untuk membuat website yang memang khusus ditujukan untuk pengguna smartphone, maka Anda juga dapat bekerja sama dengan Appkey. Bila Anda telah memiliki website namun belum mendukung website yang dapat diakses melalui smartphone, maka pihak Appkey dapat memiliki memperbaharui tampilannya sehingga dapat lebih mudah diakses melalui PC dan smartphone.

Namun, jika menurut Anda proses pembaharuan pada website tersebut membuat Anda perlu mengeluarkan dana yang lebih besar, maka lebih baik Anda membuat website yang terpisah antara website yang diakses dari desktop dan dari smartphone. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai tahapan proses pembuatan website khusus smartphone, tahapannya sama, yaitu:

Hubungi pihak Appkey selaku jasa pembuatan website responsive melalui email, lalu pihak Appkey akan menindaklanjutinya dengan menghubungi Anda, baik melalui telepon atau Skype namun jika Anda tinggal di Bali, maka Anda bisa langsung datang ke kantor Appkey yang beralamat di JL Batu Sari No.3 -3 Renon,Denpasar, Bali. Anda dapat berkonsultasi tentang detail website yang Anda inginkan dengan pihak marketing Appkey.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.
Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: