Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Android Developer Tools Terbaik Dari Pemula Hingga Pro

Android Developer Tools Terbaik Dari Pemula Hingga Pro

-

Perkembangan Android sedang dalam masa kejayaannya. Seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat Android, kebutuhan akan aplikasi Android berkualitas tinggi terus meningkat.

Saat ini, pengembang Android harus tetap produktif untuk membuat aplikasi berkualitas lebih baik dengan kecepatan tinggi. Untuk itu, mereka memiliki banyak alat dan aplikasi yang berguna.

Pengembangan Android bergantung pada sejumlah alat yang berbeda. Faktanya, dengan begitu banyak pilihan untuk memulai, terkadang sulit untuk mengetahui mana yang terbaik untuk Anda. Alat mana yang penting? Program apa yang Anda gunakan untuk memulai pengkodean?

Pada artikel ini merinci alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengembangkan android, termasuk yang esensial dan opsional. Jadi, inilah daftar developer tools Android terbaik.

10 Daftar Developer Tools Android Terbaik

developer-android-tools-2

1. Developer Tools Android SDK

Hal pertama yang Anda perlukan untuk memulai adalah Android SDK . Ini adalah “Software Development Kit” yang berisi semua library yang diperlukan untuk membangun aplikasi Android. Ini juga mencakup cara mengembangkan Android tambahan yang dapat digunakan untuk debugging, kompilasi, dan banyak lagi.

Di antaranya, shell ADB adalah salah satu developer tools Android yang paling penting. Ini adalah Jembatan Debug Android; alat baris perintah kecil yang dapat digunakan untuk memantau perangkat atau perangkat virtual saat menjalankan aplikasi Anda. Anda juga harus memeriksa Jetpack Compose baru dari rangkaian alat Jetpack. Ia adalah pembuat antarmuka yang hebat yang dapat menghemat banyak waktu programmer saat mengembangkan aplikasi.

Anda tidak perlu berinteraksi dengan SDK Android secara langsung, tetapi pastikan itu ada di komputer Anda saat Anda memulai pemrograman. Catat juga direktorinya, karena sebagian besar IDE alternatif dan alat lain yang Anda gunakan perlu merujuknya.

2. Developer Tools Android Studio

Bagian terpenting dari perangkat lunak untuk pengembangan Android adalah “Integrated Development Environment”, atau IDE. IDE pada dasarnya adalah program tempat Anda mengetik kode. Ini kemudian akan mengemas kode itu sebagai file APK yang dapat diinstal pada perangkat Android lainnya. Ini menjadikan IDE sebagai alat pengembang Android yang paling penting.

IDE resmi untuk pengembangan Android adalah Android Studio. Unduhan ini juga mencakup Android SDK, emulator, file gambar Android, dan banyak lagi. Semuanya diinstal dalam proses yang sederhana, jadi Anda tidak perlu mengunduh file tambahan apa pun.

Android Studio, tanpa diragukan lagi, adalah yang pertama di antara alat pengembang Android. Ini adalah lingkungan terintegrasi resmi untuk pengembangan aplikasi Android yang memungkinkan mengedit kode, debug, dan pengujian dengan mudah.

Sebagai tools untuk mengembangkan Android yang resmi, pengaturan ini akan mendukung ide ambisius apa pun yang mungkin Anda miliki untuk aplikasi. Ini juga yang harus dipelajari jika Anda memiliki minat untuk menjadi pengembang profesional di masa depan.

3. Alat pengembangan Android alternatif: IDE

Menggunakan Android Studio dengan Java atau Kotlin tidak terlalu ramah bagi pemula. Pilihan ini juga tidak cocok untuk pengembangan game 3D. Untuk alasan tersebut, Anda mungkin lebih suka menggunakan IDE alternatif dari pilihan di bawah ini.

IDE menyediakan cara tidak hanya untuk menulis kode di ponsel atau tablet Anda, tetapi juga untuk menjalankan, menguji, dan men-debug. Lingkungan ini adalah pilihan yang baik untuk pengembang pemula dibandingkan dengan Android Studio atau IntelliJ IDEA. Kelemahannya adalah hanya mendukung Java dan C/C++.

Artikel Terkait  Suka Main Game? Ayo buat Game sendiri dengan Panduan Ini

4. Unity dan mesin game lainnya

Unity adalah mesin game dan IDE lintas platform yang banyak digunakan. Ini dapat digunakan untuk pengembangan game 3D dan 2D, atau bahkan membangun aplikasi non-game. Unity adalah platform paling populer yang digunakan oleh pengembang game profesional di Google Play Store.

Yang kedua yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan game versi android adalah Unreal. Unreal adalah mesin game 3D lain yang sangat populer untuk pengembangan game di PC. Namun, ini tidak sebagus Unity dalam pengembangan 2D dan lebih sulit untuk dipahami.

5. Xamarin + Visual Studio

Xamarin adalah alat yang memungkinkan Anda membangun aplikasi Android menggunakan Microsoft Visual Studio. Hal ini tidak hanya menarik bagi mereka yang programmer yang terbiasa dalam C # daripada Java, tetapi juga sangat berguna sebagai alat lintas platform, karena juga dapat membangun perangkat lunak iOS dan bahkan Windows.

Xamarin melakukan hampir semua yang dilakukan Android Studio dan membuat aplikasi yang real. Meskipun demikian, akses dan penggunaan library Java sedikit kurang nyaman dan pembaruan yang tersedia sedikit lebih lambat di platform utama.

6. B4X

B4X from Anywhere Software adalah salah satu alat mengembangkan android yang kurang dikenal tetapi juga salah satu favorit. B4X adalah seperangkat alat yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi lintas platform menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Lebih baik lagi, B4A  yang merupakan alat pengembang Android sekarang gratis dan open source!

BASIC adalah bahasa yang sangat ramah bagi pemula, yang menjadikannya pilihan yang bagus tidak hanya bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman menggunakan Java atau Kotlin, tetapi juga mereka yang ingin mendapatkan ide dengan cepat.

7. App Builder

Jika Anda ingin tahu cara membuat aplikasi Android tanpa pemrograman, Android developer tools terbaik adalah “App builder”. Aplikasi ini menawarkan fitur pengembangan aplikasi dasar, memungkinkan Anda membuat antarmuka dan bahkan mengakses beberapa fitur asli. Mereka memiliki lintas platform juga.

8. Developer tools Android eksternal

Setelah Anda terbiasa dengan alat pengembang Android dasar, Anda mungkin ingin menjelajahi beberapa opsi lanjutan yang memberi Anda akses ke fitur machine learning, kolaborasi jarak jauh, dan banyak lagi.

9. GitHub

GitHub adalah layanan hosting untuk repositori Git. Ini adalah tools online yang digunakan untuk berbagi proyek dan melacak beberapa versi (disebut “forks”) dari proyek tersebut saat bekerja dalam tim. Ini berguna untuk mencadangkan pekerjaan Anda, untuk kolaborasi dan untuk menemukan contoh kode dan tutorial yang dapat Anda kerjakan.

Untuk pemula, eksposur Anda ke GitHub kemungkinan akan terbatas pada mengunduh proyek sampel yang dapat Anda rekayasa balik.

Artikel Terkait  Flutter Tutorial : Tips dan Trik Membuat Program Flutter yang Efektif

10. Firebase

Firebase bukanlah satu alat, melainkan seperangkat developer tools Android! Ini adalah rangkaian layanan cloud Google untuk pengembang seluler dan web, dan mencakup berbagai layanan mulai dari monetisasi melalui AdMob, hingga autentikasi yang lebih aman, hingga ML Kit (berikutnya dalam daftar ini), hingga analitik.

Meskipun pengembang pemula tidak perlu menyibukkan diri dengan Firebase untuk memulai, itu hampir pasti akan berguna di beberapa titik setelah proyek Anda mulai menjadi lebih ambisius. Jika Anda menemui hambatan dan membutuhkan fitur baru yang mengandalkan cloud, periksa Firebase terlebih dahulu!

Mana Yang Terbaik?

Perkembangan Android berkembang pesat dan ada banyak alat yang membuat pekerjaan sehari-hari lebih mudah. Pilihan biasanya bermuara pada preferensi pribadi serta persyaratan produk.

Gunakanlah Developer tools yang dapat membantu Anda dan mempermudah pekerjaan Anda terutama jika Anda adalah seorang pemula.

Namun jika masih ragu mengembangkan aplikasi Android dengan Developer Tools di atas secara mandiri Anda dapat menghubungi kami.

Di https://appkey.co.id/Anda akan kami buatkan aplikasi Android sesuai dengan Ide yang Anda harapkan dengan tools yang mempermudah Anda untuk memahami, selain itu kami memberikan penawaran untuk melakukan pemeliharaan secara rutin pada aplikasi yang ingin Anda kembangkan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai masa depan aplikasi Android Anda. Simak terus artikel-artikel terbaru dari https://appkey.id/


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya