Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Apa itu Rust Programming Language? Mengetahui Bahasa Rust Mozilla

Apa itu Rust Programming Language? Mengetahui Bahasa Rust Mozilla

-

Rust Programming language adalah Bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer karena dibuat untuk memastikan kinerja yang cukup tinggi setara dengan Bahasa C atau C++. Tidak hanya itu, Rust Language juga didukung oleh Mozilla sehingga sangat menekankan pada keamanan kode yang sebelumnya tidak ada di Bahasa C atau C++.

Saat ini Rust Programming language telah digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak dari Mozilla seperti Firefox, Dropbox, dan Cloudflare. Selain itu, sudah banyak perusahaan rintisan atau start up hingga perusahaan besar yang menggunakan Bahasa pemrograman ini.

Apa itu Rust Programming Language?

rust-programming-2

Rust adalah bahasa pemrograman yang ditulis atau diketik secara statis yang dirancang untuk kinerja keamanan, terutama konkurensi yang aman dan manajemen memori. Sintaks dari Bahasa ini sendiri mirip dengan C++.

Rust Programming Language adalah proyek open-source yang awalnya dikembangkan di Mozilla Research. Rust sendiri sudah dikembangkan sejak 11 tahun yang lalu dan baru merilis versi terbaru yang lebih stabil di tahun 2021.

Keistimewaan dari Rust sendiri adalah kemampuannya  memecahkan masalah yang telah lama dihadapi oleh para developer C/C++, yaitu kesalahan memori dan pemrograman bersamaan. Hal inilah yang kemudian menjadi keunggulan dari Rust Language dibanding Bahasa lainnya.

Dalam bahasa Rust, Anda memiliki borrow checker, yaitu bagian dari kompiler yang memastikan bahwa referensi tidak akan bertahan lebih lama dari data yang dirujuk. Fitur ini membantu Anda menghilangkan bug pelanggaran memori. Masalah seperti itu terdeteksi pada waktu kompilasi, dan pengumpulan sampah tidak diperlukan.

Selain itu, dalam Rust Language, setiap referensi memiliki masa pakainya sendiri. Anda dapat mengatur cakupan referensi yang valid. Fitur ini memecahkan masalah dengan referensi yang tidak valid lagi, dan juga membedakan Rust dari C dan C++.

Pentingnya manajemen memori yang benar menjadi segera terlihat ketika Anda menyadari bahwa selama 12 tahun terakhir sekitar 70% dari semua bug keamanan dalam produk Microsoft telah menjadi masalah keamanan memori. Jumlah yang sama juga dilaporkan untuk Google Chrome. Oleh karena itu, Rust Language dibuat untuk mengatasi permasalahan manajemen memori tersebut.

Di Rust ada dua mode penulisan kode: Safe Rust dan Unsafe Rust. Safe Rust memberlakukan batasan tambahan pada programmer (misalnya manajemen kepemilikan objek), sehingga Anda bisa memastikan bahwa kode berfungsi dengan baik. Unsafe Rust memberi programmer lebih banyak wewenang dalam menuliskan kodenya (misalnya dapat beroperasi pada pointer seperti Bahasa C raw), namun bisa jadi kodenya telah rusak.

Unsafe Rust Mode membuka lebih banyak opsi dalam melakukan coding atau programming, tetapi Anda harus lebih berhati-hati untuk memastikan bahwa kode Anda benar-benar aman. Untuk melakukannya, Anda dapat membungkus kode Anda dalam abstraksi tingkat tinggi yang menjamin bahwa semua penggunaan abstraksi aman.

Seperti halnya bahasa pemrograman lainnya, penggunaan kode yang tidak aman harus didekati dengan hati-hati untuk menghindari perilaku yang tidak ditentukan dan meminimalkan risiko kesalahan dan kerentanan yang diakibatkan oleh ketidakamanan memori.

Model dual-mode Rust adalah salah satu keuntungan terbesar jika Anda ingin mengatasi permasalahan pada pemrograman. Di C++, di sisi lain, Anda tidak pernah tahu bahwa Anda telah menulis kode yang tidak aman sampai di suatu tempat perangkat lunak Anda macet atau pelanggaran keamanan muncul.

Artikel Terkait  Programmer Aplikasi Android Terbaik

Rust Language adalah Bahasa Pemrograman yang Kian Populer

Tidak ada salahnya jika Anda ingin belajar Bahasa Rust dari sekarang juga, meskipun Bahasa ini mungkin tidak sepopuler Java atau JavaScript, namun di masa mendatang, Rust mungkin akan menjadi Bahasa pemrograman yang banyak digunakan.

Stack Overflow Developer Survey 2020 yang dilakukan di antara hampir 65.000 developer, Rust adalah bahasa pemrograman yang paling disukai. Hal itupun membuat Rust memenangkan gelar untuk tahun kelima berturut-turut. Pada tahun 2020 juga, developer kernel Linux mengusulkan penulisan kode kernel Linux baru di Rust.

Mereka ingin menambahkan kode baru di Rust yang akan bekerja dengan infrastruktur yang ada. Selain itu, Google juga berencana untuk menggunakan Rust di kernel Linux setelah membawa dukungan untuk bahasa pemrograman sistem Rust ke Android.

Seluruh operasi ditujukan untuk mengurangi kelemahan keamanan. Sementara itu, Microsoft telah beralih ke Rust untuk mengurangi bug terkait memori di komponen Windows.

Facebook juga telah menjalin hubungan lebih dekat dengan Rust dengan bergabung dengan Rust Foundation, sebuah organisasi yang dibuat pada tahun 2021 untuk mendorong pengembangan Rust dan menjadikannya “bahasa pilihan utama untuk pemrograman sistem dan seterusnya.”

Facebook bergabung dengan Amazon Web Services, Google, Huawei, Microsoft, dan Mozilla dalam menggunakan Rust dalam beberapa kapasitas. Semua ini adalah tanda yang jelas bahwa Rust telah mendapatkan daya tarik dalam beberapa tahun terakhir.

Contoh Kode Rust Programming Language

Berikut ini adalah contoh kode yang ada di Rust Language untuk menampilkan Hello World.

fn main() {
    println!("Hello World");
}

Kemudian, berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi factorial yang ada di Rust Language.

fn factorial(i: u64) -> u64 {
    match i {
        0 => 1,
        n => n * factorial(n-1)
    }
}

Anda juga bisa mencoba tool in match statement yang powerful dari Bahasa Rust di bawah ini:

fn fizzbuzz (number: u32) -> String {
    match (number % 3, number % 5) {
        (0, 0) => "fizzbuzz".to_string(),
        (0, _) => "fizz".to_string(),
        (_, 0) => "buzz".to_string(),
        (_, _) => number.to_string()
    }
}

Anda bisa lihat bahwa kode-kode di atas tidak banyak berbeda dengan kode-kode di Bahasa lain, khususnya Bahasa C dan C++. Sampai sini, Anda mungkin tertarik untuk belajar Rust Programming Language? Cek link ini: https://www.rust-lang.org/

Artikel Terkait  Daftar 10 Python IDE dan Editor Kode Terbaik di Tahun 2021

Kekurangan dan Kelebihan Rust Language

Setiap Bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk juga Bahasa pemrograman Rust ini. Rust memiliki dukungan kuat serta telah digunakan di berbagai perusahaan besar dengan Keamanan Terjamin dan Kompleksitas kodenya membuatnya lebih bermanfaat.

Rust memiliki pola dan Sintaks yang Kaya dan mendukung Integrasi Mudah C dan beberapa bahasa tanpa adanya abstraksi biaya.

Menggunakan Rust Anda dapat pemprediksi perilaku waktu berjalan aplikasi dan menghemat waktu dalam debugging dan pengujian. Rust memiliki dukungan komunitas yang kuat.

Dengan semua keunggulan di atas, Rust memiliki beberapa keterbatasan seperti bahasa pemrograman yang rumit untuk pemrograman dan sulit dipelajari serta lambat dalam kompilasi.

Beberapa kekurangan dan kelebihan lainnya kami rangkum sebagai berikut.

Kelebihan

  • Lebih cepat dari banyak Bahasa pemrograman lainnnya seperti C dan C++.
  • Bahasa pemrograman multiguna, dengan dukungan Mozilla dan komunitas yang luar biasa.

Kekurangan

  • Efisiensi garbage collection yang cukup buruk.
  • Tidak bisa membuat kode lebih cepat atau secepat Bahasa pemrograman lainnya seperti Ruby dan Python.

Itulah penjelasan tentang Rust Programming Language yang baru-baru ini menjadi populer. Rust relatif lebih mudah untuk didekati dan memiliki komunitas yang cukup besar, tidak disertai dengan utang teknis selama puluhan tahun, namun memberikan kinerja yang berkualitas. Keamanan memori dan kompatibilitas yang lebih mudah dengan berbagai manfaat tambahan.

Kalau kamu ingin tahu perkembangan terkini seputar Bahasa pemrograman, kunjungi terus situs Webapp atau allow notification dari situs kami https://appkey.id/. Kamu juga bisa belajar Bahasa pemrograman dengan lebih detail dan mendalam di situs Codekey: https://codekey.id/.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya