Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance 8 Penyebab Server Down Pada Website dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Server Down Pada Website dan Cara Mengatasinya

-

Saat ini website memiliki berbagai macam fungsi yang mempermudah kehidupan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Serta ditambah dengan penggunaan internet yang sudah mulai dikenal, mengakses informasi dari sebuah website merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun kita berada.

Sebagai pemilik website, penting bagi Anda untuk memperhatikan website Anda dari beberapa kegagalan sistem yang dapat membawa kerugian baik secara finansial maupun non finansial seperti serangan hacker, bounce rate yang tinggi serta server down.

Dasar dari Web Server

 

web-server
 

Web server didesain untuk mengirim informasi halaman melalui protokol HTTP. Sejak diciptakannya world wide web (www), masyarakat mampu mengirim informasi melintasi dunia dengan protokol yang telah distandarisasi.

Secara tradisional web server merupakan sebuah komputer yang terletak dalam sebuah pusat data. fungsi yang sama dapat dilakukan oleh mesin virtual yang pada umumnya dilakukan dalam lingkungan cloud computing. Seperti dalam proses komputer lainnya, dalam server, proses menjalankan layanan di bawah fungsi dari mesin.

Artikel Terkait  Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya

Menghosting data dalam web server akan mencakup dokumen HTML, gambar, kode css, data javascript, font, vide dan elemen lain dari sebuah website.

Seperti yang sudah sempat dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai tipe error pada website yang dibagi menjadi error dari sisi klien dan error dari sisi server, dibawah ini kami akan menjelaskan lebih detail penyebab server down.

Penyebab Server Down adalah:

 

Pengkodean Error

 

Penyebab pertama yaitu terkadang sebuah website mengalami server down dikarenakan rusaknya kode dari sebuah website. Hal ini terjadi karena secara sengaja atau tidak sengaja merusak kode website selama pengerjaan pemeliharaan atau pembaruan. Jika website Anda mengalami crash setelah seseorang melakukan pemeliharaan atau pembaruan, kemungkinan besar hal itu terjadi karena adanya error pada kode.

Hacker

 

hacker
 

Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang secara sengaja ingin mengakses paksa website Anda. Salah satu serangan hacker yang paling mudah dilakukan adalah distributed denial of service atau DDOS dimana hacker membanjiri website Anda dengan traffic dari segala sumber.

Serangan Virus

 

Serangan virus merupakan salah satu serangan yang dapat menyebabkan website crash yang ekstrim. Serangan ini dapat dilakukan oleh orang atau bot yang secara tidak bertanggung jawab ingin meng-hack website Anda. Dengan banyaknya jumlah bot bertebaran di internet, sangat mungkin untuk salah satu dari serangan virus yang ada ingin menarget website Anda.

Plugin / Extension Error

 

Plugin atau extension merupakan perpanjangan layanan yang memungkinkan website Anda memiliki fitur-fitur tambahan yang bukan merupakan bagian original dari website Anda. Masalah yang dihadapi dalam penggunaan plugin sendiri adalah ketika plugin tersebut dibuat oleh orang atau sekelompok organisasi yang tidak memiliki kredibilitas tinggi dimana mereka mungkin membuat plugin yang kurang stabil atau tidak dapat diperbaharui sehingga mengakibatkan website crash.

Error pada Penyedia Layanan

 

Artikel Terkait  Referensi Image Hosting Gratis Terbaik | Bikin Ngoding Semakin Gampang!

Penyedia jasa layanan hosting adalah sesuatu yang membuat website Anda tampil di internet. Anda tidak dapat memiliki sebuah website tanpa di host atau secara umum disimpan oleh penyedia layanan. Sayangnya, penyedia layanan pun dapat mengalami server down yang dapat diakibatkan oleh beberapa alasan termasuk pemeliharaan atau hal-hal lain yang juga dapat terjadi pada website Anda.

Error pada Hosting

 

hosting
 

Terkadang website Anda dapat mengalami server down dikarenakan Anda tidak memiliki hosting plan yang cukup.

Error pada Traffic

 

Nama domain Anda merupakan alamat atas website Anda. Analoginya sama seperti ketika Anda mengundang seseorang kerumah Anda, tapi Anda tidak memberikan alamatnya ,sehingga mereka tidak dapat mengunjungi rumah Anda. Selain itu nama domain juga dapat kadaluarsa. Dimana, jika nama domain Anda kadaluarsa website tersebut tidak akan muncul secara online.

Error pada Domain

 

Penyebab server down yang terakhir adalah disebabkan oleh banyaknya jumlah traffic yang masuk kedalam situs Anda. Pastikan Anda mengingat bahwa dalam beberapa kesempatan seperti hari libur internasional, traffic website Anda mungkin meningkat pesat.

Pastikan server Anda dapat menampung peningkatan traffic secara tiba-tiba sehingga website Anda tidak mengalami hal tersebut. Sebagai pengguna website, tentunya Anda ingin memastikan bahwa website Anda berfungsi dengan normal. Tetapi jika website Anda mengalami hal ini, berikut beberapa cara mengatasi server down:

Pastikan Apakah Website Anda Benar-Benar Down

 

Website merupakan investasi terbesar dalam bisnis seseorang. Dengan banyaknya traffic yang masuk ke suatu website serta pengaruh koneksi internet, sebuah website kemungkinan besar dapat mengalami error dari sisi klien dan bukan error dari sisi server.

Untuk memastikan apakah website Anda benar-benar down, Anda dapat menekan shift + refresh untuk memuat ulang halaman dan pastikan Anda tidak memuat halaman versi website yang di cached. Jika website menunjukkan tidak ada indikasi server down, maka masalahnya kemungkinan besar berhubungan dengan komputer klien atau koneksi broadband Anda.

Tetapi, jika website Anda masih menunjukkan error, coba akses website seperti google.com. Jika website tersebut gagal dimuat atau menunjukkan indikasi server down. Maka dapat dipastikan adanya masalah dengan koneksi broadband Anda.

Cari Tahu Apakah yang Membuat Website Down

 

Artikel Terkait  Website Development Adalah? Pengembang Web?

Sebuah website dapat menjadi down dikarenakan beberapa alasan utama seperti;
• Error dalam pengkodean website
• Masalah DNS atau nama domain yang kadaluarsa
• Masalah jaringan
• Suatu hal mengalami crash pada server
• Semua server mengalami crash

Untuk melihat adanya pengkodean error, kunjungi website dan periksa apakah dalam status bar pada bagian bawah browser. Jika status bar menampilkan pesan ‘Done’ atau ‘Loaded’ ketimbang ‘Waiting’ atau ‘Connecting’ maka software dan servernya berfungsi dengan normal, tetapi jika terdapat error pemrograman.

Anda dapat mengecek log apache untuk petunjuk error tersebut. Anda juga bisa menggunakan command ping yang akan mengirimkan pesan singkat kepada server dan mengecek apakah server tersebut baik-baik saja. Anda dapat melakukannya dengan cara ping (nama domain yang ingin dituju) lalu tekan enter.

Periksa Seberapa Parahkah Server Down Tersebut

 

Jika command ping telah timed out, maka ada peluang dimana keseluruhan server Anda telah mengalami crash atau jaringan antara Anda dan server telah down secara menyeluruh.

Untuk mengetahui apakah masalahnya berada pada networking, Anda dapat menggunakan tracert. Command traceroute sendiri melacak rute diseluruh internet dari komputer Anda hingga ke server Anda, melakukan ping ke setiap peralatan networking yang ditemukan sepanjang jalan. Proses ini harusnya memerlukan 8 hingga 20 langkah secara teknis sebelum menunjukkan beberapa asterisk.

Periksa Software Web Server

 

Sama seperti komputer yang memiliki berbagai macam software, sebuah web server juga memiliki software yang dapat membantu dalam pengoperasian web server tersebut. Ketika Anda mengunjungi, web browser Anda berkomunikasi menggunakan software, dimana antara web browser dan web server bertukar informasi, menerima dan mengirim cookie mengenkripsi dan dekripsi yang secara umum kita ketahui sebagai pengalaman sebuah web browser.

Anda dapat melewati langkah ini dan secara langsung berkomunikasi dengan web server dengan menggunakan command telnet, dimana command ini akan secara meyakinkan apakah web server yang Anda tersedia atau tidak.

Log-in ke Dalam Server

 

Anda dapat memeriksa dokumentasi server Anda untuk mengetahui apakah server Anda memiliki control panel. Jika beruntung, Anda akan mendapati control panel Anda masih dapat diakses dan memberitahu apa yang salah dengan servernya hingga menawarkan untuk merestart server.

Cek Apakah Server Kehabisan Ruang

 

Untuk mengecek apakah server kehabisan ruang penyimpanan, Anda dapat menggunakan command df:

admin@server$ df -h

Hasil dari command diatas adalah daftar dari tiap partisi sistem yang menunjukkan persentase yang telah digunakan.

Kesimpulan

 

Terlepas dari seberapa canggih dan dibuat dengan banyak fitur suatu website, tidak ada website yang tidak pernah mengalami error dalam pengoperasiannya. Error sendiri dapat dibagi menjadi dua error sisi klien dan error sisi server. Error sisi server atau server down dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti error dari sisi pengkodean, serangan virus, serangan hacker hingga error pada domain.

Terlepas dari server down yang disebabkan oleh beberapa faktor tersebut, langkah pertama yang dapat kita ambil adalah memastikan apakah hal tersebut benar-benar terjadi atau merupakan gangguan dari sisi koneksi. Jika server down secara teknis benar terjadi, maka Anda dapat merujuk pada beberapa langkah yang telah di list di paragraf sebelumnya.
 

 
[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya