Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingArti Hosting : Kupas Tuntas Semua Hal Mengenai Hosting!

Arti Hosting : Kupas Tuntas Semua Hal Mengenai Hosting!

-

Last Updated on July 10, 2023 by

Keberadaan hosting diperlukan sebagai tempat untuk menyimpan semua data, file, gambar, database, aplikasi dan yang lainnya di dalam situs website. Yang mana, layanan hosting juga dapat digunakan untuk memastikan sebuah web agar bisa diakses melalui internet. Peran dan arti hosting adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam membangun serta mengembangkan web profesional. Lantas, apa jadinya jika situs web tidak dilengkapi dengan layanan hosting? Tentu, web tersebut tidak mampu menampung segala macam kebutuhannya secara maksimal.

Sebab, dengan adanya hosting, sebuah web dapat diakses dengan performa yang stabil. Beda dengan web yang tidak memakai layanan hosting, web tersebut memiliki kapasitas penyimpanan terbatas, sehingga performanya lebih lambat dibandingkan dengan web yang memiliki hosting.

Oleh karena itu, setidaknya Anda harus berlangganan layanan hosting untuk meningkatkan web yang dikelola saat ini. Terdapat dua pilihan web host, yakni hosting berbayar dan hosting gratisan. Penggunaan hosting berbayar tentu lebih unggul, karena hosting gratisan biasanya memiliki keterbatasan sumber daya. Namun, jika masih dalam tahap pembelajaran, maka lebih baik gunakan saja layanan hosting gratisan.

Artikel Terkait  Belajar Coding Adalah Investasi untuk Masa Depan | Mengapa?

Arti Hosting Adalah

arti hosting, hosting adalah

Sebelumnya telah disinggung sedikit mengenai pengertian dan arti hosting. Yang mana, pengertian dari hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan semua data, file, gambar, database, aplikasi dan yang dibutuhkan oleh website.

Selain itu, hosting juga dapat berperan untuk memastikan agar sebuah web agar bisa diakses melalui internet.

Penjelasan teknisnya seperti ini, pada saat Anda mengakses internet untuk mengunjungi sebuah situs website, tentu yang pertama kali Anda lakukan adalah, dengan mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu pada kolom pencarian Google.

Selanjutnya, komputer akan terhubung ke server dan halaman website yang diminta akan dikirimkan serta ditampilkan melalui browser.

Fungsi Utama Web Hosting

Fungsi utama hosting itu apa saja? Pertanyaan yang bagus, karena sebelum menggunakan hosting, Anda memang harus memahami fungsinya terlebih dahulu, agar mampu memaksimalkan penggunanya sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa fungsi utama dari web hosting yang perlu Anda ketahui.

Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Fungsi utama yang pertama dan paling penting dari pemakaian hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data, file, aplikasi, database dan yang lainnya di dalam sebuah website. Tujuan dari adanya hosting adalah agar data mudah diakses oleh banyak orang dengan menggunakan jaringan internet. Di sisi lain, arti hosting adalah sebagai tempat perpustakaan dan website adalah sebagai buku-buku yang tersimpan di dalamnya, sehingga banyak orang yang bisa melihat dan membaca buku-buku tersebut.

Sebagai Alamat Akses Atau Link Web

Hosting juga difungsikan sebagai redaksi dari sebuah DNS. Ketika sebuah situs web sudah teregistrasi dalam sebuah DNS dan pada seseorang hendak mengakses situs tersebut, maka server akan mengakses link hosting yang digunakannya. Namun, apabila sebuah web sudah terdaftar secara resmi dalam DNS, tetapi tidak dimasukkan dalam web hostingnya, maka website tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain.

Dapat Menjaga Website Selalu Online

Dengan menggunakan hosting, website Anda akan selalu dalam kondisi online, selama Anda masih berlangganan pada penyedia web host yang digunakan. Dengan demikian, website Anda dapat diakses kapan saja dan dimana saja, tanpa khawatir bila sewaktu-waktu akan mati.

Sebagai Tempat Backup Data

Selain sebagai tempat penyimpanan utama, web hosting juga berfungsi sebagai tempat backup data. Dalam kasus terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, seperti serangan hacker atau kerusakan sistem, data yang telah di backup pada hosting dapat digunakan untuk mengembalikan kondisi website ke keadaan normal.

Sebagai Pendukung Optimalisasi SEO

Hosting berkualitas tinggi biasanya memiliki kecepatan akses yang cepat. Kecepatan ini sangat penting untuk optimasi SEO karena mesin pencari seperti Google memperhitungkan kecepatan loading situs sebagai salah satu faktor dalam menentukan ranking halaman. Dengan demikian, menggunakan web hosting yang berkualitas dapat membantu meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin pencari.

Sebagai Pendukung Operasional Email

Hosting juga berperan penting dalam operasional email. Hosting memungkinkan Anda untuk membuat akun email profesional yang sesuai dengan nama domain Anda. Email ini tidak hanya membuat Anda terlihat lebih profesional, tetapi juga penting untuk komunikasi dan pemasaran bisnis.

Meningkatkan Keamanan Website

Hosting berkualitas akan memberikan berbagai fitur keamanan, seperti enkripsi SSL, proteksi DDoS, dan lainnya. Fitur-fitur ini membantu melindungi website Anda dari serangan cyber dan pencurian data, sehingga Anda dan pengunjung situs Anda bisa merasa aman.

Artikel Terkait  CSS Adalah? Pengertian, Cara Kerja, dan Penggunaannya

Beda Hosting dan Domain

arti hosting, hosting adalah

Arti hosting, elemen lain yang juga memiliki peran penting dalam sebuah web adalah domain. Lantas apa itu domain? Apa perbedaan hosting dengan domain? Untuk menjawab pertanyaan mengenai hal tersebut, kami telah menyiapkan penjabaran yang lengkap untuk Anda.

Hosting

Arti hosting dan keberadaanya dapat digambarkan sebagai sebuah apartemen yang disewakan dalam ukuran tertentu, dimana setiap bangunan apartemen tersebut memiliki ukuran yang berbeda satu sama lain. Sama halnya dengan hosting, karena setiap layanan menyediakan kapasitas tempat penyimpanan yang berbeda, sehingga Anda bisa menyesuaikan penggunaan sesuai dengan kebutuhan.

Domain

Sementara domain merupakan nama dari website atau sebuah alamat yang bisa diakses dengan mudah oleh para user melalui jaringan internet. Nama domain difungsikan untuk menemukan jaringan komputer di internet. Sebab, setiap komputer memiliki jaringan dengan nomor atau alamat yang berbeda, yakni yang sering disebut dengan IP Address.

Contoh IP Address : 74.123.200.101.

Namun, semua pengguna internet tentu akan merasa kesulitan untuk mengingat alamat IP yang terdiri dari kombinasi angka-angka, sehingga dibuatlah adanya nama domain agar pengguna lebih muda untuk mengingatnya.

Pasalnya, nama domain memang terdiri dari kombinasi huruf yang mudah diingat, seperti .co, .id, .com dan lain sebagainya. Nama domain tersebut juga dapat dijadikan sebagai identitas dari sebuah situs web, agar mudah diingat dan lebih mudah diakses oleh penggunanya. Namun, untuk memperoleh nama domain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, Anda harus membeli dan mendaftarkannya terlebih dahulu.

Artikel Terkait  Review Adobe Muse : Sebuah Software untuk Web Design

Tips Memilih Layanan Web Hosting

arti hosting, hosting adalah

Setelah mengetahui arti hosting secara detail, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih layanan web hosting yang terbaik. Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Kemampuan Uptime

Faktor terpenting dalam memilih sebuah hosting yang harus dimiliki oleh penyedia layanan web host adalah kemampuan uptime untuk menjalankan website 24 jam nonstop setiap harinya. Karena hal itu, Anda memerlukan sebuah web hosting dengan performa server dan konektivitas yang maksimal. Untuk itu, sebaiknya pilihlah layanan web host yang memiliki nilai uptime 95.5% ke atas.

Menyediakan Pilihan Upgrade

Pastikan bahwa Anda telah berlangganan dengan layanan web host yang dapat melakukan upgrade apabila website Anda melebihi limit. Namun, jika Anda berencana untuk mengelola website dengan kebutuhan resource hosting dengan kapasitas besar, maka sebaiknya gunakan saja VPS.

Fitur Addon Domain

Rata-rata harga untuk penggunaan hosting terbilang murah, yakni berkisar seratus ribuan untuk digunakan selama setahun penuh. Apabila Anda berencana untuk mengelola banyak website sekaligus, maka pastikan bahwa paket hosting yang dipilih sudah dilengkapi dengan fitur addon domain minimal untuk digunakan dalam 10 nama domain.

Memberikan Layanan Garansi Uang Kembali

Tips penting selanjutnya adalah pastikan agar hosting yang Anda gunakan dapat memberikan layanan garansi uang kembali. Sebab, dalam pemakaian hosting tersebut, Anda pun belum bisa mengetahui dan belum bisa memprediksi setiap permasalahan yang dihadapi di kemudian hari.

Perhatikan Harga Pertama dan Harga Perpanjangan

Untuk melakukan pengecekan terhadap paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia web host tertentu, Anda harus memperhatikan harga pertama dan harga perpanjangan, apakah harganya tetap ataukah lebih mahal dengan harga perpanjangannya?

Memberikan Control Panel Yang Mudah Digunakan

Control panel merupakan sebuah tool atau alat yang akan memudahkan Anda dalam mengelola website Anda pada sebuah akun hosting, yakni mulai dari pembuatan email, melakukan proses instalasi website hingga melakukan proses maintenance website.

Untuk itu, pastikan bahwa kontrol panel yang disediakan pada penyedia web host langganan Anda mudah untuk digunakan, karena untuk memaksimalkan proses pengelolaan web yang maksimal diperlukan adanya penggunaan kontrol panel yang menunjang.

Memberikan Layanan Support 24 Jam

Support 24 jam merupakan sebuah layanan yang wajib Anda dapatkan ketika memilih hosting. Sebab, hal tersebut sangatlah diperlukan ketika Anda hendak meminta bantuan kepada pihak penyedia web host terkait. Oleh karena itu, Anda harus memilih layanan penyedia web host yang mampu memberikan layanan support selama 24 jam dengan respon yang cepat.

Jenis-Jenis Hosting

Setelah mengetahui apa itu hosting dan bagaimana cara memilih layanan hosting yang tepat, selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa jenis hosting yang biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan hosting yang dapat Anda pertimbangkan:

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan hosting di mana banyak website ditempatkan pada satu server. Ini adalah pilihan yang paling ekonomis dan cocok untuk pemula atau situs dengan traffic yang sedang. Namun, kekurangannya adalah website Anda mungkin terpengaruh oleh website lain pada server yang sama jika mereka menggunakan banyak resource.

Virtual Private Server (VPS)

VPS adalah langkah naik dari shared hosting. Dengan VPS, Anda masih berbagi server dengan website lain, tetapi Anda mendapatkan sejumlah resource yang ditentukan yang tidak dapat digunakan oleh website lain. Ini memberikan Anda lebih banyak kontrol dan stabilitas daripada shared hosting.

Dedicated Server

Dedicated server adalah pilihan yang paling mahal, tetapi juga paling kuat. Dengan dedicated server, Anda menyewa seluruh server untuk situs Anda sendiri. Ini memberikan Anda kontrol penuh atas server dan memastikan bahwa website Anda tidak terpengaruh oleh situs lain.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan sejumlah server virtual yang bekerja bersama untuk menyediakan resource. Ini berarti bahwa jika server satu gagal, server lain dalam jaringan akan melanjutkan pekerjaan tersebut, memberikan uptime yang luar biasa dan kemampuan untuk menangani lalu lintas yang sangat tinggi.

Managed Hosting

Managed hosting adalah jenis layanan hosting di mana penyedia layanan bertanggung jawab atas sebagian besar aspek teknis pengelolaan server, termasuk pemeliharaan, pembaruan keamanan, dan backup. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis atau waktu untuk mengelola server mereka sendiri.

Arti hosting sendiri sangat penting bagi sebuah situs website profesional. Untuk itu, pilihlah layanan hosting terbaik, agar proses pengembangan dan pengelolaan website dapat berjalan dengan maksimal dan efektif. Kunjungi terus situs Web App dan dapatkan update informasi terbaru seputar IT.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya