Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIInterface Adalah? Simak Pengertian dan Contoh Lengkapnya

Interface Adalah? Simak Pengertian dan Contoh Lengkapnya

-

Semakin berkembangnya zaman, alat digital pun semakin jauh perkembangannya. Tidak hanya desainnya saja yang diperbagus, tapi juga interfacenya sudah dibuat semumpuni mungkin.

Karena interface adalah garda terdepan bagi suatu alat digital jadi sudah selayaknya desain yang dibuat harus semenarik mungkin. Selain itu, interface juga harus dibuat secompatible dan sesederhana mungkin.

Hal ini dikarenakan interface juga disesuaikan dengan spesifikasi alat yang digunakannya. Sehingga dalam mendesain interface ini tidak boleh sembarangan. Meskipun terlihat sepele, tapi siapa sangka jika untuk mendesain UI saja seseorang akan dibayar dengan harga yang lumayan.

Jadi penasaran sebenarnya interface adalah apa, dan seperti apa saja contoh interface yang sudah berkembang saat ini?

Pengertian Interface Adalah

interface adalah

Interface atau dalam bahasa Indonesianya adalah antarmuka merupakan garda terdepan bagi suatu alat digital. Hal ini dikarenakan interface merupakan suatu layanan ataupun mekanisme yang diberikan kepada setiap pengguna alat digitalnya. Biasanya layanan ini berbentuk komunikasi antara pengguna (user) terhadap sistem operasi yang terdapat dalam alat digitalnya.
Dalam hal ini antarmuka akan memberikan layanan berupa informasi kepada penggunanya sesuai yang dibutuhkan. Nantinya antarmuka ini akan memberikan layanan serta pemecahan masalah sampai masalah tersebut tuntas. Dengan menggunakan antarmuka ini memungkinkan sistem operasi untuk bersentuhan langsung dengan para penggunanya. Tanpa memerlukan hal yang rumit.

Interface sendiri memiliki fungsi untuk memasukkan pengetahuan baru ke dalam ES yang merupakan basis pengetahuan sistem pakar. Jadi saat sebuah software ataupun hardware baru ditambahkan ke dalam alat digital, interface ini yang pertama kali memberikan informasi. Ini terkait juga dengan sistem interface yakni input dan output yang keduanya sama-sama tentang memberikan efek manipulasi.

Interface ini biasanya didesain seindah mungkin, tapi tetap bersifat compact. Contoh sederhananya yakni pada alat digital smartphone. Dalam interface ini juga biasanya ditampilkan penjelasan tentang sistem dan bagaimana cara menggunakan sistem tersebut. Karenanya syarat utama desain interface adalah kemudahan.

Contoh-Contoh Interface

interface adalah2

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa contoh sederhana dari user interface terletak pada sebuah smartphone. Halaman utama yang biasanya berisikan menu itulah yang merupakan user interface. Tapi selain itu ternyata masih banyak sekali contoh interface yang sangat jarang untuk diketahui. Padahal sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Untuk contoh interface adalah sebagai berikut:

Command Line Interface

Pertama ada command line yang perintah dari penggunanya menggunakan sistem text terminal. Biasanya pengguna akan mengetikkan baris-baris tertentu yang berisikan perintah untuk menjalankan program dan perintah pada sistem operasi. CLI atau command line interface adalah antarmuka yang paling banyak digunakan dalam alat digital. Namun biasanya menggunakan kode yang berbeda-beda.

Graphical User Interface

Berbeda dengan sebelumnya interface kali ini bersifat lebih sederhana dengan mengandalkan gambar sebagai petunjuk yang digunakan. Biasanya gambar-gambar ini akan dipilih sebagai bentuk perintah dari pengguna kepada sistem operasi. Dalam memilih gambar ini bisa menggunakan pointer seperti mouse, ataupun dipencet langsung layaknya touch screen. Konsep seperti ini disingkat dengan nama WIMP.

Artikel Terkait  10 Poin Penting untuk Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi yang Sukses

Interface Tulisan

Selanjutnya ada interface yang berbentuk perintah menggunakan tulisan. Biasanya interface ini digunakan dalam alat yang memiliki fungsi dan sederhana. Biasanya dengan tulisan ini sangat mungkin bagi pengguna untuk membuat sebuah pilihan yang ada dalam sistem operasinya. Meskipun begitu, tidak jarang interface seperti ini digunakan pada alat komunikasi yang lebih rumit.

Dalam Bentuk Pemilihan Menu

Contoh yang keempat ini sudah disinggung sebelumnya merupakan contoh interface paling gampang serta paling mudah ditemukan. Dalam hal ini biasanya pengguna akan memilih menu yang diinginkannya untuk menjalankan suatu proses. Sistem input output interface juga bisa dilihat dalam proses ini. Di mana proses menginstal dan uninstal sebuah aplikasi adalah salah satu contohnya.

Tempat Interaksi Langsung

Daftar kelima dalam contoh interface adalah tempat berlangsungnya sebuah interaksi yang bersifat real time. Sebagai contoh saat seseorang memilih menu memutar lagu maka itu akan menjadi perintah untuk sistem operasi. Nantinya sistem operasi akan memutar lagu tersebut sebagai bentuk penyelesaian dari sesuatu yang diperintahkan. Seperti itulah contoh sederhananya.

Perintah Suara

Ini merupakan interface yang paling viral tidak hanya karena kemudahannya saja, tapi juga karena terkadang terjadi kesalah pahaman. Biasanya seseorang akan menyebutkan hal yang ingin untuk dilakukan, dan sistem operasi yang mendengarkannya menangkap itu sebagai sebuah perintah. Nantinya sistem operasi akan mengeluarkan sesuatu kepada penggunanya sesuai keinginan dari pengguna tersebut.

Artikel Terkait  Pastikan UI Web Anda Sudah User Friendly! Tips Membangun UI yang User Friendly

Pengisian Form

Ternyata pengisian suatu formulir juga menjadi salah satu contoh interface. Biasanya formulir yang digunakan sebagai contoh adalah beberapa formulir yang ada di dalam website ataupun blog. Bisa juga formulir yang disediakan oleh sistem operasi tersebut untuk penggunanya isi. Jadi tidak ada yang menyangka bahwa hal seperti ini merupakan contoh interface.

Menggunakan Perintah Tertulis

Selanjutnya juga ada interface yang kelihatannya hampir mirip dengan interface sebelumnya namun ternyata berbeda. Biasanya interface ini mengharuskan penggunanya untuk menuliskan sesuatu sebagai bagian dari penyelesaian masalah. Salah satu contohnya yang paling sering ditemukan sehari-hari adalah menulis menggunakan email. Karena email ini mengharuskan penggunanya untuk menulis.

Speech Recognition

Ini hampir sama dengan perintah suara sebelumnya tapi kali ini lebih mengkonversi suara yang ada menjadi sebuah tulisan. Karena sifat suara manusia yang unik dan khas untuk setiap individu, maka sistem operasi akan merekamnya. Nantinya suara rekaman tersebut akan digunakan sebagai tanda pengenal pengguna dari sistem operasi tersebut.

Tangible UI

Untuk contoh yang satu ini tidak terlalu banyak ditemui karena memang menggunakan piranti dan protokol yang agak rumit. Dengan pengertian sederhana dari tangible user interface adalah lingkungan fisik yang melakukan interaksi dengan informasi digital. Biasanya dalam penggunaannya menggunakan representatif dalam bentuk fisik dan nantinya akan digabungkan dan dicampur dengan informasi digital.

Computer Vision

Selanjutnya ada computer vision yang biasanya digunakan dalam bentuk interface suatu robot. Dalam hak ini interface akan menjalankan perintah berdasarkan gambar yang diberikan. Gambar-gambar tersebut nantinya akan disusun sesuai dengan urutan yang diinginkan dan dikumpulkan dalam bentuk video. Video inilah yang nantinya menjadi perintah bagi sistem informasi dari penggunanya.

Artikel Terkait  Mau Mendesain UI/UX Tanpa Ngoding? Yuk Pakai “Axure”!

Speech Synthesis

Terakhir ada interface dalam bentuk pergantian sebuah pidato atau kata-kata menjadi bentuk synthesizer. Secara sederhananya synthesizer ini merupakan gelombang suara yang dihasilkan melalui sebuah alat biasanya alat musik.

Nantinya dari proses synthesis ini sistem komputer akan menangkap sinyal yang diberikan sebagai perintah untuk melaksanakan sesuatu atau bagian dari suatu penyelesaian masalah.

Bagaimana? Ternyata interface adalah suatu hal yang memang sudah lekat dan ada dalam kehidupan manusia sehari-harinya. Melalui penjelasan di atas pengguna diharapkan sudah tidak usah bingung lagi dalam memahami apa itu interface. Selain itu pengguna juga sudah mengetahui contoh-contoh apa saja yang ada dari interface ini.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya