Virtual Private Server Adalah? memahami tentang VPS
Virtual private server adalah tipe server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi server virtual.
20493
post-template-default,single,single-post,postid-20493,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Virtual Private Server Adalah? memahami tentang VPS

Bagi orang yang bergelut di bidang IT, khususnya pemrograman website pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah server alias hosting. Begitu juga dengan istilah hosting VPS atau virtual private server.

Virtual private server adalah hosting yang biasanya mencakup shared hosting dan juga dedicated hosting.

Banyak dari kita mungkin sudah pernah mendengar tentang vps ini, apalagi teman-teman yang berkecimpung di dunia IT. Namun sudahkah kita memahami tentang server ini? Bagaimana cara kerjanya? Hingga apakah hosting ini layak kita gunakan untuk menghosting web yang kita buat?

Untuk itu, pada tulisan saya kali ini kita akan membahas tentang Virtual private server, dengan tujuan untuk memberikan sedikit pengenalan bagi teman-teman yang sedang berusaha mencari server yang tepat untuk websitenya.

Virtual Private Server adalah?


vps 1

Artikel Terkait  Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Hosting VPS atau yang sering disebut dengan Virtual Private Server adalah server tervirtualisasi. Lingkungan hosting VPS meniru server khusus dalam lingkungan hosting bersama. Secara teknis hosting ini termasuk hosting bersama dan hosting khusus (dedicated).

Virtual private server adalah salah satu dari beberapa jenis akun hosting web yang dapat Anda pilih untuk meng-host situs web Anda secara online. Untuk memiliki situs web di internet, Anda harus memiliki file situs web di server web.

Menyiapkan dan mengelola server tidak hanya mahal tetapi juga sulit. Membeli hosting web memungkinkan seseorang untuk menyewa ruang di server web, sehingga memudahkannya untuk meng-host situs web secara online karena semua yang perlu mereka lakukan adalah mengunggah file situs mereka (dalam artian tidak diperlukan pengaturan server di pihak pemilik atau pembuat web tersebut).

Jadi kesimpulannya, VPS atau virtual private server adalah cara yang hemat biaya untuk bisnis kecil untuk mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dan efisiensi daripada yang ditawarkan oleh shared hosting tanpa biaya yang terkait dengan menjalankan server khusus. Sebagian besar bisnis kecil juga tidak membutuhkan semua kekuatan server khusus, sehingga VPS menyediakan opsi di antara keduanya ketika Anda memerlukan kapasitas hosting yang melebihi hosting bersama Anda. Anda bisa mendapatkan kekuatan dan fleksibilitas server Anda sendiri tanpa biaya dan kerumitan mengelola perangkat keras outsourcing.

Mengapa VPS Hosting berbeda dengan shared dan dedicated server?

Jika memilih server khusus (dedicated server), itu berarti Anda harus menyewa seluruh server. Hal ini sangat optimal untuk orang-orang yang memiliki lalu lintas sangat tinggi ke situs web mereka atau perlu menyiapkan server mereka dengan cara yang sangat spesifik. Tidak semua orang perlu memiliki server web khusus. Jika Anda baru memulai dengan situs web Anda, Anda dapat menghemat sedikit uang jika Anda menyewa sebagian kecil dari server tersebut. Sedangkan shared hosting bersama adalah ketika Anda bisa berbagi server dengan pengguna lain alih-alih menyewa seluruh server untuk diri sendiri.

Jika Anda mempertimbangkan server khusus dan tidak yakin apakah itu tepat untuk Anda, mungkin Anda perlu mendapatkan hosting VPS. Sekali lagi, virtual private server adalah hosting pribadi yang bersifat virtual. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pengaturan secara bebas untuk data situs web yang Anda hosting di sana.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja VPS?

Teknologi di balik Virtual Private Server adalah mirip dengan VMware atau Virtual Box. Program-program ini memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi tervirtualisasi pada satu mesin. Misalnya, desktop Anda mungkin menjalankan Windows 7, tetapi Anda juga dapat menjalankan sistem operasi lain seperti Windows XP atau Linux tanpa perlu me-restart komputer Anda.

Lingkungan hosting VPS di sini berfungsi dengan cara yang sama. Meskipun memiliki satu server fisik, namun server ini dapat menjalankan beberapa sistem operasi virtual yang berbeda pada satu server itu. Setiap sistem operasi tervirtualisasi bertindak seolah-olah itu adalah server khusus. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua manfaat dari server khusus dengan biaya yang tentu saja lebih terjangkau.

Artikel Terkait  Apa Itu Composer? Bagaimana Menggunakannya untuk Manajemen Proyek PHP?

VPS pada dasarnya adalah server yang berjalan di dalam server. Satu server fisik menampung beberapa server virtual, masing-masing terisolasi dari yang lainnya. Ini dilakukan dengan perangkat lunak, yang disebut hypervisor, yang mensegmentasi server fisik dan memisahkan setiap segmen dari yang lain.

Setiap VPS menjalankan sistem operasinya sendiri, terpisah dari yang lain, menciptakan ilusi bahwa sebenarnya itu adalah server independennya sendiri. Setiap VPS juga dapat di-boot ulang secara independen.

Keuntungan menggunakan virtual private server adalah?

vps 3

Virtual private server adalah layanan hosting yang akan memberi kita biaya penyimpanan layaknya shared hosting namun dengan pengaturan layaknya dedicated hosting. Setiap solusi hosting memiliki kelebihannya sendiri dan cocok untuk berbagai tahapan bisnis. Tapi untuk apa VPS digunakan? VPS baik untuk bisnis yang merasa terkekang oleh paket hosting bersama mereka tetapi tidak siap untuk – atau tidak mampu – server khusus. Ini idealnya digunakan untuk organisasi yang mencari:

  • Lebih banyak fleksibilitas daripada hosting bersama: Dengan VPS, Anda dapat menyesuaikan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak dan menjalankan aplikasi Anda sendiri.
  • Biaya lebih rendah daripada server khusus: Perusahaan hosting dapat menyebarkan biaya menjalankan dan memelihara server di semua bisnis yang beroperasi pada mesin yang diberikan. Tergantung pada host Anda, biaya bulanan dapat serendah $ 20.
  • Keamanan yang lebih baik daripada hosting bersama: Karena Anda tidak berbagi ruang dengan orang lain, kesalahan mereka, skrip yang salah, atau penggunaan sumber daya tidak akan mempengaruhi up-time atau aksesibilitas situs Web Anda.
  • Akses FTP dan POP independen: Sekali lagi, penggunaan FTP dan email POP pengguna lain tidak memengaruhi akses dan kecepatan Anda.
  • Akses root: Karena VPS berfungsi sebagai server independen, Anda mendapatkan akses root, yang Anda perlukan untuk mengonfigurasi dan menginstal sistem operasi Anda sendiri dan aplikasi lain. Hosting bersama hanya memberi Anda akses ke direktori di server bersama, yang tidak memungkinkan untuk penyesuaian perangkat lunak.
  • Persyaratan pengetahuan teknis yang lebih rendah daripada server khusus: Dalam kebanyakan kasus, Anda mengakses VPS Anda melalui panel kontrol antarmuka pengguna grafis, dari mana Anda menginstal dan mengkonfigurasi aplikasi Anda. Server khusus biasanya memerlukan konfigurasi manual.

Mengapa Anda perlu menggunakan VPS?

Ini mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan menggunakan VPS untuk menghosting situs web Anda. Secara umum, beberapa alasan mengapa Anda Anda harus memilih virtual private server adalah:

  • Bisnis Anda tumbuh dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas: Jika kebutuhan sumber daya situs Web Anda mendekati rencana tingkat premium penyedia hosting bersama Anda, Anda seringkali dapat memperoleh lebih banyak sumber daya dan fleksibilitas dengan VPS dengan biaya yang sama.
  • Anda ingin menjalankan aplikasi yang tidak ditawarkan oleh paket hosting bersama Anda.
  • Anda mencari peningkatan keamanan: Dengan beberapa situs di-host di server yang sama, situs Anda dapat menjadi rentan jika orang lain dilanggar atau diserang. Dengan VPS, Anda akan memiliki bagian real estat yang lebih terlindungi di server yang membuat data Anda lebih aman.
  • Anda memerlukan lebih banyak keandalan dan waktu aktif: Tergantung pada seberapa banyak setiap pengguna memanfaatkan pada waktu tertentu, bandwidth pada server bersama terus berubah. Jika infrastruktur Anda turun, bisnis Anda tidak dapat berjalan. VPS dapat menawarkan Anda lebih banyak waktu kerja berdasarkan porsi sumber daya Anda sendiri.
  • Anda ingin lebih mengontrol server Anda secara keseluruhan: Dengan VPS, Anda akan memiliki akses root untuk mengontrol konfigurasi Anda dan menginstal perangkat lunak apa pun yang Anda butuhkan.

Bagaimana memilih VPS hosting yang sesuai?

Berikut adalah beberapa pertanyaan dasar untuk diajukan dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan hosting VPS untuk situs web Anda.

Artikel Terkait  Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet
  • Lingkungan: Lingkungan mana yang akan Anda jalankan? Windows dan Linux adalah dua opsi, yang keduanya sangat berbeda, tetapi Anda harus mulai dengan memilih satu.
  • Dikelola vs. Tidak dikelola: Apakah Anda memiliki orang atau tim TI untuk membantu mengelola server VPS Anda? Jika tidak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan solusi hosting yang dikelola di mana manajemen server termasuk dalam layanan.
  • Redundansi dan Skalabilitas: Bagaimana server Anda mencadangkan data? Anda perlu solusi hosting dengan paket failover untuk memastikan data Anda dicadangkan dengan aman di luar satu server. Juga, jika bandwidth bisnis Anda perlu diubah atau Anda perlu ditingkatkan, dapatkah solusi hosting Anda tumbuh untuk memenuhi kebutuhan Anda saat mereka berubah?
  • Berbasis cloud atau Konvensional: Apakah Anda ingin data Anda dihosting di cloud atau di server konvensional? Server konvensional cenderung memiliki lebih banyak keterbatasan, sedangkan cloud cenderung lebih fleksibel dan terukur.
  • Dukungan pelanggan: Bahkan rencana terbaik pun menjadi kacau, itulah sebabnya Anda akan membutuhkan dukungan saat siap. Pastikan Anda memilih penyedia hosting yang akan menawarkan dukungan 24/7 kepada Anda. Tanpa dukungan pelanggan, Anda berisiko kehilangan waktu kerja yang berharga.
  • Harga: Sebagian besar penyedia hosting menawarkan alokasi penyimpanan dan RAM bersama dengan kecepatan transfer data yang ditentukan, alamat IP, dan banyak lagi. Biasanya, mereka mengenakan biaya bulanan untuk seluruh paket, jadi bandingkan pilihan Anda dan lihat siapa yang menyediakan apa yang Anda butuhkan dengan harga terbaik.

Karena semakin banyak bisnis dilakukan secara online, ketidakmampuan untuk mengukur secara digital juga dapat memperlambat pertumbuhan bisnis Anda. Virtual private server adalah solusi sempurna untuk bisnis Anda yang sedang berkembang.

Sekian ulasan kita hari ini dan semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: