Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI Mengintip Trend Desain UI/UX di Tahun 2021

Mengintip Trend Desain UI/UX di Tahun 2021

-

Desain UI/UX adalah bidang yang sangat menarik karena berbagai alasan dan jauh melampaui pengembangan perangkat lunak.  Desain UI/UX  adalah lapisan penting dari setiap produk digital.

Untuk memberikan solusi modern, kita harus mengikuti tren dan inovasi di semua bidang pekerjaan yang ada. Jadi kami telah merangkum beberapa trend untuk membagikannya kepada Anda. Mereka membahas hal- hal baru UX/UI dan berbicara tentang fenomena yang akan berkembang di tahun 2021.

UX Dan UI Pasca Pandemi – Analitik, Memahami Persona, Menjadi Benar-Benar Online

ui-design-trends-2

Karena pandemi virus corona, bisnis yang sebelumnya hanya beroperasi secara offline harus mengembangkan keberadaan online dan mereka harus melakukannya dengan cepat. Kebiasaan orang telah berubah dalam hal memilih dan menggunakan produk dan layanan dengan persaingan yang ketat.

Untuk mengelola dalam lingkungan yang menantang, perusahaan harus berinvestasi dalam analitik, audit, dan riset pengguna terlebih dahulu. Tujuannya jelas untuk lebih memahami persona target dan merancang perjalanan pelanggan yang sempurna.

Membuat keputusan berdasarkan data sangat penting untuk membuat saluran penjualan yang dioptimalkan dan mengubah pengguna produk digital menjadi klien yang sebenarnya.

Relevansi desain UX semakin berkembang. Pemilik produk tidak boleh mengabaikan pentingnya konsultasi mereka harus memikirkan ide-ide baru dan mendiskusikan serta memolesnya dengan penyedia yang mereka pilih untuk mencapai hasil yang selaras dengan strategi mereka.

Privasi juga menjadi trend besar. Semakin banyak perusahaan menerapkan solusi yang kuat untuk melindungi data pengguna mereka. Desainer harus mengingat hal itu saat membuat visual fungsionalitas juga harus mencakup langkah-langkah keamanan.

Teknologi Baru untuk Mendukung UI/UX

Asisten virtual seperti Siri dan Alexa menjadi arus utama. Desainer harus membuat produk dengan kemampuan seperti itu. Navigasi suara, pencarian, dan peringatan yang dipersonalisasi akan menjadi standar dalam produk digital untuk tahun 2021 dan seterusnya.

Menggunakan fitur suara membuat mata istirahat dan mengurangi waktu layar. Saat ini, kita semua memiliki perangkat berbicara potensial di saku kita – smartphone dengan banyak aplikasi seluler yang dapat memanfaatkan desain UI/UX suara untuk membuat hidup kita lebih mudah.

Baik perusahaan besar maupun kecil sedang mengembangkan solusi suara mereka sendiri, belum lagi speaker, asisten, perangkat yang dapat dikenakan dan peralatan rumah pintar. Ini adalah tantangan bagi desainer UX dan UI untuk menangani secepatnya.

Perlu disebutkan bahwa teknologi suara tingkat lanjut ini dimungkinkan berkat kecerdasan buatan yang juga akan menjadi tren kuat dalam pengembangan UX, UI, dan perangkat lunak secara umum. Augmented/virtual reality, software enginering, dan teknologi serupa semakin kuat, sehingga desain harus mengikuti.

Artikel Terkait  Mau Mendesain UI/UX Tanpa Ngoding? Yuk Pakai “Axure”!

Estetika 2021 – Apa Yang Akan Tetap Ada Di UI

design-ui

Banyak visual seperti aset 3D, masih akan digunakan secara luas. Karena semakin mudah membuat elemen 3D dengan alat khusus spesialis UI tidak perlu mencari bantuan eksternal saat membuatnya. Ada pustaka yang penuh dengan barang gratis seperti gambar, animasi, dan ikon berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk mendukung proses desain.

Background blur sebagai trend yang sedang naik daun. Menggunakan gradien dan warna terang membuat antarmuka pengguna hangat, ramah, dan enak dipandang. Kontras bukanlah yang dicari orang transisi antara warna seharusnya hampir tidak terlihat, dan palet yang disukai menyertakan corak yang kaya.

Desainer dan klien mereka tidak takut menggunakan warna yang menarik atau bahkan intens gelap di situs web dan aplikasi seluler mereka. Meskipun kami mencari minimalis di UX dan UI, warna sering kali menonjol. Font geometri dan tebal juga cenderung melekat pada kita di tahun 2021.

Estetika ini tidak sepenuhnya baru tetapi mereka mulai mendapatkan momentum dalam beberapa tahun terakhir dan masih populer hingga saat ini. Komunitas setuju bahwa Anda belum melihat yang terakhir dari mereka. Dalam hal desain, trend bertahan lebih lama dari satu musim.

Apalagi yang ada disana?

2021 akan merangkul bentuk dan gaya yang berani karena orang mencari sesuatu yang unik, penuh petualangan, dan tidak biasa. Kami menginginkan produk yang tidak hanya sangat fungsional dan ramah pengguna tetapi juga asli. Hanya merek yang mendekati desain UI/UX dengan keberanian yang akan menonjol dan pada akhirnya, dicintai oleh penggunanya.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa tren UI/UX untuk beberapa bulan mendatang.

Visual yang menarik

Saat desainer mengerjakan aplikasi atau halaman web, mereka harus mengingat banyak aspek dari produk perangkat lunak. Fungsi kegunaan, navigasi yang mudah, dan semua fitur penting harus diimplementasikan tanpa keraguan, tetapi bagaimana kita membuatnya muncul? Dengan menggunakan visual yang mengesankan.

Dalam desain web, elemen mengambang biasanya diterapkan. Mereka dilengkapi dengan bayangan halus untuk memberikan perasaan “gerakan” kepada pengguna. Ini adalah cara halus untuk membuat situs web lebih dinamis.

Brutalisme/gaya retro 90-an

Tidak perlu bingung dengan brutalisme dalam arsitektur, brutalisme dalam desain adalah hal aneh yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir menyebabkan situs web dan aplikasi menjadi tidak bagus.

Tergantung selera seseorang, tentu saja, tetapi tidak ada keraguan bahwa ada sesuatu yang aneh tentang kontras yang kuat, garis tebal, dan font yang seringkali sulit dibaca. Dan itu sedang tren!

Kami dapat mencoba untuk membedakan antara brutalisme, gaya 90-an dan sesuatu yang disebut antidesign, tetapi mereka memiliki banyak kesamaan. Pertama-tama, mereka mendekonstruksi pandangan kita saat ini tentang keindahan dan desain “bagus”.

Kami merindukan saat-saat ketika situs web sebagian besar informatif dan tampilan hanya sekunder. Ini adalah pendekatan yang menarik, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati jika tidak, ini akan membuat pengguna lelah dan dengan cepat menolaknya.

Fokus pada orang

Tren ini datang dalam berbagai bentuk. Dalam hal desain UI/UX, kami akan menggunakan lebih banyak grafis yang berpusat pada manusia di tahun 2021. Kami tidak ingin melihat ilustrasi vektor generik yang populer seperti 3 tahun lalu.

Gambar kehidupan nyata, gambar orang yang realistis, animasi antropomorfik – semuanya membuat perangkat lunak terlihat dan berinteraksi dengan kita lebih seperti manusia lain. Anggap saja sebagai awal dari komputer yang lebih sadar diri yang akan dapat meniru reaksi dan emosi kita sambil melayani kita dengan tujuan mereka.

Hal lainnya adalah personalisasi desainer UI dan UX harus membuat solusi yang disesuaikan yang akan sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna. Rekomendasi, konten yang sesuai, perangkat lunak yang memahami kebiasaan kita, tren yang tidak akan berubah, mungkin selamanya. Pelanggan tidak menginginkan aplikasi dan situs web umum. Mereka menginginkan informasi yang berhubungan dengan mereka.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan Tipografi Desain UI Bagi Pemula

Mode gelap sepenuhnya

Semakin banyak aplikasi dan halaman memiliki opsi mode gelap bawaan atau cocok dengan pengaturan sistem pada ponsel kami. Orang merasa bahwa menatap layar putih terang terlalu lama membuat mereka lelah. Dan itu menyakitkan untuk digunakan di malam hari.

Ada keuntungan lain juga kecerahan layar dapat (dan akan) secara signifikan memengaruhi masa pakai baterai. Layar yang terang akan menghabiskan baterai Anda lebih dari yang gelap.

Mode ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pengguna tetapi juga bagi pemilik produk. Latar belakang gelap berarti kemungkinan baru terkait aksen warna. Desainer UI dapat dengan mudah membedakan fitur-fitur penting, dan keseluruhan tampilan lebih canggih. Satu-satunya kelemahan adalah ketika ada banyak teks di layar. Jika demikian, tetap gunakan tema yang lebih ringan.

Kekuatan salinan

Merek dengan corak unik selalu mendapat perhatian lebih. Tapi ingat – tanpa teks, produk digital Anda tidak akan berfungsi sepenuhnya. Itu karena kami tidak dapat mengganti peringatan dan pesan dengan ikon atau ilustrasi.

Di situlah penulisan UX masuk. Ini adalah bidang copywriting yang bekerja dengan desain UI/UX untuk membuat teks yang natural dan ramah untuk diterapkan di dalam produk. Bahkan peringatan masalah harus terdengar seperti diucapkan oleh merek.

Menggunakan emoji, bahasa tertentu, dan frasa penangkap semua meningkatkan hubungan antara pengguna dan merek. Ini lebih realistis dan lebih menyenangkan. Jenis salinan ini mengarah pada pengalaman pengguna yang tak terlupakan.

Sederhana = yang terbaik

Beberapa pakar industri mengklaim bahwa proses desain UI/UX menjadi terlalu rumit. Ini berbahaya bagi pemilik produk dan desainer karena tahap desain berlangsung lebih lama dari yang seharusnya. Ini dapat merugikan produk dan pada gilirannya, klien.

Prosedur, nama, dan istilah harus disederhanakan sehingga semua pihak yang terlibat memiliki pemahaman tentang apa yang sedang terjadi dan dapat berkontribusi dengan ide dan wawasan mereka.

Dengan cara ini, UX sendiri menjadi lebih mudah dan nyaman. Perjalanan pengguna seharusnya tidak memerlukan terlalu banyak langkah untuk mencapai apa yang dijanjikan produk. Salah satu contohnya adalah proses registrasi.

Ringkasan

Seperti yang Anda lihat, tren desain UI/UX untuk tahun 2021 bersifat spesifik namun serbaguna. Khususnya mengenai aspek visual, ada banyak opsi dan kami telah memberikan beberapa petunjuk untuk tim yang bekerja secara langsung dengan klien dan pemilik produk. Hasil memang penting, tetapi perlu juga fokus pada proses dan efisiensinya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya