Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Apa Itu VPN Private? Kegunaan dan Fungsinya
Apa itu VPN private? VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah koneksi yang dibuat untuk membuat koneksi private (pribadi) melalui jaringan publik. Berikut beberapa kegunaan dan fungsinya.
21875
post-template-default,single,single-post,postid-21875,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,hide_inital_sticky,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
vpn-private-thumbnail

Apa Itu VPN Private? Kegunaan dan Fungsinya

Apa itu VPN private? Banyak dari kita masih bertanya-tanya tentang kata yang terdiri dari tiga huruf tersebut dan masih banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu VPN private. Pernahkah Anda mengakses suatu situs luar negeri namun tidak bisa membukanya karena konten dari situs tersebut tidak tersedia di negara kita? Pastinya banyak dari Anda yang mengalami masalah tersebut. Semua orang yang mengalaminya sebagian mungkin menyerah dan tidak mencaritahu lebih jauh bagaimana agar bisa mengunjungi situs tersebut. Sedangkan sebagian nya lagi mungkin segera browsing di internet dengan memasukkan kata kunci seperti “bagaimana membuka situs web luar negeri”.

Sebagai hasil dari pencarian tersebut, Anda mungkin saja akan mendapatkan jawaban yang menjelaskan tentang penggunaan VPN, apa itu vpn private dan bagaimana kita bisa menggunakannya. Tulisan saya kali ini pun akan berusaha menjawab pertanyaan Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang apa itu VPN. Oleh karena itu tetaplah setia membaca tulisan saya ini sampai selesai. Mari kita mulai dengan pengertian apa itu VPN private.

Artikel Terkait  Cloud Server Adalah? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu VPN Private?

 

vpn-private-1

Virtual Private Network (VPN) adalah sistem yang memungkinkan Anda terhubung dengan aman ke dalam jaringan internet, menyembunyikan alamat IP Anda, dan melindungi data Anda dengan mengirimkannya melalui terowongan atau jalur yang telah terenkripsi.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

 

vpn-private-2

Setelah mengetahui apa itu VPN private ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara kerja VPN. Langkah pertama adalah membuat permintaan DNS (Layanan Penamaan Domain). Begitulah cara Anda mendapatkan alamat IP dari server VPN Anda. Kemudian, Anda membuat kunci rahasia dengan VPN yang membantu Anda membuat saluran aman dan mengenkripsi data Anda. Protokol VPN yang digunakan penyedia membantu Anda mewujudkan semua itu!

Pertama, Anda mengatakan bahwa Anda ingin terhubung ke Internet (itulah bagian permintaan DNS). Kemudian, Anda memastikan bahwa koneksi Anda akan aman dan pribadi (kunci rahasia & bantuan enkripsi dengan itu). Dengan itu saja – Anda memiliki “terowongan” yang sekarang dapat Anda gunakan untuk online tanpa ada mata yang mengintip mengikuti Anda.

Protokol yang ada dalam VPN

  • OpenVPN adalah protokol VPN open-source yang cepat, aman, dan berfungsi paling baik untuk koneksi jarak jauh.
  • IKEv2 (Internet Key Exchange versi 2) adalah protokol VPN lain yang cepat dan aman, tetapi berfungsi lebih baik untuk koneksi jarak pendek.
  • PP2P dan LT2P (kadang-kadang, LT2P / IPSec) adalah protokol tunneling yang sudah ketinggalan zaman, dan kami sangat menyarankan untuk tidak menggunakannya karena tidak dapat menawarkan keamanan maupun keandalan OpenVPN atau IKEv2.
  • IPSec adalah protokol keamanan yang memungkinkan enkripsi, itulah sebabnya ia digunakan dalam kombinasi dengan protokol tunneling usang seperti LT2P.
  • Transport Layer Security (SSL / TLS) digunakan sangat umum. Misalnya, di browser Anda! Itu dapat mengamankan koneksi Anda sampai tingkat tertentu.
  • Secure Shell (SSH) VPN adalah protokol tunneling yang digunakan untuk terhubung dari satu server VPN ke yang lain. Namun, ada alternatif yang lebih baik (lebih aman dan dapat diandalkan).
  • Wireguard adalah protokol komunikasi baru.

Pertama-tama, Anda melakukan apa yang disebut jabat tangan dengan pertukaran kunci asimetris. Anda menggunakan RSA (cryptosystem kunci publik) untuknya dan membuat saluran terenkripsi yang aman dengan empat kunci yaitu, kunci publik dan kunci pribadi untuk Anda, dan yang sama untuk server VPN. Hal Ini juga memastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan server yang tepat.

Kemudian, Anda memiliki sesuatu yang disebut pertukaran kunci simetris, yang Anda gunakan untuk mencapai kerahasiaan maju yang sempurna. Dalam bahasa Inggris, itu berarti jika saluran terenkripsi Anda dari langkah sebelumnya terganggu, data Anda tetap aman. Jika seseorang ingin melihatnya, mereka harus mendekripsi setiap sesi secara terpisah. Anda sekarang membuat kunci lain yang akan Anda gunakan untuk algoritma enkripsi.

Algoritma enkripsi menggunakan kunci simetris berasal sebelumnya. Salah satu algoritma tersebut adalah AES-256-GCM. Anda sekarang mengenkripsi semua data Anda dengan itu.  Ada juga algoritma integritas. Sederhananya, Anda menggunakan fungsi hash untuk mengacak sebagian informasi yang Anda kirim. Pihak penerima sekarang dapat memeriksa fungsi ini dan kunci pribadi Anda. Jika kami memiliki kecocokan, itu berarti informasi tersebut belum dirusak.

Artikel Terkait  Owncloud adalah? Keuntungan menggunakannya

Apa yang dapat Anda Lakukan dengan VPN?

 

vpn-private-3

Setelah mengetahui banyak tentang apa itu VPN private, penting juga untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan dengan VPN?

 Menyembunyikan Alamat IP Anda

 
Menyamarkan IP Anda memastikan bahwa kota Anda, negara, dan riwayat unduhan torrent tidak tertaut ke identitas Anda. Ini penting untuk menjadi pribadi online.

Tetap Aman Di Wi-Fi Publik

 
VPN membantu mengamankan informasi pribadi Anda saat Anda menggunakan Wi-Fi gratis di bandara atau di mana pun.

Akses Situs Web Yang Diblokir

 
Anda dapat membuka blokir situs dengan menghubungkan ke server VPN di negara lain. Banyak situs dibatasi karena sensor internet tumbuh atau pemblokiran geografis.

Sembunyikan Lokasi Anda

 
Dengan VPN, Anda dapat memilih dari daftar negara yang berbeda dan memilih negara yang Anda inginkan. Menyembunyikan lokasi Anda bagus untuk privasi lebih.

Buka Blokir Layanan Streaming

 
Sambungkan ke server VPN di negara lain untuk menikmati konten dari layanan streaming seperti Netflix, BBC iPlayer, Hulu, dan banyak lainnya.

Torrent Dengan Bebas & Aman

 
Untuk mencegah surat ancaman dari ISP Anda ketika Anda torrent, cukup sambungkan ke VPN dan nikmati berbagi P2P secara pribadi.

Artikel Terkait  Apache Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Bagaimana Cara Mengatur VPN?

 

Unduh Aplikasi VPN

 
Cara termudah untuk mengatur VPN adalah dengan mengunduh aplikasi VPN. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih penyedia layanan VPN terkemuka dan mengunduh aplikasi mereka untuk perangkat Anda. Jika Anda dapat menginstal aplikasi, Anda dapat menginstal VPN.

Siapkan VPN Secara Manual

 
Tentu saja setelah mengetahui apa itu VPN private, Anda dapat mengatur VPN secara manual juga.  Cara melakukannya adalah dengan mengatur VPN di router atau mengkonfigurasi server VPN rumah pribadi. Tidak semua router dapat mendukung protokol VPN yang aman. Namun, jika Anda pengguna pertama kali kami sarankan untuk menggunakan aplikasi VPN.

Apakah Ada Alternatif Vpn?

 

Tor (Router Bawang)

 
Tor menawarkan Tor Network, yang memiliki banyak node server di seluruh dunia. Tor didasarkan pada kepercayaan terdistribusi: Anda tidak tahu siapa di belakang node server. Mungkin pesta yang tidak bisa Anda percayai. Seluruh ide di baliknya adalah untuk mempersulit proses pelacakan Anda, alih-alih membuatnya sangat tidak mungkin.

Proxy

 
Proxy HTTP agak mirip dengan VPN, tetapi perbedaan utamanya adalah Anda hanya dapat mengirim lalu lintas HTTP melaluinya – dan bukan permintaan DNS, FTP, atau SMTP. Misalnya, beberapa situs streaming yang diblokir (atau lainnya) mungkin tetap diblokir, dan komunikasi email Anda tidak akan mendapatkan perlindungan tambahan, antara lain.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami