Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Memilih Domain adalah Langkah Awal Membuat Website | Tips Memilih Domain yang Bagus untuk Web
Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP) dalam dunia internet domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Yang berfungsi sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan. Domain adalah unsur terpenting yang sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna website. Berikut kami sajikan tips memilih domain yang bagus untuk web.
23129
post-template-default,single,single-post,postid-23129,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
domain-adalah

Memilih Domain adalah Langkah Awal Membuat Website | Tips Memilih Domain yang Bagus untuk Web

Sebagai web developer, ternyata pembuatan website menggunakan XAMPP, PHP, design CSS dan beberapa bagian lain yang harus dikerjakan untuk merancang suatu website bukan lah akhir dari sebuah pembuatan website yang siap untuk langsung digunakan. Dalam internet tentu bukan hanya satu atau dua website saja yang tersedia, melainkan jutaan website dapat Anda temukan disana.

Lalu bagaimana cara Anda bisa membedakan website Anda, satu dengan yang lain saat melakukan pencarian diinternet? Sebagai perumpamaannya, Anda berjanji untuk bertemu dengan teman Anda disebuah pasar malam. Saat telah sampai dipasar malam, Anda melihat teman Anda berada didalam kerumunan orang yang sedang berjalan di pasar malam tersebut.

Lalu bagaimana caranya teman Anda tahu bahwa Anda sudah sampai agar bisa menemukan Anda? Tentu saja Anda perlu memanggilnya, agar ia bisa mendatangi Anda bukan. Sama hal seperti website, ada jutaan website tersedia di internet tetapi bagaimana sebuah situs website itu bisa muncul jika Anda tidak memanggilnya pada halaman penjelajah web?

Oleh sebab itu Anda juga harus menyiapkan nama domain untuk website Anda, sebelum website tersebut diluncurkan ke publik. Lalu, apa itu domain? Mungkin Anda sering mendengar istilah domain pada saat pembuatan website ataupun hal yang berhubungan dengan internet, tetapi masih tidak paham apa arti sebenarnya dari domain tersebut.

Pengertian Domain

 

pengertian-domain
 

Domain adalah sebuah alamat yang akan mengarahkan Anda pada website yang ingin dituju. Fungsi domain sebenarnya sama dengan IP (internet protocol), yaitu mengarahkan Anda pada situs website yang Anda tuju.

Adanya domain tentu akan memudahkan Anda untuk mengunjungi sebuah website, karena tidak perlu lagi memasukan IP (internet protocol) website tersebut pada address bar. Hal tersebut dikarenakan, IP sebuah website akan berupa sekumpulan angka.

Contohnya adalah sebagai berikut, IP dari sebuah website adalah 192.90.78.96. Tentu akan sangat sulit bagi Anda jika Anda ingin berkunjung untuk mendapatkan sebuah informasi melalui website, maka Anda harus selalu mengingat IP website tersebut yang merupakan kumpulan dari beberapa angka.

Pastinya akan sangat menyita banyak waktu untuk mengingat atau sekedar mengambil catatan nomor IP dari website favorit Anda. Dengan alasan tersebut, maka hadirlah domain untuk mempercepat Anda dalam mengakses data yang Anda inginkan.

Hal tersebut dikarenakan mengingat sebuah nama akan lebih mudah daripada mengingat sekumpulan angka. Penggunaan domain juga akan memudahkan Anda dalam melakukan pengiklanan jika Anda ingin mempromosikan website Anda, dibandingkan dengan mengiklankan website menggunakan alamat IP yang sulit diingat oleh banyak orang.

Dengan adanya nama domain, Anda akan langsung diarahkan ke situs yang tepat sesuai dengan nama domain yang Anda tulis pada address bar. Jadi, contoh domain adalah seperti www.hiyou.com.

Artikel Terkait  Cara Mudah dan Cepat Membuat Akun Youtube

Hiyou disini merupakan nama sebuah website dan .com merupakan ekstensi nama domainnya. Setiap adanya registrasi nama domain dari sebuah website, akan dikelola oleh organisasi yang disebut ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

ICANN akan menentukan domain apa yang bisa digunakan, Anda tidak bisa memilih untuk menggunakan domain yang sudah ada. Misalkan Anda suka memberikan sebuah ulasan buku beserta dengan foto buku tersebut. Lalu saat akan melakukan registrasi nama domain, Anda mengetikkan facebook yang akan menjadi nama website Anda.

Anda tentunya tidak bisa memilih facebook sebagai nama website Anda, karena ICANN sudah mencatat bahwa nama facebook adalah sebuah website dan aplikasi dari salah satu social media yang sudah terkenal diseluruh dunia, maka dari itu Anda harus memikirkan nama lainnya yang belum terpakai. Karena setiap nama domain perlu diregistrasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Nama Domain pada Umumnya

 

Seperti normalnya nama domain pada umumnya yang sering Anda lihat diinternet, domain itu terdiri dari tiga bagian, yaitu third level domain, second level domain dan top level domain.

Third Level Domain

 

Seperti pada contoh gambar diatas, third level domain biasa terletak diawal nama domain sebelum nama dari sebuah website, yaitu www. Third level domain bisa disebut juga sebagai sub domain.

Sub domain adalah bagian dari domain utama yang bagian depan domain sudah dimodifikasi dengan tujuan tertentu, misalnya untuk pembuatan website dengan kategori tertentu, tampilan tertentu, bahasa tertentu dan masih banyak lagi.

Sub domain adalah seperti jp.hiyou.com. jp disini dimaksudkan untuk tampilan website pada nama domain tersebut semuanya berbahasa Jepang, jadi tidak mengganggu tampilan website utama.

Second Level Domain

 

Second level domain merupakan nama dari sebuah website, bisa berupa nama instansi, organisasi ataupun nama yang Anda pilih sendiri. Dari contoh nama domain sebelumnya, berarti yang disebut second level domain adalah hiyou.

Top Level Domain

 

Pada contoh sebelumnya, yaitu www.hiyou.com jadi .com merupakan top level domain pada nama domain ini. Akhiran .com sangat familiar digunakan sebagian besar situs website sebagai top level domain. Top level domain dibagi menjadi 2 bagian yaitu, global top level domain dan country code top level domain.

Global Top Level Domain

 

  • .com : digunakan untuk keperluan komersial.
  • .biz : digunakan untuk keperluan bisnis.
  • .org : digunakan untuk keperluan organisasi.
  • .edu : digunakan untuk keperluan edukasi ataupun pendidikan.

 

Country Code Top Level Domain

 

menunjukan identitas suatu negara ataupun dimana asal website itu dibuat. Misalnya saja suatu website asal Singapura maka, top level domainnya bisa menggunakan .sg, Indonesia bisa menggunakan .id, .my untuk Malaysia, cn. untuk China dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Cara membaca sebuah nama domain yaitu dari depan kebelakang, mulai dari top level domain, second level domain dan third level domain. Selain ke tiga istilah tadi, Anda juga perlu mengetahui beberapa istilah lainnya mengenai domain, seperti custom domain.

Custom Domain

 

custom-domain
 

Custom domain adalah domain yang kita buat tidak menggunakan template awal dari situs yang sudah tersedia, sebagai contoh Anda mempunyai blog yang Anda create dari blogspot. Nama domain untuk situs web Anda akan menjadi www.hiyou.wordpress.com.

Salah satu alasan mengapa harus menggunakan custom domain adalah search engine akan lebih cenderung menampilkan global top level domain seperti .com, .biz, .org dan lainnya daripada menampilkan domain gratis seperti .blogspot.com, .wordpress.com.

Oleh karena itu Anda harus mengubahnya menjadi custom domain, seperti www.hiyou.com. Jika misalnya Anda berganti domain dari yang gratis menjadi custom domain, usahakan agar namanya mirip dengan blog yang sudah Anda punya sebelumnya agar pembaca bisa tahu jika Anda berganti domain dan tetap bisa menemukan situs Anda.

Selain itu menggunakan akhiran global top level domain pastinya akan terlihat lebih profesional daripada menggunakan domain yang gratis. Pembaca akan cenderung mencari situs yang profesional untuk mendapatkan informasi, ada banyak visitor pada situs Anda akan meningkatkan potensi memasang adsense disitus Anda.

Artikel Terkait  Cara membuat artikel yang menarik untuk blog (dijamin menarik)!

Custom domain adalah juga memungkinkan kita memiliki alamat email seperti domain Anda. Seperti misalnya inquiry.hiyou.com yang akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan memberikan email dari gmail atau yahoo yang terlihat lebih personal.

Selain itu tentunya kita juga bisa menggunakan fitur sub domain adalah untuk mendiversifikasikan tampilan dari web Anda. Menggunakan custom domain juga berarti Anda bebas mengatur situs website Anda, tidak seperti free domain.

Adanya penggunaan orang ketiga (wordpress atau blogspot) dalam nama domain Anda, tentunya ada term dan condition yang harus diikuti sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pihak ketiga.

Nah, setelah mengetahui apa itu domain dan beberapa istilah yang wajib diketahui mengenai domain sebelum Anda membuat nama domain Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips memilih domain yang bagus untuk website Anda, seperti :

Tips Memilih Domain yang Bagus untuk Website

 

website
 

Nama yang Menarik

 

Buatlah nama domain website semenarik mungkin. Nama domain yang menarik akan memudahkan Anda dalam mengiklankan website kepada pembaca. Nama yang unik akan membuat calon pembaca tertarik untuk mengunjungi situs Anda.

Usahakan untuk menghindari nama domain yang terlalu panjang, karena akan menyulitkan pembaca dalam mengingat situs website Anda. Serta nama yang dipilih harus mudah dibaca dan dihafalkan.

Seperti contoh yang sudah digambarkan sebelumnya yaitu www.hiyou.com, nama domain website ini bisa dibaca menjadi 2 cara. Hiyou dalam bahasa Inggris yang akan berbunyi “hi” dan “you” dan satu lagi dibaca dengan bahasa Indonesia yang akan terdengar seperti nama hewan laut, hiu.

Sesuai dengan Isi Website

 

Usahakan juga nama domain sesuai dengan isi website, jadi para pembaca akan memiliki sedikit gambaran akan seperti apa isi dari website Anda berdasarkan nama domain yang Anda punya sebelum mereka mengunjungi situs Anda.

Sebagai contoh, www.hiyou.com karena pelafalan hiyou hampir mirip dengan ikan hiu maka pada situs ini Anda bisa menjual berbagai jenis ikan hias. Hal itu karena hiu identik dengan nama ikan, Anda juga bisa menjual hal yang berhubungan dengan kebutuhan ikan.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Responsive Desain Profesional

Sebagai contoh lain, yaitu tokopedia. Karena ada kata “toko” kita jadi sudah membayangkan bahwa situs tersebut akan menjual barang ataupun mydramalist yang menyediakan rating dan sinopsis singkat dari beberapa drama asia. Jika Anda tidak ingin menggunakan nama yang menggambarkan isi website, tentu Anda tetap bisa menggunakan nama domain sesuai dengan keinginan Anda yang unik dan tetap menarik.

Sebagai contoh brainly, yaitu situs web belajar. Semua orang dapat bertanya terkait dengan pembelajaran disekolah dan menunggu jawaban dari partisipan website tersebut ataupun kaskus yang merupakan forum komunikasi online.

Target Pengguna Berdasarkan Area

 

Kita bisa memilih untuk menggunakan country code top level domain sebagai top level domain pada nama situs Anda. Hal ini akan menunjukan, pasar mana yang Anda tuju.

Misalnya, www.hiyou.id yang mengkhususkan diri menjual ikan asli Indonesia. Jika nanti ada calon pelanggan dari luar negeri yang ingin mencari ikan khas Indonesia, maka saat melihat nama domain yang berakhiran .id pelanggan tersebut tahu bahwa Anda pemilik situs website dari Indonesia.

Harga domain

 

Penyedia domain Indonesia sudah cukup banyak, banyak juga yang sudah menyediakan paket bundle (gabungan dari beberapa produk) yang harganya jelas lebih murah.

Jadi Anda bisa menyesuaikan harga nama domain yang Anda inginkan sesuai dengan budget yang Anda punya. Jangan lupa untuk membandingkan harga nama domain dari satu website dengan website lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Nah, setelah Anda memahami domain adalah beserta tips bagaimana memilih domain yang bagus untuk website Anda. Jadi Anda sekarang sudah bisa menentukan strategi apa yang akan Anda terapkan untuk menarik minat pembaca melalui sebuah nama domain. Jangan lupa untuk menghadirkan konten menarik pada website Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari keberadaan website Anda.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami