Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWeb Programming10 Tips Coding Web untuk Anda Para Pemula

10 Tips Coding Web untuk Anda Para Pemula

-

Membuat website bisa dikatakan cukup mudah, khususnya jika Anda membuat website berbasis WordPress karena Anda hanya perlu melakukan drag-and-drop berbagai fitur untuk kebutuhan website Anda.

Namun, jika Anda ingin tampilan website menjadi lebih rapi dan cantik, Anda harus menerapkan coding web. Menciptakan tampilan website yang menarik bisa dilakukan dengan coding web sederhana.

Anda pemula dalam coding web? Anda menemukan artikel yang tepat! Berikut ini adalah 10 tips coding web untuk Anda para pemula.

Apa itu Coding?

tips-coding-web..

Sebelum berbicara lebih jauh tentang tips coding web, pertama-tama Anda harus memahami apa itu coding website. Kita akan mulai dari mana coding itu berasal,

Ketika dimatikan, komputer hanyalah sebuah mesin elektronik biasa. Mereka adalah objek yang terdiri dari sekumpulan logam, plastik, dan bahan lainnya. Namun, begitu Anda menekan tombol daya dan mereka telah melalui proses penyalaan, yang disebut boot, mereka akan hidup kembali.

Komputer tersebut pun akan berubah menjadi mesin yang sangat kuat dan begitu dibutuhkan. Perangkat elektronik inilah yang dapat melakukan tugas-tugas rumit dengan kecepatan luar biasa yang akan sulit.

Layar tersebut hidup dan aktif. Selain itu ada berbagai tombol dan ikon yang siap untuk Anda klik. Berbagai tombol dan ikon inilah yang terdiri dari berbagai kode yang dibuat melalui proses coding. Proses coding dilakukan dengan memanfaatkan Bahasa Pemrograman.

Setelah mengetahui tentang apa itu coding, selanjutnya kami akan membahas cara kerja coding yang bersinergi dengan Bahasa pemrograman.

Cara Kerja Coding

Bahasa pemrograman komputer, yang dikembangkan melalui serangkaian kode numerik atau alfabet, menginstruksikan mesin untuk menyelesaikan tindakan tertentu. Pengkodean komputer berfungsi seperti manual.

Seorang programmer atau pengembang menulis instruksi yang menjelaskan informasi dan tugas yang diperlukan untuk membuat visual atau untuk melakukan tugas. Komputer memindai manual berkode ekstensif dengan sangat cepat, menjalankan tugas yang membuat dan menjalankan situs web atau aplikasi.

Menampilkan gambar atau bagian teks, mengubah gaya font dan membuka email semuanya memerlukan instruksi yang disertakan dalam manual berkode. Bahasa pemrograman memberikan aturan untuk membangun situs web, aplikasi, dan teknologi berbasis komputer lainnya.

Pengguna berinteraksi dengan situs web dan aplikasi dengan bantuan instruksi berkode ini. Kode itu sendiri tidak muncul di layar. Sebaliknya, orang melihat kata-kata dan gambar yang diminta oleh pengembang atau pemrogram komputer untuk ditampilkan.

Coding adalah barisan kode yang memberi tahu mesin tindakan mana yang harus dilakukan dan bagaimana menyelesaikan tugas. Bahasa pemrograman memberikan aturan untuk membangun situs web, aplikasi, dan teknologi berbasis komputer lainnya. Setiap bahasa pemrograman membantu manusia berkomunikasi secara akurat dengan mesin.

7 Tips Coding Web Sederhana untuk Anda Para Pemula

Coding web pada dasarnya cukup sederhana. Salah satu Bahasa pemrograman dengan coding web sederhana yang seringkali digunakan adalah HTML. Berikut ini adalah tips coding web yang sederhana bagi Anda yang masih pemula dalam membuat coding web.

1. Pilih bahasa yang tepat

Ada banyak Bahasa pemrograman yang banyak digunakan seperti HTML, PHP, JavaScript, SQL, Java, Python, Swift, Ruby, Solidity, dan berbagai bahasa lainnya. Berbagai jenis pemrograman memerlukan jenis keterampilan yang berbeda, dan mungkin bahasa pengkodean yang berbeda dari yang biasa Anda gunakan.

Jika Anda tertarik untuk membangun situs web, HTML, CSS, dan JavaScript adalah keharusan mutlak dan bahasa yang bagus untuk memulai. Perhatikan juga apa yang ingin Anda buat, website atau aplikasi? Jika membuat coding web sederhana, Anda hanya memerlukan HTML, CSS, JavaScript, dan SQL.

Memilih bahasa yang tepat untuk dipelajari dan mempelajarinya dalam urutan yang benar, akan menghemat waktu dan tenaga Anda selama prosesnya. Misalnya, Anda tidak boleh mencoba dan mempelajari CSS sebelum mempelajari HTML, karena CSS dibangun di atas HTML.

2. Tetap pada satu tugas pada satu waktu

Saat Anda belajar coding, Anda mungkin tergoda untuk pergi ke berbagai arah dan belajar sebanyak mungkin. Ini bisa membuat Anda bingung dalam jangka panjang.

Pilih tugas, atau pilih bahasa dan serang dengan semua yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda menulis kode front-end untuk sebuah situs web, lakukan sampai selesai sebelum beralih ke apa pun yang memerlukan kode back-end.

Selain itu, satu tugas yang Anda pilih tidak boleh diluar kemampuan dan kapabilitas Anda. Misalnya, ketika Anda masih pemula namun mengambil pekerjaan pemrograman tingkat tinggi.

Mulailah dari yang kecil dan tingkatkan cara Anda. Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap di mana Anda memulai terlalu jauh di depan sebuah proyek. Jangan mencoba dan menyelesaikan tugas lima pada daftar tugas pengkodean Anda sebelum item satu hingga empat selesai.

Beralih dari pengkodean tag heading dalam HTML ke pengkodean gerakan mouse dalam JavaScript tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi Anda akan sampai di sana seiring waktu.

Artikel Terkait  Apa itu OOP? Cara Menjelaskan Kepada Pemula

3. Perbanyak Latihan

Tidak peduli seberapa baik Anda mendapatkan sesuatu, Anda tidak boleh berhenti berlatih. Anda akan lebih mudah membuat coding web Anda sendiri jika Anda banyak berlatih dalam membuatnya. Coding adalah sebuah skill yang harus diasah secara terus menerus.

Bukan hanya latihan saja, Anda juga bisa ikut berbagai latihan Bahasa Pemrograman. Sekarang sudah banyak kursus Bahasa pemrograman gratis yang bisa Anda ikuti.

4. Meminta bantuan

Para coder yang paling berpengalaman pun perlu meminta bantuan di beberapa titik. Jika Anda bekerja dalam tim pemrograman lain, manfaatkan sebagian besar area kode tertentu yang mereka kuasai, terutama jika Anda mengalami masalah atau kesalahan.

Terkadang tempat di mana Anda terjebak dapat dengan cepat diselesaikan dengan sepasang mata yang segar atau perspektif baru tentang subjek tersebut. Orang cenderung belajar lebih cepat dengan mentor dan umpan balik rekan. Baik itu online atau tatap muka, manfaatkan orang lain sebagai sumber daya.

Jangan takut untuk memberikan bantuan kepada orang lain ketika mereka membutuhkannya, setelah Anda merasa nyaman dengan kemampuan coding web Anda, tentunya.

5. Jadilah gesit

Jika ada satu hal yang kita tahu pasti adalah bahwa teknologi selalu berubah. Ketika itu terjadi, bahasa pemrograman untuk teknologi akan selalu berubah. Coding adalah teknologi yang selalu berubah seiring dengan kemunculan berbagai Bahasa pemrograman baru.

Hal ini tentunya terjadi pada semua teknologi, tidak peduli seberapa baik atau buruknya. Kita mungkin pernah berpikir bahwa kaset adalah cara terbaik untuk memutar musik, VCR adalah cara terbaik untuk menonton film dan ponsel flip mudah digunakan untuk mengirim pesan teks. Namun sekarang tidak lagi.

Bisa dikatakan demikian karena, pada suatu hari akan datang di mana tidak ada yang menggunakan Ruby karena sesuatu yang baru dan mengkilap telah datang untuk menggantikannya. Tidak hanya beberapa bahasa akan kehilangan popularitas, tetapi bahasa pengkodean baru juga akan meningkat dan akan tiba saatnya untuk menambahkannya ke gudang pengkodean Anda.

Anda tidak akan pernah berhenti belajar sebagai programmer, developer, atau hanya seseorang yang tertarik untuk berkecimpung di dunia kode. Baik itu proses atau basis kode baru, jika Anda ingin mengikutinya, Anda harus gesit, bersiaplah untuk ide-ide baru dan pahami perubahan ini dengan baik.

6. Jangan takut gagal

Pemrogram gagal dan sering gagal. Tidak jarang kita melihat sederet kode yang bertuliskan merah, merah, merah, hijau. Jika semua program berjalan lancar tanpa bug dan tidak ada situs web yang perlu diperbarui, maka belajar coding bahkan tidak diperlukan.

Akan ada saat-saat di mana kode yang Anda tulis sedikit salah, tidak berfungsi, atau tidak seperti yang Anda pikirkan. Dan tidak apa-apa. Plus, bagaimana Anda akan belajar jika Anda tidak gagal di sepanjang jalan?

Artikel Terkait  Prototype Produk : Mencoba Memahami No-Code Untuk Membangun Prototype

7. Tetap tenang dan aktifkan kode

Belajar coding adalah tugas yang mudah, tetapi dengan tips ini Anda akan siap untuk semua yang ada di depan. Seperti apa pun yang Anda pelajari untuk pertama kalinya, Anda akan membuat kesalahan, Anda akan menemui hambatan, tetapi pada akhirnya, Anda akan senang telah mempelajari seluk beluk pengkodean.

Itulah penjelasan tentang tips coding web yang perlu Anda ketahui. Coding adalah sebuah pekerjaan yang sulit jika Anda belum menguasai dasarnya. Oleh karena itu Anda perlu pahami dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Jika Anda masih khawatir membuat kesalahan dalam pengembangan website Anda? Jangan khawatir! Appkey akan membantu Anda. Appkey adalah perusahaan jasa pengembangan website yang berbasis di Bali. Kami mengembangkan berbagai model website khususnya yang berbasis WordPress seperti Company Profile, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Kunjungi https://appkey.co.id dan dapatkan penawaran spesial dari kami!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya