Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design App Mengapa Wireframe Penting Untuk Pengembangan Aplikasi? Berikut Contoh Wireframe!

Mengapa Wireframe Penting Untuk Pengembangan Aplikasi? Berikut Contoh Wireframe!

-

Dalam setiap proyek produk digital, ada banyak tahapan yang harus dilalui sebelum Anda dapat melihat hasil akhirnya. Bahkan beralih dari ide ke desain visual selama desain produk membutuhkan sejumlah langkah yang kompleks tetapi perlu jika Anda ingin memberi diri Anda kesempatan untuk sukses. Salah satu langkah kunci tersebut selama fase desain produk adalah wireframing.

Steve Jobs pernah berkata, “Desain bukan hanya seperti apa bentuknya dan rasanya. Desain adalah cara kerjanya.” Saat membangun produk digital, wireframing sangat penting untuk memahami bagaimana produk Anda akan bekerja dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk Anda.

Ini memberi Anda dasar untuk memperkenalkan perubahan, jalur pengguna yang sempurna, dan menciptakan pengalaman pengguna terbaik.

Dengan membuat “kerangka” aplikasi atau situs web Anda, Anda dibuat untuk mempertimbangkan kebiasaan dan keinginan pengguna akhir, yang sangat penting jika Anda menginginkan daya tarik di pasar. Mari kita lihat mengapa menginvestasikan waktu dan upaya Anda ke dalam wireframes sebelum produksi dimulai sangat berharga.

Apa itu Wireframe?

Wireframe adalah representasi dua dimensi dari produk digital yang menampilkan penempatan elemen UI penting, jarak di antaranya, bidang konten, fitur, dan bagian penting lainnya. Mereka digunakan saat menyiapkan jalur pengguna yang intuitif dan membangun arsitektur informasi dari sebuah perangkat lunak.

Pada tahap ini, tidak ada warna, tipografi atau grafik bergaya. Tujuan utamanya adalah untuk hanya menyajikan bagaimana produk akan bekerja dan bagaimana informasi harus disajikan.

Banyak ahli desain membandingkan contoh wireframe dengan pondasi rumah. Jika Anda melewatkan langkah ini dan mulai memasang tembok tanpa alas yang kuat, pada akhirnya semuanya akan berantakan.

Melihat sisi lemah proyek, memperbaiki masalah pertama dan memutuskan kapan setiap tugas harus diselesaikan akan jauh lebih mudah ketika kita melihat gambaran keseluruhan. Kami dapat dengan mudah merencanakan pekerjaan dan menentukan tantangan potensial yang dapat ditaklukkan oleh perubahan kecil dalam contoh wireframe proyek .

Jika product owner ingin mengajukan perubahan dan menambah atau menghapus sesuatu, tahapan ini adalah momen yang tepat karena tidak akan mengganggu alur kerja tim produksi. Wireframe membantu pengulangan dengan cepat yang menjadikannya alat yang hebat untuk memvalidasi produk pada tahap awal.

Mengapa Wireframe Begitu Umum?

wireframe-2

Seperti disebutkan di atas, contoh wireframe dibuat tanpa warna, menggunakan font dasar dan elemen visual. Seringkali, mereka diisi dengan placeholder alih-alih gambar dan salinan. Mengapa demikian?

Terutama karena tim harus menggunakannya untuk fokus pada fungsionalitas dan bukan gaya. Tujuan wireframes adalah untuk memicu diskusi tentang perjalanan pelanggan untuk membuatnya lebih baik, lebih mudah diakses, dan ramah pengguna. Desain dapat disempurnakan nanti, tetapi bahkan produk yang paling indah pun tidak akan berhasil jika kegunaannya berkualitas rendah.

Apalagi persepsi kita berbeda ketika kita melihat warna, tipografi yang mewah dan gambar yang berani. Otak manusia berfokus pada keseluruhan desain dan kita mulai memperhatikan detail lain dari proyek tersebut. Jika kita ingin bekerja hanya pada sisi praktis produk, kita tidak boleh mengalihkan perhatian apapun ke wireframe kita.

Artikel Terkait  Metrik Paling Penting Yang Menjadi Masalah Untuk Aplikasi SMB Anda

Jenis wireframe

Ada beberapa jenis wireframe dan dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik. Jadi kami memiliki yang lebih rinci dan dipoles dan yang cepat selesai untuk menunjukkan konsep produk yang paling umum.

Semuanya dimulai dengan contoh wireframe yang biasanya disiapkan selama pengerjaan proyek pertama dengan klien. Mereka dapat digambar di selembar kertas atau disiapkan dalam program khusus seperti InVision, Sketch atau Figma.

Dengan menggunakan garis, kotak, dan elemen sederhana lainnya, desainer dapat menunjukkan kepada semua pihak apa yang mereka pikirkan dan dengan cepat mengedit sketsa sesuai saran.

Kemudian kami memiliki contoh wireframes lainnya yang dilakukan secara digital, menggunakan alat desain. Mereka lebih detail daripada yang lo-fi tetapi masih menawarkan beberapa ruang untuk membayangkan dan menerapkan perubahan.

Wireframe dengan ketelitian tinggi juga dibuat menggunakan perangkat lunak yang disebutkan di atas, tetapi mereka memiliki lebih banyak detail dan di sini kami mulai menambahkan beberapa warna dan membuatnya terlihat lebih dekat dengan seperti apa produk akhir nantinya.

Manfaat Wireframes

Mengetahui bagaimana wireframe disiapkan adalah satu hal, tetapi Anda harus mempelajari mengapa mereka penting dalam proyek pengembangan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa manfaat yang membuktikan wireframe tidak dapat diabaikan.

Memperjelas fungsionalitas produk

Memetakan setiap fitur produk sangat penting untuk menunjukkan kepada pemiliknya apa yang kita pikirkan. Seringkali sulit untuk membayangkan di mana seharusnya dan jika kita menggunakan kosakata yang berhubungan dengan desain , banyak pemilik produk tidak akan mengerti apa yang kita maksud.

Memberi mereka representasi visual dari konsep tersebut akan membantu menentukan apakah harapan terpenuhi dan di mana perbaikan diperlukan.

Lebih mudah untuk memperkenalkan perubahan pada wireframe daripada pada prototipe yang lebih maju. Itulah mengapa wireframes dibuat sejak dini. Selanjutnya, mereka di-tweak sampai versi final diterima. Tujuan utama wireframes adalah untuk mengetahui apakah kita perlu memindahkan atau menyentuh tombol, menu, konten, dan fitur lainnya.

Tekankan kegunaan

wireframe-3

Memiliki contoh wireframe di depan mata Anda akan memberi Anda gambaran nyata tentang kegunaan produk digital. Cobalah untuk berpikir seperti calon pelanggan Anda. Apa yang ingin Anda capai? Di mana Anda ingin mendapatkan dengan mengklik, menggulir, dan mengetuk objek tertentu? Apakah mudah untuk menemukan setiap fitur, atau apakah mereka tersembunyi di balik elemen yang tidak perlu?

Tim desain dan klien akan mencari keseimbangan antara visual yang menakjubkan dan fungsi produk yang ramah pengguna.Semua masalah dapat dengan cepat ditemukan dan diperbaiki saat melihat wireframe.

Aktifkan skalabilitas

Selama proses wireframing, Anda dapat melihat kemampuan produk Anda untuk menskalakan saat menangani lebih banyak klien, menerbitkan konten baru, dan menerapkan fungsi baru. Jika Anda melihat tidak ada banyak ruang untuk berkembang, tim desain dapat merencanakan bagaimana perangkat lunak akan diperluas bila diperlukan.

Pertumbuhan bisnis adalah salah satu tujuan utama bagi kebanyakan wirausahawan. Itulah mengapa diperlukan perencanaan skalabilitas yang tidak akan mengurangi kegunaan, aksesibilitas, dan pengalaman pelanggan yang positif secara keseluruhan Anda dapat menggunakan wireframes untuk menyusun strategi setiap pembaruan yang mengarah pada evolusi produk Anda.

Artikel Terkait  Kumpulan Library Animasi Terbaik untuk Android

Atur proses desain

Karena wireframe pada dasarnya adalah cetak biru untuk produk digital kami, mereka menunjukkan dengan tepat apa yang perlu dilakukan dalam hal tugas dan iterasi. Tim dapat merencanakan pekerjaan mereka sesuai dan memberi tahu lebih atau kurang berapa banyak waktu yang dibutuhkan berdasarkan pengalaman dan sumber daya yang diperlukan.

Desainer dan pemrogram perlu bekerja sama untuk menciptakan produk estetika yang memenuhi semua harapan pemilik produk dan klien mereka. Mengatur proses produksi dengan cara tertentu (misalnya menggunakan framework Agile Scrum ) dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Wireframes membantu melakukannya dan dapat digunakan sebagai dukungan selama tahap desain.

Membantu estimasi proyek

Dalam wireframes kami selalu menjelaskan bahwa perkiraan harga menjadi lebih spesifik seiring berjalannya waktu, artinya semakin kita masuk ke proyek, semakin banyak detail yang kita ketahui, artinya semakin mudah untuk memahami anggaran yang dibutuhkan untuk membangun produk. Wireframes memberi proyek struktur yang juga membantu proses estimasi anggaran.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga akhir pengembangan perangkat lunak. Desain adalah salah satunya. Wireframes menunjukkan dengan jelas apa tingkat kemajuan dalam proyek tertentu. Jika pemilik bisnis mencari tabungan, kita bisa mencari area yang bisa ditunda untuk sementara waktu selama tahap itu.

Artikel Terkait  Cara Memilih Skema Warna Terbaik untuk Aplikasi Anda

Wireframes – kesimpulan

Ada begitu banyak keuntungan dari wireframing yang telah menjadi bagian penting dalam membangun produk digital.

Mereka mendiskusikan semua ide dan mengusulkan solusi yang sesuai dengan harapan dan tujuan bisnis. Kemudian mereka membuat lebih banyak contoh wireframe, maket, dan prototipe untuk menguji konsep dan menemukan peningkatan sebelum bingkai gambar hi-fi dan desain akhir diserahkan ke tim produksi.

Sebenarnya, dengan berinvestasi lebih banyak selama fase awal ini dan melakukan penelitian pengguna terperinci pada wireframe yang dibangun dengan baik, hasilnya akan menentukan bagaimana Anda menggunakan anggaran secara efisien dan di mana Anda berpotensi dapat menghemat puluhan ribu dolar selama fase pengembangan aplikasi seluler atau web Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya