Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameGame Developer? Coba Game Engine Flutter Terbaik di Tahun...

Game Developer? Coba Game Engine Flutter Terbaik di Tahun Ini

-

Anda seorang game developer? Atau ingin menjadi game developer? Cobalah untuk menggunakan game engine dari Flutter ini. Game engine adalah salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah game.

Kebanyakan game engine atau game engine hadir dalam bentuk framework  yang dirancang untuk pengembangan video game, dan umumnya mencakup perpustakaan dan program pendukung yang relevan. Terminologi “engine” atau yang berarti mesin ini mirip dengan istilah “software engine” yang digunakan dalam industri perangkat lunak.

Sementara, Flutter adalah framework berbasis Bahasa Pemrograman Dart yang banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Oleh karena itu, game engine Flutter adalah kombinasi yang luar biasa untuk menciptakan game seluler. Berikut ini, kami akan menampilkan 5 engine Flutter yang digunakan dalam mengembangkan game. Simak artikelnya sampai akhir!

5 Game Engine Terbaik di Tahun 2022

game-developer.

Beberapa engine yang kami sampaikan pada artikel ini adalah engine untuk game yang terbaik dan luar biasa dalam mengembangkan aplikasi game seluler.

1. Flame

Flame adalah game engine Flutter modular yang menyediakan serangkaian solusi lengkap untuk game. Ini memanfaatkan infrastruktur canggih yang disediakan oleh Flutter tetapi menyederhanakan kode yang Anda perlukan untuk membangun proyek Anda.

Perangkat ini memberi para game developer implementasi game loop yang sederhana namun efektif, dan fungsionalitas yang diperlukan yang mungkin Anda perlukan dalam game. Misalnya; input, gambar, sprite, sprite sheets, animasi, deteksi tabrakan dan sistem komponen yang kami sebut Flame Component System (disingkat FCS).

Engine ini juga menyediakan paket yang berdiri sendiri yang memperluas fungsionalitas Flame:

  • flame_audio Yang menyediakan kemampuan audio menggunakan paket audioplayers.
  • flame_forge2d Yang menyediakan kemampuan fisika menggunakan port Box2D kita sendiri yang disebut Forge2D.
  • flame_tiled Yang menyediakan integrasi dengan paket tile.
  • Anda dapat memilih dan memilih bagian mana saja yang Anda inginkan, karena semuanya independen dan modular.
  • Mesin dan ekosistemnya terus ditingkatkan oleh komunitas, jadi jangan ragu untuk menjangkau, membuka masalah, PR, dan memberi saran.

Engine ini jiuga memberi Anda berbagai fitir seperti utilitas, gambar, sprite, lembar sprite, audio, loop game, dan sistem komponen/objek. Tujuan dari diciptakannya Flame adalah untuk menyediakan satu set lengkap solusi out-of-the-way untuk masalah umum yang akan dibagikan oleh setiap game yang dikembangkan di Flutter.

Artikel Terkait  15 Software 3D Terbaik Untuk Para Animator Pemula

2. Quill

Quill sebenarnya adalah sebuah editor WYSIWYG (What you see is what you get) yang memudahkan Anda saat mengembangkan aplikasi mobile. Game engine Flutter ringan, yang membuat game Anda tetap sederhana hanya dengan menggunakan Feather dan Quill! Ide dari penciptaan Quill adalah memberi Anda kendali penuh atas game atau aplikasi Anda.

Quill menyediakan beberapa cara kepada para game developer untuk menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagian ini didedikasikan untuk mengutak-atik fungsionalitas yang ada. Quill membutuhkan container (wadah) tempat editor akan ditambahkan. Anda dapat memasukkan pemilih CSS atau objek DOM.

3. SpriteWidget Flutter

SpriteWidget adalah toolkit untuk membangun kompleks, animasi performa tinggi dan game 2D dengan Flutter. Anda dapat menggunakan SpriteWidget untuk membuat apa saja mulai dari ikon animasi hingga game lengkap. Sprite mampu membuat life tree dalam widget yang bercampur dengan mulus dengan widget Flutter dan Material lainnya.

SpriteWidget adalah toolkit untuk membangun kompleks, animasi performa tinggi dan game 2D dengan Flutter. Anda dapat menggunakan SpriteWidget untuk membuat apa saja mulai dari ikon animasi hingga game lengkap.

Anda bisa menambahkan SpriteWidget ke dalam proyek Anda. SpriteWidget ini tersedia sebagai paket standar. Tambahkan saja sebagai dependensi ke pubspec.yaml Anda dan Anda siap melakukannya.

dependencies:
  flutter:
    sdk: flutter
  spritewidget:

4. Feather

Feather adalah game engine yang ringan. Anda bisa membangun game seluler yang sederhana dan ringan  hanya menggunakan Feather. Ide dari pembuatan Feather ini adalah untuk memberi Anda kendali penuh atas aplikasi Anda. Dengan memungkinkan Anda membuat komponen yang Anda inginkan, untuk Feather yang Anda desain.

Feather tidak hanya bisa membuat game. Ia merupakan library sekaligus compiler yang menjalankan aplikasi Flutter Anda di Mac dan Windows. Satu set opsional widget Flutter UI yang diperluas untuk desain antarmuka tingkat lanjut. Feather dapat digunakan secara Gratis dengan lisensi komersial.

5. flutter_unity_widget

Sebenarnya, flutter unity widget bukanlah game engine Flutter yang lengkap, melainkan widget 3D unity Flutter untuk menyematkan unity di Flutter. Anda dapat membuat fitur gamified yang mengagumkan dari aplikasi Anda di Unity dan membuatnya dirender dalam aplikasi Flutter baik dalam mode layar penuh maupun yang dapat disematkan.

Flutter unity widget secara sederhana membantu game developer untuk menyematkan unity di flutter. Sekarang Anda dapat membuat fitur gamified yang mengagumkan dari aplikasi Anda di Unity dan membuatnya dirender dalam aplikasi Flutter baik dalam mode layar penuh dan yang dapat disematkan.

Berfungsi dengan baik di Android, iPad OS, dan iOS. Sekarang ada dua contoh aplikasi unity di folder unity, satu dengan adegan default dan satu lagi berdasarkan sampel dasar Unity AR.

Artikel Terkait  Suka Main Game? Ayo buat Game sendiri dengan Panduan Ini

Membangun Game dengan Flutter

Apakah Flutter benar-benar cukup kuat untuk membuat video game konvertibel lengkap untuk seluler? Melihat bagaimana perkembangan Flutter saat ini, tentunya sangat bisa! Flutter Game Engine yang tersedia dalam Flutter, Anda benar-benar dapat membuat game 2D berbasis kanvas kami sendiri.

Kenyataannya, setiap software engineer setidaknya sekali dalam hidup mereka berpikir untuk menulis game mereka sendiri. Dengan cara kerja otak manusia yang saling terhubung, kita sering cenderung memulai proyek kita itu dengan sesuatu yang sudah kita kenal, atau dengan mempelajarinya dengan mengetahui apa yang digunakan setiap orang.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Flutter Framework sudah sangat mendukung developer dengan alatnya sendiri dan memastikan waktu implementasi yang cepat dengan kode yang sederhana dan terstruktur. Tetapi seberapa jauh framework ini mampu untuk mengembangkan game berjalan dengan baik?

Hal pertama yang umum di setiap video game adalah bahwa mereka bersifat interaktif, artinya pemain dapat menipu dan melakukan tindakan dan/atau gerakan. Tiga hal berikutnya yang biasanya kita temukan di semua game adalah:

  1. Game engine – Game engine pada dasarnya adalah sebuah program atau serangkaian program yang terdiri dari logika yang adil seperti fisika, render, dan tabrakan, dan sebagainya. Ini juga menyediakan setiap hal mendasar untuk membangun game dari awal.
  2. Karakter (character) – Karakter pasti memainkan peran yang sangat penting dalam game dan merupakan objek yang membentuk dunia game dan berinteraksi dengannya menggunakan perintah yang dikeluarkan oleh pemain.
  3. Logika Game (game logic) – Logika Game adalah logika, di mana seluruh game berputar. Dan perlu diingat, setiap permainan memiliki tujuan yang perlu dicapai, dan ada cara tertentu untuk mencapainya dan itulah yang terutama tentang Logika Game.

Flutter Game Engine memungkinkan membuat game dengan cepat dan menghemat waktu berharga untuk membuat game. Flutter memungkinkan pengembang untuk mempublikasikan dan berkontribusi terhadap pengembangan paket flutter. Daftar game engine Flutter telah diberi peringkat menggunakan kesehatan paket, skor keseluruhan, dan kemudahan dalam perawatannya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Flutter, kunjungi Web App di https://appkey.id/ atau download aplikasinya agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru dari Web App.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya