Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Website Development Adalah? Pengembang Web?
Website development adalah seorang pengembang web yang memiliki kemampuan khusus dalam hal pembuatan website. Dapat menggunakan bahasa pemrograman dari sisi server maupun dari sisi client.
21658
post-template-default,single,single-post,postid-21658,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Website Development Adalah? Pengembang Web?

Melakukan pencarian di internet adalah hal yang wajar bagi kebanyakan dari kita. Setiap hari kita mengunjungi begitu banyak situs web untuk mencari informasi, tetapi apakah kita pernah berhenti bertanya apa itu situs web, bagaimana pembuatannya dan bagaimana cara kerjanya?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang apa itu web dan proses pembuatan situs web itu sendiri.

Atau lebih pentingnya kita akan membahas tentang website development. Website development adalah sesuai dengan artinya yaitu proses pengembangan sebuah situs web sesuai dengan tujuan atau bentuk bisnis yang diwakili oleh situs itu sendiri.

Sebelum lebih jauh, mari kita bahas tentang apa itu situs web atau website. Website adalah lokasi pusat halaman web yang terkait dan diakses dengan mengunjungi halaman beranda situs web menggunakan browser. Misalnya, URL alamat situs web APPKEY (Uniform Resource Locator) adalah https://appkey.co.id. Dari beranda kami, Anda bisa mendapatkan akses ke halaman web mana pun yang terdapat di situs web kami. Lalu, pwmbuatan website itu seperti apa?

Website development adalah

 
images5

Artikel Terkait  Java Script Adalah? Pahami artinya sebelum mulai mempelajarinya

Sebuah proses pembangunan dan pemeliharaan situs web. Hal ini adalah pekerjaan yang terjadi di balik layar untuk membuat situs web tampak hebat, bekerja cepat dan berkinerja baik dengan pengalaman pengguna yang mulus.

Pengembang web, atau ‘developer’, melakukan ini dengan menggunakan berbagai bahasa pengkodean. Bahasa yang mereka gunakan tergantung pada jenis tugas yang mereka lakukan sebelumnya dan platform tempat mereka bekerja.

Keterampilan pengembangan web sangat diminati di seluruh dunia dan dibayar tinggi yang juga  menjadikan seorang developer website maupun aplikasi sebuah pilihan karier yang hebat. Ini adalah salah satu bidang yang dibayar tinggi termudah diakses karena Anda tidak perlu gelar sarjana tradisional untuk menjadi berkualitas.

Bidang pengembangan web umumnya dipecah menjadi front-end (sisi yang menghadap pengguna) dan back-end (sisi server). Apa itu? Mari kita ulas secara lebih detail.

Perbedaan front end dan back end website development adalah

 
images122

Pengembang front-end menangani tata letak, desain, dan interaktivitas menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka mengambil ide dari papan gambar dan mengubahnya menjadi kenyataan.

Apa yang Anda lihat dan apa yang Anda gunakan, seperti aspek visual dari situs web, menu drop-down dan teks, semuanya disatukan oleh dev front-end, yang menulis serangkaian program untuk mengikat dan menyusun elemen, membuat mereka terlihat bagus dan menambah interaktivitas. Program-program ini dijalankan melalui browser.

Pengembang backend merekayasa apa yang terjadi di balik layar. Di sinilah data yang kita buat disimpan, dan tanpa adanya data ini, tidak akan ada tampilan frontend untuk dilihat oleh pengguna. Backend web terdiri dari server yang menghosting situs web, aplikasi untuk menjalankannya, dan database untuk memuat data.

Backend dev menggunakan program komputer untuk memastikan bahwa server, aplikasi dan database berjalan dengan lancar. Tipe dev ini perlu menganalisis apa kebutuhan perusahaan dan menyediakan solusi pemrograman yang efisien. Untuk melakukan semua hal luar biasa ini, mereka menggunakan berbagai bahasa sisi server, seperti PHP, Ruby, Python, dan Java. Jadi jika Anda berminat untuk menjadi pengembang situs web, cobalah pelajari beberapa Bahasa pemrograman di atas. Jika Anda mahir menggunakannya, Anda tidak akan kesulitan meniti karir atau bahkan mendirikan usaha Anda sendiri di bidang ini.

Bagaimana dengan Pengembangan Full-Stack?

 
pengembangan-web

Jika pengembangan Frontend dan Backend menarik bagi Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi Pengembang Full-Stack.

Full-stacker menangani front-end dan back-end, dan perlu tahu bagaimana web bekerja pada semua level, untuk menentukan bagaimana sisi klien dan server akan berhubungan. Bekerja secara alami hingga tingkat keahlian ini akan memakan waktu lebih lama, karena masih banyak yang harus dipelajari.

Langkah pertama untuk memulai menjadi seorang pengembang adalah memutuskan aspek mana dari pengembangan web yang menarik minat Anda dan kemudian mulai dengan satu bahasa pemrograman.

Misalnya, jika Anda tertarik pada front end Anda dapat mulai dengan mempelajari beberapa HTML dan CSS, kemudian mulai mengerjakan proyek segera setelah Anda merasa nyaman dengan dasar-dasarnya. Program Pengembang Web Junior kami sangat cocok untuk rute ini. Tetapi orang lain mungkin cocok dengan Anda juga.

Selain itubergabung dengan grup diskusi atau komunitas pengembang web lain di internet juga akan sangat membantu Anda, karena dengan ini Anda dapat memecahkan masalah, mendiskusikan ide-ide dan mendapatkan inspirasi dari anggota komunitas yang lain.

Bagaimana menjadi full stack developer?

 
Seorang full stack web developer adalah pemrogram dengan kompetensi dalam teknologi front-end dan back-end. Front-end adalah bagian yang dilihat dan digunakan oleh pengguna. Bagian belakang melibatkan proses, database, dan proses lain seperti validasi pengguna, yang diperlukan untuk menjalankan dan memproses instruksi dari pengguna.

Apa itu stack?

Stack adalah kumpulan modul yang diambil bersama untuk mendapatkan produk yang lengkap. Ada tiga lapisan atau modul dalam setiap proses pengembangan web.

Lapisan presentasi: Navigasi halaman, mengubah tampilan situs web, mengatur font dan warna, dan interaksi pengguna seperti membaca, melihat gambar atau video dicapai dengan bantuan lapisan presentasi yang merupakan aspek ujung depan stack.

Lapisan logika: Lapisan logika adalah antarmuka antara lapisan presentasi dan database. Lapisan ini adalah tempat data atau input pengguna dimanipulasi menggunakan algoritma dan logika bisnis. Ini juga bertanggung jawab atas data yang akan disimpan dalam database.

Lapisan basis data: Di sinilah data disimpan. Lapisan ini termasuk Cache. Jenis stack yang dipilih tergantung pada basis data yang digunakan. Komponen stack lainnya adalah komponen yang paling kompatibel dengan database yang dipilih.

Kode-kode yang ditulis dalam berbagai bahasa untuk lapisan-lapisan yang berbeda ini semuanya berjalan bersamaan untuk membuat situs web berfungsi. Pelajari pengembangan web stack penuh melalui kursus online dan dapatkan sertifikasi pengembangan web stack penuh.

Artikel Terkait  Bagaimana Caranya Membuat Website Gratis di Internet?

Jenis-jenis Stack dalam website development adalah sebagai berikut

 
website

Stack dalam website development jumlahnya lebih sedikit jika  dibandingkan kerangka kerja atau framework dan juga library. Meskipun demikian, ada banyak stack, yang trendi, dibuat oleh startup yang tersedia di pasar. Beberapa di antaranya juga terbukti andal dan konsisten dalam hal kinerja. Banyak perusahaan juga membuat stack mereka sendiri berdasarkan pada kebutuhan spesifik mereka yang mengutamakan kompatibilitas.

Lamp

 
Menggunakan Linux, Apache, MySQL, PHP. Salah satu stack tertua yang ada dan masih banyak digunakan. Ini adalah open source dan mudah disesuaikan. Masalah yang dihadapi oleh pengguna stack LAMP adalah sulit untuk belajar dan membutuhkan keahlian di Linux dan Apache. Ada masalah inkonsistensi dan kompatibilitas.

Mean

 
MongoDB, Express, Angular.js, Node.js. Ini adalah penjualan yang mudah karena secara teknis hanya membutuhkan satu bahasa untuk dipelajari, seluruhnya didasarkan pada JavaScript. Ini adalah salah satu stack tercepat dan mudah diskalakan.

Mern

 
MongoDB, Express, React, Node.js.JavaScript Library. Ini adalah variasi stack MEAN. Angular.js diganti dengan ReactJS yang lebih mudah digunakan.

Bagaimana Cara Menjadi Pengembang Web Full Stack?

 
pengembang

Menjadi pengembang web Full-stack terlihat seperti tugas yang menakutkan karena seseorang harus berspesialisasi dalam lebih dari satu bahasa. Pengembang stack penuh sejati adalah Unicorn. Itulah sebabnya banyak alat pengembangan web stack penuh tersedia untuk membuatnya lebih mudah. Seseorang tidak bisa sempurna dengan semua bahasa yang digunakan di kedua sisi server serta sisi klien dengan kompetensi yang sama. Jadi, meskipun tidak apa-apa untuk menetapkan standar tinggi, jangan kecewa jika tidak memiliki keahlian dalam semua bahasa berbeda yang dapat / mungkin digunakan oleh seorang programmer. Gunakan peta jalan untuk pengembangan web stack penuh untuk merencanakan pembelajaran Anda.

Anda perlu berlatih dengan menyelesaikan proyek-proyek seperti chatbots tumpukan penuh, aplikasi web satu halaman, dan aplikasi seluler yang akan memberi Anda portofolio yang baik.

Teknologi yang digunakan pada front-end

 

  • HTML- HyperText Markup Language adalah blok penyusun halaman HTML. Ini adalah bahasa yang digunakan untuk Halaman Web.
  • CSS – Cascading style sheet digunakan untuk menggambarkan tampilan elemen HTML. Ini dapat disimpan sebagai file eksternal dan digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa stylesheet dapat digunakan pada satu halaman.
  • JavaScript- Ini adalah bahasa pemrograman web. Paling populer dan sangat mudah digunakan. Digunakan untuk memanipulasi dan memvalidasi data. Ini dapat digunakan untuk memperbarui CSS dan HTML.
  •  

    Teknologi yang digunakan pada back end

     

    Tags: