Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Game Di Mana Tempat Terbaik Menyimpan Game? Membandingkan SSD vs...

Di Mana Tempat Terbaik Menyimpan Game? Membandingkan SSD vs HDD

-

Anda sering bermain game di komputer PC? Tentunya sebelum bisa bermain game di PC, Anda harus melakukan instalasi game terlebih dahulu. Namun masalah sering kali muncul pada proses instalasi ini, terutama dari segi tempat instalasi game PC.

Faktanya, Anda harus mempertimbangkan tempat mana yang paling baik untuk menyimpan game PC Anda. Mengapa?

Ada dua tempat yang sering digunakan oleh para gamers untuk menyimpan game komputer PC mereka, yakni HDD dan SSD. Pertanyaan sebaiknya install game di SSD atau HDD masih sering menjadi topik perbincangan di kalangan para gamers, mengingat SSD dan HDD adalah dua jenis storage yang sangat berbeda.

Pun Anda beruntung karena artikel kali ini akan membandingkan SSD vs HDD bagus mana untuk instalasi game PC. Dengan mengetahui perbandingan SSD vs HDD bagus mana untuk game PC, kita akan lebih muda mencari tahu lokasi penyimpanan game PC terbaik. Yuk langsung kita mulai pembahasannya. Selamat membaca!

Mengapa Kita Perlu Repot Membandingkan SSD vs HDD Bagus Mana untuk Game?

ssd-hdd

Tidak seperti game smartphone yang bisa dengan mudah didownload, ada beberapa aspek yang wajib diperhatikan untuk menginstal game komputer PC, seperti graphics card, prosesor, dan storage (tempat penyimpanan).

Masih ada sebagian orang yang mengabaikan pertimbangan storage karena semata-mata tidak tahu perbedaan hasil install game di SSD atau HDD. Padahal, pemilihan tipe storage adalah hal yang krusial atau amat penting, karena jika Anda salah memilih lokasi penyimpanan, maka besar kemungkinan game tidak akan dapat berjalan.

Artikel Terkait  15 Software 3D Terbaik Untuk Para Animator Pemula

Terutama karena sekarang ini, ukuran game PC sangat besar hingga bisa ratusan gigabyte (GB). Bahkan game-game populer juga memakan lokasi penyimpanan yang lumayan besar, seperti Assassin Creed Origin, GTA V, Final Fantasy XV, FIFA 18, DOTA 2, Call of Suty dan masih banyak lagi. Kalau Anda asal saja memilih storage, alhasil instalasi akan error, graphics card dan prosesor juga tidak bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Efek paling fatalnya, komputer Anda akan ikut broken down alias rusak, tidak dapat berjalan.

Jadi, kembali lagi pada pertanyaan mendasar kita: SSD vs HDD bagus mana untuk menginstal game? Apa pula pengaruh SSD untuk game dan juga pengaruh HDD untuk game? Ketika Anda mencari referensi jawaban di internet atau bertanya kepada teman, jawaban yang Anda dapat bisa jadi beragam: Ada yang akan berkata bahwa pengaruh SSD untuk game lebih baik. Ada juga yang memilih HDD karena game yang ia mainkan di HDD sudah dapat berjalan dengan baik.

Agar tidak semakin bingung, berikut ini kami akan menjelaskan secara rinci apa itu HDD dan SSD beserta spesifikasi masing-masing. Kemudian, barulah kita akan membandingkan SSD vs HDD bagus mana untuk game PC dan menarik kesimpulan.

Mengenal 2 Jenis Storage Populer: SSD dan HDD
Sebuah PC modern kini mempunyai salah satu dari dua tipe storage (penyimpanan), yakni antara SSD (Solid State Drive) atau HDD (Hard Disk Drive). Namun ada juga versi PC paling terbaru yang menggabungkan keduanya, alias mempunyai penyimpanan dual storage: HDD+SSD.

Baik SSD maupun HDD mempunyai ukuran, bentuk, kapasitas, dan performa yang berbeda. Jadi, pengaruh SSD untuk game PC sendiri akan berbeda dengan HDD. Untuk lebih jelasnya, mari simak spesifikasi dari masing-masing storage berikut ini:

Artikel Terkait  Mau Membuat Game Sendiri? Yuk Kuasai Bahasa Pemrograman Ini Dulu!

Deskripsi SSD (Solid State Drive)

SSD adalah storage yang ideal untuk PC dekstop dan juga portable (laptop), yang mana sistem kerja penyimpanannya memakai media 3D Xpoint atau memori flash NAND. Kinerja SSD sangat ringan, tenang, tidak ada komponen yang bergerak selayaknya HDD, dan sering kali lebih tahan lama. SSD mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ada yang berbentuk sangat kecil 2,5 inchi, namun ada juga yang berbentuk M.2.

SSD M.2 adalah model storage terbaru dengan bentuk persegi kecil persis permen karet. Kecil dan rampingnya ukuran SSD M.2 menjadikannya lebih mudah terpasang langsun ke slot M.2 di motherboard. Selain 2,5 inchi dan M.2, ada juga bentuk SSD lain yang berupa kartu Add In Card (AIC).

SSD memiliki dua sistem untuk melakukan komunikasi dengan PC, yakni NVMe* (Non-Volatile Memory Express) dan SATA III. Di antara keduanya pula, NVMe* dirancang untuk penyimpanan flash terbaru, sehingga mempunyai performa yang lebih baik. Namun, performa SSD SATA III juga masih jauh lebih kencang dibandingkan HDD SATA III.

Deskripsi HDD (Hard Disk Drive)

Nama HDD mungkin sudah cukup familiar di telinga Anda. HDD (hard disk drive) dapat dikatakan sebagai ‘nenek’ dari SSD. Meski demikian, sampai hari ini Anda masih dapat menemukan penggunaan HDD pada sejumlah laptop dan komputer.

Ciri khas penyimpanan HDD adalah adanya piringan magnetik yang dapat berputar selama proses penyimpanan berlangsung sangat berbeda dengan SSD yang tidak mempunyai komponen bergerak sama sekali. Kecepatan putaran piringan inilah yang menjadi faktor penentu utama kinerja HDD dalam melakukan proses baca dan tulis data di PC. Kecepatan tertinggi dari perputaran HDD adalah 7.200 per menit dengan RPM bervariasi hingga maksimal 15.000 RPM.

Keunggulan HDD terletak pada ruang memori yang sanggup disediakan yakni mencapai 10TB ke atas. Ukurannya pun sangat ramping, berupa drive 2,5 inchi atau 3,5 inchi. Namun sistem protokol transfer HDD hanya bisa dengan SATA III. HDD tidak mempunyai sistem NVMe*. Untuk menyempurnakan kinerja HDD, biasanya storage ini dipasangkan dengan akselerator Intel® Optane™ untuk meningkatkan kecepatan transfer dan mempersingkat waktu loading.

SSD vs HDD Bagus Mana untuk Game PC? Perbandingan dan Kesimpulan

ssd-atau-hdd

Anda telah melihat deskripsi SSD dan HDD, mulai dari jenis hingga spesifikasi yang dimiliki. Sekarang, tibalah mencari tahu jawaban SSD vs HDD bagus mana untuk game PC.

Bagaimana dari segi performa SSD? SSD dikenal mempunyai kecepatan kencang atau tinggi serta waktu loading yang lebih singkat. Sehingga, PC yang dilengkapi dengan SSD pasti mempunyai performa yang lebih baik. Sisi buruknya, kecepatan performa ini juga kerap memakan biaya pemeliharaan lebih tinggi ketimbang HDD.

Artikel Terkait  Bagaimana Game “Among Us” Bekerja? Mengenal Sistem MMORPG

Jika Anda meletakkan game dan operating system (OS) pada SSD, maka hasilnya, instalasi game PC dengan berat ratusan gigabyte pun masih dapat berlangsung dengan kencang, ringan, aman dan menghasilkan permainan yang dapat dijalankan dengan efektif. Hal ini dikarenakan sistem pada SSD memang sengaja dibuat agar mampu mempercepat proses booting dan loading software berat.

Sedangkan HDD adalah kebalikannya. HDD memang unggul untuk menyimpan data besar karena mampu menyediakan memori hingga 10TB lebih.  Namun sebagai efek sampingnya, HDD yang hanya bisa mendukung sistem SATA III otomatis mempunyai kemampuan membaca data yang lebih lambat dibandingkan SSD. Itulah mengapa HDD perlu didukung oleh akselerator tambahan Intel® Optane™. Dengan akselerator ini, Anda bisa mendapat pengalaman loading program sekencang SSD meski memakai HDD.

Jadi, bagaimana? Kesimpulannya mudah saja untuk ditarik: semua kembali pada keinginan dan kebutuhan Anda saat bermain game PC. Jika Anda mengincar kecepatan performa loading game, maka sudah jelas, gunakanlah storage SSD NVMe*.  Dengan storage ini, Anda bisa melakukan loading aneka game, operating system atau file-file besar lain dengan cepat dan praktis. Dijamin anti nge-lag! Namun Anda harus siap dari segi dana yang lumayan mahal.

Kalau Anda masih belum bisa membeli SSD NVMe*, Anda bisa memakai SSD versi SATA III terlebih dahulu sebagai permulaan untuk tetap bisa mendapatkan performa loading yang cepat. Namun kalau yang Anda cari adalah kapasitas penyimpanan, maka HDD adalah jawabannya.

Bagaimana dengan dual storage SSD+HDD? Itu pun merupakan pilihan yang cukup baik. Menggabungkan kapasitas HDD dan kecepatan loading SSD bisa menjadi jawaban terbaik untuk Anda yang menginginkan aspek tebaik dari masing-masing storage.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang membandingkan SSD vs HDD bagus mana untuk menyimpan game. Semoga penjelasan di atas mampu membantu Anda memutuskan hendak install game di SSD atau HDD, ya! Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini, jangan lupa temukan juga lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia IT hanya dari Appkey.id. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya