Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIUI Adalah? Apa Perbedaannya Dengan User Experience (UX)?

UI Adalah? Apa Perbedaannya Dengan User Experience (UX)?

-

Bagi orang awam mungkin tidak familiar dengan beberapa istilah seperti UI dan UX. Mungkin ada yang akan bertanya, istilah macam apa UI dan UX ini. Artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang UI adalah dan UX serta perbedaan keduanya.

Pada dasarnya kedua ini berkaitan dengan tampilan dari website dan juga tampilan dari sebuah aplikasi. Sebelum membahas lebih jauh tentang kedua istilah yang digunakan dalam dunia teknologi informasi ini.

UI adalah merupakan kependekan dari User Interface, sedangkan UX adalah kependekan dari User Experience. Keduanya memang sama-sama digunakan dalam desain website dan juga aplikasi.

Kedua istilah ini memiliki definisi dan fungsi yang berbeda. Namun, sebelum lanjut ada hal yang harus diketahui dan sama-sama pentingnya untuk dibahas. Dalam sebuah perangkat, ada istilah yang dinamakan HCI Concept. HCI sendiri merupakan singkatan dari Human Computer Interaction dan tentunya berhubungan erat dengan UI dan juga UX ini.

HCI Concept sendiri merupakan segala interaksi yang dilakukan dalam menjalankan sebuah perangkat komputer, seperti menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser smartphone, dan semua kontrol penuh yang dilakukan pada perangkat device, laptop, komputer, dan juga smartphone.

Definisi UI Adalah?

ux-ui4-1

UI adalah sebuah bagian visual yang dimiliki oleh sebuah website, di mana UI ini merupakan software yang berguna untuk memastikan lengkapnya informasi yang didapatkan user dari suatu website atau aplikasi. Tujuan dari diciptakannya UI adalah agar usability dan user experience semakin meningkat.

Ketika usability dan user experience dari sebuah website atau pun aplikasi meningkat, maka traffic akan datang semakin banyak. Jika UI dalam aplikasi atau website yang dimiliki itu baik, maka akan membuat pembaca merasa tertarik untuk mengunjungi halaman website yang dimiliki.

Itulah mengapa UI menjadi sedemikian penting dalam proses pendesainannya. Desain terbaik dari UI atau antarmuka ini akan menambah atau memaksimalkan pengalaman pengguna jika berkunjung dan menelusuri ke halaman website atau aplikasi yang sudah didesain sedimikian rupa.

Mungkin tak banyak yang tahu jika desain atau tampilan dari sebuah website dan aplikasi itu berperan dalam peningkatan traffic. Bahkan desain dari sebuah tombol saja sangat berpengaruh. Jika pengguna tidak dapat menavigasi sebuah aplikasi atau website, website yang dimiliki akan cenderung memiliki traffic yang stagnant.

Pengertian UX

User exeperience atau jika dalam diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki pengertian sebagai pengalaman pengguna. Maksud dari pengalaman ini adalah kesan atau pengalaman yang diberikan oleh sebuah aplikasi atau website kepada penggunanya dengan maksud memberikan pengalaman telusur yang menyenangkan dan juga menarik.

Seiring semakin berkembangnya zaman dan juga berpengaruh pada teknologi membuat banyak sekali perubahan, termasuk pada penggunaan aplikasi atau website. Jika dulunya aplikasi terbilang “baik” karena memiliki usability, sekarang tidak lagi. Diperlukan juga user experience yang baik guna meningkatkan traffic pada website ataupun aplikasi yang dimiliki.

Sebagai penggambaran sederhana, bagaimana perasaan seseorang saat berlama-lama dalam menggunakan aplikasi seperti Wattpad, Instagram, WhatsApp, atau toko online lainnya? Jika ingin diperhatikan pasti jawabannya mereka senang berlama-lama dalam menatap semua aplikasi ini. Artinya apa? User experience yang diberikan oleh semua aplikasi diatas sangat baik.

Apa saja manfaat yang diberikan oleh user experience ini? Yaitu pertama, kemudahan saat menggunakan aplikasi. Kedua, lebih dekat dengan keberhasilan para development karena aplikasinya menarik minat pengguna. Ketiga, mampu menghasilkan user interface atau antarmuka yang bagus, menarik dan juga sinkron dalam sebuah pengoperasian sistem software.

Artikel Terkait  Pastikan UI Web Anda Sudah User Friendly! Tips Membangun UI yang User Friendly

Perbedaan Antara UI dan UX

user-experience-1

Saling berbeda, namun saling mempengaruhi. Kata ini mungkin cocok untuk menggambarkan keduanya. Di mana UI adalah dampak dari penerapan UX. Sudah tahu kan pengertian dari masing-masing istilah di atas? Sudah dapat membedakannya? Jika belum, berikut ini perbedaan paling mendasar dari UI dan UX:

Segi Fungsi

Jika dilihat dari segi fungsi keduanya cukup berbeda. Untuk UI lebih berfungsi pada pembuatan desain e-commarce menjadi lebih baik. Sedangkan UX berfungsi dalam merancang tampilan sebuah website dalam memaksimalkan interaksi antara user dan juga aplikasi yang dipakai.

Pada dasarnya UI adalah produk yang dihasilkan oleh user exeperience. Artinya ketika user exeperience yang didesain dalam sebuah aplikasi atau website maka akan menghasilkan UI yang juga baik. Akibatnya pasti akan meningkatkan jumlah traffic yang masuk ke dalam website dan itu akan menguntungkan development itu sendiri.

Tujuan Penerapannya

Meskipun berbeda dari segi fungsi dan komponen dasar, sebenarnya user interface dan user exeperience sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kelancaran user selama berselancar pada website atau pun sebuah aplikasi sistem. Untuk tujuan utama UI dan UX ini masing-masing tentunya berbeda.

Tujuan penerapan dari UI sendiri adalah untuk memastikan interface atau antarmuka dapat berjalan baik dan selaras yang komponenenya meliputi font, gambar, dan juga visualnya. Sedangkan untuk tujuan penerapan UX sendiri lebih ke menjadi jembatan agar UI ini bisa bekerja baik dengan sistem sehingga menimbulkan tampilan yang menarik dan mendatangkan traffic.

Alur Kerjanya

Berbeda fungsi dan tujuan penerapan tentunya juga berbeda alur kerjanya. Bila ingin dikaitkan, user experience lebih kepada mengontrol bagaimana UI bekerja, sementara desainer UI lebih ke bagaimana hal tersebut ditampilkan. Meskipun demikian, keduanya tetap saling berkoordinasi dalam membuat tampilan dan penggunaan sistem menjadi lebih baik.

Kecenderungan adanya perbedaan alur kerja dari keduanya bisa dilihat dari bagaimana proses atau aktivitas yang dihasilkan. User experience lebih kepada pengerjaan application flow, tombol-tombol beroperasi dan kinerja UI aktif memberikan informasi kepada pengguna. Sedangkan UI adalah lebih ke bagaimana agar semua elemen bisa ditampilkan.

Artikel Terkait  Mengenal Marvel App untuk Ciptakan Prototipe Produk yang Simpel

Proses Research

Faktor pembeda yang cukup signifikan dari keduanya ialah proses researchnya. Penelitian atau reserach ini penting dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana membuat website yang efektif. Sebelum membuat aplikasi atau konten, biasanya pihak development akan mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pengguna.

Letak perbedaan diantara research keduanya ada pada informasi yang dibutuhkan dalam pengembangnnya. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa tidak ada produk yang bisa langsung sempurna. Pengembangan akan terus dilakukan dengan meminta pendapat dan juga review dari pengguna.

Pengetahuan akan desain UI dan UX ini sangatlah penting bagi semua orang, terkhusus bagi pihak development. Pastinya aplikasi atau software yang dibuat bisa memberikan manfaat dan kenyamanan menggunakan bagi para user bukan? Untuk itulah diperlukan pemahaman akan hal-hal mendasar ini agar langkah yang dialami pengguna dalam mengoperasikan berjalan baik dan lancar.

Demikianlah tadi beberapa ulasan mengenai user experience dan juga user interface. Memang keduanya dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna dalam memakai sebuah aplikasi, serta UI adalah media komunikasi bagi sistem dan juga perangkat yang digunakannya. Semoga artikel ini bisa mengedukasi pembaca sekalian.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya