Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingCodeigniter 4 : Penjelasan dan Dasar-Dasar Penggunaannya

Codeigniter 4 : Penjelasan dan Dasar-Dasar Penggunaannya

-

CodeIgniter adalah Framework PHP yang powerful, dengan footprint yang sangat kecil. Framework ini dibuat untuk developer yang membutuhkan toolkit sederhana serta elegan guna membuat aplikasi web berfitur lengkap.

CodeIgniter telah banyak digunakan untuk membuat beragam aplikasi mulai dari aplikasi yang sederhana seperti CRUD atau aplikasi yang rumit sekalipun. Kini, CodeIgniter telah menghadirkan versi terbarunya yakni CodeIgniter 4 untuk memberikan fitur yang maksimal kepada penggunanya.

Pada artikel ini, Web App akan membahas tentang CodeIgniter terbaru yakni CodeIgniter versi 4, penggunaannya, serta apa bedanya dengan CodeIgniter 3. Kalau Anda tertarik dengan pembahasan tentang versi terbaru CodeIgniter, pastikan Anda menyimaknya sampai akhir!

Pengertian CodeIgniter

codeigniter4.

CodeIgniter adalah sebuah framework yang digunakan untuk pengembangan aplikasi. CodeIgniter tergolong sebuah toolkit yang berguna untuk membantu developer dalam membangun project dalam bahasa PHP.

CodeIgniter ditujukan guna memungkinkan Anda agar lebih cepat dalam mengembangkan proyek daripada yang Anda bisa jika Anda menulis semua kode dari awal. Untuk mempercepat proses developing, CodeIgniter  menyediakan kumpulan pustaka atau library.

Pustaka ini kaya akan general task yang dibutuhkan developer. Selain itu, CodeIgniter dilengkapi dengan interface sederhana dan struktur yang logis sehingga mengakses pustaka ini menjadi jauh lebih mudah. CodeIgniter membantu Anda untuk mengerjakan berbagai proyek secara kreatif dan fokus.Hal ini pun dilakukan dengan meminimalkan jumlah kode yang dibutuhkan untuk tugas tertentu.

CodeIgniter juga dibuat sefleksibel mungkin, agar Anda dapat bekerja dengan cara yang Anda inginkan. Anda pun tidak dipaksa untuk bekerja dengan cara tertentu seperti yang ada pada framework lain.

Framework ini memiliki bagian inti yang fleksibel karena mudah diperpanjang atau diganti sepenuhnya untuk membuat sistem bekerja seperti yang Anda inginkan dan butuhkan. Singkatnya, CodeIgniter adalah framework lunak yang mencoba menyediakan alat yang Anda butuhkan sambil menghindarinya.

Apakah CodeIgniter Tepat untuk Digunakan?

Beberapa hal yang mungkin Anda inginkan dan Anda butuhkan dalam membangun sebuah website maupun aplikasi:

  • Anda menginginkan framework dengan tapak kecil.
  • Anda membutuhkan kinerja yang luar biasa.
  • Anda menginginkan framework yang membutuhkan konfigurasi hampir nol.
  • Anda ingin sebuah framework yang tidak mewajibkan Anda menggunakan command line.
  • Anda menginginkan framework yang tidak mewajibkan Anda untuk mematuhi aturan coding yang terbatas.
  • Anda tidak tertarik dengan perpustakaan monolitik skala besar seperti PEAR.
  • Anda menghindari kerumitan, menyukai solusi sederhana.
  • Anda membutuhkan framework dengan dokumentasi yang jelas dan menyeluruh.

Jika semua hal di atas Anda butuhkan dan Anda inginkan, maka CodeIgniter adalah jawaban dari semua kebutuhan Anda. Saat ini CodeIgniter telah meningkatkan layanannya dengan mengeluarkan CodeIgniter 4. Apa bedanya dengan CodeIgniter 3? Kami akan menjelaskan selengkapnya pada segmen berikut.

Artikel Terkait  Apa itu Chatbot? Indikator Pengembangan Layanan dan Tujuh Contoh Layanan yang Menggunakan Chatbot

Perbedaan CodeIgniter 3 dan CodeIgniter 4

Sebenarnya, CodeIgniter versi 4 sudah dilaunching sejak tahun 2020. Akan tetapi tidak banyak developer yang menyadari hal tersebut. Hal ini dikarenakan banyak orang yang sudah terlanjur senang dengan CodeIgniter atau framework PHP lainnya yang lebih canggih seperti Laravel.

Ya, bisa dibilang CodeIgniter merupakan framework PHP yang cukup ketinggalan zaman, di mana CodeIgniter 3 sudah ada bertahun-tahun lalu. Berbeda dengan Laravel yang setiap waktu terus menerus memperbarui versinya.

Namun, bukan berarti versi ke-4 dari CodeIgniter ini tidak kalah bagus karena ada banyak peningkatan yang dilakukan dari versi ketiga. Ini dia perbedaan CodeIgniter 3 dan CodeIgniter 4:

1. Dukungan Versi PHP

CodeIgniter 4 dapat digunakan pada PHP minimal versi 7.2. sementara CodeIgniter 3 dapat beroperasi di PHP versi 5.6, yang mana PHP versi tersebut telah di-discontinued.

2. Pengorganisasian direktori

Struktur file kedua versi ini benar-benar berbeda. CodeIgniter versi 4 mempunyai struktural yang dibagi ke dalam 5 direktori: /app,/system,/public,/writable,/tests. Sedangkan CodeIgniter 3 diatur dalam 2 direktori:/applicationand/system`.

3. Penggunaan Namespace

CodeIgniter versi 4 sepenuhnya ditulis dalam PHP 7. Versi terbaru ini juga menggunakan namespace, sedangkan CodeIgniter 3 tidak menggunakan namespace.

4. Autoloading

CodeIgniter4 mempunyai proses autoloading yang sangat efisien bahkan jauh lebih efisien dari versi sebelumnya. Salah satu faktor yang membantu hal ini adalah penggunaan namespace. Sementara di CodeIgniter 3, sebagian besar file yang akan dimuat harus dikonfigurasi secara manual.

5. Penggunaan Entitas

CodeIgniter4 memiliki dukungan asli (native support) untuk penggunaan Entitas  yang membantu dalam menyusun bagian database dari suatu aplikasi, yang mewakili kolom yang ada dalam tabel. CodeIgniter 3 tidak memiliki fitur ini dan Anda perlu menggunakannya perlu menggunakan perpustakaan pihak ketiga dan melakukan penyesuaian pada unggahan file untuk mendukungnya.

6. Performa

CodeIgniter versi 4, untuk penggunaan PHP 7 secara tertulis dan sebagai konfigurasi minimum pada server, dan aspek lainnya, memiliki kinerja yang lebih baik daripada CodeIgniter 3.

7. Pustaka Monolitik

Tidak seperti CodeIgniter 3, dalam versi baru ini penggunaan perpustakaan monolitik dalam gaya PEAR hampir nol.

8. Pengaturan

Dengan versi terbaru CodeIgniter ini, pengaturan awal agar aplikasi Anda mulai berjalan minimal, sedangkan di CodeIgniter 3 perlu melakukan sejumlah konfigurasi yang baik.

9. Dukungan asli untuk file .env

CodeIgniter versi terbaru ini memiliki dukungan asli untuk file .env, memungkinkan pengoptimalan pengaturan lingkungan yang berbeda di mana ia mungkin berjalan (produksi, pengujian, pengembangan). Fitur ini tidak ada secara native di CodeIgniter 3.

10. Migrasi antara 2 versi

CodeIgniter 4 tidak kompatibel ke belakang, sehingga proses memperbarui aplikasi dari versi 3 ke versi 4 akan membutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan, tetapi sama sekali tidak rumit.

Sementara migrasi dari versi 2.x ke 3.x, dan antara versi 3.x yang berbeda hanya menimpa file di direktori / sistem dan memperbarui nama beberapa file, dari versi 3 ke versi empat diperlukan struktur baru untuk aplikasi dan penulisan ulang semua kelas yang digunakan di dalamnya untuk beradaptasi dengan standar baru.

Dasar-Dasar Penggunaan CodeIgniter 4

CodeIgniter versi keempat mendukung PHP versi 7.2+, jika server web Anda tidak mendukung PHP 7.2+, kami sarankan untuk mengupgrade versi PHP Anda jika ingin menggunakan versi terbaru ini. Selain itu, CodeIgniter 4 juga tidak dapat berjalan jika server web Anda tidak mengaktifkan ekstensi intl, php-json, php-mbstring, php-mysqlnd, dan php-xml.

Untuk menggunakan CURLRequest, Anda perlu menginstal libcurl. Database sangat dibutuhkan pada sebagian besar pemrograman aplikasi web. Database yang mendukung CodeIgniter versi terbaru saat ini adalah:

  • MySQL (5.1+) melalui driver MySQLi
  • PostgreSQL melalui driver Postgre
  • SQLite3 melalui driver SQLite3
  • MSSQL melalui driver SQLSRV (hanya versi 2005 ke atas)

Tidak semua driver telah dikonversi/ditulis ulang untuk CodeIgniter4. Penjelasan tentang driver database akan dijabarkan sebagai berikut:

  • MySQL (5.1+) melalui driver pdo
  • Oracle melalui driver oci8 dan pdo
  • PostgreSQL melalui driver pdo
  • MSSQL melalui driver pdo
  • SQLite menggunakan sqlite versi kedua dan driver pdo
  • CUBRID melalui driver cubrid dan pdo
  • Interbase/Firebird melalui driver ibase dan pdo
  • ODBC yang digunakan melalui driver odbc dan pdo (Anda harus tahu bahwa ODBC sesungguhnya adalah lapisan abstraksi)

Artikel Terkait  Bebas Main Game Berjam-Jam dengan Emulator Android Terbaik Ini

Instalasi CodeIgniter 4

CodeIgniter4 dapat diinstal menggunakan tiga cara yang berbeda yaitu, menggunakan Composer atau menggunakan Git dan cara manual. Anda bisa tentukan mana yang tepat untuk Anda. Jika Anda ingin instalasi “download & go” sederhana yang dikenal dengan CodeIgniter3, pilih instalasi manual.

Jika Anda ingin menambah package lain atau paket pihak ketiga ke proyek Anda, atau ingin memperbarui CodeIgniter dengan mudah, kami merekomendasikan instalasi Composer.

Pada contoh ini, kami akan memberikan cara instalasi CodeIgniter4 dengan cara termudah yakni dengan cara manual. Cara ini cocok untuk Anda yang baru belajar menggunakan CodeIgniter tanpa perlu menambahkan pihak ketiga ke dalam proyek Anda.

  1. Instalasi Manual

Demikianlah penjelasan tentang CodeIgniter 4, cara instalasi,  serta perbedaannya dengan CodeIgniter 3. CodeIgniter4 merupakan kerangka kerja atau Framework PHP yang cocok Anda gunakan dalam pembuatan aplikasi ringan maupun berat. Framework ini tidak terlalu sulit dipahami sehingga cocok untuk Anda yang baru belajar bahasa pemrograman.

Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak tentang CodeIgniter4, jangan lupa untuk kunjungi selalu Wep App di https://appkey.id atau bisa juga install aplikasi Web App agar Anda tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru seputar web app development dan programming.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya