Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Arti Hosting | Apa yang Dimaksud Hosting?
Arti hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website. Hosting berisi beberapa data seperti file, gambar, email, aplikasi dan database.
21834
post-template-default,single,single-post,postid-21834,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
42-arti-hosting

Arti Hosting | Apa yang Dimaksud Hosting?

Keberadaan hosting diperlukan sebagai tempat untuk menyimpan semua data, file, gambar, database, aplikasi dan yang lainnya di dalam situs website. Yang mana, layanan hosting juga dapat digunakan untuk memastikan sebuah web agar bisa diakses melalui internet. Peran dan arti hosting adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam membangun serta mengembangkan web profesional. Lantas, apa jadinya jika situs web tidak dilengkapi dengan layanan hosting? Tentu, web tersebut tidak mampu menampung segala macam kebutuhannya secara maksimal.

Sebab, dengan adanya hosting, sebuah web dapat diakses dengan performa yang stabil. Beda dengan web yang tidak memakai layanan hosting, web tersebut memiliki kapasitas penyimpanan terbatas, sehingga performanya lebih lambat dibandingkan dengan web yang memiliki hosting. Oleh karena itu, setidaknya Anda harus berlangganan layanan hosting untuk meningkatkan web yang dikelola saat ini. Terdapat dua pilihan web host, yakni hosting berbayar dan hosting gratisan. Penggunaan hosting berbayar tentu lebih unggul, karena hosting gratisan biasanya memiliki keterbatasan sumber daya. Namun, jika masih dalam tahap pembelajaran, maka lebih baik gunakan saja layanan hosting gratisan.

Artikel Terkait  Buat Website Toko Online | Jual Web Toko Online

Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting?

 

Hosting02

Sebelumnya telah sedikit disinggung mengenai pengertian dan arti hosting. Yang mana, hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan semua data, file, gambar, database, aplikasi dan yang dibutuhkan oleh website. Selain itu, hosting juga dapat berperan untuk memastikan agar sebuah web agar bisa diakses melalui internet.

Penjelasan teknisnya seperti ini, pada saat Anda mengakses internet untuk mengunjungi sebuah situs website, tentu yang pertama kali Anda lakukan adalah, dengan mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu pada kolom pencarian Google. Selanjutnya, komputer akan terhubung ke server dan halaman website yang diminta akan dikirimkan serta ditampilkan melalui browser.

Fungsi Utama Web Hosting

 

Hosting01

Fungsi utama hosting itu apa saja? Pertanyaan yang bagus, karena sebelum menggunakan hosting, Anda memang harus memahami fungsinya terlebih dahulu, agar mampu memaksimalkan penggunanya sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa fungsi utama dari web hosting adalah sebagai berikut.

Sebagai Tempat Penyimpanan Data

 
Fungsi utama dari pemakaian hosting, yakni sebagai tempat penyimpanan data, file, aplikasi, database dan yang lainnya di dalam sebuah website. Tujuannya adalah, agar mudah diakses oleh banyak orang dengan menggunakan jaringan internet. Di sisi lain, arti hosting adalah sebagai tempat perpustakaan dan website adalah sebagai buku-buku yang tersimpan di dalamnya, sehingga banyak orang yang bisa melihat dan membaca buku-buku tersebut.

Sebagai Alamat Akses Atau Link Web

 
Hosting juga difungsikan sebagai redaksi dari sebuah DNS. Ketika sebuah situs web sudah teregistrasi dalam sebuah DNS dan pada seseorang hendak mengakses situs tersebut, maka server akan mengakses link hosting yang digunakannya. Namun, apabila sebuah web sudah terdaftar secara resmi dalam DNS, tetapi tidak dimasukkan dalam web hostingnya, maka website tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain.

Dapat Menjaga Website Selalu Online

 
Dengan menggunakan hosting, website Anda akan selalu dalam kondisi online, selama Anda masih berlangganan pada penyedia web host yang digunakan. Dengan demikian, website Anda dapat diakses kapan saja dan dimana saja, tanpa khawatir bila sewaktu-waktu akan mati.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Toko Online Terpercaya

Beda Hosting dan Domain

 

domain-2

Arti hosting, elemen lain yang juga memiliki peran penting dalam sebuah web adalah domain. Lantas apa itu domain? Apa perbedaan hosting dengan domain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah memberikan penjabaran yang lengkap untuk Anda.

Hosting

 
Arti hosting dan keberadaanya dapat diibaratkan sebagai sebuah apartemen yang disewakan dalam ukuran tertentu, dimana setiap bangunan apartemen tersebut memiliki ukuran yang berbeda. Sama halnya dengan hosting, karena setiap layanan menyediakan kapasitas tempat penyimpanan yang berbeda, sehingga Anda bisa menyesuaikan penggunaan sesuai dengan kebutuhan.

Domain

 
Sementara domain merupakan nama dari website atau sebuah alamat yang bisa diakses dengan mudah oleh para user melalui jaringan internet. Nama domain difungsikan untuk menemukan jaringan komputer di internet. Sebab, setiap komputer memiliki jaringan dengan nomor atau alamat yang berbeda, yakni yang sering disebut dengan IP Address.

Contoh IP Address : 74.123.200.101.

Namun, semua pengguna internet tentu akan merasa kesulitan untuk mengingat alamat IP yang terdiri dari kombinasi angka-angka, sehingga dibuatlah adanya nama domain agar pengguna lebih muda untuk mengingatnya.

Pasalnya, nama domain memang terdiri dari kombinasi huruf yang mudah diingat, seperti .co, .id, .com dan lain sebagainya. Nama domain tersebut juga dapat dijadikan sebagai identitas dari sebuah situs web, agar mudah diingat dan lebih mudah diakses oleh penggunanya. Namun, untuk memperoleh nama domain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, Anda harus membeli dan mendaftarkannya terlebih dahulu.

Artikel Terkait  Aplikasi Pembuat Website Terbaik dan Gratis

Tips Memilih Layanan Web Hosting

 
Setelah mengetahui arti hosting secara detail, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih layanan web hosting yang terbaik. Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Kemampuan Uptime

 
Faktor terpenting yang harus dimiliki oleh penyedia layanan web host adalah kemampuan uptime untuk menjalankan website 24 jam nonstop setiap harinya. Oleh karena itu, Anda memerlukan sebuah web hosting dengan performa server dan konektivitas yang maksimal. Untuk itu, sebaiknya pilihlah layanan web host yang memiliki nilai uptime 95.5% ke atas.

Menyediakan Pilihan Upgrade

 
Pastikan bahwa Anda telah berlangganan dengan layanan web host yang dapat melakukan upgrade apabila website Anda melebihi limit. Namun, jika Anda berencana untuk mengelola website dengan kebutuhan resource hosting dengan kapasitas besar, maka sebaiknya gunakan saja VPS.

Fitur Addon Domain

 
Rata-rata harga untuk penggunaan hosting terbilang murah, yakni berkisar seratus ribuan untuk digunakan selama setahun penuh. Apabila Anda berencana untuk mengelola banyak website sekaligus, maka pastikan bahwa paket hosting yang dipilih sudah dilengkapi dengan fitur addon domain minimal untuk digunakan dalam 10 nama domain.

Memberikan Layanan Garansi Uang Kembali

 
Sangat penting untuk memastikan agar hosting yang Anda gunakan dapat memberikan layanan garansi uang kembali. Sebab, dalam pemakaian hosting tersebut, Anda pun belum bisa mengetahui dan belum bisa memprediksi setiap permasalahan yang dihadapi di kemudian hari.

Perhatikan Harga Pertama dan Harga Perpanjangan

 
Untuk melakukan pengecekan terhadap paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia web host tertentu, Anda harus memperhatikan harga pertama dan harga perpanjangan, apakah harganya tetap ataukah lebih mahal dengan harga perpanjangannya?

Memberikan Control Panel Yang Mudah Digunakan

 
Control panel merupakan sebuah tool atau alat yang akan memudahkan Anda dalam mengelola website Anda pada sebuah akun hosting, yakni mulai dari pembuatan email, melakukan proses instalasi website hingga melakukan proses maintenance website.

Untuk itu, pastikan bahwa kontrol panel yang disediakan pada penyedia web host langganan Anda mudah untuk digunakan, karena untuk memaksimalkan proses pengelolaan web yang maksimal diperlukan adanya penggunaan kontrol panel yang menunjang.

Memberikan Layanan Support 24 Jam

 
Support 24 jam merupakan hal yang wajib Anda dapatkan. Sebab, hal tersebut sangatlah diperlukan ketika Anda hendak meminta bantuan kepada pihak penyedia web host terkait. Oleh karena itu, Anda harus memilih layanan penyedia web host yang mampu memberikan layanan support selama 24 jam dengan respon yang cepat.

Arti hosting sangatlah penting bagi sebuah situs website profesional. Untuk itu, sudah sepantasnya Anda memilih yang terbaik, agar proses pengembangan dan pengelolaan website berjalan secara maksimal dan selalu kondusif.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: