Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Rekomendasi Tools Online Terbaik Untuk Mengecek Website Anda Down...

Rekomendasi Tools Online Terbaik Untuk Mengecek Website Anda Down atau Tidak

-

Sudahkah Anda mengecek kondisi website Anda hari ini? Jangan malas mengecek kondisi website, ya! Sebab, bisa jadi web yang Anda susah payah kembangkan dan kelola justru sedang down dan tak bisa diakses pengunjung.

Ada banyak fakor yang bisa mengakibatkan sebuah website down, seperti penyedia server hosting buruk, kelebihan traffic, serangan DDoS dan hacker, mati listrik dan salah melakukan konfigurasi website. Apapun penyebabnya, sebuah website yang mengalami down pada server otomatis tidak akan dapat diakses oleh pengunjung. Bayangkan jika hal ini terjadi pada website milik Anda sendiri. Tentunya Anda akan sangat merugi karena sudah kehilangan banyak traffic. Jika dibiarkan terus-terusan, maka website Anda akan berhenti diakses oleh masyarakat sebab mereka tidak pernah bisa mencapai konten yang Anda publikasikan.

Yuk jangan biarkan web Anda terbengkalai begitu saja! Kami sarankan untuk Anda segera mengecek website down or not mulai hari ini, karena semakin cepat Anda mengetahui masalah pada website, maka akan semakin cepat pula Anda menemukan solusi memperbaikinya.

Namun bagaimana cara cek server web? Tenang, Anda tidak perlu panik dan repot menghubungi tenaga IT profesional untuk mengecek website down. Kami punya solusinya! Di artikel edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mencari tahu cara cek server web termudah menggunakan rekomendasi tools online. Yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini!

Mengapa Mengecek Website Down itu Penting?

maintenance

Seperti yang Anda ketahui, saat ini website digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan di luar IT. Ada yang memakai website untuk berdagang secara online, menampilkan profil perusahaan dan lembaga pendidikan, hingga memakai web untuk memposting konten buatan sendiri ke masyarakat. Banyak orang mungkin sudah paham bagaimana cara memakai web, namun nyatanya, tidak banyak yang memahami pentingnya melakukan cek server web secara berkala.

Apakah Anda sendiri juga masih bertanya-tanya mengapa mengecek website down itu penting? Mengaplikasikan cara cek server web adalah salah satu bagian dari pemeliharaan web (maintenance) untuk jangka panjang. Jika Anda sering menerapkan cara-cara cek server web, maka besar kemungkinan website Anda akan terus stabil, tidak mudah down, sehingga bisa mendapatkan traffic dari pengunjung. Sebab, melalui cara cek server web lah kita bisa dengan cepat mengetahui jika terjadi error pada web dan server lalu kita bisa segera mencarikan solusi terbaik.

Bagaimana ciri-ciri dari sebuah web yang down? Seringkali, website yang down tidak dapat diakses secara normal oleh pengunjung. Namun Anda masih bisa menjalankan web tersebut seperti biasa. Kalau Anda sempat mendengar keluhan atau feedback dari pengunjung seperti di atas, maka Anda harus segera mencari cara cek server web.

Jika masalah ini tidak Anda segera selesaikan, maka akibatnya bisa fatal. Mulai dari pengunjung yang kesal karena tidak bisa mengakses konten Anda, berlanjut ke website yang kehilangan traffic organik, hingga akhirnya terjadi penurunan posisi web Anda di SEO. Segala usaha keras Anda untuk membangun website otomatis berujung sia-sia jika web tidak dipelihara dengan baik.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab cara cek server web ternyata sangat mudah untuk diaplikasikan sendiri dari rumah. Anda tidak perlu repot atau bingung menghubungi jasa ahli IT, cukup gunakan rekomendasi tools terbaik kami maka Anda sudah bisa melakukan cara cek server web sendiri secara online.

Apa sajakah rekomendasi tools dan cara cek server web tersebut? Keep scrolling untuk mengetahui jawabannya, ya!

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah dan Berkualitas di Indonesia

Cara Mudah Cek Website Down or Not: Rekomendasi Server Checker Terbaik

site

Sudah siap untuk mempelajari cara cek server web terbaik dan dengan praktis dari rumah? Sebelum memulai, yuk pastikan dulu Anda sudah memiliki perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan server web, yaitu website untuk dicek dan koneksi internet yang stabil.

Jika sudah, kini mari kita mulai! Berikut rekomendasi cara cek server web menggunakan aneka tools online:

Host Tracker (host-tracker.com)

Rekomendasi tools pertama adalah Host Tracker yang bisa Anda akses di www.host-tracker.com. Host Tracker mempunyai aneka tools yang lengkap untuk melakukan pengecekan kondisi web. Bahkan, software ini akan mengirimkan notifikasi sesegera mungkin kepada Anda jika ia mendeteksi web mengalami down. Canggih dan praktis, bukan?

Untuk mengecek kondisi web di Host Tracker, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser > ketik: host-tracker.com.
  2. Klik ‘enter’. Tunggu hingga web Host Tracker selesai dimuat.
  3. Pilih ‘http’, kemudian masukkan URL web yang ingin dicek pada kolom yang disediakan oleh Host Tracker.
  4. Tunggu sejenak selagi tool melakukan pengecekan otomatis.
  5. Begitu selesai, Anda akan mendapati tabel-tabel dengan hasil pengecekan dari berbagai bagian pada web. Keterangan website down atau tidak terdapat pada baris status pertama dalam tabel. Jika keterangan yang muncul adalah ‘fail’, maka website Anda down. Namun jika Anda menemukan keterangan ‘ok’, maka web Anda masih tergolong aman.

Down For Everyone or Just Me (downforeveryoneorjustme.com)

Selanjutnya Anda bisa mengecek kondisi web di Down For Everyone or Just Me di www.downforeveryoneorjustme.com. Dibandingkan dengan tool sebelumnya, tool yang ini lebih sederhana. Anda cukup melakukan input nama domain web, kemudian tool akan memberikan keterangan web down atau tidak.

Cara mengecek web dengan tool ini:

  1. Buka browser, akses downforeveryoneorjustme.com.
  2. Masukkan URL web Anda ke kolom yang disediakan. Kolom tersebut memiliki nama ‘google.com’. Tekan enter atau klik URL ‘or just me’ di web pengecekan.
  3. Tunggu sejenak, nanti tool akan memberikan keterangan status web sedang down atau tidak.

Is It Down (Isitdown.us)

Rekomendasi tools cek kondisi web selanjutnya adalah Is It Down di www.Isitdown.us. Web ini pun sangat mudah untuk digunakan, sebab Anda akan langsung diarahkan untuk memasukkan nama domain web yang hendak dicek, lalu mengklik enter. Lebih lengkapnya pengecekan kondisi web server dengan Is It Down adalah:

  1. Buka browser > akses Isitdown.us
  2. Masukkan nama domain web Anda ke kolom yang disediakan.
  3. Tekan ‘enter’ atau klik tombol ‘Is It Down’.
  4. Tunggu sejenak. Nanti akan ada pemberitahuan berupa: “com is not down” (web tidak down / aman); atau “namadomainwebAnda.com is down” (web down, perlu perbaikan).

Site24x7 (site24x7.com)

Tools Site24x7 juga merupakan opsi checker server web yang baik. Anda bisa mengakses tools ini di www.site24x7.com untuk melakukan pengecekan web secara online kapan saja. Laman tools yang satu ini sangat interaktif dan simpel, sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

Cara mengecek:

  1. Akses site24x7.com di browser.
  2. Masukkan URL web ke kolom yang sudah disediakan.
  3. Klik ‘test now’. Tunggu sampai proses tes selesai.
  4. Begitu selesai, Anda akan menemukan tabel serta grafik terkait situasi dan kondisi web. Jika semua kolom memuat keterangan ‘ok’, maka web Anda dalam kondisi baik. Namun jika Anda menemukan tulisan ‘Host Unavailable’ di bagian IP, maka web Anda 100% sedang down.

Down (down.com)

Jika Anda mencari tools checker server web dengan tampilan user interface yang baik, maka tidak ada salahnya mencoba mengakses tools Down di www.down.com. Dibandingkan semua web checker server sebelumnya, Down mempunyai tampilan UI yang amat bagus dan modern. Selain itu, web ini pun turut menyediakan rekomendasi dan review layanan web hosting terbaik yang bisa Anda pakai untuk menghindari web sering mengalami down.

Untuk memakai tools ini pun, caranya sama mudahnya dengan software server checker yang lain:

  1. Akses down.com
  2. Masukkan nama domain web Anda di kolom khusus bertanda: http://
  3. Klik ‘Check now!’. Hanya dalam hitungan menit, Anda sudah dapat menemukan hasil penilaian tools terhadap domain web Anda.

Currently Down (currentlydown.com)

Tools Currently Down mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan server web secara mendetil dan spesifik. Pengecekan web di Currently Down terbagi menjadi beberapa aspek yakni response time (waktu untuk web merespon terhadap request), service status (untuk mengetahui kondisi hosting web), dan response code (untuk mengetahui apakah web berhasil memproses request dari user).

Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengecek kondisi domain di Currently Down:

  1. Buka browser > akses curretlydown.com
  2. Pada kolom ‘domain name’, masukkan URL web Anda.
  3. Klik ‘check’. Tunggu hingga ketiga aspek penilaian (response time, service status dan response code) muncul di layar komputer Anda. Jika terdapat error yang terdeteksi pada salah satu aspek testing, maka Anda bisa segera melakukan perbaikan.

Website Planet (websiteplanet.com)

Rekomendasi checker server web terakhir adalah Website Planet yang dapat Anda akses di www.websiteplanet.com. Tools yang satu ini dapat dikatakan sebagai tools paling lengkap untuk segala kebutuhan website, sebab Anda tak hanya akan menemukan tools pengecekan web down atau tidak saja.

Website Planet menyediakan semua service untuk kebutuhan web, seperti pengecekan kondisi hosting dan domain, website builder, e-mail marketing, logo design service, landing page creators, hingga social media management tools dan masih banyak lagi. Jadi, web ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang mencari aneka solusi bagi web di satu tempat saja.

Untuk mengecek performa dan kondisi hosting server web, Anda bisa mengikuti langkah-langkah simpel di bawah ini:

  1. Buka browser > akses websiteplanet.com
  2. Klik menu ‘Performance Tools’ pada web.
  3. Klik opsi ‘Website Down or No’ > cari kolom ‘Your Website URL’.
  4. Masukkan alamat URL web Anda ke kolom tersebut.
  5. Klik ‘check’ atau enter. Dalam hitungan detik, Anda sudah bisa mendapatkan hasil testing domain web.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara cek server web menggunakan bantuan tools online. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda untuk lebih mudah cek website down or not. Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari website Appkey.id!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya