Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Newbe Harus Baca! Bagaimana Mengembangkan Aplikasi Dengan Ide-ide yang...

Newbe Harus Baca! Bagaimana Mengembangkan Aplikasi Dengan Ide-ide yang Revolusioner

-

Profesi mengembangkan aplikasi saat ini menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Bukan tanpa alasan, di era digital seperti sekarang, smartphone seakan menjadi benda wajib yang keberadaanya harus selalu ada dalam jangkauan tangan. Dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali, ponsel menjadi benda yang pertama kali dicari oleh orang-orang.

Mengembangkan aplikasi merupakan kegiatan yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena kegiatan ini memerlukan keahlian khusus yang tidak semua orang dapat menguasainya. Bagi pembaca yang ingin menjadi seorang developer, jangan khawatir tentang cara menjadi developer yang handal. Berbagai informasi, tips dan trik akan dibahas secara mendalam disini.

Namun, sebelum itu kita harus tau apa yang harus dipersiapkan untuk mengembangkan sebuah aplikasi seperti aplikasi android misalnya. Pastinya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah cara atau bagaimana tutorial dalam membuat sebuah aplikasi. Sangat tidak mungkin bukan kita membuat sesuatu tanpa pernah melihat cara pembuatannya seperti apa.

Artikel Terkait  10 Aplikasi Antivirus Gratis, Ringan dan Terbaik di 2020

Metode Pembuatan Ide Untuk Pengembangan Aplikasi

iOS

Dalam membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi memang hal mendasar yang harus dilakukan adalah bagaimana untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana metode pembuatan ide yang baik agar bisa sukses ke depannya. Ada beberapa tips dan trik tentang bagaimana cara membuat ide untuk pengembangan aplikasi dan bagaimana cara merilisnya. Berikut ulasannya:

1. Kiat Membuat Ide

Kiat dalam membuat ide yang pertama adalah jangan pernah menolak saran dari orang lain. Terimalah dengan lapang saran mereka sembari mempertimbangkan plus minusnya dengan baik.

Jangan anggap ide mereka sebagai suatu penyangkalan, karena bisa jadi, ide mereka mampu memberikan pencerahan dan membuat ide seperti saran dari pihak lain menjadi sesuatu yang patut untuk direalisasikan.

Penolakan ide bukanlah akhir dari segalanya, jadi jangan pernah takut lalu menyerah saat ditolak. Justru penolakan itu harus menjadi semacam semangat untuk memperbaiki ide yang sudah ada dalam pikiran. Selalu menuliskan ide-ide yang terlintas dalam pikiran, karena bisa jadi ide tersebut tidak akan muncul untuk kedua kalinya dalam waktu yang sama.

2. Memperdalam Pertanyaan

Dalam membuat sebuah ide, ada metode lain yang bisa digunakan yakni dengan mempertajam pertanyaan dengan menggunakan pohon why. Pohon why ini sendiri merupakan cara untuk mengetahui intisari dari ide yang dimiliki. Caranya mendapatkan intisari ialah dengan mengulang kata “mengapa” sebanyak 3-5 kali.

Misalnya seperti ini:

  • Mengapa saya harus membuat aplikasi ini?

Ulangi pertanyaan ini sebanyak 3-5 kali, tentunya ini akan membuat Anda berpikir seberapa penting aplikasi itu dibuat? Bisa mempermudah aktivitas kah?  Bisa mengefisienkan waktu kita kah? Atau bisa meningkatkan produktivitas atau tidak.

3. Memperluas Pikiran

Wawasan yang luas adalah kunci kesuksesan bagi beberapa orang. Hal ini juga berlaku pada proses pengembangan aplikasi, di mana pikiran, cakrawala, wawasan adalah cara terbaik dalam menggeluti sesuatu. Peta pikiran adalah cara berpikir yang dalam prosesnya tidak hanya beripikir seputar kepala saja, namun juga mampu merubah pikiran agar mampu memvisualisasikan sesuatu dengan baik.

Bagaimana agar bisa menyatukan pikiran? Ini bisa dilakukan dengan menuliskan ide yang dimiliki pada secarik kertas. Tulislah secara garis besar ide dengan kata kunci yang telah ada. Kombinasikan ide dengan kata kunci yang telah dikonsep tadi. Hal ini secara tidak langsung akan mempetakan pikiran menjadi lebih beraturan dan juga terarah.

4. Menghilangkan Kebocoran

Metode menghilangkan kebocoran adalah salah satu cara untuk bisa mempertahankan ide yag ada. Dengan MandalArt kita bisa memvisualisasikan ide dan pikiran serta meminimilasir kelalaian. Caranya adalah dengan menuliskan kata kunci di tengah meja, lalu menuliskan kembali kata-kata yang terkait dengan kata kunci tersebut dan menaruhnya di sekeliling kata kunci tersebut.

Dengan mengubah sudut pandang seseorang akan berpikir dari berbagai sudut dan mencoba untuk mempertimbangkan segala ide yang ada dan kelebihan serta kerugiannya. Cara ini bisa menjadi solusi Anda dalam memunculkan ide yang baik untuk pemgembangan aplikasi kedepannya agar bisa sukses dan tentunya bermanfaat.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Aplikasi iOS Profesional di Indonesia

Alat Untuk Menyederhanakan Ide

idea (1)

Untuk mendukung pengembangan ide yang ada, tentunya diperlukan alat super yang berguna untuk mampu menyederhanakan ide yang ada atau dimiliki seseorang. Apa saja alat-alat tersebut? Berikut ulasannya:

  • Peta Pikiran: Salah satu cara untuk menyederhanakan ide adalah dengan menggunakan metode mind mapping. Mind map ini bisa dilakukan manual atau pun melalui aplikasi Xmind. Disini, ide-ide akan akan digambarkan atau dicabang-cabangkan sehingga penggambarannya jelas dan juga teratur. Hal ini akan membuat seseorang tau intisari dari ide yang muncul itu seperti apa.
  • MandalArt: MandalArt merupakan sebuah aplikasi yang cara kerjanya hampir sama dengan metode mandalArt yang telah disinggung sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, teknik mandalArt akan semakin efisien, penggunaanya harus menggunakan ipad atau pun iphone. Android bisa merujuk pada “Menetapkan Tujuan Sembilan Kotak”.

Artikel Terkait  Panduan Lengkap Teknik Desain Aplikasi Mobile

Uji Kelayakan Ide Untuk Memaksimalkan Kualitas Tujuan

CODINGGG

Setelah mendapatkan ide melalui beberapa metode diatas, selanjutnya apa yang harus dilakukan? Pastinya menguji kelayakan ide bukan? Nah, bagaimana uji kelayakan ide untuk bisa memaksimalkan kualitas penetapan tujuan? Bagaimana langkah menguji kelayakan tersebut? Bisa disimak melalui ulasan berikut ini:

1. Pentingnya Kualitas Penetapan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui pentingnya penentuan kualitas sasaran. seperti halnya pengembangan aplikasi, penetapan tujuan memang penting untuk dilakukan sebagai langkah awal.

Tanpa tujuan, bagaimana sebuah ide dapat muncul? Sedangkan kita tidak tahu apa yang akan kita lakukan sebenarnya. Untuk itu, pastikanlah tujuan dengan baik dan jika bisa uji kelayakan ide hingga sepuluh kali.

2. Pengaturan Sasaran Kualitas Mutu

Pentingnya mengatur sasaran kualitas mutu dengan menjelaskan mengapa dan seperti apa alasannya. Misalnya dengan menetapkan tujuan “untuk membuat pendapatan tahunan 15 juta” bagaimana cara mengaturnya?

Mulailah dengan memetakan apa yang harus dilakukan dan kemana uang itu akan mengalir.  Setiap orang berbeda pandangan, makanya mulailah dengan menerjemahkan dalam angka yang valid.

3. Cara Mencapai Tujuan Dengan Oni Speed

Cara mencapai tujuan dengan cepat dan juga efisien adalah dengan cara Oni Speed. Maksudnya pikirkan terlebih dahulu apakah tujuan ini sudah benar-benar cocok dengan diri sendiri?

Atau apakah bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan ini? Dan lain sebagainya. Itulah mengapa sangat penting dalam hal ini untuk mendengar beberapa pendapat dari mereka yang sudah professional di bidangnya.

Artikel Terkait  Cara Ekstrak File Zip di Windows dengan Mudah

Ringkasan Cara Cermat Memilih Smartphone dan Aplikasi Web Bahasa

Pengembangan aplikasi tidaklah dilakukan dengan cara sembarangan, diperlukan beberapa bahasa pemrograman dan orang yang expert dalam bidang tersebut.  Ada beberapa bahasa pemrograman yang tidak dapat digunakan dalam mengembangkan sebuah aplikasi dan hal semacam ini seringkali terjadi dalam proses pengembangan.

Sebisa mungkin untuk memilih bahasa pemrograman terbaik untuk mendukung pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Beberapa sekolah pengembangan aplikasi banyak memberikan edukasi dan diagnosis pembelajaran yang pastinya diperlukan dalam sebuah pengembangan aplikasi.

Jadi, bagi newbie selain otodidak mungkin bisa mencari sekolah pengembangan yang kompeten di bidangnya.

Bagaimana Mengembangkan Ide-Ide yang Dimiliki?

Ide tidak berhenti hanya sampai ditemukannya ide itu saja, proses mengembangkannya menjadi satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan.  Seperti apa cara mengembangkan ide yang dimiliki? Berikut cara-caranya:

1. Tahu Cara Mengembangkan Aplikasi

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari bagaimana cara mengembangkan aplikasi yang baik. Setelah memastikan ide-ide sudah tersedia dan sudah dituliskan, diperlukan langkah-langkah pengembangan untuk menyukseskannya. Pelajarilah bagaimana langkah-langkah untuk mengembangkan ide-ide agar bisa mewujudkan tujuan yang dimiliki.

2. Tahu Alat Terbaik Untuk Pengembangan

Selain cara mengembangkan ide melalui metode, ternyata terdapat juga alat terbaik untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Alat ini digunakan untuk membuat aplikasi serta memiliki gambar dan spesifikasi yang baik. Dengan menggunakan ide-ide yang sudah dituliskan, seseorang dapat mengembangkan aplikasinya secara efisien.

3. Mengikuti Program Pelatihan

Meskipun menjadi seorang programmer bisa dilakukan secara otodidak, namun bagi beberapa orang cara ini tidak begitu bekerja. Mereka terkadang kesulitan dalam menafsirkan apa yang ada di depannya, sehingga membutuhkan orang yang lebih professional dalam membimbing. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba ikut program pelatihan atau sekolah pengembangan aplikasi.

Artikel Terkait  Alasan Aplikasi Anda Tetap Ditolak Walaupun Telah Beberapa kali Submit

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Aplikasi

Dalam membuat sebuah aplikasi memang ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dipertimbangkan. Semua itu dilakukan sebagai upaya agar aplikasi yang dibuat tepat sasaran atau pun mampu digunakan dengan baik dan bermanfaat bagi banyak pihak. Lalu apa saja hal yang penting dan harus diperhatikan dalam membuat sebuah aplikasi:

1. User Exeperience

User experience merupakan pengalaman yang akan dirasakan oleh para user dalam menggunakan aplikasi kita. Hal ini penting untuk dilakukan agar user bisa merasakan kenyamanan saat berselancar dalam aplikasi. Ini bisa menjadi langkah awal para developer pemula dalam merintis karirnya.

2. Tools Yang Digunakan

Hal yang juga tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah tools. Tools ini adalah factor pendukung dari aplikasi yang akan dibuat.misalnya seperti yang digunakan oleh para programmer yakni IDE atau Integrated Development Environment.IDE ini dijadikan sebagai software khusus dengan kelengkapan fiturnya yang berguna dalam mengembangkan aplikasi.

3. Wawasan

Wawasan menjadi hal yang juga penting untuk diperhatikan dan juga dipersiapkan. Mengingat android memiliki sifat yang open source, aka nada banyak sekali library yang bisa digunakan untuk memudahkan pengembangan aplikasi nantinya. Library ini sendiri adalah sekumpulan kode yang berisikan fungsi yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi.

Di zaman serba canggih ini sebenarnya bukan hal yang sulit lagi untuk mempelajari semua hal. Semua bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan satu kali klik saja. Baik otodidak maupun tidak sebenarnya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, berminat menjadi seorang developer? Pilihannya ada pada diri Anda sendiri.

Tidak ada yang tidak mungkin jika seseorang berusaha untuk bisa mencapainnya. Begitu pun dalam pengembangan aplikasi, diperlukan ketekunan dan juga wawasan yang luas agar aplikasi bisa berkembang dengan baik dan bermanfaat bagi banyak pihak yang menggunakannya. Jika masih bingung ingin belajar di mana, serahkan pengembangan aplikasi kepada perusahaan pengembangan aplikasi saja seperti kami.

Demikianlah artikel kali ini mengenai ulasan tentang bagaimana untuk mengembangkan sebuah aplikasi bagi newbie atau pemula. Semoga ulasan ini bisa menjadi sumber bacaan yang bermanfaat dan bisa menjadi referensi dan sumber informasi yang bisa mengedukasi semua pembaca.

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya