Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign AppMengenal Ionic Framework, Framework Terbaik untuk Aplikasi Hybrid

Mengenal Ionic Framework, Framework Terbaik untuk Aplikasi Hybrid

-

Aplikasi Hybrid atau hybrid app adalah aplikasi yang mengkombinasikan elemen antara native app dan web app. Hybrid app adalah aplikasi yang sangat populer karena memungkinkan pengembang untuk menulis kode untuk aplikasi seluler satu kali dan masih mengakomodasi banyak platform.

Mengembangkan aplikasi hybrid bisa dibilang susah-susah gampang. Salah satu framework terbaik yang digunakan untuk mengembangkan hybrid app, adalah Ionic Framework. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang Ionic dan mengapa perangkat ini sangat baik untuk digunakan. Ini dia penjelasannya.

Apa itu Ionic Framework?

Framework adalah seperangkat sumber daya dan alat untuk software developer untuk membangun dan mengelola aplikasi web, layanan web, dan situs web. Framework untuk mengembangkan web dapat dibangun di atas infrastruktur yang telah ditentukan sebelumnya seperti tumpukan Linux, Apache, MySQL, dan PHP.

Ionic, salah satu framework terbaik yang digunakan untuk membuat aplikasi android maupun aplikasi iOS. Ionic Framework adalah framework yang bisa digunakan secara gratis, open-source, dan framework SDK front-end yang memungkinkan Anda membuat aplikasi berbasis seluler untuk ponsel iOS, Windows, dan Android menggunakan basis kode yang sama.

Hal ini membuktikan Ionic bisa menjadi alat lintas platform untuk pengembangan seluler. Alat ini memungkinkan Anda membuat aplikasi android maupun iOS hybrid. Platform ini memungkinkan Anda membuat aplikasi seluler dengan bantuan aplikasi web dan bahasa seperti HTML, CSS, Javascript, Angular, dan TypeScript.

Ionic memiliki kumpulan komponen yang menyediakan fungsionalitas platform seluler. Kecuali untuk fitur, Ionic memberikan perilaku yang berbeda. Ionic hadir dengan kinerja yang efisien dengan manipulasi DOM minimum.

Framework ini berisikan interface yang mengandung baris perintahnya yang memungkinkan Anda membuat aplikasi android maupun iOS serta menghemat upaya pengkodean. Ionic Framework terutama berfokus pada pengalaman pengguna front-end atau interaksi UI, yang menangani semua tampilan dan nuansa aplikasi Anda.

Ionic ini mudah dipelajari dan dapat diintegrasikan dengan perpustakaan atau framework lain seperti Angular, Cordova, dan lain-lainnya. Framework ini juga dapat digunakan sebagai mandiri tanpa framework front-end menggunakan skrip sederhana yang disertakan.

Fitur-fitur Ionic Framework

ionic-framework..

Ada beberapa fitur yang disediakan oleh Ionic Framework untuk para developer.

1. Platform Independent Framework

Ionic dapat bekerja terlepas dari platform apa yang Anda gunakan untuk memberikan tampilan dan nuansa asli. Anda tidak perlu mengubah kode karena berfungsi pada komponen web yang dioptimalkan untuk seluler. Ionic dapat bekerja dengan Angular untuk menyediakan struktur yang kuat, yang pada gilirannya mengurangi biaya.

2. Cross-Platform Mobile Application Development

Ada berbagai ponsel dengan sistem operasi yang berbeda. Jika kami mengembangkan aplikasi android, iOS, serta aplikasi seluler apa pun, maka itu harus kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda. Ionic memiliki basis kode yang sama yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi android dan iOS yang bekerja dengan baik untuk semua perangkat seluler untuk memberi Anda tampilan dan nuansa terpadu.

3. Completely Based on AngularJS

Ionic memiliki bagian CSS dan JS default yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi seluler. Desain default mencakup sebagian besar bagian, tetapi Anda dapat menambahkan fitur baru ke kelas CSS yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Ionic Bekerja Sepenuhnya Berdasarkan AngularJS

Angular adalah framework yang paling disukai dalam hal pengembangan aplikasi web dan seluler. Angular menyediakan berbagai ekstensi HTML yang terbukti bermanfaat bagi para pengembang. Saat menggabungkan Ionic dengan Angular, ia menyediakan banyak fungsi untuk menggabungkan komponen yang menarik ke aplikasi. Angular JS memberikan solusi ideal dengan Ionic Framework.

Artikel Terkait  10 Graphic Design App untuk Membuat UI/UX Design dengan Mudah

5. Menggunakan Plugin Cordova

Framework ionik mendukung banyak plugin untuk pengembangan. Ini menyediakan plugin Cordova yang membantu desainer untuk menyediakan akses ke komponen yang berbeda. Komponen ini memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur menarik ke aplikasi Anda. Ionic memungkinkan pengembang untuk menggunakan plugin ini untuk membuat aplikasi seluler yang ideal.

6. Membantu Membuat Desain Elegan

Dengan bantuan kerangka Ionic, pengembang akan dapat membuat desain yang kuat dan sederhana. Ionic memberi Anda beberapa tema dan komponen yang dapat disesuaikan yang akan menyediakan antarmuka pengguna yang hebat dan menarik lebih banyak orang ke aplikasi Anda.

7. Menunjukkan Performa Tinggi

Ionic menyediakan lingkungan yang ramah untuk membuat aplikasi yang akan berjalan di perangkat seluler. Anda dapat menggunakan komponen apa pun untuk mempercepat kinerja seluler.

8. Teknologi yang Diperluas

Ionic menggunakan teknologi berbasis web, yang dilengkapi dengan teknologi masa depan. Artinya kapan pun Anda ingin membuat perubahan pada kode Anda atau ingin menyesuaikan komponen apa pun yang digunakan dapat dilakukan dengan mudah dan mudah dengan penggunaan teknologi web.

9. Memberikan Pengalaman Asli

Ionic Framework memungkinkan Anda mendapatkan aplikasi seluler interaktif dengan pengalaman asli dengan penyertaan komponen terbaik. Ionic juga memberi Anda manfaat dari web terbuka jika Anda mempertimbangkan aplikasi perusahaan.

10. Memberikan Ekstensi yang Kuat

Anda diperbolehkan untuk menggunakan berbagai plugin dan didukung oleh Ionic untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang kompleks. Plugin ini memiliki kekuatan untuk membuat aplikasi android, iOS, berbagai aplikasi seluler dan web Anda siap untuk masa depan. Anda dapat menyematkan fitur ramah pengguna sebanyak mungkin.

Artikel Terkait  Cara Memilih Skema Warna Terbaik untuk Aplikasi Anda

Mengapa Harus Menggunakan Ionic Framework?

Satu-satunya tujuan menggunakan Ionic adalah untuk mengisi kesenjangan antara aplikasi web AngularJS dan hybrid app.  Framework ini memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur AngularJS bersama dengan perpustakaan Cordova untuk bekerja pada aplikasi interaktif tinggi.

Ionic menawarkan Anda untuk menggunakan komponen UI asli yang kompatibel dengan sistem operasi apa pun. Ionic telah datang ke dalam gambar untuk mengembangkan aplikasi multi-platform. Berikut adalah beberapa alasan Anda harus menggunakan Ionic Framework.

1. Open Source dan Tersedia Secara Gratis

Meskipun open-source, framework Ionic cukup stabil, andal, dan lebih cepat. Ini akan memberi Anda tampilan dan nuansa asli sekaligus membuat aplikasi hemat biaya. Mempelajari framework ini relatif lebih mudah dan dilengkapi dengan beberapa dukungan plugin.

2. Punya Komunitas yang Luas

Mungkin sulit untuk mulai bekerja dengan framework baru. Tetapi memiliki basis Cordova dan Angular, ionic memiliki komunitas yang aktif dan luas di mana Anda dapat memiliki banyak ahli untuk menyelesaikan berbagai hal. Beberapa anggota sangat ingin membantu Anda.

3. Terdiri Satu Basis Kode

Membantu Anda mengembangkan aplikasi asli untuk iOS dan Android akan memakan banyak waktu. Namun dengan Ionic, kita akan mendapatkan fleksibilitas dalam membuat aplikasi lintas platform dan antarmuka pengguna kelas atas serta komponen yang dapat digunakan kembali. Ionic akan menghemat banyak waktu penulisan ulang.

4. Pengujian atau Testing yang Mudah

Ionic membuat pengujian aplikasi seluler lebih mudah. Ini memungkinkan Anda untuk mengujinya di browser atau melalui pengujian stimulator untuk semua OS. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan debugging jarak jauh dan menguji aplikasi pada platform aktual untuk mendapatkan kerja aplikasi yang sebenarnya.

Bagaimana Ionic Framework berbeda dari Platform Pengembangan Seluler Lainnya?

Ada beberapa platform hybrid app yang tersedia, tetapi memilih yang tepat dari daftar penting untuk membangun aplikasi interaktif. Tapi, Ionic telah muncul dan menjadi populer untuk sebagian besar startup dan bahkan bisnis besar. Beberapa alternatif yang tersedia adalah selain Ionic adalah Xamarin, Titanium, PhoneGap, dan banyak lagi. Masing-masing memiliki banyak fitur, tetapi framework ini lebih disukai karena alasan berikut.

1. Peningkatan Kecepatan

Selalu ada keraguan bahwa aplikasi lintas platform ini cukup cepat. Jika Anda mengembangkan aplikasi seluler, maka itu harus didukung oleh semua perangkat dan platform terbaru. Kerangka ionik memastikan kecepatan tinggi dan kompatibilitas ke semua perangkat terbaru. Anda dapat merancang aplikasi yang sangat dioptimalkan dan kuat.

2. User Interface yang Interaktif

User Interface sangat penting untuk menarik pelanggan atau pengguna. Tetapi dengan kerangka ionik, bisnis sekarang dapat membuat aplikasi seluler interaktif kelas atas dengan sedikit usaha. Ionic menawarkan banyak komponen standar yang dapat digunakan dan digunakan kembali di banyak bagian untuk meningkatkan interaktivitas.

Ionic Framework juga menyediakan CLI yang akan memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi dengan bantuan satu perintah dengan berbagai plugin.

3. Kombinasi antara Ionic dan Angular yang Hebat

Kombinasi framework Ionic dan Angular menyediakan platform hebat untuk membuat aplikasi seluler. Angular membentuk dasar untuk kerangka Ionic. Angular menyediakan interaksi dengan layanan web backend.

Ionic Framework adalah teknologi canggih yang memungkinkan Anda membuat web dan aplikasi seluler modern jauh lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan metode pengembangan aplikasi asli lainnya. Metode ini memungkinkan Anda untuk mengetahui banyak bahasa lain yang akan menjadi keuntungan bagi karir Anda yang sedang berkembang.

Perangkat ini menawarkan berbagai fitur untuk mengembangkan aplikasi seluler yang mendukung berbagai platform. Hal ini memungkinkan tim pengembangan untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya untuk pengembangan.

Jika Anda ingin mengembangkan sebuah aplikasi namun belum paham cara mengembangkannya, jangan lupa kunjungi Appkey di https://appkey.co.id. Appkey menyediakan jasa pengembangan aplikasi dan website yang terjangkau untuk Anda. Buat aplikasi dan website untuk bisnis Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya