Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiCross-platformCara Membuat Aplikasi Berbasis Web Menggunakan XAMPP dengan Mudah

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Menggunakan XAMPP dengan Mudah

-

Kalau Anda pernah mendengar istilah MEAN Stack, yang terdiri dari Mongo DB, Express Js, Angular JS, dan Node.js. XAMPP sendiri sama seperti MEAN. XAMPP adalah singkatan yang digunakan untuk kompilasi perangkat lunak bebas. Ia adalah akronim dengan setiap huruf mewakili salah satu dari lima komponen utama.

X yang ada di awal merupakan singkatan dari sistem operasi cross platform yang dipakai seperti Linux, Windows, dan Mac. Kemudian ia juga berisikan server web Apache, sistem manajemen basis data relasional MySQL/ Maria DB dan scripting language Perl dan PHP.

Pada pembahasan kali ini, WebApp akan mengajak Anda untuk mengetahui Cara Membuat Website dengan XAMPP. Kami memastikan cara ini sangat mudah dan cepat. Penasaran? Simak tulisan ini sampai akhir!

Pengertian XAMPP

cara-membuat-aplikasi-berbasis-web.

Sebelum tahu tentang cara membuat website dengan XAMPP, Anda perlu mengetahui dasar-dasar dari XAMPP itu sendiri. XAMPP adalah singkatan di mana X adalah singkatan dari Cross-Platform, ‘A’ adalah singkatan dari Apache, ‘M’ adalah singkatan dari MYSQL atau MariaDB, dan dua ‘P’ terakhir adalah singkatan dari PHP dan Perl untuk masing-masing.

Ini adalah paket solusi web sumber terbuka yang mencakup distribusi Apache untuk banyak server dan baris perintah yang dapat dieksekusi bersama dengan modul seperti server Apache, MySQL/MariaDB, PHP, dan Perl. Tiap-tiap komponen dari XAMPP  akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut.

  1. Cross-Platform

Cross Platform adalah sistem lokal yang berbeda memiliki konfigurasi sistem operasi yang berbeda yang terpasang di dalamnya. Komponen lintas platform telah disertakan untuk meningkatkan utilitas dan audiens untuk paket distribusi Apache ini.

XAMPP telah mendukung berbagai platform seperti paket Windows, Linus, dan MAC OS. Saat ini, pembangunan website dan aplikasi lintas platform sangatlah penting untuk efisiensi waktu, biaya, dan tenaga.

2. Apache

Apache adalah HTTP server web lintas platform. Ia pun telah digunakan secara luas di seluruh dunia untuk mengirimkan konten web. Aplikasi server telah dibuat gratis untuk diinstal dan digunakan untuk komunitas pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation. Server jarak jauh Apache mengirimkan file, gambar, dan dokumen lain yang diminta kepada pengguna.

3. MariaDB

Awalnya, MySQL DBMS adalah bagian dari XAMPP, tetapi karena suatu dan lain hal kini MySQL telah digantikan oleh MariaDB. Ia merupakan salah satu DBMS relasional yang paling banyak digunakan, dikembangkan.

Maria DB menawarkan layanan online yang sangat membantu Anda dalam menangani backend seperti penyimpanan data, manipulasi, pengambilan, pengaturan, dan penghapusan.

4. PHP

PHP merupakan scripting language untuk backend yang sangat terkenal. PHP adalah singkatan dari Hypertext Processor dan dikatakan berasal dari alat Personal Home Page, yang menjelaskan kesederhanaan dan fungsinya.

Utamanya, PHP digunakan untuk pengembangan web. PHP memungkinkan pengguna untuk membuat situs web dan aplikasi dinamis. Ia pun dapat diinstal pada setiap platform dan mendukung berbagai sistem manajemen basis data. Itu diimplementasikan menggunakan bahasa C.

Artikel Terkait  12 Cara Menemukan Ide Aplikasi Terbaru dan 25 Inspirasi Aplikasi Gratis

5. Perl

Perl adalah kombinasi dari dua bahasa dinamis tingkat tinggi, yaitu Perl 5 dan Perl 6. Perl dapat diterapkan untuk mencari solusi masalah berbasis administrasi sistem, pengembangan web, dan jaringan. Perl memungkinkan penggunanya untuk memprogram aplikasi web dinamis. Bahasa ini pun sangat fleksibel dan kuat.

Setelah mengetahui komponen-komponen dari XAMPP, selanjutnya kita akan membahas cara membuat website dengan XAMPP.

Cara Membuat Website dengan XAMPP

Sekarang kita akan membahas cara membuat website dengan XAMPP. Website yang dimaksud ini adalah website localhost XAMPP di WordPress.

Apa itu website localhost WordPress?

Localhost website WordPress adalah situs yang hanya dapat diakses oleh orang-orang di jaringan Anda yang artinya tidak ada komponen langsung.

Dengan demikian dapat disimpulkan jenis situs ini dapat berfungsi sebagai lingkungan yang aman, di mana fitur baru dan metode pemecahan masalah dapat diuji. Situs web lokal sangat cocok untuk melakukan jenis tugas berikut:

  • Membuat tema dan plugin baru: Saat membuat localhost website, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah apa pun yang mungkin Anda temui saat mengembangkan situs WordPress langsung.
  • Website staging: Anda dapat membuat salinan situs web langsung, yang kemudian dapat digunakan untuk tujuan pengujian.
  • Debug dan pemecahan masalah situs: Bekerja di bawah kap situs langsung Anda untuk menyelesaikan bug atau masalah lain dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Dengan membuat situs localhost WordPress, Anda dapat mencoba berbagai solusi, dan dengan mudah memulihkan versi situs sebelumnya jika Anda membuat kesalahan.

Setelah mengetahui apa itu localhost website. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat website localhost XAMPP.

  1. Download XAMPP

Langkah pertama dalam membuat website localhost XAMPP adalah dengan melakukan download XAMPP. Anda bisa download XAMPP di link ini: https://www.apachefriends.org/download.html.

Untuk menginstal dan menjalankan WordPress secara lokal, Anda perlu membuat lingkungan server lokal. Untungnya, cara ini sangat mudah dilakukan dengan perangkat lunak gratis yang disebut Xampp. Anda dapat mengunduh XAMPP dari lokasi ini lalu klik opsi “Installer.”

Klik dua kali pada file instalasi setelah unduhan selesai. Anda akan diminta untuk masuk ke direktori instalasi. Anda disarankan agar tidak menggunakan direktori Program Files, karena akan ada masalah izin dalam penulisan.

Perlu diingat bahwa direktori yang Anda pilih pada tahap ini akan menjadi tempat file situs WordPress lokal Anda berada. Setelah itu lanjutkan melalui proses instalasi  dan Anda tidak perlu menyesuaikan pengaturan instalasi default.

  1. Set Up XAMPP

Setelah proses instalasi selesai, Anda harus melakukan set up XAMPP dimulai dengan modul Apache dan MySQL. Anda mungkin akan mendapatkan dengan peringatan keamanan dari sistem operasi computer itu. Anda harus memilih “Unblock” untuk mengatasi peringatan keamanannya.

Setelah Anda mengatasi peringatan keamanan tersebut, lingkungan server lokal harus aktif dan berjalan. Untuk memeriksa, buka browser Anda dan masukkan “http://localhost/” ke dalam bilah alamat. Kemudian selesaikan set up sesuai petunjuk yang diberikan.

  1. Buat Database

Setiap instalasi WordPress membutuhkan databasenya sendiri, jadi sebelum kita menginstal WordPress dengan benar, kita perlu membuatnya terlebih dahulu. Dari layar yang sama di mana Anda memulai modul Apache dan MySQL, pilih tombol Admin MySQL atau Maria DB jika Anda menggunakan XAMPP yang baru.

Ia pun akan membuka phpMyAdmin di tab browser. Pilih tab “Database” di sinilah Anda akan membuat database Anda. Beri nama database Anda, lalu klik Create dan database Anda sudah jadi.

Artikel Terkait  Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Pembuatan Aplikasi

  1. Download WordPress, lalu Configure dan Instal

Download WordPress di https://id.wordpress.org/download/. Setelah diunduh, unzip file tersebut. Di sini kami akan merekomendasikan agar Anda memberikan folder yang dihasilkan dengan nama yang sama dengan database Anda.

Temukan lokasi di mana Anda menginstal Xampp (jika Anda tidak mengubah direktori saat instalasi, itu akan menjadi “C:/xampp”), dan buka direktori “htdocs”. Rekatkan folder WordPress Anda ke direktori ini. Di sinilah file situs web lokal Anda akan berjalan.

Klik dua kali pada folder WordPress Anda dan buka file “wp-config-sample.php” dengan Notepad. Ada beberapa variabel yang perlu Anda ubah di sini. Lihat contoh:

// ** MySQL settings – Anda bisa mendapatkan informasi ini dari web host ** //
/** Nama dari database untuk WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘ngetesaja’);
/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘root’);
/**MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘ ‘);
/** MySQL hostname */
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

Nama database di atas hanyalah sebuah contoh. Anda bisa namai database Anda sesuai yang Anda inginkan dengan mengubahnya di phpMyAdmin. Setelah Anda selesai menamai database Anda, simpan file dan beri nama sebagai “wp-config.php” yaitu menghapus “-sampel” dari nama file.

Satu-satunya tugas Anda yang tersisa adalah menginstal WordPress. Proses instalasi ini pun cukup cepat 5 menit atau bahkan bisa lebih cepat lago.  Buka tab browser baru dan navigasikan ke “http://localhost/yoursitename/”, di mana “yoursitename” adalah nama direktori situs WordPress Anda.

Setelah itu tekan tombol “Install WordPress” dan selesai. Sekarang Anda sudah memiliki website localhost Anda sendiri. Anda sekarang bebas untuk mengedit dan menambahkan ke situs dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Anda memiliki akses ke semua tema dan plugin seperti yang Anda lakukan dengan instalasi WordPress “normal”. Anda bahkan dapat menambahkan situs ke akun ManageWP Anda dengan menggunakan port forwarding.

Itulah penjelasan tentang cara membuat website dengan XAMPP, yang dalam ini kita membuat website localhost XAMPP. XAMPP adalah sekumpulan perangkat yang bisa sangat membantu para developer. Meskipun perangkat ini tidak sepopuler MEAN Stack, namun Anda mungkin akan membutuhkan XAMPP pada saat-saat tertentu.

Ingin tahu lebih banyak tentang pembuatan website atau aplikasi? Kunjungi https://appkey.id/ atau download aplikasi WebApp di Google Play Store.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya