Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Apa itu CakePHP? : Kembangkan Aplikasi PHP yang Rumit...

Apa itu CakePHP? : Kembangkan Aplikasi PHP yang Rumit dengan Cepat

-

CakePHP adalah framework untuk bahasa pemrograman PHP yang gratis dengan open-source. Cake PHP banyak digunakan untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, dan Delete) dan Anda bisa menggunakan framework ini untuk aplikasi RAD atau Rapid Application Development.

RAD adalah model pengembangan aplikasi yang mengutamakan kecepatan dalam membuat prototipe serta feedback selama periode pengembangan dan testing. Dengan cepatnya pengembangan aplikasi, developer bisa mengerjakan bebedapa iterasi serta update software tanpa perlu mengulangi pemulaian jadwal pengembangan dari awal setiap kali akan mengerjakannya.

Berikut ini adalah pembahasan tentang Cake PHP Framework yang digunakan untuk membuat Rapid Application Development terbaik.

CakePHP: Framework untuk Kembangkan Aplikasi yang Rumit dengan Cepat

php-4

Cake adalah framework pengembangan cepat gratis, open-source, yang digunakan untuk bahasa pemrograman PHP. Framework ini memiliki struktur dasar bagi programmer untuk membuat aplikasi web. Cake memungkinkan Anda bekerja dengan cepat tapi tetap terstruktur sehingga Anda tidak akan kehilangan fleksibilitas. Ini pun menjadi tujuan utama diciptakannya framework Cake.

Cake menghilangkan monoton dari pengembangan web. Cake menyediakan semua alat yang Anda butuhkan untuk mulai mengkodekan apa yang benar-benar perlu Anda selesaikan dengan logika khusus untuk aplikasi Anda. Alih-alih menemukan kembali roda setiap kali Anda mengerjakan proyek baru, periksa salinan Cake dan mulailah dengan aplikasi Anda yang sebenarnya.

Cake memiliki tim dan komunitas pengembang yang aktif, yang memberikan nilai luar biasa bagi proyek ini. Selain mencegah Anda menemukan kembali roda, menggunakan Cake PHP berarti inti aplikasi Anda telah diuji dengan baik dan terus ditingkatkan.

Artikel Terkait  10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Fitur-Fitur yang Dimiliki CakePHP

Berikut ini adalah daftar singkat fitur yang akan Anda nikmati saat menggunakan Cake PHP:

  • Komunitas yang aktif dan ramah
  • Lisensi yang fleksibel
  • Kompatibel dengan versi 4 dan 5 dari PHP
  • CRUD terintegrasi untuk interaksi database
  • Terdapat applicatipn scaffolding atau perancah aplikasi
  • Pembuatan kode
  • Memiliki arsitektur MVC
  • Anda bisa meminta petugas operator dengan URL dan rute khusus yang bersih
  • Terdapat alat Validasi bawaan
  • Templating cepat dan fleksibel (sintaks PHP, dengan pembantu di dalamnya)
  • Terdapat beberapa pembantu untuk AJAX, JavaScript, Formulir HTML, dan lainnya
  • Berisikan Email, Cookie, Keamanan, Sesi, dan Komponen Penanganan Permintaan
  • ACL yang fleksibel
  • Terdapat Sanitasi Data
  • Memiliki Caching Fleksibel
  • Terdapat Lokalisasi di dalamnya.
  • Cake PHP bekerja dari direktori situs web mana pun, dengan sedikit atau tanpa konfigurasi Apache yang terlibat

Kelebihan CakePHP Framework

Cake PHP menjadi pilihan bagi developer PHP, karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Berikut ini adalah kelebihan dari Cake PHP Framework:

  1. Cake PHP Framework bersifat Open Source. Di masa kini, open-source menjadi salah satu syarat untuk suatu framework dapat berkembang dengan baik dan menjadi framework yang banyak digunakan.
  2. para developer Cake PHP melakukan riset yang terus-menerus terhadap framework ini, di mana riset ini terorganisir dengan baik. Sebuah framework bukanlah pekerjaan yang selesai dalam waktu 1 – 2 hari oleh karena itu ia membutuhkan pembaruan terus menerus. Semakin terorganisirnya sebuah framework maka framework yang dihasilkan pun akan semakin baik.
  3. Cake mempunyai dokumentasi yang sangat lengkap karena dukungan komunitas pengguna Cake yang cukup besar, setara dengan framework besar lain seperti Node. Dokumentasinya yang lengkap ini juga membuat Cake sangat disukai oleh developer aplikasi karena tanpa dokumentasi, developer khususnya developer pemulabakan sulit mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaannya. Referensi lebih lengkap tentang dokumentasi Cake dapat Anda lihat di: http://www.cakephp.org
  4. Cake PHP adalah framework Object Oriented Programming (OOP) yang mana OOP adalah metode yang sangat mudah dipahami oleh pemula. OOP sangat disukai oleh developer karena ia adalah model programming pada komputer di mana OOP lebih mengutamakan pengaturan desain software yang berkaitan denyan data serta objek daripada mengutamakan fungsi dan logija. Dalam hal ini, objek yang dimaksud adalah bidang data yang mengandung atribut serta karakter yang unik.
  5. Cake PHP memiliki arsitektur MVC. MVC adalah standar untuk industri web development karena banyak digunakan untuk membuat proyek yang bisa diskalakan dan diperluas.
  6. Cake PHP dilengkapi dengan Access Control List. Dalam keamanan komputer, ACL adalah daftar izin yang terkait dengan sumber daya sistem (objek).
  7. Scaffolding. Fitur ini adalah fitur yang jarang didapat pada framework lain namun akan sangat memudahkan pekerjaan Anda. Untuk menggunakan fitue ini Anda hanya perlu menambah kode var $scaffold pada file controller. Cake pun akan secara otomatis menggenerasikan semua hal yang Anda butuhkan untuk menciptakan aplikasi CRUD atau Create, Read, Update, dan Delete.

Artikel Terkait  Apa itu Compiler Python? Mengenal 7 Compiler Python Terbaik

Cara Instal Cake PHP Framework

Cake PHP memiliki beberapa sistem yang dibutuhkan untuk menginstalnya:

  • Server HTTP. Contohnya seperti Apache. Memiliki mod_rewrite lebih disukai, tetapi tidak diperlukan. Anda juga dapat menggunakan nginx, atau Microsoft IIS jika Anda mau.
  • Minimal Anda harus menggunakan PHP 7.2 ( tetapi juga didukung 8.0).
  • ekstensi PHP mbstring
  • ekstensi PHP intl
  • Ekstensi PHP SimpleXML
  • Ekstensi PHP PDO

Meskipun mesin database tidak terlalu dibutuhkan, namun Anda mungkin ingin menggunakan aplikasi database mengingat banyak aplikasi menggunakan database. Cake PHP mendukung berbagai mesin penyimpanan database:

  • MySQL (5.6 atau lebih tinggi)
  • MariaDB (5.6 atau lebih tinggi)
  • PostgreSQL (9.4 atau lebih tinggi)
  • Microsoft SQL Server (2012 atau lebih tinggi)
  • SQLite 3

Berikut ini adalah langkah-langkah menginstal Cake PHP Framework.

  1. Pastikan Anda sudah versi PHP Anda sudah terupdate. PHP yang dibutuhkan adalah minimal PHP 7.3 dan composer harus diinstal sebelum menginstal CakePHP. Bagi pengguna windows, instal atau update server WAMP dengan versi PHP.

Kunjungilah link ini: http://www.wampserver.com/en/download-wampserver-64bits/ dan instal itu.

  1. Instal Composer. Download composer pada link berikut ini: https://github.com/composer/windows-setup/releases/ atau instalasi windows; penginstal windows harus melihat file readme.md yang ada di repositori GIT ini.
  2. Jika Anda menggunakan Linux/Mac, gunakanlah composer yang disediakan di sini: https://getcomposer.org/download/.
  3. Gunakanlah perintah ini untuk mengeksekusinya:

mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Setelah instalasi selesai, gunakan localhost untuk membuka proyek Anda di browser. Path untuk hal yang sama adalah http://localhost/cakephp.

Mudah sekali kan menginstal Cake PHP? Cobalah untuk download framework ini sekarang.

Demikianlah penjelasan tentang Cake PHP Framework yang harus Anda coba jika Anda ingin membuat Rapid Application Development (RAD) yang cukup kompleks dengan mudah dan cepat.

Jika Anda ingin mengetahui berita terbaru terkait dengan teknologi terkait dengan web & app development dan programming, kunjungi https://appkey.id/. Jangan lupa allow notification dari website kami agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya