Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Belajar Ngoding: Rangkuman Lengkap Tipe Data Python

Belajar Ngoding: Rangkuman Lengkap Tipe Data Python

-

Siapa di sini yang sedang belajar bahasa pemrograman Python? Sudahkah Anda mempelajari atau mengetahui apa saja tipe data dan variabel Python?

Kini sudah ada banyak orang yang bisa belajar bahasa pemrograman Python dari rumah. Meskipun ada banyak sekali hal yang harus dipelajari dari Python, nyatanya ada banyak juga artikel rangkaian seri belajar bahasa pemrograman Python. Seperti pada artikel edisi kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang tipe data python dan contohnya.

Sama seperti pada bahasa pemrograman lainnya, kehadiran data dan variabel Python sangat penting dalam proses programming menggunakan bahasa ini. Apa bedanya data dan variabel Python? Lalu apa sajakah tipe data-data Python dan contohnya?

Anda beruntung karena kami sudah merangkum lengkap semua penjelasan materi terkait data dan variabel Python pada artikel edisi kali ini! Dari pada penasaran berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak pembahasan data dan variabel Python berikut ini. Selamat membaca!

Apa Itu Data dan Variabel pada Bahasa Pemrograman Python?

phyton1

Sebelum lompat ke jenis-jenis data dan variabel pada bahasa pemrograman Python, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian data dan variabel. Saat kita mempelajari bahasa pemrograman dan sistem coding, sering kali kita akan berhadapan dengan istilah data dan variabel. Apa maksud atau arti dari keduanya?

Pengertian Tipe Data

Mari kita mulai dengan pengertian tipe data. Ada cukup banyak definisi terkait tipe data ini. Ada yang mengatakan tipe data adalah sebuah memori atau media milik komputer yang berfungsi untuk menyimpan dan menampung informasi. Tipe data juga sering disebut sebagai ‘tipe’ saja, di mana tipe data berarti komponen inti yang digunakan untuk setiap proses pengolahan data input sehingga menghasilkan data output (programming).

Artikel Terkait  Masa Depan Swift Berdasarkan Situasi Penggunaannya Kini

Ada pula yang mendefinisikan bahwa tipe data adalah proses pengelompokkan data guna ‘memberitahu’ cara programmer ingin mengolah data ke mesin compiler. Intinya, tipe data adalah sebuah proses komunikasi/memberitahu mesin komputer bagaimana cara kita mengelompokkan dan mengolah data-data pemrograman.

Oleh sebab itulah, tipe data amat sangat penting di semua bahasa pemrograman, termasuk bahasa pemrograman Python. Tanpa adanya aturan dan kelompok-kelompok tipe data ini, maka mustahil bagi mesin komputer untuk bisa menerjemahkan perintah yang diinput dari programmer. Nantinya, data-data akan disimpan ke variabel agar bisa diproses lebih lanjut.

Pengertian Variabel

Selanjutnya adalah pengertian variabel. Jika diibaratkan secara sederhanna, variabel adalah wadah sementara data adalah isinya. Variabel didefinisikan sebagai sebuah lokasi pada memori untuk menyimpan data atau nilai. Variabel ini pun bisa kita isi dengan aneka tipe data agar kemudian data bisa diproses dan dipahami dengan lebih mudah. Setiap proses variabel akan berbeda-beda, tergantung pada jenis data yang diinput di dalamnya.

Tipe-Tipe Data dan Variabel pada Python Terlengkap

Bahasa pemrograman Python mempunyai tipe data dan variabel dengan fitur, fungsi dan sifat yang berbeda. Untuk mempermudah proses belajar Anda, berikut ini kami rangkum secara rinci tipe-tipe data dan variabel pada bahasa pemrograman Python:

Tipe Data Python dan Contohnya

Bahasa pemrograman Python mempunyai 6 tipe data yang sering digunakan dalam proses coding. Keenam tipe data pada Python adalah: string, tuple, set, number, dictionary, dan list.

Setiap tipe data digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda, semisal data berupa nama akan disimpan dalam tipe karakter atau string; data angka akan disimpan dalam bentuk tipe bilangan; data besaran suhu akan disimpan dalam bentuk bilangan koma, dan masih banyak lagi.

String

Tipe data Python dan contohnya yang pertama adalah string. Tipe String adalah kelompok data yang mempunyai urutan dan indeks. Khusus untuk indeks, data diawali dari 0 jika diindeks dari depan / awal, dan -1 jika diindeks dari akhir / belakang. Untuk menulis tipe string, Anda cukup menuliskan satu hingga serangkaian karakter di dalam tanda kutip tunggal ( ‘ ) atau ganda ( “ ).

Contoh data yang termasuk ke dalam tipe string adalah data huruf, karakter, angka yang digabung menjadi teks. Anda bisa mengakses string menggunakan indeks dengan kode: namastring[indeks]. Pun Anda juga bisa mengakses kelompok sub-string atau melakukan slicing dengan kode: namastring[awal:akhir].

Tuple

Tipe data kedua adalah Tuple, yang mana sifatnya agak mirip dengan tipe data List. Anda perlu berhati-hati dalam menulis tipe data Tuple, sebab sekali saja Anda melakukan input data ini, maka data sudah tidak dapat diubah untuk seterusnya. Sifat data ini dikenal juga dengan istilah ‘immutable’.

Artikel Terkait  Beda Proses Pengembangan Aplikasi Android dan iOS: Bahasa Program, Environtment Hingga Proses Rilis

Tipe Tuple banyak dipergunakan untuk data-data yang memiliki komposisi kode tetap / tidak akan berubah-ubah, semisal kode RGB warna. Penulisan tipe Tuple dilakukan di antara tanda kurung “ ( ) “, dan diberikan tanda koma “ , “ untuk memisahkan setiap komponen di dalam kurung. Contoh data Tuple untuk RGB warna hijau palem (151, 251, 156).

Set

Berbeda dengan tipe data lainnya, tipe Set adalah tipe Python yang unordered alias tidak berurutan data-datanya. Data-data dari Set juga tergolong unik sebab tidak bisa diduplikasi. Alhasil, semisal Anda meng-input 2 data yang sama dalam Set, maka Set akan menghapus salah satu data secara otomatis.

Untuk penulisan, tipe Set ditulis dengan meletakkan data di dalam tanda kurung kurawal “ { } “ dan setiap komponen dipisah memakai koma “ , “ –sama seperti tipe Tuple. Selain itu, Anda juga bisa membuat Set dari tipe List. Caranya cukup dengan meng-input List ke fungsi set().

Ada banyak data yang bisa dimasukkan ke dalam Set, semisal data string, integer, float dan data-data campuran. Namun tipe Set tidak menerima data dictionary. Sering kali Set dipakai untuk menjalankan operasi himpunan matematika semisal irisan, gabungan, komplemen, dan selisih.

Contoh Set:

# set integer

my_set = {4,5,6}

print(my_set)

 

Number

Ada 2 jenis data number (bilangan) yang umum dipakai, yakni tipe data number float dan integer. Float (kode: float) adalah data bilangan pecahan yang akurat hingga 17 angka di belakang tanda koma. Sedangkan integer (kode: int) adalah data bilangan bulat yang panjangnya bebas seberapa saja. Panjang tipe data integer hanya bisa dibatasi dengan besar memori yang dimiliki oleh perangkat. Namun sesungguhnya selain dua data tersebut masih terdapat data-data number lain, seperti bilangan kompleks real dan imajiner (kode: complex).

Dictionary

Tipe dictionary terdiri atas pasangan ‘key’ (kunci) dan ‘value’ (nilai). Dictionary digunakan untuk mengolah data berskala besar dan mengakses anggota data yang tersusun acak. Berbeda dengan tipe data lain di Python, Dictionary tidak punya indeks.

Dictionary ditulis dengan tanda kurung kurawal “ { } “, setiap komponen dipisah dengan tanda “ , “, dan setiap anggota mempunyai bentuk kode key:value atau kunci:nilai. Bentuk data untuk key dan value ini bisa bebas / sembarang. Komponen ‘key’ lah yang akan Anda gunakan untuk mengakses nilai-nilai dari anggota dalam Dictionary.

Artikel Terkait  10 Aplikasi Antivirus Gratis, Ringan dan Terbaik di 2020

Contoh Dictionary:

d = {3:’tiga’, 4:’empat’, ‘lima’:5}

List

Tipe data terakhir di Python adalah List. List mempunyai susunan item yang berurutan dan memakai indeks sesuai urutan. Indeks pada list dimulai dari 0. Coding dari data List adalah namalist[index]. List bisa diisi dengan data-data yang sama atau berlainan.  Penulisan data list dilakukan dengan tanda kurung “ [ ] “ dan setiap anggota dipisah memakai tanda koma “ , “.

Contohnya: lst = [2, ‘tiga’, 4.0]

Itulah 6 tipe data Python dan contohnya. Namun selain keenam tipe data di atas, masih ada pula contoh data Python yang lain seperti Boolean (digunakan untuk menyatakan nilai benar / true (1) dan salah / false (0)), None (tipe data yang memperlihatkan bahwa nilai variabel tidak ada) dan Hexadecimal (dipakai untuk menyatakan bilangan dengan format heksa / bilangan berbasis 16. Contoh: 1d3 atau 9a).

Catatan lain, Anda bisa memakai fungsi type() untuk lebih mudah mengetahui tipe data apa yang dipakai di programming Python. Sebagai rangkuman, berikut ini adalah kode-kode atau fungsi untuk mengubah tipe data Python:

  • str() = mengubah tipe String.
  • chr() = mengubah tipe Karakter.
  • float() = mengubah tipe Float.
  • int() = mengubah tipe Integer.
  • long() = mengubah tipe Integer panjang.
  • bool() = mengubah tipe Boolean.
  • bin() = mengubah tipe Biner.
  • oct() = mengubah bilangan okta.
  • hex() = mengubah bilangan heksadesimal.

Tipe Variabel Python dan Contohnya

phyton2

Setelah mengetahui tipe-tipe data, kini tibalah kita untuk mencari tahu apa saja tipe variabel di Python. Variabel memiliki sifat mutable (nilai bisa diubah-ubah). Untuk membuat variabel di Python, Anda bisa memakai format coding:

nama_variabel = <nilai>

Contoh:

variabel_contoh = “data isi variabel”

variabel1 = 10

Untuk melihat isi dari variabel, Anda bisa memakai fungsi print. Contoh:

print variabel_contoh
print variabel1

Berikut ini kami akan mepaparkan aturan lebih lengkap dalam penulisan variabel di Python.

Aturan Penulisan Variabel di Python

Ada beberapa aturan penulisan variabel di Python yang harus Anda ketahui agar tidak salah dalam pemrograman, yaitu:

Karakter Sensitif

Karakter-karakter pada Python bersifat sensitif, yakni beda penggunaan kapitalisasi maka akan berbeda pula tipe data yang akan dipahami oleh Python. Data dengan huruf besar akan berbeda dengan data memakai huruf kecil, walau secara ejaan kedua data tersebut sama saja. Semisal: variabel_Contoh dan variabel_contoh.

Memakai Huruf + Underline

Penulisan nama variabel di Python dibuat memakai gabungan huruf dan tanda underline / garis bawah ( _ ). Contoh: nama_variabel, contoh_variabel, variabel_python.

Tidak Boleh Pakai Keyword

Nama variabel pada Python tidak boleh memakai keyword / kata kunci yang ada dalam bahasa pemrograman ini. Contoh kata kunci tersebut adalah while, if, for, dan seterusnya.

Bisa Memakai Huruf, Angka, atau Underline

Anda bisa bebas menamai variabel Python dengan gabungan huruf, angka atau underline ( _ ). Contoh: variabel3, _variabel, v2, dan seterusnya.

Memberikan Nilai ke Variabel Python

Uniknya, Anda tidak perlu melakukan deklarasi nilai variabel secara eksplisit ke Python. Deklarasi variabel ini sudah akan berlangsung otomatis saat Anda memberikan tugas nilai ke variabel memakai memberikan tanda ( = ). Tulisan yang berada di kiri tanda ( = ) merupakan nama variabel, sementara tulisan yang berada di kanan tanda ( = ) adalah nilai dalam variabel tersebut.

Artikel Terkait  Apa itu Aplikasi Web? Penjelasan Fitur dan Cara Pengembangannya

Contoh:

lebar = 500 # tipe data integer

hari = senin # tipe data string

Menghapus Variabel pada Python

Jika Anda sudah tidak memerlukan sebuah variabel, maka Anda bisa menghapus variabel tersebut untuk mempermudah pekerjaan. Hapus variabel pada Python memakai fungsi del(). Contoh:

hari = “senin”

del(hari)

Melakukan Multi Penugasan pada Python

Di Python, Anda juga bisa melakukan multi penugasan alias memberikan nilai ke sejumlah variabel secara bersamaan. Contohnya: a = b = c = 2. Pada contoh ini, ketiga variabel (a, b dan c) mempunyai nilai yang sama yakni ‘2’.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang tipe-tipe data dan variabel pada bahasa pemrograman Python! Semoga pembahasan kali ini mampu menambah wawasan Anda, ya. Sampai jumpa lagi di artikel belajar ngoding lainnya hanya dari Appkey.id!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya