Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Mengenal PhoneGap, Software untuk Membuat Aplikasi di Berbagai OS

Mengenal PhoneGap, Software untuk Membuat Aplikasi di Berbagai OS

-

Di era teknologi yang serba cepat ini, para pelaku industri teknologi maupun stakeholder dituntut untuk bekerja secara efektif dan efisien dalam menciptakan teknologi terbaru.

Software yang serba guna pun dibutuhkan untuk menciptakan berbagai aplikasi untuk dapat dijalankan di berbagai perangkat. Oleh karena itu, PhoneGap pun hadir menjawab tantangan tersebut.

PhoneGap adalah sebuah framework yang digunakan untuk menciptakan aplikasi mobile lintas platform yang bersifat open-source atau sumber terbuka yang memungkinkan developer membangun aplikasi menggunakan web API standar.

PhoneGap Build adalah sebuah revolusi di bidang rekayasa perangkat lunak yang dimulai serta dijalankan dari ponsel atau smartphone Anda sehingga lebih efisien dalam pembangunan maupun pengembangan aplikasi.

PhoneGap Build mampu menjalankan aplikasi yang dirancang melalui berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript

Arsitektur perangkat seluler yang dihasilkan pun mirip dengan arsitektur komputer yang terduru Application Operating System Firmware dan hardware.

Framework ini dikembangkan oleh Nitobe Software yang dikenal pula dengan Adobe. Dalam mengembangkan suatu aolikasi lintas platform, sebelum menggunakan PhoneGap akan lebih baik apabila developer mengetahui dasar-dasar pengembangan web menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Sementara untuk pekerjaan lainnya seperti nuansa aplikasi, portabilitas, hingga tampilan aplikasi merupakan tugas PhoneGap untuk mempertahankannya.

Dengan menggunakan PhoneGap kita pun dapat mengembangkan aplikasi untuk dengan sistem operasi  paling populer seperti Android, iOS, maupun Windows. Developer pun  tidak perlu memiliki keahlian di salah satu platform sistem operasi tersebut. Konten data yang diunggah di situs web dapat diubah menjadi berbagai file Aplikasi secara otomatis dengan menggunakan PhoneGap.

Alasan PhoneGap Build Layak Digunakan untuk Pengembangan Aplikasi

pengembangan-aplikasi

Umumnya, untuk membangun aplikasi untuk setiap perangkat yang berbeda iPhone, Android, Windows Mobile, dan perangkat lainnya, membutuhkan framework dan bahasa pemrograman yang berbeda pula. Namun sejak adanya PhoneGap, Anda tak perlu lagi menggunakan framework maupun bahasa pemrograman yang berbeda.

Aplikasi PhoneGap pun sudah sesuai dengan standar, oleh karena itu aplikasi tersebut tahan masa depan untuk bekerja dengan browser seiring perkembangannya. Berikut adalah alasan PhoneGap penting digunakan oleh developer.

Artikel Terkait  Flutter untuk Windows Dirilis: Kompilasi Aplikasi Desktop, Plugin Windows dan Lainnya

1. Tidak memerlukan waktu tambahan untuk belajar pengembangan aplikasi

Untuk mengembangkan aplikasi menggunakan celah telepon, Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman yang baru. PhoneGap menggunakan bahasa dan teknologi standar seperti HTML, CSS, dan JavaScript yang memang saat ini juga banyak digunakan oleh para developer. Hal ini pun membuat Anda dapat memanfaatkan anggota tim yang sudah ahli dalam teknologi tersebut. Hadirnya PhoneGap ini sebenarnya akan menghemat waktu Anda dalam memahami penggunaan PhoneGap itu sendiri.

2. Memungkinkan pengembangan untuk beberapa perangkat

PhoneGap menggunakan teknologi standar yang dapat bekerja dengan banyak perangkat. Dalam kebanyakan kasus, JavaScript API konsisten di berbagai platform dan dapat menghemat waktu pengembangan pula. Tetapi plugin pihak ketiga yang digunakan untuk fitur yang tidak tersedia untuk semua platform.

3. Memungkinkan Anda untuk fokus pada fungsionalitas aplikasi

Adanya PhoneGap membuat developer dapat bekerja dengan versi terbaru dari SDK asli tanpa mengikuti platform satu per satu. Hal ini pun membantu developer untuk fokus pada fungsionalitas aplikasi yang akan mereka kembangkan, dan juga menghemat banyak waktu yang mungkin dihabiskan untuk melakukan perubahan di berbagai platform. Dengan PhoneGap, Anda dapat mengirimkan Javascript, CSS, dan HTML ke cloud dan juga menerima aplikasi yang sudah siap.

4. Meningkatkan efektivitas kolaborasi dengan rekan tim

Jika Anda seringkali mengerjakan proyek aplikasi Anda bersama tim, maka PhoneGap bisa menjadi framework aplikasi yang cocok untuk Anda dan rekan tim Anda.

Anggota tim yang berbeda dapat menggunakan kekuatan mereka secara kolaboratif untuk mencapai hasil akhir dengan cara yang lebih cepat dan mulus.

Lingkungan pengembangan yang disediakan oleh PhoneGap memastikan bahwa setiap pengembang dapat memanfaatkannya secara optimal, untuk bekerja sama demi solusi akhir.

5. Penerapan yang mudah dan cepat

Aplikasi yang Anda kembangkan akan disebarkan ke pengguna dalam waktu yang jauh lebih cepat, karena Anda telah menghemat waktu untuk mengembangkan aplikasi menggunakan PhoneGap. Pengembang aplikasi seluler dapat memanfaatkan keterampilan yang ada dan SDK yang tersedia dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil akhir dalam waktu yang lebih singkat. PhoneGap juga dapat digunakan sebagai alat praktis lainnya yang berguna pada tahap pengujian dan debugging.

6. Berbagi aplikasi dengan mudah

PhoneGap Build memungkinkan Anda untuk membagikan aplikasi segera setelah aplikasi tersebut selesai. Amda mengirimkan tautan aplikasi yang sudah selesai ke teman dan keluarga Anda. Penerima dapat mengunduh aplikasi langsung ke perangkat seluler mereka bahkan tanpa mengakses komputer atau PC.

Kelebihan dan Kekurangan PhoneGap Build

phonegap

Sebagai sebuah software pengembangan, sama seperti yang lainnya, PhoneGap pun memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan PhoneGap

Berguna untuk pengembangan sekaligus bisnis

PhoneGap adalah salah satu platform lintas paling populer. Dengan menggunakan PhoneGap, Anda dapat merancang satu aplikasi, Anda dapat langsung mengirimkannya ke semua platform seluler. Dalam hal ini, PhoneGap memainkan peran penting baik dalam bisnis maupun pengembangan.

Dengan menggunakan PhoneGap, bisnis dan produk pengembang berjalan dalam waktu sesingkat mungkin untuk memasarkan usaha, dan dengan biaya yang jauh lebih sedikit.

Item yang seragam di semua platform

Biasanya, para developer pemula mupun developer yang telah ahli seringkali terkendala masalah konsistensi pada tahap awal pengembangan produk aplikasinya. Dengan masalah konsistensi ini, penggunaan fungsi yang seragam di semua platform seluler tidak mungkin dilakukan.

Aplikasi yang dirancang untuk Android mungkin terlihat berbeda di iOS dan sebaliknya. Namun, PhoneGap membantu para developer untuk menghadirkan keseragaman melalui sistem pengembangan aplikasi lintas platform.

Artikel Terkait  Pengetahuan Dasar Push Notifikasi. 3 Manfaat Push Notifikasi Untuk Memaksimalkan Efektivitas Aplikasi

Tidak dibutuhkan desainer ahli

Developer dapat membuat aplikasi lintas platform dengan menggunakan HTML CSS, dan JavaScript. Hal inilah yang menjadi kabar baik bagi para pengembang karena mereka tidak perlu belajar bahasa baru untuk menggunakan PhoneGap.

Tidak seperti platform lain yang membutuhkan desainer untuk merancang desain-desain aplikasi yang dibuat untuk menyesuaikan dengan bahasa pemrograman yang digunakan pada software tertentu.

Setiap aplikasi dapat bertindak seperti aplikasi asli

Saat aplikasi PhoneGap memanfaatkan properti yang digunakan dan peralatan ponsel, aplikasi tersebut berfungsi sebagai aplikasi asli. Properti pemanfaatan termasuk geolokasi, akselerometer, kamera, dan lain-lain.

Sistem ini memberikan UX yang luar biasa sepanjang waktu. Faktanya, pelanggan hampir tidak akan menyadari bahwa aplikasi tersebut adalah lintas platform.

Backend yang Kuat

Ketika suatu framework adalah framework backend yang kuat, maka hal tersebut dapat mengurangi upaya pengembangan dan membantu developer dalam pengembangan produk yang cepat. Backend yang kuat terlihat seperti root yang kokoh karena sebenarnya memengaruhi kinerja aplikasi kita.

Open-Source (Sumber terbuka)

Framework PhoneGap adalah framework open-source. Developer tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih karena PhoneGap tersedia secara gratis. PhoneGap menyediakan jaringan yang berkembang untuk mengunggah detail modul dan kode baru.

Didukung oleh Apache Cordova

Pengembang PhoneGap dikendalikan oleh Apache Cordova. PhoneGap adalah distribusi Apache Cordova. Beberapa instrumen tambahan yang terikat ke berbagai layanan Adobe terkandung di dalamnya.

Plugin sederhana

Plugin PhoneGap dan Cordova membantu memperluas fungsionalitas asli sambil mengembangkan aplikasi. StatusBar Social Sharing Barcode Scanner GAPlugin Pushwoosh PushPlugin, dan Facebook Connect adalah beberapa plugin di repositori.

Kekurangan

Tidak mendukung Plugin dengan hook

Plugin dengan hook tidak didukung oleh PhoneGap, sehingga dapat menyebabkan pemblokiran dengan fungsionalitas. Misalnya, WordPress memiliki kait yang mendorong pengembang untuk mengikat kode mereka ke WP dengan basis kode pusat, plugin, dan tema. Selain itu, PhoneGap tidak mendukung Cordova Snares.

Artikel Terkait  Cara Melihat Jumlah Unduhan dan Jumlah Kompetisi Aplikasi

Tidak sesuai untuk aplikasi intensif perangkat keras

PhoneGap gagal menghadirkan aplikasi game dengan semua API-nya dan kompleksitas plugin. Pengembang game mungkin akan menghadapi masalah ‘drop’ dan ‘stop’ setelah pesan muncul dari aplikasi mereka.

Developer memerlukan Mac untuk membuat aplikasi berbasis iOS

Developer akan membutuhkan perangkat Mac untuk menciptakan aplikasi berbasis iOS dengan PhoneGap. Alasannya adalah developer tidak dapat mendesain aplikasi iOS tanpa mengunduh SDK-nya.

Namun, kami dapat bersaing dengan batasan tersebut dengan bantuan PhoneGap Build karena dapat mengatur pembuatan dan mengembalikan file terakhir.

Plugin yang tersedia mungkin sudah ketinggalan zaman

Batasan berikutnya adalah plugin PhoneGap dapat menjadi usang setelah menggunakannya. Hal ini pun dapat mempengaruhi fungsionalitas aplikasi. Kami tidak memiliki plugin untuk fitur tertentu seperti geolokasi, kamera, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang PhoneGap Build. Terlepas dari beberapa kekurangan yang dimilikinya, PhoneGap tetap dapat menjadi pilihan software untuk mengembangkan aplikasi lintas platform yang cocok untuk berbagai sistem operasi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya