Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Bagaimana Cara Mengecek Plagiarisme? Haruskah Ini Dilakukan Saat Blogging?
Saat ini banyak ditemui hasil pencarian di search engine sangat buruk, dikarenakan banyak artikel yang tidak berkualitas atau bahkan hanya di copy paste dari artikel lain. Cara menjaga artikel agar tetap unik dan mendapat ranting tinggi di google adalah dengan menulis menggunakan bahasa sendiri yang baik dan menarik. Lalu bagaimanakah cara mengecek plagiarisme untuk artikel? Berikut penjelasan selengkapnya!
23369
post-template-default,single,single-post,postid-23369,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
thumbnail-1

Bagaimana Cara Mengecek Plagiarisme? Haruskah Ini Dilakukan Saat Blogging?

Saat ini, kita tengah memasuki era dimana dunia internet semakin berkembang dengan sangat pesat.

Kapanpun dan dimanapun kita berada, hanya dengan searching di mesin pencari, kita dapat mengakses segala informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Akan tetapi, tetap saja ada efek negatif dari perkembangan internet yang kian pesat ini, yaitu maraknya plagiarisme, terutama plagiarisme dalam literasi.

Setiap penulis, baik itu penulis blog yang masih pemula ataupun penulis blog yang sudah berpengalaman, ternyata masih rentan dengan plagiarisme. Namun, masalah plagiarisme dapat dilihat dari niat pelakunya. Ada plagiarisme yang disengaja dan plagiarisme yang tidak disengaja.

Plagiarisme yang disengaja, yaitu aksi plagiat yang penuh dengan kesengajaan. Pelakunya dari awal memang mempunyai niat untuk menjiplak karya orang lain. Sedangkan, plagiarisme yang tidak disengaja, yaitu tindakan plagiat secara tidak sadar. Hal ini dikarenakan, penulis kurang tahu dengan pedoman teknis penulisan.

Untuk mengetahui apakah artikel blog yang kita tulis mengandung unsur plagiarisme atau tidak, kita dapat menggeceknya menggunakan tool online yang disediakan secara gratis . Tentunya, para blogger sudah banyak yang tahu bagaimana cara mengecek plagiarisme.

Topik pembahasan utama pada artikel kali ini adalah cara mengecek plagiarisme. Tetapi, terlebih dahulu kami akan membahas definisi dari plagiarisme. Apa itu plagiarisme? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Plagiarisme adalah aksi mencontek atau meniru ide dan karya orang lain, lalu mengklaim bahwa ide dan karya orang lain itu sebagai karya miliknya.

Adapun definisi plagiarisme menurut kamus online Merriam-Webster

 
Plagiarisme adalah tindakab mengambil ide, opini, atau literatur orang lain tanpa mencantumkan di daftar sumber. Selain itu, plagiarisme juga didefinisikan sebagai tindakan penipuan yang dianggap seperti melakukan dua kejahatan sekaligus, yaitu mencuri hasil kerja orang lain dan melakukan kebohongan.

Artikel Terkait  Arti Hosting | Apa yang Dimaksud Hosting?

Cara Mengecek Plagiarisme

 

plagiarsm-1

Setiap penulis harus mengetahui cara mengecek plagiarisme. Karena, mengecek plagiarisme merupakan proses yang harus dilakukan, sebelum mempublikasikan artikel blog (blogging). Pengecekkan plagiarisme dilakukan untuk memastikan apakah artikel yang akan diposting mengandung unsur plagiat atau tidak. Jika, sudah melakukan cek plagiarisme dan sudah tahu cara mengecek plagiarisme, setidaknya dapat membuat perasaan lebih tenang, saat akan memposting artikel di blog.

Cara mengecek plagiarisme sangat mudah dan sekarang sudah banyak pilihan plagiarism checker tool yang tersedia secara daring. Namun, pada kesempatan kali ini, kami rekomendasikan plagiarism checker dari smallseotools.

  • Kunjungi situs https://smallseotools.com/plagiarism-checker/.

Lalu, kita masuk ke halaman situs untuk mengecek plagiarisme.

Masukkan tulisan artikel blog yang akan diperiksa ke kotak cek yang ada tulisan Copy and Paste Your Text Here to Detect Plagiarized Content.

Meskipun, batas kata yang diupload ke kotak cek 1.000 kata. Tetapi, masukkan tulisan per paragraf, mulai dari paragraf pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya sampai dengan paragraf yang terakhir.

  • Upload tulisan artikel pada paragraf pertama ke kotak cek. Jangan lupa, klik tombol biru yang bertuliskan “Check Plagiarism”! Agar proses scanning bekerja. Tunggu beberapa saat dan lihat hasil deteksinya.
  • Jika, tulisan paragraf pertama 100% tidak mengandung plagiarisme atau no plagiat. Ada indikator berwarna hijau dan keterangan unique.

Selanjutnya, upload paragraf kedua ke dalam kotak cek. Klik tombol biru “Check Plagiarism”. Tunggu hasilnya untuk beberapa saat. Jika, paragraf kedua juga tidak ada masalah plagiarisme. Berarti upload paragraf yang ketiga ke dalam kotak, lanjutkan deteksi. Begitu seterusnya, langkah demi langkah pengecekkan plagiarisme sampai dengan paragraf terakhir.

Sementara itu, jika tulisan artikel ternyata mengandung plagiarisme, kita akan mendapatkan notifikasi mengenai jumlah persentase plagiarisme yang terdeteksi dan indikator warna merah.

Cara Menghindari Plagiarisme

 
Setelah mengetahui cara mengecek plagiarisme, selanjutnya kita juga harus tahu bagaimana cara menggindari plagiarism.

Perkara plagiarisme tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, efek dari plagiarisme ini sangat fatal akibatnya bagi siapapun. Baik itu bagi penulisnya sendiri maupun bagi orang lain yang karya tulisnya dijiplak.

Akibat tersandung kasus plagiasi, ada seorang mahasiswa di kampus yang makalahnya tidak dinilai sama sekali oleh dosennya dan harus merombak ulang makalahnya itu dari awal lagi. Bahkan, ada juga seorang penulis novel terkenal, Dan Brown sampai harus berurusan dengan meja hijau, karena dituduh melakukan plagiasi.

Nah, bagaimana caranya agar kita dapat menghindari plagiarisme?

Artikel Terkait  Top Level Domain Adalah? Inilah Contoh Domain TLD Terbaik

Berikut cara-cara agar kita dapat menghindari plagiarisme.

 

Menggunakan Plagiarism Checker Tool

 
Tentunya, salah satu cara agar kita dapat terhindar dari plagiarisme adalah memastikan tulisan artikel blog yang akan diposting dengan mengeceknya terlebih dahulu menggunakan alat pendeteksi plagiarisme online yang sekarang banyak tersedia secara gratis di online. Tetapi, lebih baik menggunakan smallseotools.

Menggunakan Daftar Sumber atau Daftar Pustaka

 
Penulisan artikel blog yang menyampaikan berita/informasi, terutama artikel blog yang bersifat ilmiah harus dilengkapi dengan daftar sumber atau daftar pustaka sebagai acuan utamanya.

Jika, lupa atau tidak mencantumkan sama sekali sumber. Misalnya, karena dikejar deadline. Nantinya, artikel yang kita susun dianggap sebuah karangan bebas semata yang isinya kurang bisa dipertanggungjawabkan. Lebih parah lagi, artikel kita juga bisa terdeteksi mengandung plagiarisme.

Interpretasi

 
Meskipun, banyak mengambil informasi atau fakta dari sumber lain. Tetapi, tulislah artikel blog dengan hasil interpretasi sendiri.

Langkah awalnya, pahami dulu topik. Kemudian, cari sumber yang sesuai dengan topik pembahasan. Setelah ditemukan dan terkumpul semua. Baca seluruh sumber tersebut. Bandingkan antara sumber yang satu dengan sumber yang lainnya. Lakukan interpretasi yang mendalam. Kemudian, tuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan redaksi sendiri.

Artikel Terkait  Membangun Personal Branding yang Kuat | Meraih Sukses di Era Digital

Pelajari Hak Cipta

 

plagiarsm-2

Coba pelajari aturan dan ketentuan mengenai Hak Cipta agar kita tahu koridor hukum. Hal ini karena, plagiarisme bukan fenomena yang hanya terjadi pada bidang akademik. Tetapi, plagiarisme dapat terjadi pada berbagai bidang lain yang lebih luas lagi.

Apalagi, di dalam dunia bisnis dan professional saat ini, masalah plagiarisme dapat diperkarakan secara hukum. Karena, praktek plagiarisme seperti mengambil, meniru, menjiplak karya orang lain tanpa seizin pemegang Hak Cipta, maka akan dijerat oleh hukuman atau denda.

Percaya Diri

 
Salah satu faktor yang membuat seseorang melakukan plagiasi adalah kurang percaya diri terhadap kemampuan sendiri dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan yang diemban. Plagiator merasa lebih baik, jika tugas itu hasil mencontek dari artikel milik orang lain.

Seandainya, kita menyadari bahwa manusia sejak lahir pada dasarnya sama, yaitu makhluk yang sempurna yang telah dibekali potensi diri oleh Tuhan berupa cipta, rasa, dan karsa. Maka, tindakan plagiasi secara disengaja, tidak akan terjadi.

Kesimpulan

 
Sebenarnya, cara mengecek plagiarisme sangatlah mudah. Karena, plagiarism checker tool sudah tersedia secara online dan gratis. Namun, terkadang para penulis blog masih banyak yang mengabaikan. Sampai akhirnya luput atau tidak sama sekali mengecek plagiarisme pada artikel blognya.

Padahal, pengecekkan plagiarisme pada artikel blog sangatlah penting dan juga suatu kegiatan yang harus dilakukan pada saat blogging. Pada intinya, pengecekkan plagiarisme adalah tindakan preventif untuk membantu penulis blog agar terhindar dari jeratan plagiarisme.

Demikianlah, semoga dapat bermanfaat.

Daftar Sumber

  1. https://www.ox.ac.uk/students/academic/guidance/skills/plagiarism#
  2. https://www.check-plagiarism.com/

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami