Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
8 Penyebab Server Down Pada Website dan Cara Mengatasinya
Server down yaitu kegagalan dalam sebuah sistem, dimana server mengalami kesalahan yang menyebabkan server tidak bisa diakses. Banyak kemungkinan sistem mengalami kegagalan, biasanya juga terjadi pada website yang sangat lama. Kami akan menyajikan apa penyebab server down. Berikut kami sajikan!
23002
post-template-default,single,single-post,postid-23002,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
server-down

8 Penyebab Server Down Pada Website dan Cara Mengatasinya

Saat ini website memiliki berbagai macam fungsi yang mempermudah kehidupan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Serta ditambah dengan penggunaan internet yang sudah mulai dikenal, mengakses informasi dari sebuah website merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun kita berada.

Sebagai pemilik website, penting bagi Anda untuk memperhatikan website Anda dari beberapa kegagalan sistem yang dapat membawa kerugian baik secara finansial maupun non finansial seperti serangan hacker, bounce rate yang tinggi serta server down.

Dasar dari Web Server

 

web-server
 

Web server didesain untuk mengirim informasi halaman melalui protokol HTTP. Sejak diciptakannya world wide web (www), masyarakat mampu mengirim informasi melintasi dunia dengan protokol yang telah distandarisasi.

Secara tradisional web server merupakan sebuah komputer yang terletak dalam sebuah pusat data. fungsi yang sama dapat dilakukan oleh mesin virtual yang pada umumnya dilakukan dalam lingkungan cloud computing. Seperti dalam proses komputer lainnya, dalam server, proses menjalankan layanan di bawah fungsi dari mesin.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Profesional

Menghosting data dalam web server akan mencakup dokumen HTML, gambar, kode css, data javascript, font, vide dan elemen lain dari sebuah website.

Seperti yang sudah sempat dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai tipe error pada website yang dibagi menjadi error dari sisi klien dan error dari sisi server, dibawah ini kami akan menjelaskan lebih detail penyebab server down.

Penyebab Server Down adalah:

 

Pengkodean Error

 

Penyebab pertama yaitu terkadang sebuah website mengalami server down dikarenakan rusaknya kode dari sebuah website. Hal ini terjadi karena secara sengaja atau tidak sengaja merusak kode website selama pengerjaan pemeliharaan atau pembaruan. Jika website Anda mengalami crash setelah seseorang melakukan pemeliharaan atau pembaruan, kemungkinan besar hal itu terjadi karena adanya error pada kode.

Hacker

 

hacker
 

Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang secara sengaja ingin mengakses paksa website Anda. Salah satu serangan hacker yang paling mudah dilakukan adalah distributed denial of service atau DDOS dimana hacker membanjiri website Anda dengan traffic dari segala sumber.

Serangan Virus

 

Serangan virus merupakan salah satu serangan yang dapat menyebabkan website crash yang ekstrim. Serangan ini dapat dilakukan oleh orang atau bot yang secara tidak bertanggung jawab ingin meng-hack website Anda. Dengan banyaknya jumlah bot bertebaran di internet, sangat mungkin untuk salah satu dari serangan virus yang ada ingin menarget website Anda.

Plugin / Extension Error

 

Plugin atau extension merupakan perpanjangan layanan yang memungkinkan website Anda memiliki fitur-fitur tambahan yang bukan merupakan bagian original dari website Anda. Masalah yang dihadapi dalam penggunaan plugin sendiri adalah ketika plugin tersebut dibuat oleh orang atau sekelompok organisasi yang tidak memiliki kredibilitas tinggi dimana mereka mungkin membuat plugin yang kurang stabil atau tidak dapat diperbaharui sehingga mengakibatkan website crash.

Error pada Penyedia Layanan

 

Artikel Terkait  Apa Itu Enkripsi dan Bagaimana ini Melindungi Data Anda?

Penyedia jasa layanan hosting adalah sesuatu yang membuat website Anda tampil di internet. Anda tidak dapat memiliki sebuah website tanpa di host atau secara umum disimpan oleh penyedia layanan. Sayangnya, penyedia layanan pun dapat mengalami server down yang dapat diakibatkan oleh beberapa alasan termasuk pemeliharaan atau hal-hal lain yang juga dapat terjadi pada website Anda.

Error pada Hosting

 

hosting
 

Terkadang website Anda dapat mengalami server down dikarenakan Anda tidak memiliki hosting plan yang cukup.

Error pada Traffic

 

Nama domain Anda merupakan alamat atas website Anda. Analoginya sama seperti ketika Anda mengundang seseorang kerumah Anda, tapi Anda tidak memberikan alamatnya ,sehingga mereka tidak dapat mengunjungi rumah Anda. Selain itu nama domain juga dapat kadaluarsa. Dimana, jika nama domain Anda kadaluarsa website tersebut tidak akan muncul secara online.

Error pada Domain

 

Penyebab server down yang terakhir adalah disebabkan oleh banyaknya jumlah traffic yang masuk kedalam situs Anda. Pastikan Anda mengingat bahwa dalam beberapa kesempatan seperti hari libur internasional, traffic website Anda mungkin meningkat pesat.

Pastikan server Anda dapat menampung peningkatan traffic secara tiba-tiba sehingga website Anda tidak mengalami hal tersebut. Sebagai pengguna website, tentunya Anda ingin memastikan bahwa website Anda berfungsi dengan normal. Tetapi jika website Anda mengalami hal ini, berikut beberapa cara mengatasi server down:

Pastikan Apakah Website Anda Benar-Benar Down

 

Website merupakan investasi terbesar dalam bisnis seseorang. Dengan banyaknya traffic yang masuk ke suatu website serta pengaruh koneksi internet, sebuah website kemungkinan besar dapat mengalami error dari sisi klien dan bukan error dari sisi server.

Untuk memastikan apakah website Anda benar-benar down, Anda dapat menekan shift + refresh untuk memuat ulang halaman dan pastikan Anda tidak memuat halaman versi website yang di cached. Jika website menunjukkan tidak ada indikasi server down, maka masalahnya kemungkinan besar berhubungan dengan komputer klien atau koneksi broadband Anda.

Tetapi, jika website Anda masih menunjukkan error, coba akses website seperti google.com. Jika website tersebut gagal dimuat atau menunjukkan indikasi server down. Maka dapat dipastikan adanya masalah dengan koneksi broadband Anda.

Cari Tahu Apakah yang Membuat Website Down

 

Artikel Terkait  Cara setting Virtual Host di Localhost

Sebuah website dapat menjadi down dikarenakan beberapa alasan utama seperti;
• Error dalam pengkodean website
• Masalah DNS atau nama domain yang kadaluarsa
• Masalah jaringan
• Suatu hal mengalami crash pada server
• Semua server mengalami crash

Untuk melihat adanya pengkodean error, kunjungi website dan periksa apakah dalam status bar pada bagian bawah browser. Jika status bar menampilkan pesan ‘Done’ atau ‘Loaded’ ketimbang ‘Waiting’ atau ‘Connecting’ maka software dan servernya berfungsi dengan normal, tetapi jika terdapat error pemrograman.

Anda dapat mengecek log apache untuk petunjuk error tersebut. Anda juga bisa menggunakan command ping yang akan mengirimkan pesan singkat kepada server dan mengecek apakah server tersebut baik-baik saja. Anda dapat melakukannya dengan cara ping (nama domain yang ingin dituju) lalu tekan enter.

Periksa Seberapa Parahkah Server Down Tersebut

 

Jika command ping telah timed out, maka ada peluang dimana keseluruhan server Anda telah mengalami crash atau jaringan antara Anda dan server telah down secara menyeluruh.

Untuk mengetahui apakah masalahnya berada pada networking, Anda dapat menggunakan tracert. Command traceroute sendiri melacak rute diseluruh internet dari komputer Anda hingga ke server Anda, melakukan ping ke setiap peralatan networking yang ditemukan sepanjang jalan. Proses ini harusnya memerlukan 8 hingga 20 langkah secara teknis sebelum menunjukkan beberapa asterisk.

Periksa Software Web Server

 

Sama seperti komputer yang memiliki berbagai macam software, sebuah web server juga memiliki software yang dapat membantu dalam pengoperasian web server tersebut. Ketika Anda mengunjungi, web browser Anda berkomunikasi menggunakan software, dimana antara web browser dan web server bertukar informasi, menerima dan mengirim cookie mengenkripsi dan dekripsi yang secara umum kita ketahui sebagai pengalaman sebuah web browser.

Anda dapat melewati langkah ini dan secara langsung berkomunikasi dengan web server dengan menggunakan command telnet, dimana command ini akan secara meyakinkan apakah web server yang Anda tersedia atau tidak.

Log-in ke Dalam Server

 

Anda dapat memeriksa dokumentasi server Anda untuk mengetahui apakah server Anda memiliki control panel. Jika beruntung, Anda akan mendapati control panel Anda masih dapat diakses dan memberitahu apa yang salah dengan servernya hingga menawarkan untuk merestart server.

Cek Apakah Server Kehabisan Ruang

 

Untuk mengecek apakah server kehabisan ruang penyimpanan, Anda dapat menggunakan command df:

admin@server$ df -h

Hasil dari command diatas adalah daftar dari tiap partisi sistem yang menunjukkan persentase yang telah digunakan.

Kesimpulan

 

Terlepas dari seberapa canggih dan dibuat dengan banyak fitur suatu website, tidak ada website yang tidak pernah mengalami error dalam pengoperasiannya. Error sendiri dapat dibagi menjadi dua error sisi klien dan error sisi server. Error sisi server atau server down dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti error dari sisi pengkodean, serangan virus, serangan hacker hingga error pada domain.

Terlepas dari server down yang disebabkan oleh beberapa faktor tersebut, langkah pertama yang dapat kita ambil adalah memastikan apakah hal tersebut benar-benar terjadi atau merupakan gangguan dari sisi koneksi. Jika server down secara teknis benar terjadi, maka Anda dapat merujuk pada beberapa langkah yang telah di list di paragraf sebelumnya.
 

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: