Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming HTML vs HTML5 vs XHTML, Apa Perbedaan Ketiganya?

HTML vs HTML5 vs XHTML, Apa Perbedaan Ketiganya?

-

Bagi orang-orang yang sudah lama terjun dalam dunia website development pasti sudah tidak asing lagi dengan HTML. Bagi Anda yang baru mulai berkecimpung di dunia website development dan ingin tahu lebih banyak soal HTML, bacalah artikel ini sampai habis.

HTML: Bahasa Markup Populer di Kalangan Developer

Bahasa markah (dikenal juga dengan bahasa markup) adalah tools penting yang diperlukan untuk membuat sebuah laman web. Setiap laman web memiliki teks, gambar, dan berbagai struktur data yang didisplay untuk para user. Bahasa  markah menyajikan informasi tekstual atau visual kepada pengguna untuk menentukan markup situs web.

Anda mungkin membutuhkan font yang berbeda untuk kata yang berbeda, warna yang berbeda untuk jenis teks yang berbeda dan sebagainya ketika Anda mendesain halaman web Anda. Developer juga membutuhkan universalitas dalam markup yaitu halaman web harus terlihat sama terlepas dari browsernya.

Hal itu pun membuat HTML perlu untuk memiliki bahasa markup standar yang melaluinya halaman web dapat menyajikan informasi kepada pengguna.

Bahasa Markup menggunakan tag untuk menentukan format presentasi data. Tag digunakan untuk merepresentasikan data dengan cara yang terstruktur dan terorganisir. Contoh umum dari tag termasuk tag header, tag body, dan berbagai tag lainnya Bahasa markup yang paling umum untuk halaman web adalah HTML, yang dirancang oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web.

HMTL adalah bahasa markah yang banyak digunakan dalam web design. HTML, yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah bahasa markup berbasis internet pertama yang digunakan untuk halaman web.

Namun, HTML dengan cepat berkembang dan dengan dirilisnya versi berikutnya, HTML menjadi semacam standar untuk bahasa markup. Meskipun HTML lebih merupakan standar daripada bahasa tunggal, sehingga biasanya disebut sebagai HTML itu sendiri hingga versi hingga HTML4. Itu karena kebutuhan untuk membedakannya dari perubahan signifikan yang dibawa oleh HTML5, yang merupakan versi HTML berikutnya dan terbaru.

Namun, sebelum rilis HTML5, World Wide Web Consortium (juga dikenal sebagai W3C) mulai mengembangkan ekstensi HTML berdasarkan format XML untuk memecahkan beberapa masalah kompatibilitas browser. XML adalah standar lain dari bahasa markup yang sangat mirip dengan HTML tetapi agak lebih ketat daripada HTML dalam penanganan dan pemformatan kesalahan.

Bahasa yang dihasilkan bernama XHTML, yang merupakan singkatan dari eXtensible HyperText Markup Language. Itu sangat mirip dengan HTML4 tetapi memperkenalkan beberapa aturan yang lebih ketat.

Perbedaan HTML vs XHTML vs HTML5

xhtml-1

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HTML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk mendesain dan membuat display dari web. HTML5 adalah versi kelima dari HTML yang saat ini banyak digunakan.

Tidak jauh berbeda dengan HTML, hanya saja HTML5 memiliki lebih banyak fitur dibanding HTML biasanya. Sementara XHTML adalah Extensible HyperText Markup Language.

XHTML ini merupakan versi HTML yang lebih ketat serta berbasis XML. XHTML dan HTML sama-sama didefinisikan sebagai XML, namun XHTML dikembangkan untuk membuat HTML lebih dapat diperluas dan fleksibel untuk bekerja dengan format data lain seperti XML. Berikut ini kami sajikan kepada Anda perbandingan ketiganya. Dimulai dari HTML vs HTML 5.

Artikel Terkait  Panduan Membuat Situs Website Resume Professional Dalam Waktu Singkat

HTML vs HTML5

HTML dikembangkan oleh kelompok yang dikenal dengan WHATWG dan didesain dengan berbagai peningkatan dibanding HTML versi sebelumnya untuk menyelesaikan permasalahan kompabilitas lintas browser yang ada di HTML versi sebelumnya. Beberapa perbedaan yang dimiliki oleh HTML dan HTML 5.

  1. HTML tidak mendukung untuk video dan audio untuk berbagai bahasa. Sementara HTML 5 mendukung untuk audio dan video sebagai integrase dari bahasa-bahasa yang ada.
  2. Pada HTML, proses pelacakan lokasi pengguna cukup rumit dan semakin rumit jika pengguna masuk di perangkat seluler. Sementara pada HTML 5 menggunakan JavaScript Geolocation API yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi setiap pengguna yang mengakses situs web.
  3. HTML menggunakan memori cache Browser sebagai penyimpanan sementara. Sementara, HTML5 dilengkapi dengan beberapa pilihan penyimpanan seperti penyimpanan web, database SQL, dan cache aplikasi.
  4. Pada HTML 5 memungkinkan komunikasi dupleks penuh antara klien dan server. Pada HTML, komunikasi antara klien dan server dilakukan dengan bantuan streaming dan long pooling karena tidak menawarkan dukungan soket.
  5. HTML5 hanya kompatibel dengan beberapa browser karena memperkenalkan tag dan elemen baru. HTML didukung oleh semua browser hal ini juga disebabkan oleh versinya yang sudah tua.
  6. HTML 5 mendukung untuk membuat vektor grafis secara default dengan canvas dan SVG built. Sementara di HTML membutuhkan tools lain agar dapat didukung oleh vektor grafis.
  7. Pada HTML, terdapat JavaScript dan antarmuka browser yang berjalan di utas yang sama menyebabkan masalah kinerja. Sementara HTML5 menawarkan dukungan API web JavaScript, yang memungkinkan JavaScript dan antarmuka browser berjalan di utas yang berbeda.
  8. HTML tidak mampu menangani sintaks yang tidak akurat atau kesalahan lainnya. Sementara HTML5 mampu menangani sintaks yang salah atau kesalahan lainnya.

HTML vs XHTML

XHTML dikembangkan sebagai ekstensi untuk HTML. Tidak banyak perbedaan antara HTML dan  XHTML. Beberapa perbedaan penting kami rangkum sebagai berikut:

  1. HTML tidak sensitif dengan huruf kapital dan kecil. Sementara, XHTML sensitif terhadap hal tersebut. Sensitif disini dalam artian, kesalahan penggunaan huruf kapital dapat mempengaruhi kode secara keseluruhan.
  2. HTML menggunakan tipe media text/html. Sementara XHTML menggunakan application/xhtml+xml.
  3. HTML merupakan aplikasi dari SGML, sementara XHTML adalah aplikasi dari XML.
  4. Format HTML menggunakan file forman dokumn sementara XHTML memiliki bahasa markup sebagai formatnya.
  5. HTML membutuhkan parser khusus, sementara XHTML perlu mengurai parser XML standar.

Meskipun di atas adalah perbedaan yang lebih signifikan, ada juga beberapa perbedaan yang sangat tidak terlihat serta sangat jarang ditemukan. XHTML dirancang untuk memecahkan beberapa masalah dalam HTML, dengan memasukkan beberapa fitur XML.

Artikel Terkait  Tutorial Membuat Login Multi User dengan Codeigniter

HTML5 vs XHTML5

web-development

XHTML dan HTML sejatinya cukup mirip.  Namun ada beberapa perbedaan signifikan yang akan Anda rasakan jika pernah mengoperasikan keduanya. Berikut rangkuman perbedaan HTML5 dan XHTML.

  1. XHTML sensitif dengan huruf kapital dan kecil, sementara HTML5 tidak sensitif.
  2. XHTML dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium), sementara HTML5 merupakan kolaborasi antara Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG) dan W3C.
  3. XTML memiliki beberapa fitur utama serta manfaat:

– Kombinasi HTML dan XML

– Mendefinisikan standar untuk halaman web yang dapat diwakili oleh semua browser yang mendukung XHTML.

– Halaman XHTML dapat dengan mudah diedit dan diformat dan menyediakan perawatan yang mudah.

– XHTML memberikan format yang terstruktur dengan baik dan konsisten yang dapat dengan cepat diproses dan diurai oleh semua browser web.

– Dokumen XHTML dapat menggunakan aplikasi seperti applet dan skrip. Aplikasi ini bergantung pada model objek dokumen HTML atau model objek dokumen XML. Dokumen dapat dilihat sebagai diedit dan divalidasi menggunakan alat XML.

  1. HTML5 memiliki beberapa fitur utama serta manfaat:

– Drag and drop: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menarik dan melepas elemen dari satu lokasi ke lokasi lain di halaman web yang sama.

– Geolocation: Fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi di berbagai aplikasi web.

– Server-Sent Events (SSE): Fasilitas di HTML5 ini memungkinkan events mengalir ke browser web dari server web. Peristiwa ini disebut ‘server sent events’.

– Elemen baru: Beberapa elemen seperti <header>, <footer> dan <section> telah ditambahkan

– Microdata: Dengan menggunakan fasilitas ini, pengguna membuat kosakata mereka di luar HTML5 dan memperluas halaman web dengan semantik kustom.

  1. XHTML memiliki beberapa aturan untuk syntax:

– Tag harus dibuat bertingkat dengan benar.

– Semua atribut XHTML dan tag harus dalam huruf kecil.

– Semua dokumen XHTML harus dimulai dengan deklarasi DOCTYPE.

– Pengguna harus mengganti atribut nama dengan atribut id.

– XHTML menolak atribut bahasa dari tag skrip.

  1. HTML 5 memiliki beberapa aturan juga untuk syntax:

– Nama tag menggunakan huruf kapital.

– Nilai atribut bersifat opsional

– Penutupan elemen kosong adalah opsional

– Kutipan adalah opsional untuk atribut.

– Memberikan tag seperti:

<script>

<link>

– Tag dokumen seperti:

Angka

Nav

Artikel

  1. XHTML memiliki beberapa atribut yang terasosiasi dengannya:

– Atribut inti: kelas, id, gaya, dan judul.

– Atribut bahasa: menunjukkan bahasa yang digunakan.

– XHTML juga memiliki atribut Microsoft Proprietary yang mencakup tombol akses, bahasa, tabindex, hidefocus, dan banyak lagi.

  1. Atribut pada HTML5 sebagai berikut:

– Align: atribut ini diigunakan untuk meratakan tag ke kanan, kiri, atau tengah.

– Hidden: atribut ini berfungsi menentukan apakah elemen harus disembunyikan atau tidak

Itemprop: atribut yang igunakan untuk mengelompokkan item.

Tabindex: atribut yang enentukan urutan tab dari setiap elemen

Data-XXXX: atribut yang membantu menyesuaikan atribut, dan memungkinkan penulis untuk menentukan atributnya.

  1. HTML5 mendukung penangan event dalam javascript dan memungkinkan pengguna untuk menentukannya sebagai nilai atribut tag peristiwa. Hal ini juga mendukung acara seperti pemuatan dokumen, fokus jendela, dan lain sebagainya. Sementara pada XHTML memiliki event sebagai berikut:

– Elemen seperti <body> dan <frameset> atribut seperti itu dapat digunakan untuk memicu Javascript.

– XHTML memiliki kejadian tingkat <form> yang dipicu ketika elemen berubah, formulir dikirim, dan banyak lagi.

– Mendukung event keyboard juga.

Demikianlah penjelasan tentang HTML vs XHTML vs HTML5. HTML 5 adalah versi lebih baik dibanding HTML versi sebelumnya. Meskipun demikian, HTML5 juga memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan HTML. Sementara XHTML adalah versi yang didukung oleh fitur-fitur dari XML. Mana yang sebaiknya dipelajari dan digunakan?

Hal ini tentunya kembali lagi dengan kebutuhan Anda sendiri. Jika Anda lebih mengutamakan fitur-fitur terkini dan banyak digunakan oleh developer professional maka HTML5 adalah pilihan yang terbaik untuk Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya