Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Aplikasi MVP Development - Cara Mudah dan Cepat Untuk...

Aplikasi MVP Development – Cara Mudah dan Cepat Untuk Mengembangkan Apapun

-

Dalam dunia aplikasi seluler, produk Layak Minimum merupakan jalan terbaik untuk memperoleh keberhasilan. Hal tersebut karena produknya memiliki keuntungan yang lebih baik dan hampir tidak ada dampak negatifnya.

MVP – Apa itu Sebenarnya?

MVP 1

Definisi MVP yang ditemukan dalam situs pencarian akan memberi tahu Anda banyak penjelasan, tetapi tidak akan memberi Anda gambaran keseluruhan.

Mengapa pengembang mendorong pendekatan MVP ? Apa yang didapat pemilik produk darinya? Bagaimana pengguna mendapatkan keuntungan darinya?

Semuanya terjalin erat dan efek dari model kerja seperti itu jauh lebih memuaskan di semua sisi daripada cara tradisional. Kami akan mendefinisikannya seperti sebuah kopi.

Mari Kita Mulai dengan Sebuah Ide!

Jadi, misalnya Anda memiliki ide untuk membuat sebuah aplikasi. Penuh fitur, opsi, tersedia di semua platform, mampu melayani jutaan pengguna di seluruh dunia. “Cappucino Full Cream Double Shot Extra Foamy dengan cokelat berbentuk hati dan taburan granule di atasnya” – rumit, menarik, enak, dan buku terlaris di masa mendatang. Tetapi bagaimana Anda tahu apakah ini yang benar-benar diinginkan atau dibutuhkan orang? MVP untuk menyelamatkan!
Produk yang Layak Minimum

Versi pertama aplikasi Anda harus lebih seperti latte biasa seperti sesuatu yang diketahui orang, disukai, dan ingin diuji dari vendor baru. Pastikan versi MVP aplikasi Anda menyertakan fitur utamanya. Ini akan memberi Anda produk perangkat lunak berharga yang sudah dapat Anda rilis dan membuat pengguna membiasakan diri.

Aplikasi seperti ini akan relatif murah dan cepat dibuat oleh pengembang Anda dan hanya menghabiskan sebagian kecil dari anggaran keseluruhan.

Pilih Teknologi

Bentuk aplikasi MVP development dan produk akhir tergantung pada teknologi pengembangan yang kita gunakan. Diskusikan pilihan Anda dengan software house yang akan bekerja sama dengan Anda untuk mendapatkan detail seperti jadwal, biaya, dan ukuran tim.

Hasil MVP

Dengan aplikasi langsung, Anda dapat melanjutkan pengembangan berdasarkan fakta, bukan asumsi. Artinya, aplikasi akan diuji oleh pengguna sebenarnya, yang akan memberi Anda pemikiran tentang apa yang dapat ditambahkan, apa yang salah dengannya, dan menunjukkan ke mana harus pergi selanjutnya.

Sebagai bonus, hal itu akan menyebabkan apliaski ada di pasar lebih awal. Kemudian pada saat itu, aplikasi sepenuhnya akan mengalami proses pengembangan karena mengumpulkan cukup banyak pengguna. Hal tersebut juga berdampak baik dalam posisi peringkat pencarian. Belajar sebanyak yang Anda bisa.

Buatlah fitur-fitur yang bermanfaat. Startup sering menghabiskan uang untuk membangun hal-hal yang tidak mereka butuhkan. Begitulah cara mereka kehilangan potensi. Fokus pada fakta, ceritakan kisah, dan rilis produk aplikasi MVP development di tahap awal.

Kumpulkan umpan balik tentang aplikasi Anda

Dengan umpan balik dari pengguna, Anda akan tahu bagaimana kinerja “latte biasa”. Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi tambahan tentang bagaimana hal tersebut dapat ditingkatkan. Jika tidak ada yang meminta busa ekstra, mungkin belum saatnya berinvestasi dalam mengembangkannya.

Anda akan dapat mengatasi bug dan kekurangan dengan lebih akurat daripada menggunakan penguji internal. Ini juga secara alami akan mengurangi kebutuhan untuk proses pengujian dan harga keseluruhan proyek. Ini juga merupakan cara terbaik untuk membangun aplikasi yang ramah pengguna.

Mengapa Anda Harus Berinvestasi di MVP?

Ada beberapa keuntungan bagi pemilik produk dan agen pengembangan aplikasi seluler. Minimum Viable Product menjadi fasilitasi yang memungkinkan kedua belah pihak untuk mengetahui apa yang diinginkan pengguna, apa kebutuhan pasar dan fitur apa saja yang krusial untuk kesuksesan produk.

Ini adalah cara sempurna untuk menguji asumsi dan mendapatkan visi yang jelas tentang jalur yang harus diikuti proyek.

Ada juga poin yang pasti penting bagi pemilik startup. Lebih mudah untuk mendapatkan investor dengan aplikasi MVP development karena Anda memiliki presentasi langsung dari aplikasi seluler Anda. Selain itu, Anda juga dapat menunjukkannya kepada calon pemangku kepentingan.

Ini akan membuktikan bahwa Anda serius untuk mempublikasikannya dan bahwa Anda mengambil langkah untuk mewujudkannya. Memiliki produk perangkat lunak yang dibuat sebelumnya dengan fitur inti dan sekelompok pengguna awal memperkuat posisi bisnis kami di pasar.

Membangun MVP memberi Anda kesempatan untuk mengetahui bagaimana komponen UX dan UI berkontribusi pada kegunaan dan intuisi aplikasi seluler Anda. Ini adalah cara universal untuk menguji setiap elemen perangkat lunak, tetapi dengan desain, ini sangat penting karena ini adalah lapisan yang akan berinteraksi dengan pengguna.

Luangkan waktu Anda untuk mengumpulkan umpan balik tentang warna, font, ukuran, dan fitur visual lainnya. Kemudian, sesuaikan.

Artikel Terkait  Perbedaan iOS 13 dan iOS 14 : Berikut Ulasan Fitur-Fitur iOS Terbaru?

Bagaimana Anda Bisa Membangun MVP? Rencana Terperinci

Proses aplikasi MVP development terdiri dari tahapan yang harus diselesaikan untuk merilis Produk Layak Minimum yang layak untuk dicoba. Mulailah dengan ide-ide umum dan maju dengan pemikiran yang lebih rinci untuk menentukan setiap elemen dari rencana Anda dan kemudian menindaklanjutinya.

MVP yang akan Anda bagikan dengan pengguna Anda akan memberikan hasil yang spektakuler jika Anda melakukannya dengan benar.
Berikut adalah tahapan pengembangan aplikasi MVP yang harus Anda ingat. Akan lebih baik jika Anda menentukan tujuan yang ingin Anda capai dan kriteria evaluasi untuk mengukur hasilnya.

Temukan masalah untuk dipecahkan

Tidak ada yang boleh mengembangkan aplikasi seluler yang tidak bermanfaat bagi masyarakat. Pengguna Anda mengharapkan Anda menyelesaikan masalah untuk mereka.
Anda perlu memikirkan permasalahan yang mereka alami dan memberi mereka produk yang akan menjadi jawabannya.

Sebelum Anda membuat MVP, coba teliti pasar dan tanyakan kepada calon pengguna apa yang mereka lewatkan dalam aplikasi. Kemudian, analisis umpan balik mereka untuk memutuskan jenis fitur apa yang penting untuk produk MVP yang akan Anda buat. Ingat, mereka harus fokus pada inti masalah yang Anda pilih!

Pikirkan pengguna target Anda

Playing,His,Business,Strategy

Tidak ada aplikasi seluler yang didedikasikan untuk semua orang. Setiap bisnis harus menemukan ceruknya dengan pengguna unik yang akan mengidentifikasi dengan merek karena mereka akan merasa itu berbicara kepada mereka.

Bayangkan pelanggan sempurna Anda, siapa nama, usia, lokasi mereka? Di mana mereka bekerja, apa yang mereka minati? Bagaimana mereka menghabiskan waktu luang mereka? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menggambar seseorang yang mewakili semua pengguna aplikasi seluler Anda.

Gambar jalur pengguna

Saat Anda mengetahui apa yang diinginkan pengguna, Anda dapat merencanakan jalur pengguna atau, dengan kata lain, perjalanan pengguna.

Mereka adalah jalur virtual yang akan diikuti pengguna Anda dari saat pertama mereka membuka aplikasi seluler Anda hingga garis akhir, tempat masalah mereka akan terpecahkan. Untuk membangun fitur yang berfungsi dengan benar, Anda harus mengetahui setiap langkah perjalanan.

Dengan cara ini, Anda merancang pengalaman pengguna yang positif dan praktis.

Pilih bentuk MVP Anda

Aplikasi MVP development adalah produk yang bisa datang dalam berbagai bentuk dan bentuk sama seperti perangkat lunak biasa. Sebelum Anda memasuki pasar dengan versi apa pun dari perangkat lunak Anda, pikirkan tentang teknologi yang akan digunakan untuk membangunnya.

Misalnya, alih-alih membuat aplikasi seluler yang tepat, Anda dapat memulai dengan PWA (aplikasi web progresif) dan mengumpulkan umpan balik dari pengguna awal sebelum menghabiskan lebih banyak sumber daya untuk produk yang sebenarnya.

Tahapan Pengembangan Aplikasi MVP

biaya-membuat-aplikasi

Sekarang mari kita lihat teknisnya dan lihat apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk membangun produk perangkat lunak awal. Prosesnya mirip dengan pengembangan aplikasi, jadi Anda bisa mulai dengan desain UX / UI untuk membuat sisi visual aplikasi MVP development dan menandai semua interaksi dengan fitur-fiturnya.

Kedua, Anda mungkin perlu beralih ke pengembangan back-end di mana semua database dikonfigurasi. Lapisan ini bertanggung jawab untuk memproses data dan tidak terlihat oleh pengguna akhir, tetapi sangat penting untuk membuat semua komponen bekerja sama dengan baik.

Di sisi lain, pengembangan front-end bertanggung jawab atas bagian luar aplikasi yang akan langsung digunakan oleh pelanggan Anda. Tahap ini terjadi tepat setelah back-end selesai. Bergantung pada teknologi yang Anda pilih dan jenis MVP yang Anda inginkan (aplikasi seluler atau web, native atau lintas platform), fase-fase ini dapat memakan waktu lebih lama atau lebih sedikit karena mungkin memerlukan tim yang lebih besar.

Pengujian otomatis dan manual dilakukan selama pengembangan MVP untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Menjelang akhir, intensitas pengujian meningkat. Semua fitur harus berfungsi dengan baik, sehingga produk MVP Anda memenuhi tujuannya.

Artikel Terkait  Kunci Pengembangan Aplikasi adalah Monetisasi! 4 Metode untuk Mendapatkan Laba

Berapa Biaya Pengembangan MVP

Tidak ada keraguan bahwa membangun MVP lebih murah daripada pengembangan aplikasi seluler lengkap. Itulah alasan kami berinvestasi dalam produk ini untuk menghemat uang dengan mempelajari semua yang perlu kami ketahui tentang pasar dan pengguna kami. Kita bisa memoles ide kita untuk membuat aplikasi yang sempurna nanti.

Tidak ada cara yang ideal untuk memberikan perkiraan biaya yang tepat untuk Produk Minimum yang Layak. MVP selalu merupakan sesuatu yang lain, tergantung pada visi pemilik produk dan semua faktor yang telah kami sebutkan di atas.
Pasar dan pengguna dapat menentukan berapa banyak fitur yang akan dimiliki MVP Anda, teknologi apa yang akan digunakan untuk membangunnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Ini akan memakan waktu lama untuk membangun MVP, jadi Anda perlu memperlakukan tahap ini sebagai bagian integral dari proyek. Pada akhirnya, ini akan membantu Anda untuk mengelola anggaran produk Anda dengan lebih efisien.

Apa yang terjadi setelah membangun MVP?

Jadi aplikasi MVP development Anda dirilis, tetapi Anda tidak boleh hanya duduk dan menunggu. Tentu saja, Anda harus memantau pasar dan mengumpulkan umpan balik – itulah tujuan utama produk ini.

Berdasarkan pendapat dari pengguna awal, Anda akan mengetahui apakah asumsi proyek Anda benar. Anda juga dapat menemukan ide baru yang tidak terduga, jadi bacalah kata-kata calon pelanggan Anda dengan cermat.

Maka Anda harus segera bertindak dan mulai mengembangkan produk Anda lebih jauh . Jika konsep bisnis Anda terbukti benar oleh MVP, bagus! Anda dapat mengikuti rencana apa adanya. Jika tidak – berikan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan untuk membuatnya lebih baik. Jangan buang waktu Anda untuk menganalisis semua masalah selama berhari-hari.

Keluarkan saja hal-hal yang gagal dalam tes MVP dan tambahkan hal-hal yang digarisbawahi oleh pelanggan Anda seperlunya. Produk yang Layak Minimum adalah prototipe yang seharusnya menunjukkan kepada Anda ke mana harus pergi selanjutnya.

Dan bagaimana jika ide produk saya benar-benar salah?

Dengan MVP, ada tiga kemungkinan skenario:

1. Ide Anda terbukti benar dan Anda dapat terus mengerjakan produk.
2. Ide Anda tidak sempurna (ia memiliki kelebihan dan kekurangan yang membutuhkan beberapa perubahan).
3. Ide Anda hanya menerima umpan balik negatif (tampaknya audiens target Anda tidak menghargai konsep produk yang Anda usulkan).

Apa yang harus dilakukan?

Pastinya jangan menyerah! Anda mungkin berpikir bahwa ini sudah berakhir dan tidak ada yang dapat Anda lakukan. Tapi itu tidak benar.

Jika Anda berkolaborasi dengan software house, Anda harus meminta saran dari mereka. Keahlian bisnis dan pengalaman bertahun-tahun mereka dalam pengembangan perangkat lunak akan menjadi sangat berharga ketika mencoba untuk menentukan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Analisis pasar sekali lagi, cari tahu bagaimana persaingan berkembang pesat dan tukar pikiran tentang lebih banyak ide. Ini mungkin membuat frustrasi dan akan menghabiskan banyak waktu dan uang, tetapi jika Anda serius menjalankan bisnis atau membuat startup – Anda akan belajar pelajaran dari pengalaman ini dan setiap kali Anda mengejar konsep baru, Anda akan menjadi lebih baik dalam hal itu .

Membangun MVP – Ringkasan

Jika ternyata Anda membutuhkan penyesuaian yang signifikan untuk pengembangan produk Anda yang tidak termasuk dalam proyek, pengembang Anda akan dapat mengusulkan lebih dari sekedar “Ingin lebih? Bayar lebih banyak ”.

Mendengarkan pengguna awal Anda dapat membantu Anda membuat keputusan untuk mengubah model bisnis berdasarkan pengalaman pengguna dengan produk aplikasi MVP development Anda saat ini.

Misalnya, Anda dapat menunda pengembangan fitur yang kurang penting dan membelanjakan uang untuk hal yang sangat dibutuhkan.

Secara umum, biaya pengembangan aplikasi MVP lebih rendah karena Anda tidak membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak berguna. Seperti yang Anda lihat, pendekatan MVP untuk pengembangan perangkat lunak memiliki keuntungan yang tak terbantahkan.

Untuk semua proyek dengan pandangan untuk mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna, serta persyaratan pemilik – Aplikasi MVP development adalah cara untuk mewujudkan ide.

Dari sudut pandang pengembang – kami menyukainya. Software house terhormat mana pun bertujuan untuk mengembangkan produk, bukan hanya membuat dan melupakan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya