Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Bikin Blog Pribadi – Panduan Lengkap Membuat Blog
Cara bikin blog pribadi bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut. Anda bisa membuat blog pribadi menggunakan platform Blogspot atau Wordpress.
20442
post-template-default,single,single-post,postid-20442,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
blogger-(2)

Cara Bikin Blog Pribadi – Panduan Lengkap Membuat Blog

Hi. Apa kabar pemirsa Appkey? Hari ini di Bali seperti biasa masih sangat panas. Sudah pertengahan bulan Nopember, tapi sama sekali belum ada tanda-tanda akan turun hujan. Pendingin ruangan di kantor kami yang kecil hampir tidak bisa menolong untuk menyejukkan udara.

Yah. Walaupun demikian kami masih semangat untuk datang ke kantor demi impian dan cita-cita yang kami miliki. Dan yang pasti karena banyak pelanggan yang harus kami layani.

Well, itu hanyalah sedikit curhat saya tentang cuaca hari ini dan tidak perlu kalian perhatikan. Dan semoga saja tidak ada yang marah membaca curhatan saya yang tidak nyambung ini.

Baik, kita langsung saja. Hari ini kita akan membahas tentang cara bikin blog. Yap, Blog! Kata ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi apakah semuanya sudah pada tau apa itu blog? Bagaimana cara membuat blog di google yang sukses? Tapi sebelum itu lebih baik kita pahami pengertian blog dulu.

Apa itu blog? Bagaimana Cara Bikin Blog?

 
blog

Artikel Terkait  Layanan Optimasi Website Profesional

Singkatnya, blog adalah jenis situs web yang berfokus terutama pada konten tertulis, juga dikenal sebagai posting blog. Dalam budaya populer, kita paling sering mendengar tentang blog berita atau situs blog selebriti, tetapi seperti yang akan Anda lihat dalam panduan ini, Anda dapat memulai blog yang sukses di hampir semua topik yang bisa dibayangkan.

Blogger sering menulis dari sudut pandang pribadi yang memungkinkan mereka untuk terhubung langsung dengan pembaca mereka. Selain itu, sebagian besar blog juga memiliki bagian “komentar” di mana pembaca dapat berkorespondensi dengan blogger. Berinteraksi dengan pembaca Anda di bagian komentar membantu memajukan hubungan antara blogger dan pembaca.

Koneksi langsung ke pembaca ini adalah salah satu manfaat utama memulai sebuah blog. Koneksi ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dan berbagi ide dengan orang lain yang berpikiran sama. Ini juga memungkinkan Anda membangun kepercayaan dengan pembaca Anda. Memiliki kepercayaan dan loyalitas pembaca Anda juga membuka pintu untuk menghasilkan uang dari blog Anda, yang merupakan sesuatu yang akan saya bahas nanti dalam panduan ini.

Haruskah Anda Memulai Sebuah Blog?

 
Salah satu kesalahpahaman tentang memulai blogging adalah bahwa Anda harus menjadi penulis hebat untuk menjadi sukses. Tapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Orang membaca situs blog untuk mendapatkan perspektif pribadi tentang berbagai hal, sehingga sebagian besar blogger menulis dengan gaya yang sangat informal dan mengandung percakapan.

Selain itu, Anda sebenarnya tidak perlu menjadi ahli dalam topik Anda untuk memiliki blog yang sukses. Misalnya, pembaca blog memasak tentunya tidak ingin membaca buku teks dari ilmuwan makanan yang membosankan, mereka akan lebih senang mendengar atau membaca pengalaman seseorang yang benar-benar memasak makanan, kesalahan yang mereka lakukan, dan sebagainya.

Dengan kata lain, untuk menjadi blogger sukses hanya ada satu persyaratan: gairah untuk topik Anda.

Artikel Terkait  Wordpress Adalah? Pengertian dan Cara Instalasi

Pada intinya, blogging adalah tentang berbagi pengetahuan Anda tentang dunia. Memilih topik yang Anda sukai membuat proses memulai blog yang sukses jadi lebih mudah. Menulis lebih dari satu topik juga tidak masalah. Selama Anda menulis tentang hal-hal yang benar-benar Anda minati, hasrat Anda akan bersinar dan membuat pembaca Anda tetap tertarik.

Jadi mengapa kegiatan blogging layak untuk Anda coba? Ada beberapa alasan yang mungkin akan membuat Anda mempertimbangkan untuk membuat sebuah blog yaitu sebagai berikut:

Bisa Menghasilkan Uang dari Rumah

 
Blogging bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Para blogger top di dunia jelas berpenghasilan cukup banyak, tetapi bahkan seorang blogger paruh waktu dapat memiliki harapan mendapat untung bagus jika semuanya dilakukan dengan benar. Bagian terbaik tentang itu adalah blogging adalah bentuk pendapatan pasif, karena Anda dapat menghabiskan hanya beberapa jam seminggu untuk menulis posting blog dan kemudian terus menghasilkan uang darinya lama setelah posting blog ditulis. Saya membahas lebih jauh tentang cara membuat blog untuk uang nanti dalam panduan ini.

Bisa Membagikan Kisah yang Menarik

 
Sebuah blog memungkinkan Anda memiliki suara dan didengarkan. Anda dapat membagikan kisah Anda dengan seluruh dunia jika Anda mau. Salah satu cara paling umum blog digunakan adalah sebagai buku harian di mana blogger menulis tentang pengalaman sehari-hari mereka sehingga teman, keluarga, dan orang lain semua bisa menjadi bagian dari kehidupan mereka.

Akuisisi Personal atau Bisnis

 
Tidak, Anda tidak akan diikuti paparazzi hanya karena posting blog terbaru Anda. Tetapi blog yang sukses dapat memberi Anda banyak pengakuan di bidang Anda masing-masing. Banyak blogger dikenal sebagai pakar hanya karena blog mereka, dan beberapa bahkan mendapatkan penawaran perilisan buku dan film berdasarkan blog mereka.

Menemukan Komunitas

 
Blogging pada intinya adalah kegiatan yang interaktif. Anda menulis posting blog dan orang-orang mengomentarinya. Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang yang tertarik pada hal yang sama seperti Anda. Blogging memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang ini berdasarkan pengalaman Anda, dan itu memberi Anda kesempatan untuk belajar dari pembaca Anda juga.

Berita baiknya adalah bahwa internet kini meledak dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Kini sudah semakin banyak orang yang online. Ledakan pertumbuhan ini berarti semakin banyak pembaca potensial untuk blog Anda. Singkatnya, jika Anda berpikir untuk memulai sebuah blog maka tidak ada waktu yang lebih baik daripada sekarang. Jangan menunggu nanti.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda ingin memulai blog? Mari kita bahas sedikit tentang cara membuat blog yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

6 Cara bikin blog yang Umum Dilakukan

 
Secara umum, apapun platform yang akan kalian gunakan, kalian akan perlu melakukan langkah-langkah membuat blog berikut ini baik itu blog pribadi maupun blog perusahaan.

      1. Pilih nama blog. Dalam hal ini kita harus memilih nama yang deskriptif, singkat namun mampu mendeskripsikan tema blog yang akan dibuat.
      2. Buat blog tersebut online. Daftarkan nama domain dan hosting untuk blog tersebut
      3. Kustomisasi blog Anda. Untuk melakukan kustomisasi khususnya dalam hal tampilan, Anda bisa memilih template yang berbayar maupun gratis sesuai dengan budget yang ada.
      4. Tulis & publikasikan posting pertama Anda. Bagian ini adalah bagian yang paling menyenangkan!
      5. Promosikan blog Anda. Dapatkan lebih banyak orang untuk membaca blog Anda dengan melakukan promosi seperti share ke social media dll.
      6. Hasilkan uang dari blogging. Ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang melalui blog (kita akan membahasnya di tulisan yang lain).

Dan, mari mulai blog Anda! Di sini kita akan membahas 2 cara bikin blog pribadi yang umum dilakukan oleh para blogger handal sekalipun:

Cara Bikin Blog dengan WordPress

 
Jadi, apakah Anda sudah memutuskan ingin membuat blog WordPress …

Selamat! WordPress adalah solusi yang sangat baik untuk memulai blog, dan kami pikir blog itu akan sangat luar biasa!

Kabar baiknya lagi – ternyata cara membuat blog di WordPress juga sangat mudah. Itu sebabnya kami mengatakan Anda dapat melakukannya dalam waktu yang cukup singkat.

Tetapi sesederhana memulai dengan WordPress, mengetahui apa yang perlu Anda lakukan dan bagaimana Anda bisa melakukannya juga sangat penting sehingga Anda tidak perlu membuang waktu.

Jadi, jika Anda ingin membuat blog, berikut ini panduan cara membuat blog pribadi dengan WordPress:

      1. Mendaftar untuk hosting web (kami sarankan Bluehost).
      2. Pilih paket hosting.
      3. Pilih nama domain untuk blog Anda.
      4. Lengkapi pendaftaran hosting Anda.
      5. Instal WordPress.
      6. Masuk dan tulis posting blog pertama Anda.

Demikian tadi cara bikin blog pribadi maupun perusahaan di wordpress. Untuk step by stepnya yang lebih lebih detail, kita akan bahas pada tulisan kami yang lain, karena jika dilanjutkan pada tulisan ini maka tidak akan ada habisnya.

Cara Bikin Blog Menggunakan Blogspot

 > 
Sedikit yang perlu diketahui sebelum membuat blog dengan blogspot bahwa.

Pertama, BlogSpot adalah platform blogging yang diberdayakan oleh Google. Ini menawarkan Anda kesempatan untuk memulai blog, tetapi semua gambar Anda akan di-host oleh Picasa (juga bagian dari Google). BlogSpot, dalam hal ini, adalah platform blogging Google-sentris.

Kedua, jika tujuan blog Anda adalah untuk menghasilkan uang dan memiliki blog yang profesional dalam penampilan, saya sarankan Anda membuat blog Anda menggunakan WordPress. Sangat mudah, dan dengan bantuan panduan WordPress, Anda dapat membuat blog Anda dalam waktu yang singkat.

Artikel Terkait  Arti Hosting | Apa yang Dimaksud Hosting?

Anda dapat memulai blog dengan Blogspot, tetapi pertama-tama, Anda harus membuat akun Google.

      1. Buka gmail.com di peramban web Anda.
      2. Klik Buat akun.
      3. Isi semua detail yang diperlukan dan klik Langkah Berikutnya.
      4. Setelah akun dibuat, Anda akan melihat pesan Selamat Datang. Klik Lanjutkan ke Gmail dan Anda akan dibawa ke kotak masuk Anda.

Kemudian cara bikin blog dengan blogspot bisa mengikuti langkah berikut:

      1. Untuk membuat blog, kunjungi blogger.com.
      2. Klik Buat Blog Anda.
      3. Login with your Gmail account credentials.
      4. Untuk membuat blog Anda, masuk ke www.blogger.com. Masuk dengan akun Gmail Anda dan klik Buat Blog Baru.
      5. Isi Judul, Alamat pilihan Anda dan pilih tema jika Anda mau. Hit Buat Blog! Jika Anda perlu bantuan memilih nama untuk blog Anda gunakan generator nama blog ini.
      6. Setelah mengisi semua itu Anda akan bisa mulai menulis post pertama Anda.

Blogspot juga memiliki beragam tema yang bisa kita pilih untuk blog kita. Serta fungsi pengeditan untuk mengoptimalkan tampilan blog yang kita miliki.

Kesimpulannya, kita bisa menerapkan cara bikin blog di atas sesuai dengan tujuan kita yaitu apakah membuat blog untuk perusahaan ataukah pribadi.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: