Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Mengetahui Jenis-Jenis Website dan Memilih yang Terbaik Untuk Bisnis

Mengetahui Jenis-Jenis Website dan Memilih yang Terbaik Untuk Bisnis

-

Sebelum benar-benar menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu siapakah pasar atau target dari produk maupun jasa yang akan Anda pasarkan nantinya. Tidak menentukan target pasar di awal, akan berimbas pada pemasaran yang tidak efektif. Serta produk ataupun jasa yang Anda tawarkan, nantinya tidak memiliki acuan karakteristik yang jelas berdasarkan target penggunanya.

Apakah produk Anda dikhususkan untuk remaja, anak-anak, orang tua, ibu hamil, laki-laki atau perempuan. Semuanya akan berpengaruh terhadap pemilihan karakteristik dan keunggulan produk berdasarkan target pasar. Nantinya, Anda akan kebingungan sendiri dalam menyesuaikan produk Anda untuk bersaing dengan produk lain saat target pasar masih belum jelas.

Begitu pula yang terjadi jika Anda ingin menggunakan sebuah website untuk mendukung bisnis Anda. Maka, Anda haruslah bisa menentukan jenis website yang tepat sesuai dengan produk Anda. Karena tujuan dari pembuatan website ini adalah untuk kepentingan bisnis, ada baiknya untuk menggunakan website yang berbayar dan bukannya website yang bersifat gratis serta tersedia untuk kepentingan personal atau pelajar.

Menggunakan website berbayar tentunya akan mendukung Anda dalam menjalankan bisnis secara profesional. Mulai dari alamat website yang terlihat profesional dengan tidak memiliki top level domain yang berakhiran blogspot.com, wordpress.com ataupun akhiran top level domain lainnya dari penyedia website gratis.

Kemudian ada juga fitur pembuatan alamat email yang mirip dengan nama domain yang Anda gunakan, sehingga lebih profesional dan juga beberapa memiliki fitur pendukung lainnya yang dapat dinikmati dengan membeli situs website sendiri.

Artikel Terkait  Blogspot adalah Platform Blogging yang lebih baik dihindari untuk digunakan, kenapa? Ini Alasannya!

Jenis jenis Website Berdasarkan Fungsinya

 
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis website yang tersedia di dunia maya. Sehingga Anda dapat menentukan, produk yang Anda miliki itu lebih cocok termasuk kedalam jenis situs yang mana. Berikut ini merupakan beberapa jenis jenis website berdasarkan fungsinya :

E-Commerce

 

web-e-commerce

Jenis jenis website yang pertama adalah E-commerce atau biasa disebut sebagai toko online, saat ini keberadaannya sedang sangat bertumbuh di Indonesia. Meskipun banyak penjual yang menggunakan bantuan media sosial ataupun melalui marketplace tetapi memiliki website tersendiri masih dirasa perlu.

Penggunaan marketplace artinya Anda masih menggunakan bantuan orang ke-3 dalam memasarkan produk Anda. Sedangkan dengan official website perusahaan Anda sendiri, Anda dapat leluasa melakukan berbagai pengaturan sendiri. Contohnya memiliki subdomain yang berisikan artikel review produk Anda ataupun hal yang mendukung pemasaran produk Anda. Anda juga dapat menyertakan direct link pada media sosial Anda yang langsung menuju website jika ada konsumen yang ingin melakukan transaksi pembelian ataupun ingin mengecek ketersediaan produk dan lainnya. Semua akan ter-record pada aktifitas website Anda.

Company Profile

 
Hampir seluruh perusahaan pasti memiliki website resmi yang berisikan tentang company profile. Memiliki company profile yang dapat ditemukan di Internet akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda.

Dengan salah satu jenis jenis website ini, Anda dapat menjabarkan visi dan misi perusahaan Anda, bisnis Anda berjalan dibidang apa, kontak perusahaan, siapa saja client Anda dan juga bisa menyisipkan review-review dari produk maupun jasa yang telah digunakan oleh client Anda guna menarik calon client potensial lainnya.

Komunitas Online

 
Membicarakan topik yang kita sukai tidak akan seru jika hanya dibahas oleh dua orang saja. Semakin banyak orang yang terlibat maka akan ada kemungkinan untuk memberikan sudut pAndang yang baru dari topik yang sama yang sedang dibahas.

Adanya website untuk komunitas online memungkinkan orang-orang yang tidak berada di lokasi yang dekat secara bersamaan tetap bisa saling berhubungan satu sama lain. Tidak hanya memungkinkan berinteraksi secara lokal tapi juga secara global. Contohnya adalah website kaskus.co.id yang merupakan forum diskusi terbuka.

Entertainment

 
Website ini berhubungan dengan dunia hiburan atau entertainment, entah berita terbaru tentang drama yang sedang hits, update mengenai berita dari penyanyi-penyanyi kesayangan Anda baik dari skala lokal sampai dengan internasional. Review-review film di bioskop dan hal-hal lain yang berhubungan dengan showbiz.

News Portal

 
Ini merupakan website yang menyediakan informasi terkini baik secara global maupun berita lokal. Adanya news portal memiliki beberapa keuntungan.

Kita dapat mengakses berita-berita lama ataupun langsung mengetikkan saja keyword berita seperti apa yang diinginkan dan perlukan. Serta hal ini juga akan menghemat penggunaan kertas yang digunakan untuk menyebarkan iklan via media cetak.

Blog

 

blog

Jenis jenis website ini umumnya digunakan untuk kepentingan pribadi seperti berbagi kisah pengalaman si penulis, bisa juga mengulas produk atau apapun yang diminati si penulis. Blog juga bisa dibuat komersial dengan melakukan featuring dengan beberapa brand-brand yang menginginkan advertising melalui tulisan si penulis ataupun jika jumlah pengunjung blog sudah cukup banyak. Maka, penulis bisa menempatkan iklan pada blognya untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan.

Artikel Terkait  Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Jenis jenis Website Berdasarkan Sifatnya

 
Jenis jenis Website juga bisa dibagi berdasarkan sifatnya. Jika dilihat dari sifatnya, maka website bisa terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Website Statis

 
Seperti namanya, statis. Menurut KBBI, statis artinya diam, tidak bergerak dan tidak berubah keadaannya. Sama seperti artinya, website statis merupakan web sederhana yang kontennya tidak akan memiliki perubahan.

Setiap halamannya berisikan kode HTML yang memiliki informasi yang sama. Jika ingin melakukan suatu perubahan terhadap konten yang ditampilkan, maka harus merombak seluruh kode yang sudah ada. Oleh karena itu, si pemilik harus menghubungi kembali developer atau designer website tersebut untuk melakukan perubahan.

Web statis bisa digunakan untuk website perusahaan yang hanya menampilkan beberapa informasi penting seperti visi, misi dan juga kontak perusahaan. Hal ini tidak perlu diganti-ganti setiap saat. Berbeda dengan toko online yang harus selalu mengupdate kontennya pada website mereka. Jadi, web statis ini tidak cocok digunakan untuk berjualan.

Website Dinamis

 
Jenis jenis website ini merupakan kebalikan dari website statis. Website ini kontennya bisa selalu diupdate secara berkala oleh si pemilik website. Pemilik bisa langsung menambahkan, menghapus dan memodifikasi konten tanpa harus membuka struktur kode web dan tidak perlu batuan dari developer.

Pada website dinamis juga bisa ditambahkan fitur-fitur seperti, melakukan pembayaran, login akun, daftar akun dan lainnya. Nah karena keunggulan-keunggulan tersebut, maka untuk melakukan coding di website dinamis akan lebih sulit dibandingkan dengan website statis.

Website Terbaik untuk Bisnis

 
Nah, setelah mengetahui mengenai website berdasarkan jenis dan juga sifat-sifatnya. Maka, sekarang Anda bisa menentukan website apa yang terbaik untuk menjalankan bisnis Anda. Misalkan saja, Anda menjalankan bisnis di bidang kosmetik dan menjual beberapa brand kosmetik di bawah perusahaan Anda.

Jadi website terbaik yang bisa Anda pilih untuk bisnis Anda adalah website dinamis yang berbasis e-commerce. Mengapa? yang pertama Anda memilih website e-commerce karena memang tujuan Anda adalah berjualan secara online.

Memilih website  dengan jenis e-commerce, akan memudahkan developer untuk paham apa yang harus mereka kerjakan dan mereka sarankan untuk isi dari website Anda. Mulai dari pop up limited promo saat konsumen membuka website Anda, live chat untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi mengenai produk dan perusahaan Anda, fitur transaksi untuk pembelian barang, fitur keranjang atau cart untuk menyimpan wishlist barang-barang konsumen sebelum melakukan check-out atau pembayaran dan masih banyak lainnya.

Lalu dengan fitur beragam yang dimiliki oleh website jenis e-commerce, maka sifat website yang cocok untuk website Anda adalah website dinamis. Website dinamis memungkinkan kita untuk mengelola sendiri isi konten tanpa perlu bantuan dari developer website.

Pastinya untuk toko online akan sangat sering melakukan update konten. Mulai dari update informasi stok barang, penambahan produk baru dan juga penghapusan produk yang sudah discontinued dan juga update promo-promo untuk produk Anda.

Sekarang Anda sudah mengetahui website terbaik untuk bisnis Anda. Tunggu apalagi? Segera buat website dan buat konten menarik untuk produk Anda.

[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya