Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingWidget Flutter Terbaik di Tahun ini, sudah pakai?

Widget Flutter Terbaik di Tahun ini, sudah pakai?

-

Flutter adalah framework berbasis Bahasa Pemrograman Dart yang menggunakan widget. Dengan adanya widget Flutter ini, Anda bisa membangun aplikasi yang cantik dan memiliki fungsionalitas sesuai keinginan Anda. Widget juga membantu Anda untuk membangun aplikasi desktop, web, serta aplikasi mobile dengan sangat mudah.

Di tahun ini, ada beberapa widget dalam Flutter yang sangat disukai dan menjadi beberapa di antara widget Terbaik. Ingin tahu apa saja widget terbaik yang dipakai untuk membangun flutter app? Simak terus artikel ini sampai akhir!

10 Widget Flutter Terbaik di Tahun ini

widget-flutter..

Alasan widget yang ada di Framework Flutter begitu populer adalah widget yang ada di Flutter tersebut sangat dapat disesuaikan dan menawarkan fleksibilitas & fluiditas yang luas yang paling cocok untuk semua jenis aplikasi seluler.

Flutter UI Widget dioptimalkan untuk kinerja yang lebih tinggi dan pengembangan yang sempurna. Elemen widget diatur dalam bentuk widget tree (pohon widget).

Cara penempatan widget menentukan pengoperasian front-end layar aplikasi asli. Dua hal utama widget Flutter adalah konfigurasi dan status widget. Jenis widget juga ada 2 yaitu stateless widget dan stateful widget. Berdasarkan jenis itu, ada 14 kategori berbeda dari widget untuk membangun Flutter App yaitu:

  • Aksesibilitas;
  • Aset, Gambar, dan Ikon;
  • Tidak sinkron;
  • Animasi dan Gerak;
  • Dasar-dasar;
  • Widget Cupertino;
  • Memasukkan;
  • Model Interaksi ;
  • Tata Letak;
  • Komponen Bahan;
  • Lukisan dan Efek;
  • Bergulir;
  • Gaya;
  • Teks;

Inilah 10 Flutter Widget terbaik di tahun ini yang harus Anda coba.

1. ConstrainedBox

ConstrainedBox adalah widget bawaan yang tersedia di Flutter SDK. Biasanya digunakan untuk menambahkan batasan ukuran pada widget anak (child widget). Hal ini memungkinkan pengembang untuk menambahkan fleksibilitas sehubungan dengan tinggi dan lebar di widget anak.

Namun, widget memiliki batasan ketika child berukuran lebih besar dari wadahnya. Ini memotong pandangan child, membuat ujung depan terlihat sedikit keluar dari garis. Masalah ini dapat diselesaikan dengan tidak mendefinisikan properti maxHeight dan menyesuaikannya dengan nilai default double.infinity.

2. SafeArea

Widget Flutter SafeArea adalah yang terbaik untuk mengembangkan UI yang dinamis dan adaptif. Widget SafeArea membantu dalam menyesuaikan layar dengan berbagai perangkat dengan lebar dan tinggi yang bervariasi.

Widget SafeArea juga membantu mengatasi batasan area yang disebabkan oleh bilah status, takik, bilah navigasi, dll. Implementasi widget SafeArea tidak mengizinkan desain untuk melapisi area mana pun yang memiliki batasan visibilitas UI frontend dan dengan demikian membuatnya menjadi bebas eror.

Oleh karena itu widget SafeArea juga disebut sebagai widget padding yang menambahkan padding ke aplikasi Android atau iOS dimanapun ada kendala. Widget SafeArea juga akan membuat indentasi anak dengan persyaratan padding yang diperlukan, terutama untuk perangkat dengan Notch seperti iPhone X.

3. Motion Tab Bar

Motion Tab Bar adalah widget animasi mengagumkan yang digunakan untuk menganimasikan bilah tab dan memindahkannya sesuai tema. Widget ini memberi kita animasi gerak, ini seperti bottom tab bar, ketika kita mengetuk item di bilah tab, kita melihat bahwa itu menganimasikan ke item berikutnya dalam aliran gerakan ke atas.

Ini dapat digunakan sebagai pengganti widget Flutter bottom tab bar. Keberadaan Motion Tab Bar ini sangat membantu dalam pembangunan Flutter App secara luar biasa.

Artikel Terkait  Mengenal Nuxt JS, Framework Berbasis JavaScript Terbaru

4. FittedBox

FittedBox adalah widget Flutter yang responsif. Ini membantu dalam mendorong daya tanggap ke dalam anak tunggal yang ditugaskan untuk itu. Anda perlu menambahkan widget row sebagai child di widget FittedBox khusus ini. Widget Row sendiri memiliki dua wadah (container) sebagai turunannya. Dalam skenario ini, anak kedua akan meluap ke satu sisi, tetapi masalah ini diselesaikan dengan widget FittedBox.

Widget FittedBox digunakan untuk menskalakan dan memposisikan widget child di dalam widget induk. UI yang dikembangkan menggunakan widget FittedBox bersih, tajam, dan dinamis. Anda dapat menggunakan kelas FittedBox dan memasukkan widget anak saat menggunakan widget FittedBox.

5. Opacity

Widget Opacity digunakan untuk membuat child di dalam wadah transparan. Widget Flutter ini mengubah child menjadi buffer perantara dan membuatnya transparan untuk sementara. Ruang yang tersisa mengatur ulang dirinya sendiri, atau Anda dapat membiarkannya kosong; Anda dapat melakukannya dengan dua cara.

6. Wrap

Widget wrap di Flutter digunakan untuk membungkus anak dalam penempatan horizontal dan vertikal. Misalkan Anda memiliki beberapa widget Flutter dan Anda ingin menggunakannya dalam satu baris atau kolom; Anda dapat menggunakan widget Bungkus untuk mencegah konten terpotong.

Anda dapat memberi nama arah, yaitu, horizontal atau vertikal, tergantung pada frontend yang ingin Anda miliki untuk aplikasi Anda. Ini juga membantu dalam menentukan jarak antara dua widget.

7. Arc Text

Widget Flutter menarik lainnya dalam daftar adalah Arc Text. Widget Arc Text ini dapat membantu menyederhanakan tugas menulis kode untuk teks dan konten yang tersedia di atas bentuk busur. Anda dapat mengatur berbagai sudut dan menentukan konten yang ingin Anda miliki di sekitar lingkaran, yang hampir tidak mungkin dikodekan dengan Flutter.

Jika Anda mempekerjakan pengembang Flutter dari mana saja di dunia, mereka akan menerapkan widget yang sama jika Anda menuntut untuk memiliki UI frontend di atas widget Arc Text

8. FloatingActionButton

Setiap programmer Flutter, pemula, atau memiliki pengalaman bertahun-tahun menggunakan FloatingActionButton selama pengembangan aplikasi. Ini adalah tombol tindakan melayang yang digunakan untuk menarik perhatian ke elemen tertentu dari konten aplikasi. FloatingActionButton adalah salah satu widget utama dari widget Scaffold.

Artikel Terkait  MySQL vs SQLite : Apa sih Bedanya? Yuk Cari Tahu!

9. Numeric Keyboard

Widget Flutter ini bisa menjadi solusi untuk mengakhiri kerumitan mengembangkan papan angka khusus dalam aplikasi. Anda dapat menggunakan widget Keyboard Numerik secara langsung, dan tidak ada paket untuk Android atau iOS.

Keyboard input numerik ditunjukkan dengan mengatur jenis keyboard ke angka dan memungkinkan pengguna untuk memasukkan angka saja. Ini sangat berguna ketika Anda ingin membuat Numeric Keywboard untuk Flutter App.

10. StreamBuilder

Widget StreamBuilder digunakan untuk menyinkronkan aliran data yang diterima. Widget ini didukung oleh bahasa Dart yang memperluas dukungannya ke aliran data yang tidak sinkron. Widget StreamBuilder menerima dua argumen,

– Stream

– Builder

Widget bertindak sebagai pipa yang menerima data yang dimasukkan dari satu ujung dan melepaskannya di ujung lainnya. Untuk menggunakan StreamBuilder , Anda perlu memanggil konstruktor tertentu.

Pada dasarnya, Anda perlu membuat Aliran dan meneruskannya sebagai argumen aliran. Kemudian, Anda harus melewati AsyncWidgetBuilder yang dapat digunakan untuk membuat widget berdasarkan snapshot dari Stream.

Itulah penjelasan tentang Widget Flutter untuk membangun aplikasi, khususnya Flutter App. Jika Anda ingin tahu lebih banyak informasi seputar teknologi pembangunan website maupun aplikasi, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id atau download aplikasinya di Google Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya