Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Wordpress Percantik Tampilan Website Anda dengan Framework Wordpress Ini!

Percantik Tampilan Website Anda dengan Framework WordPress Ini!

-

WordPress adalah platform yang menyediakan pembuatan website untuk para penggunanya. Tidak hanya itu, WordPress juga menyediakan berbagai fitur yang membantu pengguna untuk membangun website yang menarik salah satunya adalah Framework.

WordPress Framework menyediakan banyak sekali pilihan untuk Anda melakukan kostumisasi desain projek Anda. Framework ini juga termasuk alat untuk mengubah layout, fungsi, dan desain situs. Ada banyak Framework WordPress yang dapat Anda pilih, namun kami merangkum beberapa yang terbaik.

Apa itu Framework WordPress?

framework-2

Framework yang ada di WordPress adalah seperangkat file yang digunakan untuk membangun tema WordPress. Framework dapat bertindak sebagai dasar dari sebuah tema WordPress yang baru.  Hal ini akan menangani fungsionalitas tema dan desain dari website.

Framework WordPress hadir dengan seperangkat opsi standard kustomisasi yang memungkinkan developer membangun tema di atasnya. Bahkan jika Anda tidak familiar dengan framework dari WordPress, Anda masih bisa menggunakan Tema WordPress yang ada di dalamnya. Kemudian buat tema sebagai variasi dari framework sentral seperti Themify dan StudioPress.

Ada banyak developer yang membuat tema menggunakan framework orang lain. Developer tema umumnya WordPress menyukai pendekatan berbasis framework karena keduanya mengurangi beban kerja dan memberikan dasar yang kuat untuk menerbitkan tema baru secara teratur dengan sedikit modifikasi.

Framework tema memungkinkan Anda membuat tema WordPress Anda sendiri tanpa memulai dari awal. Sangat membantu, bukan?

Cara Kerja WordPress Framework

framework-1

Jika Anda ingin menggunakan WordPress Framework pahami terlebih dahulu cara kerjanya di sini.

Developer akan menetapkan Framework sebagai tema induk, lalu membuat tema anak baru berdasarkan tema induk ini. Fungsionalitas inti tema anak tinggal di tema induk (framework), sementara style dan fitur khusus tinggal di tema anak.

Dengan cara ini, framework dan tema baru tetap terpisah, tetapi tema baru diperbarui secara otomatis ketika framework tema diperbarui, dan tidak akan kehilangan penyesuaiannya.

Sementara kerangka kerja tema dimaksudkan untuk digunakan terutama oleh pengembang tema, mereka memiliki kisaran harga yang cukup terjangkau, kemampuan, dan kemudahan penggunaan. Beberapa framework tema lebih menyerupai interface drag and drop sementara yang lain mengharuskan Anda untuk memprogram berbagai hal.

Hal ini penting untuk diingat untuk berbelanja dengan framework tema, hal yang perlu Anda pikirkan adalaj apakah Anda lebih suka opsi yang lebih ramah pemula atau lebih Solusi tipe DIY (Do It Yourself).

Berikut ini kami tampilkan beberapa rekomendasi Framework WordPress terbaik versi kami yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan website Anda.

1. Divi

Awalnya, Divi tidak diperkenalkan sebagai WordPress framework namun, ia dikenal sebagai theme builder atau pembuat tema WordPress biasa.  Di sisi lain, karena Divi cukup kuat untuk membuat tema sehingga ia pun digunakan juga sebagai Framework.

Tema Divi sangatlah multi-fungsi. Hal ini pun membuat Divi berhasil menjadi produk unggulan dari developer Elegant Themes dan memberikan opsi untuk membuat segala jenis desain khusus untuk situs Anda tanpa pengkodean apa pun.

Divi didukung oleh Divi Builder, yang merupakan situs web terkemuka yang hadir dengan daftar besar modul yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs Anda. Karena fungsionalitas drag-and-drop yang dimilikinya, Divi Builder lebih mudah diadopsi oleh pemula daripada opsi lain yang memerlukan latar belakang pengkodean.

Divi hadir dengan desain pre-built yang menakjubkan untuk dipilih. Anda dapat menemukan yang paling cocok untuk Anda, lalu bawa desain lebih jauh dengan kustomisasi Anda sendiri. Cukup tempatkan modul apa pun di halaman, seperti gambar, teks, atau formulir, lalu edit dari bagian depan situs Anda.

Divi sendiri merupakan framework yang aman dan didukung oleh tim yang sangat kuat. Apabila Anda menemukan masalah, Anda dapat mengirimkan pertanyaan ke forum dukungan yang dimoderatori oleh moderator profesional Divi.

Untuk menggunakan Divi, Anda perlu membeli keanggotaan Elegant Themes seharga $89 per tahun atau pembayaran satu kali sebesar $249. Bersamaan dengan Divi, keanggotaan memberikan akses ke Bloom, plugin opt-in email, dan Monarch, serta plugin media sosial.

Artikel Terkait  Plugin adalah? Pengertian, jenis dan fungsi plugin

2. Genesis

Genesis adalah framework yang dikeluarkan oleh StudioPress untuk WordPress. Genesis adalah framework WordPress paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Ia dikenal sebagai salah satu framework paling ringan dan SEO-friendly.

Genesis juga merupakan salah satu Framework yang paling terjangkau dengan pembayaran satu kali sebesar $59,95, Anda mendapatkan akses ke Framework, ditambah dukungan dan pembaruan untuk situs web tak terbatas. Hal ini pun membuat Genesis banyak digunakan.

Saat menggunakan framework tema Genesis, Anda harus memasangkannya dengan tema anak Genesis untuk membuatnya bekerja dengan sempurna. Penggunaan tema anak ini akan menjamin Anda mendapatkan tema yang responsif, aman, dan dikodekan dengan baik untuk situs web berkinerja tinggi.

Dengan tema anak terpasang, Anda dapat memanfaatkan Theme Customizer untuk mengubah warna, konten, dan pengaturan tema lainnya. Anda pun akan menemukan yang terbaik untuk tata letak yang lebih luas dan minimalis. Ada juga perpustakaan widget dan template untuk membuat tema Anda tanpa banyak beban sehingga lebih ringan.

Genesis sangat ideal untuk developer tema yang lebih berpengalaman yang ingin menghasilkan beberapa tema berkualitas tinggi. Pengguna pemula mungkin mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri, meskipun Genesis juga memiliki komunitas pengembang yang besar dan dokumentasi yang berguna untuk memudahkan kurva pembelajaran. Anda juga dapat menemukan desainer Genesis jika Anda tidak membuat kode sendiri.

Seperti disebutkan, kerangka Genesis sendiri memiliki $59,95. Developer juga dapat mendaftar ke Genesis Pro seharga $ 360 per tahun, yang memberikan akses dan dukungan ke framework Genesis dan semua tema StudioPress.

3. WPZoom

WPZoom adalah tema lainnya yang cukup populer di kalangan developer yang menggunakan Framework tema Zoom sendiri untuk semua temanya. Anda tidak dapat membeli framework sendiri, tetapi Anda dapat menikmati manfaatnya dengan menginstal salah satu tema WPZoom, yang kemudian dapat Anda modifikasi untuk membuatnya.

Framework ini pun memungkinkan penggunanya untuk membuat pembaruan mudah untuk tema mereka dan memasang widget. Framework ini juga menyertakan opsi impor dan ekspor dan penyesuaian yang mudah melalui panel kontrol tema yang disertakan dengan setiap tema WPZoom.

Selain itu, kerangka kerja dikodekan dengan baik, SEO-friendly, dan menghasilkan halaman yang sepenuhnya responsif. Tema yang ada di WPZoom masing-masing seharga $79, atau Anda dapat membeli paket semua tema mulai dari $99 per tahun, atau melakukan pembayaran satu kali sebesar $299 untuk keanggotaan seumur hidup.

4. Themify

Themify adalah salah satu pesaing kuat dalam framework tema WordPress. Ia dikenal sebagai pembuat situs web drag-and-drop yang intuitif, yang memudahkan pengguna mana pun untuk membuat situs unik setelah sedikit latihan.

Themify adalah solusi kode rendah lainnya dengan pengalaman membangun yang sangat visual.

Kemungkinannya hampir tidak terbatas dengan kerangka kerja ini, karena pengguna dapat menyesuaikan setiap elemen situs, dari elemen hingga tata letak, hanya dengan mengubah pengaturan di latar belakang.

Developer Themify sengaja membuatnya agar memungkinkan berbagai elemen, ditambah penambah desain seperti pengguliran paralaks, animasi, dan sistem kisi yang fleksibel dan responsif. Ada juga lebih dari 25 add-on premium untuk menyesuaikan tema Anda persis seperti yang Anda inginkan.

Themify Builder mendukung semua tema Themify WordPress. Developer Themify sendiri juga menyediakan versi gratis tetapi harus digunakan bersama dengan tema Themify. Tema individu mulai dari $59, atau Anda dapat bergabung dengan Themify Master Club seharga $89 per tahun.

Keanggotaan atau membership ini memberi Anda semua tema, plugin, dan add-on pembuat Themify. Ada juga opsi untuk akses seumur hidup ke Master Club dengan pembelian satu kali sebesar $249.

Artikel Terkait  Mengapa Framework Adalah Bahasa Pemrograman Baru?

5. Headway

Headway adalah framework tema WordPress lainnya yang juga merupakan framework yang powerful. Ia diciptakan berdasarkan pembuat tata letak drag and drop, kerangka kerja ini memungkinkan Anda untuk membuat desain yang tampak cantik dalam waktu yang relatif singkat. Headway pun mudah digunakan dan tanpa kode. Anda hanya perlu memilih template Anda, sesuaikan desain, tambahkan konten, dan tema Anda siap digunakan.

Untuk memulai, letakkan elemen halaman Anda pada tempatnya di dalam sistem kisi Headway. Di sana blok konten untuk banyak fitur situs umum. Kemudian, sempurnakan elemen halaman Anda dengan Editor Desain, yang memungkinkan Anda mengubah warna, batas, font, dan hampir semua aspek gaya lainnya.

Headway adalah kerangka kerja tema WordPress premium. Untuk mendapatkan Headway, Anda dapat membeli lisensi standar Headway seharga $89. Lisensi ini nantinya yang memberi Anda dukungan dan pembaruan untuk tiga situs selama satu tahun, ditambah satu template. Anda juga dapat membeli lisensi Deluxe seharga $200)untuk satu tahun dukungan dan pembaruan di situs tak terbatas, semua template, dan blok pembangun komunitas premium.

6. Cherry Framework

Cherry Framework adalah framework tema terbaik untuk developer WordPress. Cherry Framework didesain agar nyaman ketika Anda mempelajari dan mengaplikasikan kode proyek mereka.

Cherry Framework adalah Framework gratis dan terkenal yang dikembangkan oleh Monster Template, dirancang untuk menjadi DIY dan dapat didekati untuk pengembang baru dan berpengalaman.

Cherry Framework dibuat dengan Bootstrap CSS untuk memastikan responsivitas pada perangkat seluler, dan menerima pembaruan rutin agar tetap aman dan berkinerja tinggi. Ia juga juga dilengkapi dengan kontrol versi bawaan, sehingga tema Anda terus berfungsi dengan baik setelah setiap pembaruan.

Meskipun Anda dapat membuat kode elemen khusus dari awal, Cherry juga memungkinkan pengembang menempatkan elemen halaman dan membuat perubahan desain dengan kode pendek. Hal ini pun menghemat waktu Anda saat Anda membangun tema sambil memberi Anda kontrol ketat di mana elemen Anda ditempatkan relatif satu sama lain.

Artikel Terkait  Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

7. Gantry

Jika Anda mencari Framework gratis yang relatif mudah untuk diaplikasikan, pertimbangkan untuk mengunduh dan menggunakan WordPress Framework Gantry. Framework ini memanfaatkan interface dengan metode  drag and drop yang disebut pengelola tata letak untuk membuat pengalaman membangun menjadi sederhana dan mudah.

Di dalam builder yang ada pada Gantry, Anda dapat mengakses perpustakaan widget, atau “partikel” seperti yang disebut Gantry, masing-masing menambahkan fungsionalitas yang berbeda. Partikel ini untuk menambahkan menu dan mega menu, gambar dan ikon, slider, dan lainnya ke tema Anda.

Gantry dapat diunduh sendiri, tetapi harus menggunakan dengan tema anak khusus dari Gantry. Ada dua tema yang ditawarkan di situs web secara gratis, Helium dan Hidrogen. Developer merekomendasikan untuk memulai dengan Helium, dan memulai dengan mudah jika Anda mengikuti dokumentasi framework yang menyeluruh.

Itulah penjelasan tentang WordPress Framework yang bisa Anda jadikan referensi untuk mempercantik tampilan website Anda dengan tema dan fitur yang disediakan. WordPress Framework sendiri merupakan konsep yang lebih baik dibanding konsep-konsep lainnya di dalam WordPress seperti tema.

Penggunaan framework pada WordPress sangat disarankan dan ideal untuk Anda yang merupakan pemilik situs web tingkat menengah hingga yang berpengalaman. Anda dapat memilih salah satu dari 7 framework yang kami rekomendasikan sesuai dengan kebutuan dan budget Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya