Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi iOS Swift IDE Terbaik untuk Pengembangan Aplikasi iOS

Swift IDE Terbaik untuk Pengembangan Aplikasi iOS

-

Integrated Development Environtment adalah perangkat lunak yang berisikan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh developer untuk membangun berbagai applikasi maupun perangkat lunak lainnya.

IDE bisa berisikan berbagai hal penting yang dibutuhkan untuk programming dan developing, misalnya seperti syntax highlighting, code completion, hingga debugging.

Swift adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk membangun aplikasi ataupun software untuk iOS dan macOS. Kali ini, kami akan membahas tentang Swift IDE terbaik yang bisa Anda gunakan dalam pemrograman Swift. Jika Anda tertarik, pastikan membaca sampai akhir.

Swift IDE

swift-1

Swift adalah bahasa pemrograman yang kuat dan intuitif untuk berbagai sistem operasi dari produk-produk Apple. Kode Swift bersifat interaktif dan menyertakan fitur modern untuk developer. Pada artikel ini, kami mencantumkan 6 IDE terbaik untuk pengkodean dalam bahasa Swift.

1. AppCode

Banyak yang menyebutkan bahwa AppCode adalah smart IDE untuk memprogram iOS ataupun macOS. AppCode sendiri dinaungi oleh Jetbrains saat ini. Jetbrains juga telah banyak menaungi berbagai developer tools terkenal seperi Pycharm, IntelliJ IDEA, dan Goland.

IDE ini mempunyai banyak feature yang bisa membantu Anda, sebagai contoh, saat menulis kode menggunakan AppCode, analisis statis atau semua bahasa yang didukung akan menyoroti setiap kesalahan atau peringatan dan menyarankan perbaikan cepat tepat saat Anda mengetik, menavigasi ke kelas, fungsi, atau simbol apa pun dalam kode Anda dengan cepat dan hanya memeriksa penggunaan yang relevan saat mencari.

AppCode menawarkan dua jenis penyelesaian kode: penyelesaian dasar saat Anda mengetik, dan penyelesaian SmartType yang lebih canggih untuk penyaringan saran yang lebih tepat. AppCode menyediakan lebih dari 60 pemeriksaan kode hanya untuk Objective-C, C dan C++, dan sejumlah pemeriksaan kode untuk bahasa lain yang didukung.

AppCode juga mendukung testing framework seperti XCTest, Quick, Kiwi, Catch, Boost.Test, dan Google Test, dan menyediakan test runner bawaan bersama dengan UI yang kuat untuk menyelidiki hasil pengujian. Ini menyediakan antarmuka terpadu kelas satu untuk VCS paling populer termasuk Subversion, Git, GitHub, Mercurial, CVS, Perforce, dan TFS.

Download AppCode di: https://www.jetbrains.com/objc/.

2. Atom

Atom adalah editor kode sumber terbuka yang bekerja di berbagai sistem operasi. Dikembangkan oleh GitHub, lingkungan yang sangat dapat disesuaikan dan kemudahan instalasi paket baru telah mengubah Atom menjadi IDE pilihan bagi banyak orang.

Atom memiliki fitur penyelesaian otomatis pintar yang membantu seseorang menulis kode lebih cepat dengan pelengkapan otomatis yang cerdas dan fleksibel. IDE ini juga termasuk manajer paket bawaan yang memudahkan untuk mencari dan menginstal paket baru atau seseorang dapat membuatnya sendiri dari IDE itu sendiri.

Di bawah Hood, Atom adalah aplikasi desktop yang dibangun dengan integrasi HTML, JavaScript, CSS, dan Node.js. Atom pun berjalan di Electron yang merupakan framework untuk membangun aplikasi lintas platform menggunakan teknologi web. Untuk menambahkan dukungan bahasa Swift Anda harus menambahkan language swift  package  di atom.

3. CodeRunner

CodeRunner adalah editor pemrograman multi-bahasa yang ringan untuk iOS/macOS. IDE ini dibangun berdasarkan prinsip menjalankan kode secara instan dalam bahasa apa pun. CodeRunner memberikan penyelesaian kode tingkat IDE yang kuat untuk sebagian besar bahasa, termasuk pencarian fuzzy, placeholder yang dapat dipilih tab, dan cuplikan dokumentasi.

CodeRunner dapat menjalankan kode dalam 25 bahasa seperti AppleScript, C, C#, Go, HTML/CSS, Java, JavaScript, LaTeX, Kotlin, Node.js, Perl, PHP, Python, Ruby, antara lain dan dapat dengan mudah diperluas untuk mendukung bahasa lainnya. IDE ini juga dapat menjalankan proyek multi-file tanpa memerlukan pengaturan manual.

Artikel Terkait  MySQL vs SQLite : Apa sih Bedanya? Yuk Cari Tahu!

4. Xcode

IDE ini merupakan pusat dari pengalaman pengembangan Apple dan merupakan lingkungan pengembangan yang sangat produktif untuk membangun aplikasi untuk Mac, iPhone, iPad, Apple Watch, dan Apple TV. Dengan Xcode, sangat mudah untuk menulis kode karena menyediakan penyelesaian kode tingkat lanjut, pelipatan kode, syntax highlighter, dan gelembung pesan yang menampilkan peringatan, kesalahan, dan informasi sensitif konteks lainnya sebaris dengan kode.

Kompiler LLVM open-source yang kuat untuk C, C++, dan Objective-C dibangun ke dalam Xcode dan tersedia dari Terminal. Selanjutnya, ketika ada kesalahan pengkodean, Xcode akan segera membuat peringatan dan satu pintasan keyboard akan langsung memperbaiki masalah tersebut.

Editor Xcode juga menyertakan fitur-fitur baru hebat di dalamnya:

  • Font San Francisco Mono dengan tema baru
  • Dokumentasi Auto-generate Quick Help yang sangat membantu
  • Syntax highlighter
  • Gambar dan warna literal dalam kode Swift
  • Penyelesaian kode untuk gambar

5. VS Code

Visual Studio Code adalah editor kode sumber open-source dan gratis sehingga bebas digunakan. Editor ini memiliki berbagai fitur interaktif seperti syntax highlighter dan pelengkapan otomatis dengan IntelliSense yang menyediakan penyelesaian cerdas berdasarkan tipe variabel, definisi fungsi, dan modul yang diimpor, kode debug, perbedaan tinjauan, file panggung, dan membuat komit langsung dari editor, dan lain sebagainya.

Ekstensi untuk Kode VS menyediakan dukungan untuk bahasa Swift yang mencakup daftar penyelesaian, bantuan tanda tangan, cuplikan, info cepat, dan definisi goto. Untuk bekerja di lingkungan Swift, pengguna harus menginstal Visual Studio Code dan kemudian mencari ekstensi Swift for Visual Studio Code dari palet perintah.

6. Sublime Text

SublimeText adalah editor teks canggih untuk kode, markup, dan prosa. Ini adalah editor kode sumber lintas platform yang secara native mendukung berbagai bahasa pemrograman serta bahasa markup.

IDE ini pun termasuk “Goto Anything,” untuk navigasi cepat ke file, simbol, atau garis, “Command Palette” yang menggunakan pencocokan adaptif untuk permintaan keyboard cepat dari perintah arbitrer termasuk pengeditan simultan.

Untuk bahasa pemrograman Swift, SublimeText memiliki paket yang dikenal sebagai Swift-Sublime-Package yang perlu diinstal melalui Package Control. Ia mungkin salah satu editor kode paling luas saat ini, meskipun telah kehilangan momentum akhir-akhir ini dengan pengguna yang menyukai pesaing lain yang sedang naik daun seperti Atom milik GitHub sendiri.

Namun, Anda tetap dapat menambahkan dukungan bahasa Swift menggunakan paket Swift dengan sangat mudah.

7. Silver

Silver adalah implementasi gratis dari bahasa pemrograman Swift Apple. IDE pun telah dibangun oleh developer dari REM Objects. IDE ini memiliki berbagai hal di atas pengetahuan dan teknologi kompiler yang solid selama lebih dari sepuluh tahun, dengan Silver.

Anda dapat menggunakan Swift untuk menulis kode secara langsung terhadap berbagai target pengembangan, dari .NET melalui Java dan Android hingga, tentu saja, Kakao. Dan Anda juga dapat berbagi banyak kode non-UI antar platform.

Dengan Elements, Anda dapat menggunakan bahasa Swift untuk menargetkan hampir semua platform pengembangan saat ini. Semuanya sepenuhnya asli dan dengan akses langsung dan penuh dari masing-masing API. Berikut ini adalah contoh platform yang ditargetkan untuk menggunakan Silver.

  • Windows, termasuk .NET, aplikasi Universal Windows dan Win32 asli.
  • Android, baik aplikasi Android SDK berbasis Java biasa, maupun Android NDK.
  • Mac, iOS, tvOS, menggunakan Cocoa yang sepenuhnya asli.
  • Linux, baik secara native maupun melalui Mono.
  • Web, sisi server melalui ASP.NET atau JSP, dan sisi browser dengan WebAssembly. … dan banyak lagi

Artikel Terkait  Java 9 Telah Rilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

8. Microsoft Visual Studo

Microsoft Visual Studio adalah IDE dari Microsoft yang digunakan untuk mengembangkan program komputer, situs web, layanan web, dan aplikasi seluler. Microsoft Visual Studio adalah IDE premium yang datang dengan harga yang terbilang murah untuk per tahunnya. Ia hadir dengan dengan banyak alat untuk pengujian kompatibilitas sehingga Anda dapat menguji di berbagai perangkat dan aplikasi.

Microsoft Visual Studio banyak digunakan di berbagai bahasa pemrograman, tidak hanya Swift saja. Melakukan debug client side menjadi sangat mudah di Visual Studio. Meskipun Anda nantinya menggunakan edisi Enterprise, hal ini tetap masih sangat bagus bahwa Microsoft menawarkan edisi komunitas yang lebih ramping untuk orang lain.

Dengan menggunakan Microsoft Visual Studio ini akan sangat memudahkan Anda yang masih kekurangan budget untuk menggunakan IDE berbayar dan mahal (seperti mahasiswa) untuk mengenal Visual Studio IDE secara gratis.

Itulah penjelasan tentang Swift IDE terbaik yang bisa Anda coba jika Anda ingin menjadi programmer handal Swift. Swift adalah bahasa Pemrograman modern yang diperkenalkan kepada pengembang Apple dan dunia pada bulan Juni 2014. Modernitas terutama tentang memiliki sintaks yang efisien dan bersih yang meminimalkan pengetikan.

Swift meminimalkan kode yang tidak aman dan berupaya menangkap kesalahan sebelum kode dapat dijalankan. Swift menggunakan kompiler LLVM untuk menghasilkan kode yang optimal. IDE Swift ini hadir untuk memudahkan Anda untuk menulis dan mengedit kode-kode Anda dalam bahasa Swift sehingga bisa menghasilkan produk yang lebih smooth dan interaktif.

Kalau Anda ingin tahu teknologi pemrograman terbaru kunjungi https://appkey.id/ dan aktifkan notifikasi agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya