Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Cara Mengelola Website Yang Baik dan Tidak Membosankan

Cara Mengelola Website Yang Baik dan Tidak Membosankan

-

Membuat dan menjalankan sebuah situs web untuk bisnis Anda adalah langkah awal yang baik untuk membangun kehadiran online untuk merek dan bisnis Anda.

Namun, begitu situs web Anda tayang, pekerjaan Anda belum bisa dikatakan selesai, karena sebuah web yang hanya dibuat tanpa dikelola dengan baik tidak akan memberikan efek yang baik terhadap bisnis yang hendak kita promosikan dengan menggunakan situs web tersebut.

Misalkan, kita ambil contoh saja sebuah situs yang menggunakan CMS WordPress, meskipun WordPress adalah salah satu CMS terbaik, banyak dan mudah digunakan, ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk memastikan situs web Anda terus beroperasi tanpa masalah dan mengubah pengunjung Anda menjadi pelanggan.

Dalam pos kami kali ini, kami akan mengulas tugas atau hal-hal yang harus dan wajib Anda selesaikan setiap hari, mingguan, dan bulanan untuk mengelola situs web Anda dengan sukses sehingga menghasilkan feedback yang baik untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

Cara Mengelola Website Dalam Kurun Waktu Harian

cara-mengelola-website-1

Salah satu tugas paling penting dalam pengelolaan situs web adalah memastikan situs Anda tetap aman dan terus memuat dengan cepat untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin. Dengan demikian, Anda harus mengikuti tugas-tugas harian berikut.

Mencadangkan Situs Web

Mencadangkan situs web Anda sangat penting karena memungkinkan Anda untuk segera kembali online jika situs web atau host Anda dikompromikan. Praktik yang baik adalah dengan melakukan pencadangan harian di luar file WordPress dan database.

Dengan ManageWP, Anda dapat dengan mudah menjadwalkan cadangan tambahan untuk memastikan situs Anda terlindungi serta mengunduh cadangan ke komputer Anda atau mengunggahnya ke tujuan eksternal Anda sendiri seperti Dropbox atau Google Drive.

Monitor Waktu Aktif

Downtime tidak hanya dapat menggambarkan merek Anda dalam cahaya negatif, tetapi juga dapat mengganggu penjualan dan konversi Anda. Jika Anda menggunakan ManageWP, Anda dapat menggunakan alat Monitor Uptime untuk memberi tahu Anda tentang downtime situs web Anda.

Jika Anda mulai memperhatikan banyak waktu henti, maka sudah saatnya untuk mempertimbangkan meningkatkan paket hosting Anda atau berpindah perusahaan hosting.

Artikel Terkait  Informasi Terlengkap Seputar Black Box Testing | Metode Uji UI, Fitur dan Fungsi App Terbaik

Lakukan Laporan Keamanan Harian

Dengan meningkatnya ancaman keamanan online dan malware, Anda tidak ingin membiarkan apapun terjadi secara kebetulan. Pertimbangkan untuk menggunakan layanan seperti Sucuri untuk memastikan situs web yang Anda kelola bebas malware.

Jika Anda menggunakan plugin kami, Anda dapat melakukan pemeriksaan kapan saja Anda suka atau jika Anda menginginkan solusi set-it-and-forget-it, Anda dapat mengaktifkan versi premium dan menggunakan Pemeriksaan Keamanan Otomatis yang akan memberi tahu Anda tentang segala sesuatu yang mencurigakan melalui email.

Cara Mengelola Website Dalam Kurun Waktu Mingguan

cara-mengelola-website-2

Tugas di bawah ini harus dilakukan setiap minggu tetapi perlu diingat bahwa beberapa di antaranya, seperti memperbarui WordPress, tema, dan plugin bergantung pada faktor-faktor eksternal sehingga Anda harus menyesuaikannya.

Periksa Pembaruan WordPress, Tema, dan Plugin

Cara mengelola website mingguan salah satunya adalah tergantung pada faktor-faktor eksternal tetapi pastikan untuk menerapkan pembaruan ketika dirilis. Ini akan membantu melindungi situs web Anda dari kerentanan keamanan potensial.

Uji Situs Di Peramban

Menguji situs Anda di seluruh browser dan memeriksa tidak ada masalah dengan tata letak atau format adalah langkah lain untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal. Lagi pula, jika tata letak rusak, pengunjung situs web tidak akan dapat memahami tentang apa situs web itu atau mereka tidak akan dapat mengikuti jalur yang jelas menuju menjadi klien atau pelanggan.

Periksa situs Anda di browser utama dan juga kinerjanya di perangkat seluler untuk memastikan responsif.

Cara Mengelola Website Bulanan dan Triwulan

Dalam daftar cara mengelola website berikutnya adalah melakukan manajemen situs web bulanan dan triwulanan. Hal-hal yang dapat Anda lakukan pada saat melakukan pengelolaan dalam kurun waktu bulanan ini adalah pada aspek-aspek berikut ini.

Tinjau Analytics

Cara mengelola situs website yaitu memeriksa analisis situs web akan membantu Anda menganalisis sumber lalu lintas yang berasal dari pengunjung, berapa lama mereka bertahan di situs web, dan halaman mana yang paling banyak dilihat.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengukur pertumbuhan situs web dan mengoptimalkan halaman-halaman yang menghasilkan konversi terbanyak serta men-tweak konversi yang menunjukkan pengunjung mengantuk.

Periksa Waktu Pemuatan

Cobalah menguji waktu pemuatan situs web sebulan sekali. Ketika klien Anda mulai menambahkan lebih banyak file media dan berpotensi lebih banyak plugin, situs web mereka mungkin mengalami penurunan kecepatan.

Anda ingin memastikan untuk mengoptimalkan situs agar mempertahankan waktu pemuatan yang cepat sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pengguna yang meninggalkannya dan klien Anda mengeluh bahwa mereka kehilangan bisnis.

Uji Formulir

Sekali sebulan, buka situs web dan isi dan uji setiap formulir untuk memastikan tidak ada pertanyaan, kontak, atau penjualan yang hilang karena formulir yang tidak berfungsi.

Hapus Tema dan Plugin yang Tidak Digunakan

Setiap tiga bulan sekali, hapus tema dan plugin yang tidak digunakan. Pastikan untuk menonaktifkan dan menghapusnya untuk mencegah masalah kerentanan dan keamanan.

Verifikasi Cadangan

Cadangan sangat penting ketika datang ke manajemen situs tetapi Anda harus memastikan cadangan yang Anda ambil disimpan dengan benar di lokasi yang Anda tentukan.

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah melakukan pengembalian situs web jika hal terburuk terjadi daripada mengetahui strategi cadangan Anda tidak berfungsi.

Optimalkan Basis Data

Seiring waktu, basis data WordPress bisa menjadi agak besar karena konsep, posting revisi, komentar spam, dan banyak lagi. Jadwalkan dalam pengoptimalan basis data reguler setiap tiga bulan sekali untuk memastikan situs web yang Anda kelola terus beroperasi pada kinerja puncaknya.

Cara Mengelola Website Dalam Kurun Waktu Tahunan

Terakhir, berikut ini adalah tugas yang harus dilakukan setiap tahun.

Perbarui Informasi Hak Cipta di Footer

Pastikan untuk memperbarui informasi hak cipta di catatan kaki untuk mencerminkan tahun berjalan. Jika tidak, klien potensial tidak akan tahu jika Anda masih dalam bisnis dan mungkin kurang cenderung untuk menghubungi Anda.

Artikel Terkait  Redirect adalah? Jenis-jenis dan Manfaatnya

Tinjau dan Evaluasi Plugin dan Tema

Terakhir, Anda ingin menelusuri plugin yang terpasang dan aktif dan mengevaluasi kinerja mereka. Pastikan mereka masih dikembangkan dan dipelihara secara aktif dan temukan penggantian jika Anda menemukan plugin telah ditinggalkan.
Pada saat yang sama, Anda juga ingin memastikan bahwa tema yang Anda kembangkan untuk klien Anda mengikuti praktik terbaik WordPress dan memperbarui kode jika perlu.

Kelola Situs Web Anda Seperti Pro

Cara mengelola website yang terakhir adalah seberapa sering Anda harus melakukannya, itu menjadi jauh lebih mudah. Gunakan tips dalam artikel ini untuk mengelola situs web Anda seperti pro dan memastikannya selalu berkinerja terbaik.

Demikianlah tadi beberapa bahasan kita tentang bagaimana cara mengelola website yang meski ribet dan membosankan, namun adalah hal yang wajib Anda lakukan jika ingin meningkatkan performa situs yang Anda miliki atau menjaga nya agar tetap stabil. Terima kasih telah membaca dan semoga ulasan ini bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya