Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Bangun Animasi Sprite Sederhana Dengan Beberapa Alat Berikut

Bangun Animasi Sprite Sederhana Dengan Beberapa Alat Berikut

-

Animasi adalah topik BESAR! Faktanya, bisa sangat melelahkan untuk mempertimbangkan semua yang ada untuk membuat animasi yang indah. Hal baiknya adalah kita dapat membuatnya tetap sederhana dan tetap belajar banyak dan terus maju.

Pada dasarnya, animasi adalah ilusi gerakan yang dibohongi otak kita agar kita mengerti saat kita melihat beberapa bingkai diam dari karya seni yang diputar ulang secara berurutan. Flipbook yang dapat Anda corat-coret di sudut buku catatan Anda adalah contoh yang bagus tentang cara kerjanya dan betapa sederhananya itu.

Animasi film tipikal dibuat dengan antara 12 dan 24 bingkai unik per detik yang dapat memberikan tampilan yang sangat lancar, tetapi ini juga membutuhkan banyak pekerjaan!

Animasi sprite adalah grafik bitmap 2D yang ditemukan di beberapa game dan media lain. Jika Anda pernah memainkan game 2D seperti Final Fantasy VI, Chrono Trigger, dan yang lebih baru lagi yaitu Octopath Traveler pasti sudah tidak asing lagi dengan sprite di dalam game.

Membuat dan menganimasikan sprite memungkinkan seniman dan pengembang game untuk mengontrol karakter dan objek terlepas dari adegan yang lebih besar.

Sprite bisa diam atau dianimasikan, bergantung pada fungsinya dalam adegan atau proyek yang lebih besar. Konsol video game seperti sistem Commodore 64, Nintendo Famicom, dan Atari merupakan ikon untuk inovasi desain game mereka yang hanya menggunakan animasi sprite 2D.

Dengan sejarah yang penuh warna seperti itu, bagaimana Anda bisa terlibat dalam aksi kreatif?

Dasar Dasar Animasi Sprite

animasi-sprite-2

Animasi Sprite Pixel

Animasi sprite pixel yang digunakan dalam game biasanya dibuat dengan frame animasi yang lebih sedikit. Ini berarti kita biasanya bisa lolos dengan membuat segelintir sprite unik untuk menyampaikan aksinya.

Jika tindakan satu detik dari karakter yang mengayunkan pedang terdiri dari 24 bingkai dalam animasi film fitur, tindakan yang sama dapat berisi hanya tiga bingkai animasi sprite dalam gaya permainan yang sangat sederhana dan hingga sembilan atau lebih bingkai.

Siklus

Tidak seperti animasi fitur, hampir semua yang dilakukan karakter dalam game (tidak termasuk adegan potongan sinematik) dapat dipecah menjadi siklus yang berulang. Berjalan, berlari, melompat, berdiri diam dan bernapas, mengayunkan pedang, meraih hadiah, dan seterusnya. Ini semua adalah tindakan yang dapat dianggap sebagai siklus perulangan.

Ini berarti kita dapat fokus pada pembuatan siklus individu dan kemudian mengkhawatirkan pengaturan mesin game untuk memanggil siklus yang sesuai tergantung pada apa yang terjadi dalam game.

Pemain memindahkan d-pad ke kanan? Mainkan kembali siklus berjalan. Pemain menekan tombol ‘A’? Mainkan siklus lompat dan seterusnya.

Siklus Idle

Siklus idle adalah loop animasi yang diputar saat karakter diam. Daripada hanya menahan satu sprite, yang bisa sedikit membosankan, animasi sprite idle bisa sesederhana beberapa frame pernapasan atau berkedip, dan bisa serumit menguap, melihat sekeliling, menggaruk kepala, dll.

Artikel Terkait  Tutorial Tersimple RecycleView Android Studio

Walk Frames

Inilah siklus anime sprite jalan kaki yang terbuat dari enam bingkai

Menganimasikan Sprite

Bagaimana Anda Menganimasikan Sprite?

Animasi sprite, sementara beberapa bentuk seni virtual yang lebih sederhana, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat memahaminya pada percobaan pertama kami.

Pertama, kami menyarankan Anda untuk memiliki beberapa animasi sprite sheets atau membuat sprite Anda sendiri. Punya karakter asli yang ingin Anda animasikan? Sekarang waktunya!

Sprite sheet adalah garis besar dari semua tindakan yang Anda ingin karakter lakukan. Jika karakter Anda sedang berjalan, Anda perlu menganimasikan sprite yang melakukan setiap gerakan dalam satu bingkai.

Sheet itu sendiri menampilkan semuanya dan pembuat sprite harus memilih tindakan apa yang akan dirender.

Inti dari Setiap Lembar Sprite

Siklus dan frame adalah dua hal utama yang menyusun setiap sprite sheet. Apa yang Anda lihat dari sprite sheet adalah sekumpulan bingkai, semuanya sejajar dan siap untuk dianimasikan. Ketika seseorang akhirnya memasukkan keajaiban animasi ke dalam kreasi mereka, bingkai itu menjadi siklus.

Siklus bingkai inilah yang membuat animasi sprite seperti apa adanya.

Dalam The Legend of Zelda: A Link to the Past, gambar Link yang memegang pedangnya di posisi berbeda adalah bingkai, sedangkan tindakan dia mengayunkan pedang adalah siklus dari semua bingkai itu yang disatukan.

Sekarang setelah kita mengetahui lebih banyak tentang apa itu sprite sheets, mari kita lihat bagaimana kita mentransisikan frame dalam animasi sprite.

Mengiris Sprite Sheets

Jika Anda ingin memotong sprite sheet secara signifikan untuk memisahkan gambar, ini cukup mudah dilakukan. Ini sempurna untuk membuat gif kecil. Ada banyak metode dan alat untuk mengiris gambar Anda, baik menurut ukuran ubin atau jumlah kolom dan baris.

Sumber yang bagus adalah pemotong lembar sprite online di EZGif.com. Ini juga memungkinkan Anda untuk membagi dan mendekompilasi sprite sheets Anda.

Coding Animasi Sprite Sheet

animasi-sprite-3

Perintah Mana Yang Akan Menampilkan Animasi untuk Sprite?

Perintah ‘Berikutnya’. Cukup ketik perintah ‘berikutnya’ dengan apa pun yang ingin Anda tampilkan. Misalnya, ‘langkah selanjutnya’, atau ‘tampilan selanjutnya’.

Berapa Banyak Bingkai yang Anda Butuhkan untuk Animasi Sprite?

Itu tergantung pada siapa yang membuat bingkai. Jika Anda seorang animator sprite pemula, Anda mungkin ingin menggunakan jumlah sprite yang lebih rendah. Akan lebih baik jika Anda memperhitungkan bingkai untuk setiap tindakan yang dilakukan karakter. Jadi karakter dapat memiliki sepuluh kerangka berjalan, lima kerangka lompat, dan sepuluh kerangka lari. 24-40 frame cukup standar.

Anda tidak ingin membebani diri Anda dengan banyak bingkai, jadi jangan biarkan animasi Anda terlalu sibuk. Ini juga tergantung pada berapa megabyte dan resolusi yang Anda gunakan.

Alat

Berikut adalah beberapa alat fantastis untuk digunakan untuk menganimasikan sprite, membuat siklus Anda sendiri, dan meningkatkan bingkai Anda.

Piskel editor sprite online gratis

Ini adalah editor sprite hebat yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan menganimasikan sprite langsung di browser pilihan Anda. Anda dapat membuat galeri Anda sendiri dan mengekspornya ke format file pilihan Anda.

Piskel memberi Anda kendali penuh, bahkan memberi Anda kebebasan untuk menggunakan kreasi Anda dalam proyek komersial.

Animator Sprite Sheet

Sprite Sheet Animator sangat cocok untuk semua pembuat sprite yang ingin langsung mengerjakan sebuah proyek. Ini mencakup berbagai dimensi sprite yang dapat Anda format dan buat.

Anda dapat dengan cepat menganimasikan sprite setelah Anda mengisi pengukuran dan karya seni yang tepat dari web atau komputer Anda. Anda bahkan dapat membuat gif animasi, semuanya di satu tempat.

Artikel Terkait  Android Emulator Terupdate: Support 5G dan Android 11

Aseprite – Editor sprite animasi & alat seni piksel

Editor sprite kecil yang fantastis ini memungkinkan Anda untuk membuat, menghidupkan, dan mengedit sprite langsung di satu tempat. Gaya retro dan banyaknya pilihan membuatnya ideal untuk setiap calon animator sprite.

Anda memiliki kontrol palet warna, mode animasi, pemutaran perulangan, set kuas yang berbeda, dan hampir setiap opsi ekspor tersedia.

Harganya $ 20. Anda dapat mencobanya dengan versi uji coba, tetapi berhati-hatilah: Anda tidak dapat menyimpan proyek apa pun dalam versi gratis.

BobSprite – Editor Sprite Online Gratis

Seperti Piskel, BobSprite adalah animator sprite yang fantastis dan sederhana yang memungkinkan Anda membuat dari browser Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Klik salah satu screenshot di halaman BobSprite untuk meluncurkan aplikasi dan mulai menggambar!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya